Penerapan Teknologi Pendidikan pada Pembelajaran Siswa di SMAN 30 Bone Kecamatan Palakka Kabupaten Bone
Reni Fadillah/862312019035 - Personal Name
Skripsi ini membahas tentang Penerapan Teknologi Pendidikan pada
Pembelajaran Siswa di SMAN 30 Bone Kecamatan Palakka Kabupaten Bone.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaplikasian sumber belajar pada
pembelajaran siswa dan pengaplikasian media pembelajaran pada pembelajaran
siswa di SMAN 30 Bone Kecamatan Palakka Kabupaten Bone.
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut, digunakan jenis penelitian
kualitatif (qualitatif research). Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi
dan dokumentasi dengan menggunakan pendekatan pedagogik dan pendekatan
sosiologis. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif
kualitatif yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pengaplikasian sumber belajar pada
pembelajaran siswa di SMAN 30 Bone yang terdiri dari sumber belajar yang
dirancang (by designed) dan sumber belajar yang dipakai/dimanfaatkan (by
utilization) telah terlaksana dengan baik. Hal ini dapat dilihat dari adanya
pengaplikasian sumber belajar yang dirancang, baik berupa sumber belajar yang
berbentuk cetak ataupun digital. Begitupun juga dengan pengaplikasian sumber
belajar yang dimanfaatkan berupa sumber belajar yang berbasis lingkungan dan
juga adanya pemanfaatan internet sebagai sumber belajar. 2) Pengaplikasian
media pembelajaran pada pembelajaran siswa di SMAN 30 Bone yang terdiri dari
media visual dan media audio visual sudah terlaksana dengan baik. Hal ini dapat
dilihat dari adanya pengaplikasian media visual, baik berupa media gambar,
charta ataupun powerpoint dalam pembelajaran. Begitupun juga dengan
pengaplikasian media audio visual, berupa video yang ditampilkan dalam
pembelajaran dengan memanfaatkan laptop dan LCD. Selain itu, di SMAN 30
Bone juga sudah ada program pembelajaran melalui smart school. Program ini
mengarah pada pembelajaran yang berbasis audio visual, akan tetapi masih ada
beberapa kendala seperti jumlah LCD yang masih terbatas dan akses jaringan
yang terkadang kurang bagus.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil penelitian mengenai Penerapan Teknologi Pendidikan
pada Pembelajaran Siswa di SMAN 30 Bone Kecamatan Palakka Kabupaten
Bone, maka dapat disimpulkan sebagai berikut:
1. Pengaplikasian sumber belajar pada pembelajaran siswa di SMAN 30 Bone
yang terdiri dari sumber belajar yang dirancang (by designed) dan sumber
belajar yang dipakai/dimanfaatkan (by utilization) telah terlaksana dengan
baik. Hal ini dapat dilihat dari adanya pengaplikasian sumber belajar yang
dirancang, baik berupa sumber belajar yang berbentuk cetak ataupun digital.
Begitupun juga dengan pengaplikasian sumber belajar yang dipakai /
dimanfaatkan berupa sumber belajar yang berbasis lingkungan dan juga
adanya pemanfaatan internet sebagai sumber belajar. Namun ada beberapa
hal yang masih perlu dibenahi, seperti jumlah buku pada beberapa mata
pelajaran masih belum memadai dengan jumlah siswa yang ada dan jumlah e-
book pada perpustakaan digital juga masih terbatas. Untuk menentukan
sumber belajar yang akan digunakan, telebih dahulu dilakukan perencanaan
pembelajaran yang terdiri dari silabus dan RPP. Dalam RPP tersebut sudah
tercantum apa saja yang akan dilaksanakan dan dipersiapkan untuk proses
pembelajaran, salah satunya sumber belajar yang akan digunakan pada saat
pembelajaran. Adanya berbagai sumber belajar yang digunakan, diharapkan
dapat menambah pengetahuan siswa sehingga untuk mengetahui sejauh mana
kemampuan siswa dalam memahami materi, dilakukan penilaian
pembelajaran berupa penilaian formatif dalam bentuk ulangan harian.
2. Pengaplikasian media pembelajaran pada pembelajaran siswa di SMAN 30
Bone yang terdiri dari media visual dan media audio visual sudah terlaksana
dengan baik. Hal ini dapat dilihat dari adanya pengaplikasian media visual,
baik berupa media gambar, charta ataupun powerpoint dalam pembelajaran.
Begitupun juga dengan pengaplikasian media audio visual, berupa video yang
ditampilkan dalam pembelajaran dengan memanfaatkan laptop dan LCD.
Selain itu, di SMAN 30 Bone juga sudah ada program pembelajaran melalui
smart school. Program ini mengarah pada pembelajaran yang berbasis audio
visual (video). Pengaplikasian media audio visual dalam pembelajaran
tersebut dapat membantu guru dalam menyampaikan materi pembelajaran
dan dapat meningkatkan pemahaman siswa mengenai materi yang diajarkan.
Akan tetapi, masih ada beberapa kendala dalam mengaplikasikan media audio
visual seperti jumlah LCD yang masih terbatas dan akses jaringan yang
terkadang kurang bagus.
B. Saran
Sebagai akhir dari penulisan skripsi ini, dengan mendasarkan pada
penelitian yang peneliti lakukan, maka peneliti ingin memberikan saran kepada
pihak sekolah di SMAN 30 Bone yang mungkin dapat menjadi bahan masukan.
Adapun saran-saran yang peneliti maksud, yaitu sebagai berikut:
1. Bagi sekolah, khususnya di SMAN 30 Bone Kecamatan Palakka Kabupaten
Bone, disarankan untuk lebih melengkapi sarana yang belum memadai ketika
akan menerapkan teknologi pendidikan dalam pembelajaran, baik itu sumber
belajar ataupun media pembelajaran.
2. Bagi guru, disarankan untuk lebih menerapkan teknologi pendidikan dalam
pembelajaran, khususnya pada pengaplikasian sumber belajar dan media
pembelajaran serta dituntut agar lebih kreatif dan inovatif dalam
melaksanakan pembelajaran.
3. Bagi Siswa, disarankan untuk lebih giat lagi dalam belajar dan lebih
memanfaatkan teknologi pendidikan untuk menunjang proses pembelajaran,
baik berupa pengaplikasian sumber belajar ataupun media pembelajaran.
Pembelajaran Siswa di SMAN 30 Bone Kecamatan Palakka Kabupaten Bone.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaplikasian sumber belajar pada
pembelajaran siswa dan pengaplikasian media pembelajaran pada pembelajaran
siswa di SMAN 30 Bone Kecamatan Palakka Kabupaten Bone.
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut, digunakan jenis penelitian
kualitatif (qualitatif research). Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi
dan dokumentasi dengan menggunakan pendekatan pedagogik dan pendekatan
sosiologis. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif
kualitatif yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pengaplikasian sumber belajar pada
pembelajaran siswa di SMAN 30 Bone yang terdiri dari sumber belajar yang
dirancang (by designed) dan sumber belajar yang dipakai/dimanfaatkan (by
utilization) telah terlaksana dengan baik. Hal ini dapat dilihat dari adanya
pengaplikasian sumber belajar yang dirancang, baik berupa sumber belajar yang
berbentuk cetak ataupun digital. Begitupun juga dengan pengaplikasian sumber
belajar yang dimanfaatkan berupa sumber belajar yang berbasis lingkungan dan
juga adanya pemanfaatan internet sebagai sumber belajar. 2) Pengaplikasian
media pembelajaran pada pembelajaran siswa di SMAN 30 Bone yang terdiri dari
media visual dan media audio visual sudah terlaksana dengan baik. Hal ini dapat
dilihat dari adanya pengaplikasian media visual, baik berupa media gambar,
charta ataupun powerpoint dalam pembelajaran. Begitupun juga dengan
pengaplikasian media audio visual, berupa video yang ditampilkan dalam
pembelajaran dengan memanfaatkan laptop dan LCD. Selain itu, di SMAN 30
Bone juga sudah ada program pembelajaran melalui smart school. Program ini
mengarah pada pembelajaran yang berbasis audio visual, akan tetapi masih ada
beberapa kendala seperti jumlah LCD yang masih terbatas dan akses jaringan
yang terkadang kurang bagus.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil penelitian mengenai Penerapan Teknologi Pendidikan
pada Pembelajaran Siswa di SMAN 30 Bone Kecamatan Palakka Kabupaten
Bone, maka dapat disimpulkan sebagai berikut:
1. Pengaplikasian sumber belajar pada pembelajaran siswa di SMAN 30 Bone
yang terdiri dari sumber belajar yang dirancang (by designed) dan sumber
belajar yang dipakai/dimanfaatkan (by utilization) telah terlaksana dengan
baik. Hal ini dapat dilihat dari adanya pengaplikasian sumber belajar yang
dirancang, baik berupa sumber belajar yang berbentuk cetak ataupun digital.
Begitupun juga dengan pengaplikasian sumber belajar yang dipakai /
dimanfaatkan berupa sumber belajar yang berbasis lingkungan dan juga
adanya pemanfaatan internet sebagai sumber belajar. Namun ada beberapa
hal yang masih perlu dibenahi, seperti jumlah buku pada beberapa mata
pelajaran masih belum memadai dengan jumlah siswa yang ada dan jumlah e-
book pada perpustakaan digital juga masih terbatas. Untuk menentukan
sumber belajar yang akan digunakan, telebih dahulu dilakukan perencanaan
pembelajaran yang terdiri dari silabus dan RPP. Dalam RPP tersebut sudah
tercantum apa saja yang akan dilaksanakan dan dipersiapkan untuk proses
pembelajaran, salah satunya sumber belajar yang akan digunakan pada saat
pembelajaran. Adanya berbagai sumber belajar yang digunakan, diharapkan
dapat menambah pengetahuan siswa sehingga untuk mengetahui sejauh mana
kemampuan siswa dalam memahami materi, dilakukan penilaian
pembelajaran berupa penilaian formatif dalam bentuk ulangan harian.
2. Pengaplikasian media pembelajaran pada pembelajaran siswa di SMAN 30
Bone yang terdiri dari media visual dan media audio visual sudah terlaksana
dengan baik. Hal ini dapat dilihat dari adanya pengaplikasian media visual,
baik berupa media gambar, charta ataupun powerpoint dalam pembelajaran.
Begitupun juga dengan pengaplikasian media audio visual, berupa video yang
ditampilkan dalam pembelajaran dengan memanfaatkan laptop dan LCD.
Selain itu, di SMAN 30 Bone juga sudah ada program pembelajaran melalui
smart school. Program ini mengarah pada pembelajaran yang berbasis audio
visual (video). Pengaplikasian media audio visual dalam pembelajaran
tersebut dapat membantu guru dalam menyampaikan materi pembelajaran
dan dapat meningkatkan pemahaman siswa mengenai materi yang diajarkan.
Akan tetapi, masih ada beberapa kendala dalam mengaplikasikan media audio
visual seperti jumlah LCD yang masih terbatas dan akses jaringan yang
terkadang kurang bagus.
B. Saran
Sebagai akhir dari penulisan skripsi ini, dengan mendasarkan pada
penelitian yang peneliti lakukan, maka peneliti ingin memberikan saran kepada
pihak sekolah di SMAN 30 Bone yang mungkin dapat menjadi bahan masukan.
Adapun saran-saran yang peneliti maksud, yaitu sebagai berikut:
1. Bagi sekolah, khususnya di SMAN 30 Bone Kecamatan Palakka Kabupaten
Bone, disarankan untuk lebih melengkapi sarana yang belum memadai ketika
akan menerapkan teknologi pendidikan dalam pembelajaran, baik itu sumber
belajar ataupun media pembelajaran.
2. Bagi guru, disarankan untuk lebih menerapkan teknologi pendidikan dalam
pembelajaran, khususnya pada pengaplikasian sumber belajar dan media
pembelajaran serta dituntut agar lebih kreatif dan inovatif dalam
melaksanakan pembelajaran.
3. Bagi Siswa, disarankan untuk lebih giat lagi dalam belajar dan lebih
memanfaatkan teknologi pendidikan untuk menunjang proses pembelajaran,
baik berupa pengaplikasian sumber belajar ataupun media pembelajaran.
Ketersediaan
| STAR20230019 | 19/2023 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
19/2023
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2023
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
