Efektivitas Penggunaan Media Bopiper dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Dasar Perkalian Siswa Kelas III MI Annurain Lonrae

No image available for this title
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman konsep dasar perkalian
siswa kelas III MI Annurain Lonrae sebelum (Pre-test) dan setelah (Post-test)
menggunakan media bopiper serta bagaimana efektivitas penggunaan media
bopiper dalam meningkatkan pemahaman konsep dasar perkalian siswa kelas III
MI Annurain Lonrae. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah
penelitian kuantitatif dengan desain yang digunakan desain One Group Pretest-
Posttest Design. Dalam penelitian ini yang menjadi sampel adalah seluruh siswa
kelas III MI Annurain Lonrae berjumlah 25 orang. Instrumen yang digunakan
dalam penelitian ini berupa tes pemahaman konsep perkalian berbentuk pilihan
ganda. Kemudian dilakukan analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif
melalui program aplikasi jamovi-2.3.2.0-win64. Uji efektivitas di peroleh hasil
persentase 57,28%. Hasil tersebut menunjukkan bahwa penggunaan media
Bopiper cukup efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep dasar perkalian
siswa kelas III MI Annurain Lonrae.
A. Simpulan
Berdasarkan rumusan masalah, analisis data dan pembahasan yang telah
dilkaukan peneliti terhadap penelitian ini, maka dapat disimpulkan bahwa :
1. Pemahaman konsep dasar perkalian siswa kelas III MI Annurrain Lonrae
sebelum (Pre-test) menerapkan media bopiper memiliki persentase sebesar
4% pada kategori sangat rendah, 4% pada kategori rendah, 48% pada
kategori sedang, 44% pada kategori tinngi, dan 0% kategori sangat tinggi.
dan nilai rata-rata yang diperoleh pada soal pretest sebesar 58,0.
2. Pemahaman konsep dasar perkalian siswa kelas III MI Annurain Lonrae
setelah (Pre-test) menerapkan media bopiper memiliki persentase sebesar
0% pada kategori sangat rendah, 0% pada kategori rendah, 0% pada
kategori sedang, 64% pada kategori tinngi, dan 36% kategori sangat tinggi
dan nilai rata-rata yang diperoleh pada soal posttest sebesar 82.4%
3. Uji efektivitas di peroleh hasil persentase 57,28%. Hasil tersebut
menunjukan bahwa penggunaan media bopiper cukup efektif dalam
meningkatkan pemahaman konsep dasar perkalian siswa kelas III MI An-
Nurrain Lonrae . Selain itu uji hipotsis menunjukan bahwa H₁ ditrima dan
H₀ ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan
pemahaman konsep dasar perkalian siswa kelas III MI Anurrain Lonrae
sebelum dan setelah menggunakan media bopiper. Hasil tersebut
menunjukan bahwa penggunaan media bopiper efektif diterapkan untuk
meningkatkan pemahaman konsep dasar perkalian siswa.
B. Saran
Berdasarkan apa yang telah disimpulkan pada penelitian ini, maka
peneliti memiliki beberapa saran yang dapat dilaksanakan untuk meningkatkan
pemahaman konsep dasar perkalian siswa, yaitu :
1. Kepada guru wali kelas agar dalam pembelajaranya disarankan
menggunakan media bopiper dalam meningkatkan pemahaman konsep
dasar perkalian siswa.
2. Kepada peneliti lain yang berniat meneliti variabel-variabel yang relevan
pada materi dengan situasi dan kondisi yang berbeda pada gilirannya nanti
akan lahir satu tulisan yang lebih baik, lengkap, dan bermutu.
Ketersediaan
STAR20230182182/2023Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

182/2023

Penerbit

IAIN BONE : Watampone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

Skripsi Tarbiyah

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top