Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Sistem Zonasi Terhadap Kepuasan Siswa Dalam Memilih Sekolah Di SD Negeri 168 Barugae
Selfiana/862312019101 - Personal Name
Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui “Pengaruh Persepsi Siswa tentang
Sistem Zonasi terhadap Kepuasan Siswa dalam Memilih Sekolah di SD Negeri
168 Barugae.” Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut, digunakan jenis
deskriptif Mix Methode. Dengan pendekatan penelitian menggunakan pendekatan
manajemen. Data dikumpulkan melalui angket dan wawancara. Kemudian data
yang diperoleh dianalisis melalui validitas dan realibitas instrumen.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, persepsi Siswa tentang
Sistem Zonasi di SD Negeri 168 Barugae dikatakan baik karena rata-rata
tanggapan angket dari para responden diperoleh nilai sebesar 70,94. Angka 70,94
berada pada kategori cukup baik, yaitu terletak pada interval antara 68-73.
Kedua, kepuasan siswa dalam Memili Sekolah di SD Negeri 168 Barugae
dikatakan baik karena rata-rata tanggapan angket dari para responden diperoleh
nilai sebesar 69,74. Angka 69,74 berada pada kategori cukup baik, yaitu pada
interval antara 68-71. Ketiga, Berdasarkan hasil analisis secara deskriptif dapat
dikatakan bahwa persespsi siswa tentang sistem zonasi memiliki korelasi yang
baik terhadap Kepuasan Siswa dalam Memilih Sekolah. Dapat dilihat dari hasil
signifikan kedua variabel sebesar 0,026 yang berarti terdapat pengaruh antara
variabel X terhadap variabel Y. Adapun hasil uji anava nilai F hitung sebesar
250,3337037 > F tabel 3,981896 serta T hitung sebesar 27,044677657 > T tabel sebesar
1,346205. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif terhadap persepsi
siswa tentang sistem zonasi terhadap kepuasan siswa dalam memilih sekolah.
Keempat, Persepsi siswa tentang sistem zonasi terhadap kepuasan siswa dalam
memilih sekolah di SD Negeri 168 Barugae bisa dikatakan bahwa memudahkan
akses layanan pendidikan yang berkaitan dengan infrastruktur di sekolah yang
menginginkan adanya pemerataan sarana prasarana pendidikan untuk mendukung
pemerataan kualitas pendidikan bisa melalui sistem zonasi
A. Simpulan
Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan yang telah diuraikan pada
bab sebelumnya, penulis dapat memberikan simpulan sebagai berikut:
1. Persepsi Siswa tentang Sistem Zonasi di SD Negeri 168 Barugae
dikatakan baik karena rata-rata tanggapan angket dari para responden
diperoleh nilai sebesar 70,94. Angka 70,94 berada pada kategori cukup
baik, yaitu terletak pada interval antara 68-73.
2. Kepuasan siswa dalam Memili Sekolah di SD Negeri 168 Barugae
dikatakan baik karena rata-rata tanggapan angket dari para responden
diperoleh nilai sebesar 69,74. Angka 69,74 berada pada kategori cukup
baik, yaitu pada interval antara 68-71.
3. Berdasarkan hasil analisis secara deskriptif dapat dikatakan bahwa
persespsi siswa tentang sistem zonasi memiliki korelasi yang baik
terhadap Kepuasan Siswa dalam Memilih Sekolah. Dapat dilihat dari hasil
signifikan kedua variabel sebesar 0,01 yang berarti terdapat pengaruh
antara variabel X terhadap variabel Y. Adapun hasil uji anava nilai F hitung
sebesar 250,3337037 > F tabel 3,981896 serta T hitung sebesar 27,044677657 >
T tabel sebesar 1,346205. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh
positif terhadap persepsi siswa tentang sistem zonasi terhadap kepuasan
siswa dalam memilih sekolah.
4. Persepsi siswa tentang sistem zonasi terhadap kepuasan siswa dalam
memilih sekolah di SD Negeri 168 Barugae bisa dikatakan bahwa
memudahkan akses layanan pendidikan yang berkaitan dengan
infrastruktur di sekolah yang menginginkan adanya pemerataan sarana
prasarana pendidikan untuk mendukung pemerataan kualitas pendidikan
bisa melalui sistem zonasi.
B. Saran
Setelah penulis menguraikan simpulan tersebut, selanjutnya penulis
akan menguraikan implikasi penelitian yang berisi saran-saran kepada pihak
sekolah di SD Negeri 168 Barugae. Adapun saran-saran yang penulis
maksud, yaitu sebagai berikut :
1. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh bahwa persepsi siswa tentang
sistem zonasi memiliki korelasi yang baik terhadap kepuasan siswa dalam
memilih sekolah. Jadi untuk kedepannya diharapkan kepada pihak
sekolah dan guru lebih mengutamakan keinginan siswanya karena mereka
yang menjadi penunjang berhasil atau tidaknya sebuah sekolah.
2. Bagi penelitian selanjutnya, hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai
bahan referensi untuk melakukan penelitian-penelitian selanjutnya,
khususnya penelitian-penelitian yang berkaitan dengan persepsi siswa
tentang sistem zonasi dan kepuasan siswa dalam memilih sekolah.
Sistem Zonasi terhadap Kepuasan Siswa dalam Memilih Sekolah di SD Negeri
168 Barugae.” Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut, digunakan jenis
deskriptif Mix Methode. Dengan pendekatan penelitian menggunakan pendekatan
manajemen. Data dikumpulkan melalui angket dan wawancara. Kemudian data
yang diperoleh dianalisis melalui validitas dan realibitas instrumen.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, persepsi Siswa tentang
Sistem Zonasi di SD Negeri 168 Barugae dikatakan baik karena rata-rata
tanggapan angket dari para responden diperoleh nilai sebesar 70,94. Angka 70,94
berada pada kategori cukup baik, yaitu terletak pada interval antara 68-73.
Kedua, kepuasan siswa dalam Memili Sekolah di SD Negeri 168 Barugae
dikatakan baik karena rata-rata tanggapan angket dari para responden diperoleh
nilai sebesar 69,74. Angka 69,74 berada pada kategori cukup baik, yaitu pada
interval antara 68-71. Ketiga, Berdasarkan hasil analisis secara deskriptif dapat
dikatakan bahwa persespsi siswa tentang sistem zonasi memiliki korelasi yang
baik terhadap Kepuasan Siswa dalam Memilih Sekolah. Dapat dilihat dari hasil
signifikan kedua variabel sebesar 0,026 yang berarti terdapat pengaruh antara
variabel X terhadap variabel Y. Adapun hasil uji anava nilai F hitung sebesar
250,3337037 > F tabel 3,981896 serta T hitung sebesar 27,044677657 > T tabel sebesar
1,346205. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif terhadap persepsi
siswa tentang sistem zonasi terhadap kepuasan siswa dalam memilih sekolah.
Keempat, Persepsi siswa tentang sistem zonasi terhadap kepuasan siswa dalam
memilih sekolah di SD Negeri 168 Barugae bisa dikatakan bahwa memudahkan
akses layanan pendidikan yang berkaitan dengan infrastruktur di sekolah yang
menginginkan adanya pemerataan sarana prasarana pendidikan untuk mendukung
pemerataan kualitas pendidikan bisa melalui sistem zonasi
A. Simpulan
Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan yang telah diuraikan pada
bab sebelumnya, penulis dapat memberikan simpulan sebagai berikut:
1. Persepsi Siswa tentang Sistem Zonasi di SD Negeri 168 Barugae
dikatakan baik karena rata-rata tanggapan angket dari para responden
diperoleh nilai sebesar 70,94. Angka 70,94 berada pada kategori cukup
baik, yaitu terletak pada interval antara 68-73.
2. Kepuasan siswa dalam Memili Sekolah di SD Negeri 168 Barugae
dikatakan baik karena rata-rata tanggapan angket dari para responden
diperoleh nilai sebesar 69,74. Angka 69,74 berada pada kategori cukup
baik, yaitu pada interval antara 68-71.
3. Berdasarkan hasil analisis secara deskriptif dapat dikatakan bahwa
persespsi siswa tentang sistem zonasi memiliki korelasi yang baik
terhadap Kepuasan Siswa dalam Memilih Sekolah. Dapat dilihat dari hasil
signifikan kedua variabel sebesar 0,01 yang berarti terdapat pengaruh
antara variabel X terhadap variabel Y. Adapun hasil uji anava nilai F hitung
sebesar 250,3337037 > F tabel 3,981896 serta T hitung sebesar 27,044677657 >
T tabel sebesar 1,346205. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh
positif terhadap persepsi siswa tentang sistem zonasi terhadap kepuasan
siswa dalam memilih sekolah.
4. Persepsi siswa tentang sistem zonasi terhadap kepuasan siswa dalam
memilih sekolah di SD Negeri 168 Barugae bisa dikatakan bahwa
memudahkan akses layanan pendidikan yang berkaitan dengan
infrastruktur di sekolah yang menginginkan adanya pemerataan sarana
prasarana pendidikan untuk mendukung pemerataan kualitas pendidikan
bisa melalui sistem zonasi.
B. Saran
Setelah penulis menguraikan simpulan tersebut, selanjutnya penulis
akan menguraikan implikasi penelitian yang berisi saran-saran kepada pihak
sekolah di SD Negeri 168 Barugae. Adapun saran-saran yang penulis
maksud, yaitu sebagai berikut :
1. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh bahwa persepsi siswa tentang
sistem zonasi memiliki korelasi yang baik terhadap kepuasan siswa dalam
memilih sekolah. Jadi untuk kedepannya diharapkan kepada pihak
sekolah dan guru lebih mengutamakan keinginan siswanya karena mereka
yang menjadi penunjang berhasil atau tidaknya sebuah sekolah.
2. Bagi penelitian selanjutnya, hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai
bahan referensi untuk melakukan penelitian-penelitian selanjutnya,
khususnya penelitian-penelitian yang berkaitan dengan persepsi siswa
tentang sistem zonasi dan kepuasan siswa dalam memilih sekolah.
Ketersediaan
| STAR20230207 | 207/2023 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
207/2023
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2023
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
