Pengelolaan Kelas Dalam Meningkatkan Konsentrasi Belajar Siswa di MTs Cina
Susilawati/862312019108 - Personal Name
Skripsi ini membahas tentang Pengelolaan Kelas Dalam Meningkatkan
Konsentrasi Belajar Siswa di MTs Cina. Permasalahan dalam penelitian ini adalah
bagaimana pengelolaan kelas dalam meningkatkan konsentrasi belajar siswa di MTs
Cina. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengelolaan kelas di MTs Cina serta
untuk mengetahui dampak pengelolaan kelas dalam meningkatkan konsentrasi belajar
siswa di MTs Cina. Penelitian ini, dianalisis dengan pendekatan manajemen dan
pendekatan paedagogis serta dibahas dengan metode kualitatif. Untuk memperoleh
data dari masalah tersebut, penulis menggunakan penelitian kualitatif (Qualitatif
Research) dengan melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi. Selanjutnya
teknik analisis data yaitu reduksi data (Data Reduction), trigulasi penyajian data (data
display) , dan membuat kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan kelas di MTs Cina adalah
pertama, terdapat penataan ruang kelas seperti penataan kursi, meja, sturuktur piket
bersih setiap hari, fasilitas-fasilitas yang ada diruang kelas. Kedua mengantisipasi
kondisi kelas, ketiga menetapkan aturan dengan tegas namun bersahabat, keempat
memastikan siswa tetap fokus dalam belajarnya, kelima pembelajaran dilakukan
denga serius tapi tetap santai, keenam tidak membiarkan ada waktu kosong pada saat
pergantian jam pembelajaran, dan ketujuh setiap memulai pembelajaran sampai akhir
pembelajaran tetap memberikan semangat. Sedangkan dampak pengelolaan kelas
dalam meningkatkan konsentrasi belajar siswa di MTs Cina yaitu sangat berdampak
positif bagi guru ataupun siswa, tecapainya kerjasama antara guru dan siswa maupun
sesama siswa, kelas menjadi kondusif, rapi, bersih, dan nyaman dalam proses belajar
mengajar. Adapun hambatan dalam pengelolaan kelas di MTs Cina Kabupaten Bone
adalah sebagian siswa susah diatur dalam melaksanakan tugas piket di kelasnya,
kurangnya kerjasama siswa dalam melaksankan piket, adanya rasa malas siswa dalam
melaksanakan piket, kurangnyanya keaktifan siswa, kurangnya konsentrasi siswa
dalam pembelajaran, tidak adanya fasilitas di dalam kelas seperti kipas angin atau
AC, dan adanya kejenuhan dari siswa karena merasa lelah atau mengantuk.
A. Simpulan
Berdasarkan dari hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti maka dapat ditarik
sebuah kesimpulan yaitu:
1. Pengelolaan kelas di MTs Cina adalah pertama, penataan ruang kelas seperti
penataan kursi, meja, sturuktur piket bersih setiap hari,fasilitas-fasilitas yang
ada diruang kelas, kedua mengantisipasi kondisi kelas, ketiga menetapkan
aturan dengan tegas namun bersahabat, keempat memastikan siswa tetap fokus
dalam belajarnya, kelima pembelajaran dilakukan dengan serius tapi tetap
santai, keenam tidak membiarkan ada waktu kosong pada saat pergantian jam
pembelajaran, dan ketujuh setiap memulai pembelajaran sampai akhir
pembelajran tetap memberikan semangat.
B. Dampak pengelolaan kelas dalam meningkatkan konsentrasi belajar siswa di MTs
Cina yaitu sangat berdampak positif bagi guru ataupun siswa, tercapainya
kerjasama antara guru dan siswa maupun sesama siswa, kelas menjadi kondusif,
rapi, bersih, dan nyaman dalam proses belajar mengajar.
C. Saran
Melihat dari hasil wawancara oleh peneliti tentang pengelolaan kelas dalam
meningkatkan konsentrasi belajar siswa di MTs Cina bahwa perlu adanya
peningkatan kerjasama antara guru dengan siswa maupun sesama siswa dalam
melakukan pengelolaan kelas, perlu adanya pengawasan setiap hari agar
penerapannya semaksimal mungkin menjadi efektif, dan perlu adanya fasilitas
kipas atau AC yang diberikan pada setiap kelas agar konsentrasi belajar siswa
tidak terganggu karena merasakan panas.
Konsentrasi Belajar Siswa di MTs Cina. Permasalahan dalam penelitian ini adalah
bagaimana pengelolaan kelas dalam meningkatkan konsentrasi belajar siswa di MTs
Cina. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengelolaan kelas di MTs Cina serta
untuk mengetahui dampak pengelolaan kelas dalam meningkatkan konsentrasi belajar
siswa di MTs Cina. Penelitian ini, dianalisis dengan pendekatan manajemen dan
pendekatan paedagogis serta dibahas dengan metode kualitatif. Untuk memperoleh
data dari masalah tersebut, penulis menggunakan penelitian kualitatif (Qualitatif
Research) dengan melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi. Selanjutnya
teknik analisis data yaitu reduksi data (Data Reduction), trigulasi penyajian data (data
display) , dan membuat kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan kelas di MTs Cina adalah
pertama, terdapat penataan ruang kelas seperti penataan kursi, meja, sturuktur piket
bersih setiap hari, fasilitas-fasilitas yang ada diruang kelas. Kedua mengantisipasi
kondisi kelas, ketiga menetapkan aturan dengan tegas namun bersahabat, keempat
memastikan siswa tetap fokus dalam belajarnya, kelima pembelajaran dilakukan
denga serius tapi tetap santai, keenam tidak membiarkan ada waktu kosong pada saat
pergantian jam pembelajaran, dan ketujuh setiap memulai pembelajaran sampai akhir
pembelajaran tetap memberikan semangat. Sedangkan dampak pengelolaan kelas
dalam meningkatkan konsentrasi belajar siswa di MTs Cina yaitu sangat berdampak
positif bagi guru ataupun siswa, tecapainya kerjasama antara guru dan siswa maupun
sesama siswa, kelas menjadi kondusif, rapi, bersih, dan nyaman dalam proses belajar
mengajar. Adapun hambatan dalam pengelolaan kelas di MTs Cina Kabupaten Bone
adalah sebagian siswa susah diatur dalam melaksanakan tugas piket di kelasnya,
kurangnya kerjasama siswa dalam melaksankan piket, adanya rasa malas siswa dalam
melaksanakan piket, kurangnyanya keaktifan siswa, kurangnya konsentrasi siswa
dalam pembelajaran, tidak adanya fasilitas di dalam kelas seperti kipas angin atau
AC, dan adanya kejenuhan dari siswa karena merasa lelah atau mengantuk.
A. Simpulan
Berdasarkan dari hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti maka dapat ditarik
sebuah kesimpulan yaitu:
1. Pengelolaan kelas di MTs Cina adalah pertama, penataan ruang kelas seperti
penataan kursi, meja, sturuktur piket bersih setiap hari,fasilitas-fasilitas yang
ada diruang kelas, kedua mengantisipasi kondisi kelas, ketiga menetapkan
aturan dengan tegas namun bersahabat, keempat memastikan siswa tetap fokus
dalam belajarnya, kelima pembelajaran dilakukan dengan serius tapi tetap
santai, keenam tidak membiarkan ada waktu kosong pada saat pergantian jam
pembelajaran, dan ketujuh setiap memulai pembelajaran sampai akhir
pembelajran tetap memberikan semangat.
B. Dampak pengelolaan kelas dalam meningkatkan konsentrasi belajar siswa di MTs
Cina yaitu sangat berdampak positif bagi guru ataupun siswa, tercapainya
kerjasama antara guru dan siswa maupun sesama siswa, kelas menjadi kondusif,
rapi, bersih, dan nyaman dalam proses belajar mengajar.
C. Saran
Melihat dari hasil wawancara oleh peneliti tentang pengelolaan kelas dalam
meningkatkan konsentrasi belajar siswa di MTs Cina bahwa perlu adanya
peningkatan kerjasama antara guru dengan siswa maupun sesama siswa dalam
melakukan pengelolaan kelas, perlu adanya pengawasan setiap hari agar
penerapannya semaksimal mungkin menjadi efektif, dan perlu adanya fasilitas
kipas atau AC yang diberikan pada setiap kelas agar konsentrasi belajar siswa
tidak terganggu karena merasakan panas.
Ketersediaan
| STAR20230314 | 314/2023 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
314/2023
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2023
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
