Efektivitas Penggunaan Media Kaperbar dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis pada Pembelajaran IPA Siswa Kelas V MI Annurain Lonrae

No image available for this title
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana efektivitas penggunaan
media Kaperbar dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa pada
pembelajaran IPA siswa kelas V MI Annurain Lonrae. Jenis penelitian yang
digunakan yaitu penelitian kuantitatif menggunakan desain one-group pretest-
posttest design. Sampel yang digunakan yaitu seluruh siswa kelas V MI Annurain
Lonrae yang berjumlah 24 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada
penelitian ini berupa observasi, dokumentasi dan tes yang berupa soal-soal pilihan
ganda. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan statistik inferensial
menggunakan bantuan program SPSS versi 21. Pada penelitian ini diperoleh hasil
dari pretest dan posttest terdapat peningkatan keterampilan berpikir kritis pada
peserta didik. Nilai rata-rata saat dilakukan pretest sebesar 30,54 berada dalam
kategori sangat kurang, setelah penggunaan media pembelajaran nilai peserta didik
pada posttest mengalami peningkatan dengan rata-rata 86,13 berada dalam kategori
sangat baik. Peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa juga dibuktikan melalui
hasil analisis uji paired sampel t-test diperoleh sig (2-tailed) sebesar 0.000 yang
berarti kecil dari ꭤ yaitu 0.05 ( 0.000 < 0.05) yang berarti bahwa terdapat pengaruh
yang signifikan dari efektivitas penggunaan media kaperbar dalam meningkatkan
keterampilan berpikir kritis pada pembeajaran ipa siswa kelas V MI Annurain
Lonrae.
A. Kesimpulan
Penelitian ini mengkaji tentang efektivitas penggunaan media kaperbar
dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis pada pembelajaran IPA
siswa kelas V MI Annurain Lonrae. Berdasarkan rumusan masalah yang
diajukan dapat dijawab dari Penerapan media kaperbar yang dilaksanakan
setelah siswa diberikan uji pretest dimana hasil uji menunjukkan rata-rata
30,54 dengan kategori rendah. Setelah itu, dilaksanakan Pembelajaran
dengan penggunaan media kaperbar dilaksanakan 5 kali pertemuan dengan
pembelajaran IPA materi ekosistem. Setiap pertemuan siswa dibagi atas 3
kelompok. Siswa bersama kelompoknya mampu menginterpretasikan,
menganalisis, mengvaluasi dan menyimpulkan isi dari kartu pada
pembelajaran IPA materi ekosistem. Setelah penerapan media, dilakukan uji
posttest untuk mengetahui keterampilan berpikir kritis siswa.
Keterampilan berpikir kritis siswa setelah penggunaan media
kaperbar dapat dilihat dari nilai rata-rata posttest yaitu 86,13 berada pada
kategori tinggi. dari hasil analisis, Kaperbar dinyatakan efektif dalam
meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa, hal ini dibuktikan dari
hasil uji hipotesis menunjukkan hasil pretest-posttest memiliki signifikansi
masing-masing sebesar 0.000. dimana hasil nilai signifikansi 0.00 < 0.05
maka Hₒ ditolak dan H₁ diterima. Berdasarkan hal tersebut, dapat
disimpulkan bahwa media KAPERBAR efektif dalam meningkatkan
keterampilan berpikir kritis siswa kelas V MI Annurain Lonrae.
B. Saran
Berdasarkan hasil penelitian yang telah diperoleh, peneliti meberikan
beberapa saran dengan tujuan agar pelaksanaan penelitian selanjutnya yang
serupa dengan penelitian ini bisa berjalan lebih baik. Adapun sara-saran
tersebut sebagai berikut :
1. Bagi pihak sekolah, peneliti berharap agar sekolah hendaknya selalu
memberikan dukungan kepada guru dalam pengenalan media dimulai
sejak dini kepada siswa seperti penggunaan media kartu pertanyaan
bergambar (KAPERBAR) guna meningkatkan kualitas pengajaran IPA
di sekolah.
2. Bagi guru, pembelajaran IPA menggunakan media kaperbar dapat
dijadikan alternatif dalam proses pembelajaran terkhusus materi
Ekosistem sehingga dapat menjadi salah satu solusi agar pembelajaran
tidak terkesan membosankan.
3. Bagi siswa, hendaknya selalu turut aktif secara mandiri dan
berpartisipasi dalam mengikuti setiap pembelajaran.
Ketersediaan
STAR20230230230/2023Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

230/2023

Penerbit

IAIN BONE : Watampone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

Skripsi Tarbiyah

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top