Efektivitas Penggunaan Media Kaperbar dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis pada Pembelajaran IPA Siswa Kelas V MI Annurain Lonrae
Ativa Amdani/862322019052 - Personal Name
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana efektivitas penggunaan
media Kaperbar dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa pada
pembelajaran IPA siswa kelas V MI Annurain Lonrae. Jenis penelitian yang
digunakan yaitu penelitian kuantitatif menggunakan desain one-group pretest-
posttest design. Sampel yang digunakan yaitu seluruh siswa kelas V MI Annurain
Lonrae yang berjumlah 24 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada
penelitian ini berupa observasi, dokumentasi dan tes yang berupa soal-soal pilihan
ganda. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan statistik inferensial
menggunakan bantuan program SPSS versi 21. Pada penelitian ini diperoleh hasil
dari pretest dan posttest terdapat peningkatan keterampilan berpikir kritis pada
peserta didik. Nilai rata-rata saat dilakukan pretest sebesar 30,54 berada dalam
kategori sangat kurang, setelah penggunaan media pembelajaran nilai peserta didik
pada posttest mengalami peningkatan dengan rata-rata 86,13 berada dalam kategori
sangat baik. Peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa juga dibuktikan melalui
hasil analisis uji paired sampel t-test diperoleh sig (2-tailed) sebesar 0.000 yang
berarti kecil dari ꭤ yaitu 0.05 ( 0.000 < 0.05) yang berarti bahwa terdapat pengaruh
yang signifikan dari efektivitas penggunaan media kaperbar dalam meningkatkan
keterampilan berpikir kritis pada pembeajaran ipa siswa kelas V MI Annurain
Lonrae.
A. Kesimpulan
Penelitian ini mengkaji tentang efektivitas penggunaan media kaperbar
dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis pada pembelajaran IPA
siswa kelas V MI Annurain Lonrae. Berdasarkan rumusan masalah yang
diajukan dapat dijawab dari Penerapan media kaperbar yang dilaksanakan
setelah siswa diberikan uji pretest dimana hasil uji menunjukkan rata-rata
30,54 dengan kategori rendah. Setelah itu, dilaksanakan Pembelajaran
dengan penggunaan media kaperbar dilaksanakan 5 kali pertemuan dengan
pembelajaran IPA materi ekosistem. Setiap pertemuan siswa dibagi atas 3
kelompok. Siswa bersama kelompoknya mampu menginterpretasikan,
menganalisis, mengvaluasi dan menyimpulkan isi dari kartu pada
pembelajaran IPA materi ekosistem. Setelah penerapan media, dilakukan uji
posttest untuk mengetahui keterampilan berpikir kritis siswa.
Keterampilan berpikir kritis siswa setelah penggunaan media
kaperbar dapat dilihat dari nilai rata-rata posttest yaitu 86,13 berada pada
kategori tinggi. dari hasil analisis, Kaperbar dinyatakan efektif dalam
meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa, hal ini dibuktikan dari
hasil uji hipotesis menunjukkan hasil pretest-posttest memiliki signifikansi
masing-masing sebesar 0.000. dimana hasil nilai signifikansi 0.00 < 0.05
maka Hₒ ditolak dan H₁ diterima. Berdasarkan hal tersebut, dapat
disimpulkan bahwa media KAPERBAR efektif dalam meningkatkan
keterampilan berpikir kritis siswa kelas V MI Annurain Lonrae.
B. Saran
Berdasarkan hasil penelitian yang telah diperoleh, peneliti meberikan
beberapa saran dengan tujuan agar pelaksanaan penelitian selanjutnya yang
serupa dengan penelitian ini bisa berjalan lebih baik. Adapun sara-saran
tersebut sebagai berikut :
1. Bagi pihak sekolah, peneliti berharap agar sekolah hendaknya selalu
memberikan dukungan kepada guru dalam pengenalan media dimulai
sejak dini kepada siswa seperti penggunaan media kartu pertanyaan
bergambar (KAPERBAR) guna meningkatkan kualitas pengajaran IPA
di sekolah.
2. Bagi guru, pembelajaran IPA menggunakan media kaperbar dapat
dijadikan alternatif dalam proses pembelajaran terkhusus materi
Ekosistem sehingga dapat menjadi salah satu solusi agar pembelajaran
tidak terkesan membosankan.
3. Bagi siswa, hendaknya selalu turut aktif secara mandiri dan
berpartisipasi dalam mengikuti setiap pembelajaran.
media Kaperbar dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa pada
pembelajaran IPA siswa kelas V MI Annurain Lonrae. Jenis penelitian yang
digunakan yaitu penelitian kuantitatif menggunakan desain one-group pretest-
posttest design. Sampel yang digunakan yaitu seluruh siswa kelas V MI Annurain
Lonrae yang berjumlah 24 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada
penelitian ini berupa observasi, dokumentasi dan tes yang berupa soal-soal pilihan
ganda. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan statistik inferensial
menggunakan bantuan program SPSS versi 21. Pada penelitian ini diperoleh hasil
dari pretest dan posttest terdapat peningkatan keterampilan berpikir kritis pada
peserta didik. Nilai rata-rata saat dilakukan pretest sebesar 30,54 berada dalam
kategori sangat kurang, setelah penggunaan media pembelajaran nilai peserta didik
pada posttest mengalami peningkatan dengan rata-rata 86,13 berada dalam kategori
sangat baik. Peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa juga dibuktikan melalui
hasil analisis uji paired sampel t-test diperoleh sig (2-tailed) sebesar 0.000 yang
berarti kecil dari ꭤ yaitu 0.05 ( 0.000 < 0.05) yang berarti bahwa terdapat pengaruh
yang signifikan dari efektivitas penggunaan media kaperbar dalam meningkatkan
keterampilan berpikir kritis pada pembeajaran ipa siswa kelas V MI Annurain
Lonrae.
A. Kesimpulan
Penelitian ini mengkaji tentang efektivitas penggunaan media kaperbar
dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis pada pembelajaran IPA
siswa kelas V MI Annurain Lonrae. Berdasarkan rumusan masalah yang
diajukan dapat dijawab dari Penerapan media kaperbar yang dilaksanakan
setelah siswa diberikan uji pretest dimana hasil uji menunjukkan rata-rata
30,54 dengan kategori rendah. Setelah itu, dilaksanakan Pembelajaran
dengan penggunaan media kaperbar dilaksanakan 5 kali pertemuan dengan
pembelajaran IPA materi ekosistem. Setiap pertemuan siswa dibagi atas 3
kelompok. Siswa bersama kelompoknya mampu menginterpretasikan,
menganalisis, mengvaluasi dan menyimpulkan isi dari kartu pada
pembelajaran IPA materi ekosistem. Setelah penerapan media, dilakukan uji
posttest untuk mengetahui keterampilan berpikir kritis siswa.
Keterampilan berpikir kritis siswa setelah penggunaan media
kaperbar dapat dilihat dari nilai rata-rata posttest yaitu 86,13 berada pada
kategori tinggi. dari hasil analisis, Kaperbar dinyatakan efektif dalam
meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa, hal ini dibuktikan dari
hasil uji hipotesis menunjukkan hasil pretest-posttest memiliki signifikansi
masing-masing sebesar 0.000. dimana hasil nilai signifikansi 0.00 < 0.05
maka Hₒ ditolak dan H₁ diterima. Berdasarkan hal tersebut, dapat
disimpulkan bahwa media KAPERBAR efektif dalam meningkatkan
keterampilan berpikir kritis siswa kelas V MI Annurain Lonrae.
B. Saran
Berdasarkan hasil penelitian yang telah diperoleh, peneliti meberikan
beberapa saran dengan tujuan agar pelaksanaan penelitian selanjutnya yang
serupa dengan penelitian ini bisa berjalan lebih baik. Adapun sara-saran
tersebut sebagai berikut :
1. Bagi pihak sekolah, peneliti berharap agar sekolah hendaknya selalu
memberikan dukungan kepada guru dalam pengenalan media dimulai
sejak dini kepada siswa seperti penggunaan media kartu pertanyaan
bergambar (KAPERBAR) guna meningkatkan kualitas pengajaran IPA
di sekolah.
2. Bagi guru, pembelajaran IPA menggunakan media kaperbar dapat
dijadikan alternatif dalam proses pembelajaran terkhusus materi
Ekosistem sehingga dapat menjadi salah satu solusi agar pembelajaran
tidak terkesan membosankan.
3. Bagi siswa, hendaknya selalu turut aktif secara mandiri dan
berpartisipasi dalam mengikuti setiap pembelajaran.
Ketersediaan
| STAR20230230 | 230/2023 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
230/2023
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2023
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
