Sistem Manajemen dalam Pengembangan Sekolah Efektif di SD Inpres 5/81 Unra Kecamatan Awangpone Kabupaten Bone
Hasriani/02.12.3056 - Personal Name
Skripsi ini membahas Sistem Manajemen dalam Pengembangan Sekolah Efektif di SD Inpres 5/81 Unra Kecamatan Awangpone Kabupaten Bone. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan sistem manajemen yang diterapkan di Sekolah Dasar (SD) Inpres 5/81 Unra Kecamatan Awangpone Kabupaten Bone dan mendeskripsikan sistem manajemen dalam pengembangan sekolah efektif di Sekolah Dasar (SD) Inpres 5/81 Unra Kecamatan Awangpone Kabupaten Bone. rnJenis pengolahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengolahan secara kualitatif yaitu mengolah data dengan bertolak dari teori-teori untuk mendapatkan kejelasan pada masalah, baik data yang terdapat di lapangan maupun yang terdapat pada kepustakaan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini dengan cara deduktif suatu cara penganalisisan data yang bertolak dari dasar pengetahuan yang bersifat umum berupa teori-teori maupun fakta dan kemudian menarik kesimpulan terhadap sesuatu yang bersifat khusus. rnBerdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di Sekolah Dasar (SD) Inpres 5/81 Unra Kecamatan Awangpone Kabupaten Bone maka diperoleh kesimpulan bahwa Sistem Manajemen yang digunakan di sekolah tersebut merupakan sistem manajemen terbuka dan sistem manajemen demokrasi. Sistem manajemen terbuka ditunjukkan dengan anggota berpartisipasi dalam masalah organisasi, bawahan akan lebih bergairah dan berpartisipasi tinggi pada tugas-tugasnya, terjalin kerjasama dan solidaritas yang baik sedangkan sistem manajemen demokrasi ditunjukkan dengan keputusan yang diambil relatif lebih baik karena dipikirkan dan diputuskan oleh orang banyak, ruang lingkup dan arah keputusan diketahui oleh masyarakat, keputusan yang diambil dipertanggungjawabkan oleh anggota. Hal ini berjalan dengan baik karena adanya peran dari kepala sekolah dan guru dalam sekolah tersebut. Selain itu, dalam pengembangan sekolah efektif terbagi atas dua bagian yaitu kualitas dan ekuitas, di mana kualitas berkaitan dengan prestasi akademik siswa di sekolah tersebut tinggi sedangkan ekuitas berkaitan dengan peserta didik yang tidak dibeda-bedakan, artinya siswa memiliki hak dan kewajiban yang sama. rnSimpulan rnBerdasarkan hasil analisis data dan pembahasan yang telah diuraikan sebelumnya, maka dapat disimpulkan sebagai berikut:rnSistem manajemen yang diterapkan di SD Inpres 5/81 Unra Kecamatan Awangpone Kabupaten Bone merupakan sistem manajemen terbuka dan sistem manajemen demokrasi.rnSistem manajemen dalam pengembangan sekolah efektif di SD Inpres 5/81 Unra Kecamatan Awangpone Kabupaten Bone terbagi atas dua bagian yaitu kualitas dan ekuitas.rnSaranrnSetelah penulis menguraikan simpulan tersebut, maka di bawah ini akan diuraikan saran-saran. Adapun saran-saran yang penulis maksud ,yaitu:rnDiharapkan kepala SD Inpres 5/81 Unra Kecamatan Awangpone Kabupaten Bone untuk tetap mempertahankan sistem manajemen yang dilaksanakan di sekolah tersebut.rnDiharapkan seluruh anggota sekolah termasuk orangtua siswa tetap dilibatkan dalam pengembangan sekolah efektif di SD Inpres 5/81 Unra Kecamatan Awangpone Kabupaten Bone.
Ketersediaan
| ST20160161 | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
161/2016
Penerbit
STAIN Watampone : Watampone., 2016
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
