Efektivitas Penggunaan Media Mistery Box Broken Square Dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan Siswa Kelas 2 Madrasah Ibtidaiyah (MI) Annurain Lonrae Kabupaten Bone
Fera Haswinda Sari/862322019112 - Personal Name
Skripsi ini membahas Efektivitas Penggunaan Media Mistery Box Broken
Square Dalam Meningkatkan keterampilan membaca permulaan Pada
Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas 2 di MI Annurain Lonrae
Kabupaten Bone. Pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah keterampilan
membaca permulaan. Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian
kuantitatif Pre Eksperimen Design dengan design One Group Pretest-Posttest.
Teknik pengumpulan data menggunakan tes unjuk kerja dan dokumentasi. Data
yang diperoleh setelah penelitian dianalisis menggunakan aplikasi SPSS Statistis
Version 25 agar dapat mengetahui hasil perhitungan nilai statistik deskriptif
pretest-postest, uji normalitas dan uji hipostesis. Penelitian ini dilaksanakan di
kelas 2 MI Annurain Lonrae dengan siswa yang berjumlah 26 orang. Hasil
penelitian setelah dilakukan perlakuan menggunakan media Mistery Box Broken
Square , menunjukkan bahwa nilai yang diperoleh peserta didik kelas 2 pada
saat post-test terjadi peningkatan dengan melihat kriteria keterampilan membaca
permulaan dengan rata-rata sebesar 80.65 dan dapat dilihat dari uji-t pada nilai
pretest dan postest, dapat diketahui jika nilai (signifikansi) 2-tailed 0,000 < 0,05
maka Ho ditolak dan H 1 diterima, yang berarti media Mistery Box Broken
Square efektif dalam meningkatkan keterampilan membaca siswa kelas 2 MI
Annurain Lonrae Kabupaten Bone dan dapat dilihat bahwa nilai rata-rata N-gain
score sebesar 67.99 berdasarkan kategori tafsiran efektivitas N-gain score
termasuk dalam kategori cukup efektif.
A. Kesimpulan
Berdasarkan penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa :
1. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, keterampilan membaca permulaan
siswa dalam proses belajar terdapat perbedaan antara siswa yang diajar
dengan menggunnakan media Mistery Box Broken Square dan tidak
menggunakan media Mistery Box Broken Square. Dapat dilihat dari
pretest skor rata-rata siswa dengan nilai 41.23 sedangkan posttest skor
rata-rata siswa dengan nilai 80.65. Hal ini menunjukkan bahwa media
Mistery Box Broken Square mengalami peningkatan keterampilan
membaca permulaan siswa. Sehingga media ini dapat diperlakukan dalam
proses belajar mengajar khususnya dalam membaca permulaan.
2. Penggunaan media Mistery Box Broken Square efektif digunakan untuk
meningkatkan keterampilan membaca permulaan siswa dengan nilai
efektivitas uji N-Gain skor sebesar 67.99 berada pada kategori cukup
efektif.
B. Implikasi
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, saran yang dapat diberikan
adalah:
1. Bagi MI Annurain Lonrae Kabupaten Bone, perlu meningkatkan fasilitas,
sarana dan prasarana dalam proses pembelajaran.
2. Bagi guru kelas, perlu meningkatkan dan menerapkan media dalam proses
pembelajaran.
3. Bagi peneliti, untuk penelitian selanjutnya dapat meningkatkan dan
memaksimalkan proses penelitian dan hasil penelitian tidak hanya mencakup
kurang dari 30 siswa saja, namun dapat dijadikan panduan secara umum
Square Dalam Meningkatkan keterampilan membaca permulaan Pada
Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas 2 di MI Annurain Lonrae
Kabupaten Bone. Pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah keterampilan
membaca permulaan. Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian
kuantitatif Pre Eksperimen Design dengan design One Group Pretest-Posttest.
Teknik pengumpulan data menggunakan tes unjuk kerja dan dokumentasi. Data
yang diperoleh setelah penelitian dianalisis menggunakan aplikasi SPSS Statistis
Version 25 agar dapat mengetahui hasil perhitungan nilai statistik deskriptif
pretest-postest, uji normalitas dan uji hipostesis. Penelitian ini dilaksanakan di
kelas 2 MI Annurain Lonrae dengan siswa yang berjumlah 26 orang. Hasil
penelitian setelah dilakukan perlakuan menggunakan media Mistery Box Broken
Square , menunjukkan bahwa nilai yang diperoleh peserta didik kelas 2 pada
saat post-test terjadi peningkatan dengan melihat kriteria keterampilan membaca
permulaan dengan rata-rata sebesar 80.65 dan dapat dilihat dari uji-t pada nilai
pretest dan postest, dapat diketahui jika nilai (signifikansi) 2-tailed 0,000 < 0,05
maka Ho ditolak dan H 1 diterima, yang berarti media Mistery Box Broken
Square efektif dalam meningkatkan keterampilan membaca siswa kelas 2 MI
Annurain Lonrae Kabupaten Bone dan dapat dilihat bahwa nilai rata-rata N-gain
score sebesar 67.99 berdasarkan kategori tafsiran efektivitas N-gain score
termasuk dalam kategori cukup efektif.
A. Kesimpulan
Berdasarkan penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa :
1. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, keterampilan membaca permulaan
siswa dalam proses belajar terdapat perbedaan antara siswa yang diajar
dengan menggunnakan media Mistery Box Broken Square dan tidak
menggunakan media Mistery Box Broken Square. Dapat dilihat dari
pretest skor rata-rata siswa dengan nilai 41.23 sedangkan posttest skor
rata-rata siswa dengan nilai 80.65. Hal ini menunjukkan bahwa media
Mistery Box Broken Square mengalami peningkatan keterampilan
membaca permulaan siswa. Sehingga media ini dapat diperlakukan dalam
proses belajar mengajar khususnya dalam membaca permulaan.
2. Penggunaan media Mistery Box Broken Square efektif digunakan untuk
meningkatkan keterampilan membaca permulaan siswa dengan nilai
efektivitas uji N-Gain skor sebesar 67.99 berada pada kategori cukup
efektif.
B. Implikasi
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, saran yang dapat diberikan
adalah:
1. Bagi MI Annurain Lonrae Kabupaten Bone, perlu meningkatkan fasilitas,
sarana dan prasarana dalam proses pembelajaran.
2. Bagi guru kelas, perlu meningkatkan dan menerapkan media dalam proses
pembelajaran.
3. Bagi peneliti, untuk penelitian selanjutnya dapat meningkatkan dan
memaksimalkan proses penelitian dan hasil penelitian tidak hanya mencakup
kurang dari 30 siswa saja, namun dapat dijadikan panduan secara umum
Ketersediaan
| STAR20230199 | 199/2023 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
199/2023
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2023
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
