Manajemen Supervisi Akademik Kepala Sekolah Dalam Peningkatan Mutu Pembelajaran Pada Kelas 9 di SMP Negeri 1 ULaweng Kabupaten Bone
Erlinda Fidela/862312019050 - Personal Name
Skripsi ini membahas tentang “Manajemen Supervisi Akdemik Kepala Sekolah
Dalam Peningkatan Mutu Pembelajaran Pada Kelas 9 di SMP Negeri 1 Ulaweng
Kabupaten Bone” . Tujuan dari penelitian ini yaitu 1) Untuk mengetahui
manajemen supervisi akademik kepala sekolah di SMP Negeri 1 Ulaweng, 2)
Untuk mengetahui peningkatan mutu pembelajaran di SMP Negeri 1 Ulaweng.
Untuk menyusun skripsi ini, jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian
kualitatif, sebagai prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa
kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Manajemen Supervisi Akademik Kepala
Sekolah di SMP Negeri 1 Ulaweng yang dilakukan oleh kepala sekolah kurang
terarahnya akademik sehingga menjadi penghambat dalam mengelola aktivitas
supervisi disekolah. Ke 2) Peningkatan Mutu Pembelajaran di SMP Negeri 1
Ulaweng sudah berjalan dengan terarah dan berjalan dengan baik sehingga
mampu memperoleh potensi dan penghargaan dengan baik di lihat dari akademik
dan non akademiknya. Jadi hasil analisis dan pembahasan diatas, maka dapat
ditarik kesimpulan yaitu: 1) Manajemen supervisi akademik kepala sekolah di
SMP Negeri 1 Ulaweng adalah proses dengan serangkaian kegiatan kepala
sekolah untuk membantu guru dalam mengembangkan kemampuannya
mengelolah dan proses pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran.
Kepala sekolah melakukan supervisi akademik dengan melihat guru pada proses
pembelajaran di kelas mengenai pelaksanaan supervisi akademik. 2) Peningkatan
mutu pembelajaran di SMP Negeri 1 Ulaweng merupakan salah satu aspek
penilaian dari suatu sekolah. Jadi kualitas mutu pembelajaran dapat diartikan
dengan kualitas ataupun keunggulan proses pembelajaran yang dilaksanakan oleh
guru, ditandai dengan kualitas atau lulusan atau output institusi pendidikan atau
sekolah.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil analisis dan pembahsan diatas, maka dapat ditarik
kesimpulan sebagai berikut :
1. Manajemen supervisi akademik kepala sekolah di SMP Negeri 1
Ulaweng untuk membina guru agar meningkatnya kompetensi atau
kemampuan guru untuk melaksanakan kegiatan pembelajaran mulai
dari kegiatan perencanaan, pelaksaan dan evaluasi. Dengan adanya
kegiatan tersebut dalam meningkatkan kompetensi guru dalam
melaksanakan supervisi akademik kepala sekolah agar membantu guru
mengembangkan kemampuan mengelola proses pembelajaran. Oleh
karena itu kepala sekolah dengan serangkaian kegiatan seperti dibagian
perencanaan ada menganalisis materi pembelajaran, menganalisis
promes dan prota, merencanakan program silabus perencanan,
kemudian dibagian pelaksanaan ada mengimplementasikan program
pembelajaran efektif, pembagian tugas guru, kegiatan pembelajaran
kelas, dan dibagian evaluasi ada penilaian proses pembelajaran,
penilaian hasil belajar. Namun ada yang perlu dibenahi, dibagian
pembagian tugas guru ada yang masih perlu dipertimbangkan mengenai
hal ini ada beberapa guru yang mengajar tidak sesuai dengan latar
belakang pendidikannya.
2. Peningkatan mutu pembelajaran di SMP Negeri 1 Ulaweng yang terdiri
dari prestasi siswa dan prestasi sekolah. Hal ini dapat dilihat dari
prestasi sekolah yang meningkat dan prestasi siswa pun meningkat
karena telah melakukan pengelolaan dengan baik di bidang akademik.
Peningkatan mutu diselenggarakan agar sesuai dengan arah kebijakan
pendidikan yang telah ditetapkan melalui peningkatan efektivitas dan
efesien, dari proses dan aktivitas pendidikan yang dilakukan. Mutu
pembelajaran juga menjadi suatu proses yang direncanakan sesuai
dengan prosedur yang ada sehingga mendapatkan hasil yang
memuaskan sesuai dengan apa yang diinginkan.
B. Saran
Setelah penulis menguraikan simpulan tersebut, maka adapun
implikasinya sebagai berikut :
1. Pihak sekolah perlu memperhatikan penyelenggaraan manajemen
supervisi akademik agar segala kegiatan yang berkaitan dengan
supervisi dapat berjalan dengan lancar serta sesuai dengan tujuan yang
diharapkan.
2. Siswa sebagai pelajar di sekolah, hendaknya mampu mengetahui proses
pembelajaran agar mampu meningkatkan hasil pembelajaran yang
efektif dan efisien.
3. Adanya skripsi ini diharapkan semua siswa di SMP Negeri 1 Ulaweng
dapat mempertahankan akhlak yang baik seperti yang ditanamkan
dalam pendidikan selama di sekolah, dan selalu berbuat baik di dalam
sekolah maupun diluar sekolah untuk menjaga nama baik sekolah dan
berperilaku sesuai dengan norma dan ajaran agama.
Dalam Peningkatan Mutu Pembelajaran Pada Kelas 9 di SMP Negeri 1 Ulaweng
Kabupaten Bone” . Tujuan dari penelitian ini yaitu 1) Untuk mengetahui
manajemen supervisi akademik kepala sekolah di SMP Negeri 1 Ulaweng, 2)
Untuk mengetahui peningkatan mutu pembelajaran di SMP Negeri 1 Ulaweng.
Untuk menyusun skripsi ini, jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian
kualitatif, sebagai prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa
kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Manajemen Supervisi Akademik Kepala
Sekolah di SMP Negeri 1 Ulaweng yang dilakukan oleh kepala sekolah kurang
terarahnya akademik sehingga menjadi penghambat dalam mengelola aktivitas
supervisi disekolah. Ke 2) Peningkatan Mutu Pembelajaran di SMP Negeri 1
Ulaweng sudah berjalan dengan terarah dan berjalan dengan baik sehingga
mampu memperoleh potensi dan penghargaan dengan baik di lihat dari akademik
dan non akademiknya. Jadi hasil analisis dan pembahasan diatas, maka dapat
ditarik kesimpulan yaitu: 1) Manajemen supervisi akademik kepala sekolah di
SMP Negeri 1 Ulaweng adalah proses dengan serangkaian kegiatan kepala
sekolah untuk membantu guru dalam mengembangkan kemampuannya
mengelolah dan proses pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran.
Kepala sekolah melakukan supervisi akademik dengan melihat guru pada proses
pembelajaran di kelas mengenai pelaksanaan supervisi akademik. 2) Peningkatan
mutu pembelajaran di SMP Negeri 1 Ulaweng merupakan salah satu aspek
penilaian dari suatu sekolah. Jadi kualitas mutu pembelajaran dapat diartikan
dengan kualitas ataupun keunggulan proses pembelajaran yang dilaksanakan oleh
guru, ditandai dengan kualitas atau lulusan atau output institusi pendidikan atau
sekolah.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil analisis dan pembahsan diatas, maka dapat ditarik
kesimpulan sebagai berikut :
1. Manajemen supervisi akademik kepala sekolah di SMP Negeri 1
Ulaweng untuk membina guru agar meningkatnya kompetensi atau
kemampuan guru untuk melaksanakan kegiatan pembelajaran mulai
dari kegiatan perencanaan, pelaksaan dan evaluasi. Dengan adanya
kegiatan tersebut dalam meningkatkan kompetensi guru dalam
melaksanakan supervisi akademik kepala sekolah agar membantu guru
mengembangkan kemampuan mengelola proses pembelajaran. Oleh
karena itu kepala sekolah dengan serangkaian kegiatan seperti dibagian
perencanaan ada menganalisis materi pembelajaran, menganalisis
promes dan prota, merencanakan program silabus perencanan,
kemudian dibagian pelaksanaan ada mengimplementasikan program
pembelajaran efektif, pembagian tugas guru, kegiatan pembelajaran
kelas, dan dibagian evaluasi ada penilaian proses pembelajaran,
penilaian hasil belajar. Namun ada yang perlu dibenahi, dibagian
pembagian tugas guru ada yang masih perlu dipertimbangkan mengenai
hal ini ada beberapa guru yang mengajar tidak sesuai dengan latar
belakang pendidikannya.
2. Peningkatan mutu pembelajaran di SMP Negeri 1 Ulaweng yang terdiri
dari prestasi siswa dan prestasi sekolah. Hal ini dapat dilihat dari
prestasi sekolah yang meningkat dan prestasi siswa pun meningkat
karena telah melakukan pengelolaan dengan baik di bidang akademik.
Peningkatan mutu diselenggarakan agar sesuai dengan arah kebijakan
pendidikan yang telah ditetapkan melalui peningkatan efektivitas dan
efesien, dari proses dan aktivitas pendidikan yang dilakukan. Mutu
pembelajaran juga menjadi suatu proses yang direncanakan sesuai
dengan prosedur yang ada sehingga mendapatkan hasil yang
memuaskan sesuai dengan apa yang diinginkan.
B. Saran
Setelah penulis menguraikan simpulan tersebut, maka adapun
implikasinya sebagai berikut :
1. Pihak sekolah perlu memperhatikan penyelenggaraan manajemen
supervisi akademik agar segala kegiatan yang berkaitan dengan
supervisi dapat berjalan dengan lancar serta sesuai dengan tujuan yang
diharapkan.
2. Siswa sebagai pelajar di sekolah, hendaknya mampu mengetahui proses
pembelajaran agar mampu meningkatkan hasil pembelajaran yang
efektif dan efisien.
3. Adanya skripsi ini diharapkan semua siswa di SMP Negeri 1 Ulaweng
dapat mempertahankan akhlak yang baik seperti yang ditanamkan
dalam pendidikan selama di sekolah, dan selalu berbuat baik di dalam
sekolah maupun diluar sekolah untuk menjaga nama baik sekolah dan
berperilaku sesuai dengan norma dan ajaran agama.
Ketersediaan
| STAR20230108 | 108/2023 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
108/2023
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2023
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
