Peran Budaya Organisasi Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Di SMK Negeri 5 Bone
Wann Zatira/862312019121 - Personal Name
Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui “Peran Budaya Organisasi dalam
Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di SMK Negeri 5 Bone.”Untuk
memudahkan pemecahan masalah tersebut, penelitian ini menggunakan jenis
penelitian kualitatif dengan pendekatan manajemen dan pendekatan sosiologis.
Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian
data yang diperoleh dianalisis melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan
kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat tiga fokus penelitian
yang diterapkan di SMKN 5 Bone yang hasilnya sebagai berikut: (1) Peran
budaya organisasi yang terdiri dari aspek nilai-nilai budaya, norma-norma, dan
kebiasaan budaya organisasi memiliki dampak positif yang signifikan terhadap
pencapaian sekolah. (2) Motivasi, baik intrinsik maupun ekstrinsik, memainkan
peran penting dalam membentuk sikap dan perilaku belajar siswa. Guru
menggarisbawahi bahwa motivasi intrinsik memberikan dorongan kuat, membuat
siswa lebih bersemangat dan tekun dalam menghadapi tantangan pembelajaran.
pemberian penghargaan ekstrinsik, seperti pujian atau hadiah fisik, efektif dalam
meningkatkan motivasi siswa. (3) Penerapan budaya positif, budaya
pembelajaran, serta dukungan sosial dan kolaborasi sebagai peran budaya
organisasi dalam meningkatkan motivasi belajar siswa adalah bahwa kombinasi
elemen-elemen tersebut memiliki dampak positif yang signifikan pada
kesejahteraan dan motivasi belajar siswa. Pembentukan budaya organisasi yang
positif menciptakan lingkungan di mana siswa merasa diterima, dihargai, dan
termotivasi untuk berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan mengenai Peran
Budaya Organisasi dalam Meningkatkan Motivasi belajar Siswa di SMK
Negeri 5 Bone, maka dapat disimpulkan bahwa:
1. Peran budaya organisasi di SMK Negeri 5 Bone terdiri dari beberapa aspek
yakni nilai-nilai budaya, norma-norma, dan kebiasaan budaya yang
memiliki dampak positif yang signifikan terhadap pencapaian sekolah.
Ditemukan bahwa nilai-nilai budaya seperti kolaborasi, keterbukaan, dan
inovasi menciptakan lingkungan yang mendukung keterlibatan siswa dalam
kegiatan ekstrakurikuler, kolaborasi antarpersonel, dan meningkatkan
kualitas pengajaran. Selain itu, norma-norma budaya memberikan pedoman
bagi interaksi di antara anggota sekolah, menciptakan identitas sekolah yang
positif, dan berkontribusi pada keberhasilan sekolah secara
menyeluruh.Begitu pula, kebiasaan budaya, seperti kolaborasi yang
konsisten, menciptakan atmosfer positif dan produktif, serta memberikan
dampak positif yang terukur pada pencapaian sekolah.
2. Motivasi belajar siswa SMK Negeri 5 Bone, baik intrinsik maupun
ekstrinsik, memainkan peran penting dalam membentuk sikap dan perilaku
belajar siswa. Guru menggarisbawahi bahwa motivasi intrinsik memberikan
dorongan kuat, membuat siswa lebih bersemangat dan tekun dalam
menghadapi tantangan pembelajaran. pemberian penghargaan ekstrinsik,
seperti pujian atau hadiah fisik, efektif dalam meningkatkan motivasi siswa.
3. Penerapan budaya positif, budaya pembelajaran, serta dukungan sosial dan
kolaborasi sebagai peran budaya organisasi dalam meningkatkan motivasi
belajar siswa adalah bahwa kombinasi elemen-elemen tersebut memiliki
dampak positif yang signifikan pada kesejahteraan dan prestasi siswa.
Pembentukan budaya organisasi yang positif menciptakan lingkungan di
mana siswa merasa diterima, dihargai, dan termotivasi untuk berpartisipasi
aktif dalam proses pembelajaran.
B. Saran
Berdasarkan kesimpulan dari peneliti, tanpa mengurangi rasa hormat peneliti
terhadap semua pihak, dengan segala kerendahan hati peneliti sampaikan
beberapa saran yang sekiranya bermanfaat untuk semua pihak yang berkaitan
dengan masalah yang disusun sebagai berikut:
1. Bagi guru dan perangkat sekolah dapat bekerja sama untuk membentuk
budaya organisasi yang positif dengan mempromosikan norma dan nilai-
nilai yang mendukung pertumbuhan, keberhasilan, dan penghargaan
terhadap keragaman.
2. Bagi para peneliti selanjutnya, diharapkan hasil penelitian ini bisa menjadi
rujukan untuk terciptanya hasil-hasil penelitian yang lebih baik
kedepannya.
Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di SMK Negeri 5 Bone.”Untuk
memudahkan pemecahan masalah tersebut, penelitian ini menggunakan jenis
penelitian kualitatif dengan pendekatan manajemen dan pendekatan sosiologis.
Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian
data yang diperoleh dianalisis melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan
kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat tiga fokus penelitian
yang diterapkan di SMKN 5 Bone yang hasilnya sebagai berikut: (1) Peran
budaya organisasi yang terdiri dari aspek nilai-nilai budaya, norma-norma, dan
kebiasaan budaya organisasi memiliki dampak positif yang signifikan terhadap
pencapaian sekolah. (2) Motivasi, baik intrinsik maupun ekstrinsik, memainkan
peran penting dalam membentuk sikap dan perilaku belajar siswa. Guru
menggarisbawahi bahwa motivasi intrinsik memberikan dorongan kuat, membuat
siswa lebih bersemangat dan tekun dalam menghadapi tantangan pembelajaran.
pemberian penghargaan ekstrinsik, seperti pujian atau hadiah fisik, efektif dalam
meningkatkan motivasi siswa. (3) Penerapan budaya positif, budaya
pembelajaran, serta dukungan sosial dan kolaborasi sebagai peran budaya
organisasi dalam meningkatkan motivasi belajar siswa adalah bahwa kombinasi
elemen-elemen tersebut memiliki dampak positif yang signifikan pada
kesejahteraan dan motivasi belajar siswa. Pembentukan budaya organisasi yang
positif menciptakan lingkungan di mana siswa merasa diterima, dihargai, dan
termotivasi untuk berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan mengenai Peran
Budaya Organisasi dalam Meningkatkan Motivasi belajar Siswa di SMK
Negeri 5 Bone, maka dapat disimpulkan bahwa:
1. Peran budaya organisasi di SMK Negeri 5 Bone terdiri dari beberapa aspek
yakni nilai-nilai budaya, norma-norma, dan kebiasaan budaya yang
memiliki dampak positif yang signifikan terhadap pencapaian sekolah.
Ditemukan bahwa nilai-nilai budaya seperti kolaborasi, keterbukaan, dan
inovasi menciptakan lingkungan yang mendukung keterlibatan siswa dalam
kegiatan ekstrakurikuler, kolaborasi antarpersonel, dan meningkatkan
kualitas pengajaran. Selain itu, norma-norma budaya memberikan pedoman
bagi interaksi di antara anggota sekolah, menciptakan identitas sekolah yang
positif, dan berkontribusi pada keberhasilan sekolah secara
menyeluruh.Begitu pula, kebiasaan budaya, seperti kolaborasi yang
konsisten, menciptakan atmosfer positif dan produktif, serta memberikan
dampak positif yang terukur pada pencapaian sekolah.
2. Motivasi belajar siswa SMK Negeri 5 Bone, baik intrinsik maupun
ekstrinsik, memainkan peran penting dalam membentuk sikap dan perilaku
belajar siswa. Guru menggarisbawahi bahwa motivasi intrinsik memberikan
dorongan kuat, membuat siswa lebih bersemangat dan tekun dalam
menghadapi tantangan pembelajaran. pemberian penghargaan ekstrinsik,
seperti pujian atau hadiah fisik, efektif dalam meningkatkan motivasi siswa.
3. Penerapan budaya positif, budaya pembelajaran, serta dukungan sosial dan
kolaborasi sebagai peran budaya organisasi dalam meningkatkan motivasi
belajar siswa adalah bahwa kombinasi elemen-elemen tersebut memiliki
dampak positif yang signifikan pada kesejahteraan dan prestasi siswa.
Pembentukan budaya organisasi yang positif menciptakan lingkungan di
mana siswa merasa diterima, dihargai, dan termotivasi untuk berpartisipasi
aktif dalam proses pembelajaran.
B. Saran
Berdasarkan kesimpulan dari peneliti, tanpa mengurangi rasa hormat peneliti
terhadap semua pihak, dengan segala kerendahan hati peneliti sampaikan
beberapa saran yang sekiranya bermanfaat untuk semua pihak yang berkaitan
dengan masalah yang disusun sebagai berikut:
1. Bagi guru dan perangkat sekolah dapat bekerja sama untuk membentuk
budaya organisasi yang positif dengan mempromosikan norma dan nilai-
nilai yang mendukung pertumbuhan, keberhasilan, dan penghargaan
terhadap keragaman.
2. Bagi para peneliti selanjutnya, diharapkan hasil penelitian ini bisa menjadi
rujukan untuk terciptanya hasil-hasil penelitian yang lebih baik
kedepannya.
Ketersediaan
| STAR20240066 | 66/2024 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
90/2024
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2024
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
