Efektivitas Penggunaan Media Papan Perjalanan Bilbul dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Perkalian Bilangan Bulat Siswa Kelas VI MI Al-Amin Cabalu
Ariska/862322019010 - Personal Name
Penelitian ini bertujuan 1) Untuk mengetahui pemahaman konsep perkalian
bilangan bulat sebelum menggunakan media papan perjalanan bilbul pada siswa
kelas VI MI Al-Amin Cabalu, 2) Untuk mengetahui pemahaman konsep perkalian
bilangan bulat setelah menggunakan media papan perjalanan bilbul pada siswa
kelas VI MI Al-Amin Cabalu, 3) Untuk mengetahui efektivitas penggunaan media
papan perjalanan bilbul dalam meningkatkan pemahaman konsep perkalian
bilangan bulat siswa kelas VI MI Al-Amin Cabalu. Jenis penelitian yang
digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode pre-
experimental design dan desain penelitian one-group pretest-posttest design.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan pedadogik.
Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan dokumentasi. Data yang
diperoleh dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial
dengan uji hipotesis menggunakan metode paired samples T-test dengan
memanfaatkan program IBM SPSS (Statistical Product and Service Solutions) 20.
Hasil penelitian menunjukkan 1) Pemahaman konsep perkalian bilangan bulat
siswa kelas VI MI Al-Amin Cabalu sebelum menggunakan media papan
perjalanan bilbul (pretest) memperoleh nilai rata-rata sebesar 36,49. 2)
Pemahaman konsep perkalian bilangan bulat siswa kelas VI MI Al-Amin Cabalu
setelah menggunakan media papan perjalanan bilbul (posttest) memperoleh nilai
rata-rata sebesar 86,05. 3) Media papan perjalanan bilbul efektif dalam
meningkatkan pemahaman konsep perkalian bilangan bulat siswa kelas VI MI Al-
Amin Cabalu. Hal ini dibuktikan dari hasil uji hipotesis yang syarat diterimanya
H 1 jika nilai signifikansi < 0,05 dan t hitung > t tabel dengan menggunakan metode
paired samples T-test menunjukkan hasil signifikansi 0,000 < 0,05 dan t hitung >
t tabel (20,305 > 2,074), dengan demikian hasil uji hipotesis H 0 ditolak dan H 1
diterima.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data, penelitian ini dapat disimpulkan
bahwa:
1. Pemahaman konsep perkalian bilangan bulat siswa kelas VI MI Al-Amin
Cabalu sebelum menggunakan media papan perjalanan bilbul (pretest)
memperoleh nilai rata-rata sebesar 36,49 dan terdapat 3 siswa (13,04%)
yang berada pada kategori rendah, 8 siswa (34,78%) yang berada pada
kategori sedang maupun kategori tinggi, dan 4 siswa (17,39%) yang berada
pada kategori sangat tinggi dimana 100% siswa tidak tuntas.
2. Pemahaman konsep perkalian bilangan bulat siswa kelas VI MI Al-Amin
Cabalu setelah menggunakan media papan perjalanan bilbul (posttest)
memperoleh nilai rata-rata sebesar 86,05 dan terdapat 4 siswa (17,39%)
yang berada pada kategori rendah, 5 siswa yang berada pada kategori
sedang (21,73%), 12 siswa (52,17%) yang berada pada kategori tinggi dan 2
siswa (8,69%) yang berada pada kategori sangat tinggi dimana 17,39%
siswa tidak tuntas dan 82,60% siswa tuntas.
3. Uji hipotesis menggunakan uji t metode paired samples T-test menunjukkan
hasil signifikansi 0,000 < 0,05 dan t hitung > t tabel (20,305 > 2,074), artinya H 0
ditolak dan H 1 diterima. Hasil tersebut menunjukkan bahwa media papan
perjalanan bilbul efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep perkalian
bilangan bulat siswa kelas VI MI Al-Amin Cabalu.
B. Saran
Berdasarkan hasil penelitian dan kesimpulan yang telah diuraikan, maka
terdapat beberapa saran yang dapat diberikan sebagai berikut.
1. Bagi sekolah, peneliti berharap agar dapat memfasilitasi dan mendukung
pengembangan media pembelajaran seperti media papan perjalanan bilbul,
mengingat pentingnya dan bergunanya media dalam proses belajar mengajar
karena dapat membantu siswa dalam menerima materi pelajaran yang
disampaikan oleh guru khususnya pada mata pelajaran matematika.
2. Bagi guru, diharapkan mampu melanjutkan penggunaan media papan
perjalanan bilbul dalam proses pembelajaran matematika pada pada materi
operasi bilangan bulat.
3. Bagi siswa, disarankan agar seluruh siswa dapat meningkatkan keterampilan
menyimak dan lebih aktif dalam mengikuti pembelajaran.
4. Bagi peneliti selanjutnya, penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan
referensi atau perbandingan untuk melakukan penelitian yang serupa.
Seperti melakukan penelitian ini namun menggunakan kelas eksperimen dan
kelas kontrol. Agar penelitian kedepannya dapat lebih inovatif dan lebih
berkembang.
bilangan bulat sebelum menggunakan media papan perjalanan bilbul pada siswa
kelas VI MI Al-Amin Cabalu, 2) Untuk mengetahui pemahaman konsep perkalian
bilangan bulat setelah menggunakan media papan perjalanan bilbul pada siswa
kelas VI MI Al-Amin Cabalu, 3) Untuk mengetahui efektivitas penggunaan media
papan perjalanan bilbul dalam meningkatkan pemahaman konsep perkalian
bilangan bulat siswa kelas VI MI Al-Amin Cabalu. Jenis penelitian yang
digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode pre-
experimental design dan desain penelitian one-group pretest-posttest design.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan pedadogik.
Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan dokumentasi. Data yang
diperoleh dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial
dengan uji hipotesis menggunakan metode paired samples T-test dengan
memanfaatkan program IBM SPSS (Statistical Product and Service Solutions) 20.
Hasil penelitian menunjukkan 1) Pemahaman konsep perkalian bilangan bulat
siswa kelas VI MI Al-Amin Cabalu sebelum menggunakan media papan
perjalanan bilbul (pretest) memperoleh nilai rata-rata sebesar 36,49. 2)
Pemahaman konsep perkalian bilangan bulat siswa kelas VI MI Al-Amin Cabalu
setelah menggunakan media papan perjalanan bilbul (posttest) memperoleh nilai
rata-rata sebesar 86,05. 3) Media papan perjalanan bilbul efektif dalam
meningkatkan pemahaman konsep perkalian bilangan bulat siswa kelas VI MI Al-
Amin Cabalu. Hal ini dibuktikan dari hasil uji hipotesis yang syarat diterimanya
H 1 jika nilai signifikansi < 0,05 dan t hitung > t tabel dengan menggunakan metode
paired samples T-test menunjukkan hasil signifikansi 0,000 < 0,05 dan t hitung >
t tabel (20,305 > 2,074), dengan demikian hasil uji hipotesis H 0 ditolak dan H 1
diterima.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data, penelitian ini dapat disimpulkan
bahwa:
1. Pemahaman konsep perkalian bilangan bulat siswa kelas VI MI Al-Amin
Cabalu sebelum menggunakan media papan perjalanan bilbul (pretest)
memperoleh nilai rata-rata sebesar 36,49 dan terdapat 3 siswa (13,04%)
yang berada pada kategori rendah, 8 siswa (34,78%) yang berada pada
kategori sedang maupun kategori tinggi, dan 4 siswa (17,39%) yang berada
pada kategori sangat tinggi dimana 100% siswa tidak tuntas.
2. Pemahaman konsep perkalian bilangan bulat siswa kelas VI MI Al-Amin
Cabalu setelah menggunakan media papan perjalanan bilbul (posttest)
memperoleh nilai rata-rata sebesar 86,05 dan terdapat 4 siswa (17,39%)
yang berada pada kategori rendah, 5 siswa yang berada pada kategori
sedang (21,73%), 12 siswa (52,17%) yang berada pada kategori tinggi dan 2
siswa (8,69%) yang berada pada kategori sangat tinggi dimana 17,39%
siswa tidak tuntas dan 82,60% siswa tuntas.
3. Uji hipotesis menggunakan uji t metode paired samples T-test menunjukkan
hasil signifikansi 0,000 < 0,05 dan t hitung > t tabel (20,305 > 2,074), artinya H 0
ditolak dan H 1 diterima. Hasil tersebut menunjukkan bahwa media papan
perjalanan bilbul efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep perkalian
bilangan bulat siswa kelas VI MI Al-Amin Cabalu.
B. Saran
Berdasarkan hasil penelitian dan kesimpulan yang telah diuraikan, maka
terdapat beberapa saran yang dapat diberikan sebagai berikut.
1. Bagi sekolah, peneliti berharap agar dapat memfasilitasi dan mendukung
pengembangan media pembelajaran seperti media papan perjalanan bilbul,
mengingat pentingnya dan bergunanya media dalam proses belajar mengajar
karena dapat membantu siswa dalam menerima materi pelajaran yang
disampaikan oleh guru khususnya pada mata pelajaran matematika.
2. Bagi guru, diharapkan mampu melanjutkan penggunaan media papan
perjalanan bilbul dalam proses pembelajaran matematika pada pada materi
operasi bilangan bulat.
3. Bagi siswa, disarankan agar seluruh siswa dapat meningkatkan keterampilan
menyimak dan lebih aktif dalam mengikuti pembelajaran.
4. Bagi peneliti selanjutnya, penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan
referensi atau perbandingan untuk melakukan penelitian yang serupa.
Seperti melakukan penelitian ini namun menggunakan kelas eksperimen dan
kelas kontrol. Agar penelitian kedepannya dapat lebih inovatif dan lebih
berkembang.
Ketersediaan
| STAR20230187 | 187/2023 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
187/2023
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2023
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
