Analisis Keterampilan Dasar Mengajar Guru dalam Menerapkan Variasi Pola Interaksi dan Kegiatan Siswa pada Pembelajaran Tematik di Kelas III MI Assalam Ancu Kab.Bone
Ayu Lestari/862322019049 - Personal Name
Skripsi ini membahas keterampilan dasar mengajar guru dalam menerapkan
variasi pola interaksi dan kegiatan siswa pada pembelajaran tematik di kelas III
MI Assalam Ancu Kab. Bone, pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah
bagaimana proses guru dalam menerapkan variasi pola interaksi dan kegiatan
siswa pada pembelajaran tematik di kelas III MI Assalam Ancu Kab. Bone.
Metode Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan teknik
pengumpulan data menggunakan teknik wawancara. Data yang diperoleh
dianalisis dengan tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data dan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam tahapan penerapan variasi pola
interaksi dan kegiatan siswa dalam kegiatan mengajar guru dibagi ke dalam 3
tahapan. Tahapan pertama meliputi tahap perencanaan yang memuat 3 poin yaitu
mendiskusikan, melakukan tindakan dan perkiraan hambatan. Tahapan kedua
meliputi tahap pelaksanaan yang terdiri dari 2 poin yaitu variasi pola interaksi dan
variasi kegiatan siswa. Variasi pola interaksi terdiri dari pola interaksi satu arah,
pola interaksi dua arah dan pola interaksi multi arah. Sedangkan variasi kegiatan
siswa terdiri dari beberapa kegiatan yaitu menelaah informasi, melakukan variasi
suara, mendengarkan materi, penekanan, pemberian waktu, diskusi, gerak anggota
tubuh, kegiatan latihan ataupun demonstrasi. Tahapan ketiga meliputi tahap
evaluasi pembelajaran yang terdiri dari dua penilaian yaitu penilaian tertulis dan
penilaian lisan.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil uraian pada bab hasil penelitian dan pembahasan, maka
penulis dapat mengemukakan simpulan hasil penelitian mengenai proses guru
dalam menerapkan variasi pola interaksi dan kegiatan siswa yang telah
dilakukan, yaitu:
Dalam tahapan perencanaan, guru selalu mendiskusikan atau menyusun
langkah-langkah atau strategi sebelum pelaksanaan proses pembelajaran.
Tahapan perencanaan yang dilakukan guru melalui 3 kegiatan yaitu
mendiskusikan, melakukan tindakan dan perkiraan hambatan. Pada tahap
pelaksanaan terdiri dari 2 kegiatan yaitu variasi pola interaksi dan kegiatan siswa.
Variasi pola interaksi terdiri dari pola interaksi satu arah, pola interaksi dua arah
dan pola interaksi multi arah. Sedangkan pada variasi kegiatan siswa terdiri dari
beberapa kegiatan yaitu menelaah informasi, melakukan variasi suara,
mendengarkan materi, penekanan, pemberian waktu, diskusi, gerak anggota
tubuh, kegiatan latihan ataupun demonstrasi.
Pada tahap evaluasi terdiri dari dua penilaian yaitu penilaian tertulis dan
penilaian lisan. Penilaian tertulis yaitu penilaian yang diberikan oleh guru pada
saat setelah pembelajaran maupun pada saat penilaian berupa tes semester,
sedangkan pada penilaian lisan yaitu penilaian yang diberikan oleh guru pada
saat pembelajaran berlangsung, penilaian ini berupa penilaian tes pada penerapan
metode pembelajaran yaitu demonstrasi dan penilaian pada penerapan model
pembelaran berupa quiz dalam pembelajaran terkait materi yang telah dibahas.
B. Implikasi
Implikasi merupakan suatu konsekuensi atau akibat langsung dari hasil
penemuan suatu penelitian ilmiah. Berdasarkan temuan dari penelitian ini, maka
berikut ini disampaikan beberapa saran yang kiranya dapat bermamfaat bagi
sekolah MI Assalam Ancu Kab.Bone, maupun mahasiswa lain yang meneliti dan
berkaitan dengan Analisis keterampilan dasar mengajar guru dalam menerapkan
variasi pola interaksi dan kegiatan siswa pada pembelajaran tematik. Adapun
saran-saran yang diberikan peneliti sebagai berikut:
1. Diharapkan kepada kepala sekolah dan semua guru di MI Assalam Ancu
Kab.Bone mampu berpartisipasi dan bekerja sama dalam menerapkan variasi
mengajar pola interaksi dan kegiatan siswa pada pembelajaran tematik untuk
menciptakan suasana belajar yang menarik.
2. Setelah penulisan skripsi ini diharapkan mampu memberikan kontribusi di
dunia pendidikan formal, non formal maupun informal.
variasi pola interaksi dan kegiatan siswa pada pembelajaran tematik di kelas III
MI Assalam Ancu Kab. Bone, pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah
bagaimana proses guru dalam menerapkan variasi pola interaksi dan kegiatan
siswa pada pembelajaran tematik di kelas III MI Assalam Ancu Kab. Bone.
Metode Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan teknik
pengumpulan data menggunakan teknik wawancara. Data yang diperoleh
dianalisis dengan tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data dan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam tahapan penerapan variasi pola
interaksi dan kegiatan siswa dalam kegiatan mengajar guru dibagi ke dalam 3
tahapan. Tahapan pertama meliputi tahap perencanaan yang memuat 3 poin yaitu
mendiskusikan, melakukan tindakan dan perkiraan hambatan. Tahapan kedua
meliputi tahap pelaksanaan yang terdiri dari 2 poin yaitu variasi pola interaksi dan
variasi kegiatan siswa. Variasi pola interaksi terdiri dari pola interaksi satu arah,
pola interaksi dua arah dan pola interaksi multi arah. Sedangkan variasi kegiatan
siswa terdiri dari beberapa kegiatan yaitu menelaah informasi, melakukan variasi
suara, mendengarkan materi, penekanan, pemberian waktu, diskusi, gerak anggota
tubuh, kegiatan latihan ataupun demonstrasi. Tahapan ketiga meliputi tahap
evaluasi pembelajaran yang terdiri dari dua penilaian yaitu penilaian tertulis dan
penilaian lisan.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil uraian pada bab hasil penelitian dan pembahasan, maka
penulis dapat mengemukakan simpulan hasil penelitian mengenai proses guru
dalam menerapkan variasi pola interaksi dan kegiatan siswa yang telah
dilakukan, yaitu:
Dalam tahapan perencanaan, guru selalu mendiskusikan atau menyusun
langkah-langkah atau strategi sebelum pelaksanaan proses pembelajaran.
Tahapan perencanaan yang dilakukan guru melalui 3 kegiatan yaitu
mendiskusikan, melakukan tindakan dan perkiraan hambatan. Pada tahap
pelaksanaan terdiri dari 2 kegiatan yaitu variasi pola interaksi dan kegiatan siswa.
Variasi pola interaksi terdiri dari pola interaksi satu arah, pola interaksi dua arah
dan pola interaksi multi arah. Sedangkan pada variasi kegiatan siswa terdiri dari
beberapa kegiatan yaitu menelaah informasi, melakukan variasi suara,
mendengarkan materi, penekanan, pemberian waktu, diskusi, gerak anggota
tubuh, kegiatan latihan ataupun demonstrasi.
Pada tahap evaluasi terdiri dari dua penilaian yaitu penilaian tertulis dan
penilaian lisan. Penilaian tertulis yaitu penilaian yang diberikan oleh guru pada
saat setelah pembelajaran maupun pada saat penilaian berupa tes semester,
sedangkan pada penilaian lisan yaitu penilaian yang diberikan oleh guru pada
saat pembelajaran berlangsung, penilaian ini berupa penilaian tes pada penerapan
metode pembelajaran yaitu demonstrasi dan penilaian pada penerapan model
pembelaran berupa quiz dalam pembelajaran terkait materi yang telah dibahas.
B. Implikasi
Implikasi merupakan suatu konsekuensi atau akibat langsung dari hasil
penemuan suatu penelitian ilmiah. Berdasarkan temuan dari penelitian ini, maka
berikut ini disampaikan beberapa saran yang kiranya dapat bermamfaat bagi
sekolah MI Assalam Ancu Kab.Bone, maupun mahasiswa lain yang meneliti dan
berkaitan dengan Analisis keterampilan dasar mengajar guru dalam menerapkan
variasi pola interaksi dan kegiatan siswa pada pembelajaran tematik. Adapun
saran-saran yang diberikan peneliti sebagai berikut:
1. Diharapkan kepada kepala sekolah dan semua guru di MI Assalam Ancu
Kab.Bone mampu berpartisipasi dan bekerja sama dalam menerapkan variasi
mengajar pola interaksi dan kegiatan siswa pada pembelajaran tematik untuk
menciptakan suasana belajar yang menarik.
2. Setelah penulisan skripsi ini diharapkan mampu memberikan kontribusi di
dunia pendidikan formal, non formal maupun informal.
Ketersediaan
| STAR20230105 | 105/2023 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
105/2023
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2023
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
