Strategi Guru dalam Mengurangi Penggunaan Bahasa Daerah pada Proses Pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah Swasta (MIS) Al-Mubarak Kabupaten Bone
Nurasira/862322019054 - Personal Name
Skripsi ini membahas strategi guru dalam mengurangi penggunaan bahasa daerah
dalam proses pembelajaran di MIS Al-Mubarak kabupaten Bone, pokok
permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi guru dalam
mengurangi penggunaan bahasa daerah pada proses pembelajaran di MIS Al-
Mubarak.
Metode penelitian yang digunakan yaitu jenis penelitian kualitatif dengan
pendekatan penelitian menggunakan pendekatan sosiologis dan teknik
pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan wawancara. Data yang
diperoleh diolah dengan tiga tahap yaitu reduksi data, data display/penyajian data,
dan kesimpulan. Adapun tujuan penelitian yakni untuk mengetahui bagaimana
penerapan strategi guru dalam mengurangi penggunaan bahasa daerah pada proses
pembelajaran di MIS Al-Mubarak.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi digunakan guru dalam mengurangi
penggunaan bahasa daerah di MIS Al-Mubarak yaitu: strategi ekspositori yang
sering dikolaborasikan dengan penggunaan media pembelajaran dengan tujuan
untuk menarik fokus dan minat siswa selama proses pembelajaran dengan
penyampaian materi dari guru, dan strategi cooperative learning yang mana lebih
mengutamakan kerjasama kelompok kecil, sering dikolaborasikan dengan metode
untuk melatih kemampuan berbahasa peserta didik serta dengan penggunaan
metode yang mencakup latihan, drill/pengulangan, dan hafalan.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil uraian pada bab sebelumnya hasil penelitian dan
pembahasan, maka penulis dapat mengemukakan kesimpulan hasil penelitian
mengenai strategi yang digunakan guru dalam proses pembelajaran untuk
mengurangi penggunaan bahasa daerah di kelas.
Penerapan strategi guru dalam mengurangi penggunaan bahasa daerah
selama proses pembelajaran terdapat dua strategi yang diterapkan, yakni
strategi ekspositori yang mana cara kerjanya mengutamakan penyampaian
verbal dari guru, sering dikolaborasikan dengan penggunaan media
pembelajaran, kemudian ada strategi cooperative learning yang cara kerjanya
mengutamakan kerja sama kelompok kecil dalam kelas, biasa dikolaborasikan
dengan penggunaan metode pembelajaran. Penggunaan berbagai strategi
mengalami kondisi ada yang mengalami kendala namun dilain sisi penggunaan
berbagai strategi juga mempermudah upaya guru dalam mengurangi
penggunaan bahasa daerah selama proses pembelajaran.
B. Implikasi
Implikasi merupakan suatu konsekuensi atau akibat langsung dari hasil
penemuan suatu penelitian ilmiah. Berdasarkan temuan dari penelitian ini,
maka berikut ini disampaikan beberapa saran yang kiranya dapat bermamfaat
bagi sekolah MIS Al-Mubarak kabupaten Bone, maupun mahasiswa lain yang
meneliti dan berkaitan dengan Strategi guru dalam mengurangi penggunaan
bahasa daerah pada proses pembelajaran. Adapun saran-saran yang diberikan
peneliti sebagai berikut:
1. Diharapkan kepada kepala sekolah dan semua guru di MIS Al-Mubarak
Kabupaten Bone. berpartisipasi dan bekerjasama dalam penggunaan
strategi-strategi dalam proses pembelajaran untuk menciptakan suasana
belajar yang menarik dan sebagai upaya dalam membimbing siswa untuk
menguasai kosakata bahasa indonesia dan sedikit mengurangi penggunaan
bahasa daerah pada proses pembelajaran di kelas.
2. Setelah penulisan skripsi ini diharapkan mampu memberikan kontribusi di
dunia pendidikan formal, non formal maupun informal.
dalam proses pembelajaran di MIS Al-Mubarak kabupaten Bone, pokok
permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi guru dalam
mengurangi penggunaan bahasa daerah pada proses pembelajaran di MIS Al-
Mubarak.
Metode penelitian yang digunakan yaitu jenis penelitian kualitatif dengan
pendekatan penelitian menggunakan pendekatan sosiologis dan teknik
pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan wawancara. Data yang
diperoleh diolah dengan tiga tahap yaitu reduksi data, data display/penyajian data,
dan kesimpulan. Adapun tujuan penelitian yakni untuk mengetahui bagaimana
penerapan strategi guru dalam mengurangi penggunaan bahasa daerah pada proses
pembelajaran di MIS Al-Mubarak.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi digunakan guru dalam mengurangi
penggunaan bahasa daerah di MIS Al-Mubarak yaitu: strategi ekspositori yang
sering dikolaborasikan dengan penggunaan media pembelajaran dengan tujuan
untuk menarik fokus dan minat siswa selama proses pembelajaran dengan
penyampaian materi dari guru, dan strategi cooperative learning yang mana lebih
mengutamakan kerjasama kelompok kecil, sering dikolaborasikan dengan metode
untuk melatih kemampuan berbahasa peserta didik serta dengan penggunaan
metode yang mencakup latihan, drill/pengulangan, dan hafalan.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil uraian pada bab sebelumnya hasil penelitian dan
pembahasan, maka penulis dapat mengemukakan kesimpulan hasil penelitian
mengenai strategi yang digunakan guru dalam proses pembelajaran untuk
mengurangi penggunaan bahasa daerah di kelas.
Penerapan strategi guru dalam mengurangi penggunaan bahasa daerah
selama proses pembelajaran terdapat dua strategi yang diterapkan, yakni
strategi ekspositori yang mana cara kerjanya mengutamakan penyampaian
verbal dari guru, sering dikolaborasikan dengan penggunaan media
pembelajaran, kemudian ada strategi cooperative learning yang cara kerjanya
mengutamakan kerja sama kelompok kecil dalam kelas, biasa dikolaborasikan
dengan penggunaan metode pembelajaran. Penggunaan berbagai strategi
mengalami kondisi ada yang mengalami kendala namun dilain sisi penggunaan
berbagai strategi juga mempermudah upaya guru dalam mengurangi
penggunaan bahasa daerah selama proses pembelajaran.
B. Implikasi
Implikasi merupakan suatu konsekuensi atau akibat langsung dari hasil
penemuan suatu penelitian ilmiah. Berdasarkan temuan dari penelitian ini,
maka berikut ini disampaikan beberapa saran yang kiranya dapat bermamfaat
bagi sekolah MIS Al-Mubarak kabupaten Bone, maupun mahasiswa lain yang
meneliti dan berkaitan dengan Strategi guru dalam mengurangi penggunaan
bahasa daerah pada proses pembelajaran. Adapun saran-saran yang diberikan
peneliti sebagai berikut:
1. Diharapkan kepada kepala sekolah dan semua guru di MIS Al-Mubarak
Kabupaten Bone. berpartisipasi dan bekerjasama dalam penggunaan
strategi-strategi dalam proses pembelajaran untuk menciptakan suasana
belajar yang menarik dan sebagai upaya dalam membimbing siswa untuk
menguasai kosakata bahasa indonesia dan sedikit mengurangi penggunaan
bahasa daerah pada proses pembelajaran di kelas.
2. Setelah penulisan skripsi ini diharapkan mampu memberikan kontribusi di
dunia pendidikan formal, non formal maupun informal.
Ketersediaan
| STAR20230169 | 169/2023 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
169/2023
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2023
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
