Optimalisasi Pengelolaan Labolatorium Komputer Dalam Memberdayakan Keterampilan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Siswa Di SMK Negeri 5 Bone
A.Annisa Putri/862312019113 - Personal Name
Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui “Optimalisasi Pengelolaan
Laboratorium Komputer dalam Memberdayakan Keterampilan Teknologi Informasi
dan Komunikasi Siswa di SMK Negeri 5 Bone.” Untuk memudahkan pemecahan
masalah tersebut, digunakan jenis penelitian kualitatif (qualitative research). Dengan
pendekatan penelitian menggunakan pendekatan manajemen dan pendekatan
pedagogik. Data dikumpulkan melalui, observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Kemudian data yang diperoleh dianalisis melalui pengumpulan data, reduksi data,
penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, pengelolaan laboratorium
komputer di SMK Negeri 5 Bone dilakukan melalui beberapa tahap yakni mulai dari
perencanaan yang dilakukan setiap akhir tahun ajaran sekolah yang meliputi
perencanaan Sumber Daya Manusia (SDM), anggaran, alat dan bahan, serta tata
ruang laboratorium. Adapun pengorganisasiannya berdasarkan pada stuktur
organisasi yang sudah terbentuk, terdiri dari kepala sekolah dan wakasek sarpras
yang bertanggung jawab atas laboratorium komputer, sedangkan kepala laboratorium
komputer berserta guru TKJ dan OTKP bertanggung jawab dalam pengelolaannya.
Selanjutnya pelaksanaaannya telah dilakukan melalui inventarisasi, pemeliharaan,
dan prosedur praktik kegiatan belajar mengajar. Kemudian pengawasannya
dilakukan melalui koordinasi antara beberapa pihak yaitu kepala sekolah, wakasek
sarpras, kepala laboratorium komputer, dan pengelola laboratorium komputer.
Kedua, keterampilan teknologi informasi dan komunikasi siswa di SMK Negeri 5
Bone yakni sudah mampu dalam mengetahui, memahami dan mengoperasikan
komputer seperti mengaktifkan dan menonaktifkan komputer, menggunakan
berbagai aplikasi pencarian informasi di internet, serta menggunakan aplikasi
microsoft office. Siswa juga terampil dalam menggunakan berbagai aplikasi
komunikasi melalui komputer seperti: email, whatsapp, classroom, google meet, dan
zoom. meskipun hanya sebagian yang benar-benar mampu menjalankan aplikasi
tersebut. Ketiga, optimalisasi pengelolaan laboratorium komputer dalam
memberdayakan keterampilan teknologi informasi dan komunikasi siswa di SMK
Negeri 5 Bone, dilakukan dengan berusaha memberikan dan memperbaharui segala
fasilitas yang ada dan mengoptimalkan penggunaan laboratorium komputer agar
dapat memberikan manfaat yang optimal bagi siswa dalam proses pembelajaran
untuk pengembangan keterampilan.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan mengenai Optimalisasi
Pengelolaan Laboratorium Komputer dalam Memberdayakan Keterampilan
Teknologi Informasi dan Komunikasi Siswa di SMK Negeri 5 Bone, maka dapat
disimpulkan bahwa:
1. Pengelolaan laboratorium komputer di SMK Negeri 5 Bone dilakukan
melalui beberapa tahap yakni mulai dari perencanaan yang dilakukan setiap
akhir tahun ajaran sekolah yang meliputi perencanaan Sumber Daya Manusia
(SDM), anggaran, alat dan bahan, serta tata ruang laboratorium. Adapun
pengorganisasiannya berdasarkan pada stuktur organisasi yang sudah
terbentuk, terdiri dari kepala sekolah dan wakasek sarpras yang bertanggung
jawab atas laboratorium komputer, sedangkan kepala laboratorium komputer
berserta guru TKJ dan OTKP bertanggung jawab dalam pengelolaannya.
Selanjutnya pelaksanaaannya telah dilakukan melalui inventarisasi,
pemeliharaan, dan prosedur praktik kegiatan belajar mengajar. Kemudian
pengawasannya dilakukan melalui koordinasi antara beberapa pihak yaitu
kepala sekolah, wakasek sarpras, kepala laboratorium komputer, dan
pengelola laboratorium komputer.
2. Keterampilan teknologi informasi dan komunikasi siswa di SMK Negeri 5
Bone yakni sudah mampu dalam mengetahui, memahami dan
mengoperasikan komputer seperti mengaktifkan dan menonaktifkan
komputer, menggunakan berbagai aplikasi pencarian informasi di internet,
serta menggunakan aplikasi microsoft office. Siswa juga terampil dalam
menggunakan berbagai aplikasi komunikasi melalui komputer seperti: email,
whatsapp, classroom, google meet, dan zoom. meskipun hanya sebagian
yang benar-benar mampu menjalankan aplikasi tersebut.
3. Optimalisasi pengelolaan laboratorium komputer dalam memberdayakan
keterampilan teknologi informasi dan komunikasi siswa di SMK Negeri 5
Bone, dilakukan dengan berusaha memberikan dan memperbaharui segala
fasilitas yang ada dan mengoptimalkan penggunaan laboratorium komputer
agar dapat memberikan manfaat yang optimal bagi siswa dalam proses
pembelajaran untuk pengembangan keterampilan.
B. Saran
1. Sebaiknya pihak pengelola laboratorium komputer menerapkan perencanaan,
pengoorganisasian, pelaksanaaan dan pengawasan di laboratorium komputer
sebaik mungkin sehingga siswa dapat mengasah keterampilan-keterampilan
yang diproleh selama proses pembelajaran.
2. Hendaknya memperbaharui peralatan serta melakukan perawatan yang baik
laboratorium komputer agar dapat dimanfaatkan sesuai dengan kebutuhan
pembelajaran
3. Seharusnya memperhatikan segala bentuk aktivitas yang dilakukan di
laboratorium komputer termasuk pada saat kegiatan praktik ada prosedur atau
tata tertib yang jelas agar terkelolah dengan baik.
Laboratorium Komputer dalam Memberdayakan Keterampilan Teknologi Informasi
dan Komunikasi Siswa di SMK Negeri 5 Bone.” Untuk memudahkan pemecahan
masalah tersebut, digunakan jenis penelitian kualitatif (qualitative research). Dengan
pendekatan penelitian menggunakan pendekatan manajemen dan pendekatan
pedagogik. Data dikumpulkan melalui, observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Kemudian data yang diperoleh dianalisis melalui pengumpulan data, reduksi data,
penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, pengelolaan laboratorium
komputer di SMK Negeri 5 Bone dilakukan melalui beberapa tahap yakni mulai dari
perencanaan yang dilakukan setiap akhir tahun ajaran sekolah yang meliputi
perencanaan Sumber Daya Manusia (SDM), anggaran, alat dan bahan, serta tata
ruang laboratorium. Adapun pengorganisasiannya berdasarkan pada stuktur
organisasi yang sudah terbentuk, terdiri dari kepala sekolah dan wakasek sarpras
yang bertanggung jawab atas laboratorium komputer, sedangkan kepala laboratorium
komputer berserta guru TKJ dan OTKP bertanggung jawab dalam pengelolaannya.
Selanjutnya pelaksanaaannya telah dilakukan melalui inventarisasi, pemeliharaan,
dan prosedur praktik kegiatan belajar mengajar. Kemudian pengawasannya
dilakukan melalui koordinasi antara beberapa pihak yaitu kepala sekolah, wakasek
sarpras, kepala laboratorium komputer, dan pengelola laboratorium komputer.
Kedua, keterampilan teknologi informasi dan komunikasi siswa di SMK Negeri 5
Bone yakni sudah mampu dalam mengetahui, memahami dan mengoperasikan
komputer seperti mengaktifkan dan menonaktifkan komputer, menggunakan
berbagai aplikasi pencarian informasi di internet, serta menggunakan aplikasi
microsoft office. Siswa juga terampil dalam menggunakan berbagai aplikasi
komunikasi melalui komputer seperti: email, whatsapp, classroom, google meet, dan
zoom. meskipun hanya sebagian yang benar-benar mampu menjalankan aplikasi
tersebut. Ketiga, optimalisasi pengelolaan laboratorium komputer dalam
memberdayakan keterampilan teknologi informasi dan komunikasi siswa di SMK
Negeri 5 Bone, dilakukan dengan berusaha memberikan dan memperbaharui segala
fasilitas yang ada dan mengoptimalkan penggunaan laboratorium komputer agar
dapat memberikan manfaat yang optimal bagi siswa dalam proses pembelajaran
untuk pengembangan keterampilan.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan mengenai Optimalisasi
Pengelolaan Laboratorium Komputer dalam Memberdayakan Keterampilan
Teknologi Informasi dan Komunikasi Siswa di SMK Negeri 5 Bone, maka dapat
disimpulkan bahwa:
1. Pengelolaan laboratorium komputer di SMK Negeri 5 Bone dilakukan
melalui beberapa tahap yakni mulai dari perencanaan yang dilakukan setiap
akhir tahun ajaran sekolah yang meliputi perencanaan Sumber Daya Manusia
(SDM), anggaran, alat dan bahan, serta tata ruang laboratorium. Adapun
pengorganisasiannya berdasarkan pada stuktur organisasi yang sudah
terbentuk, terdiri dari kepala sekolah dan wakasek sarpras yang bertanggung
jawab atas laboratorium komputer, sedangkan kepala laboratorium komputer
berserta guru TKJ dan OTKP bertanggung jawab dalam pengelolaannya.
Selanjutnya pelaksanaaannya telah dilakukan melalui inventarisasi,
pemeliharaan, dan prosedur praktik kegiatan belajar mengajar. Kemudian
pengawasannya dilakukan melalui koordinasi antara beberapa pihak yaitu
kepala sekolah, wakasek sarpras, kepala laboratorium komputer, dan
pengelola laboratorium komputer.
2. Keterampilan teknologi informasi dan komunikasi siswa di SMK Negeri 5
Bone yakni sudah mampu dalam mengetahui, memahami dan
mengoperasikan komputer seperti mengaktifkan dan menonaktifkan
komputer, menggunakan berbagai aplikasi pencarian informasi di internet,
serta menggunakan aplikasi microsoft office. Siswa juga terampil dalam
menggunakan berbagai aplikasi komunikasi melalui komputer seperti: email,
whatsapp, classroom, google meet, dan zoom. meskipun hanya sebagian
yang benar-benar mampu menjalankan aplikasi tersebut.
3. Optimalisasi pengelolaan laboratorium komputer dalam memberdayakan
keterampilan teknologi informasi dan komunikasi siswa di SMK Negeri 5
Bone, dilakukan dengan berusaha memberikan dan memperbaharui segala
fasilitas yang ada dan mengoptimalkan penggunaan laboratorium komputer
agar dapat memberikan manfaat yang optimal bagi siswa dalam proses
pembelajaran untuk pengembangan keterampilan.
B. Saran
1. Sebaiknya pihak pengelola laboratorium komputer menerapkan perencanaan,
pengoorganisasian, pelaksanaaan dan pengawasan di laboratorium komputer
sebaik mungkin sehingga siswa dapat mengasah keterampilan-keterampilan
yang diproleh selama proses pembelajaran.
2. Hendaknya memperbaharui peralatan serta melakukan perawatan yang baik
laboratorium komputer agar dapat dimanfaatkan sesuai dengan kebutuhan
pembelajaran
3. Seharusnya memperhatikan segala bentuk aktivitas yang dilakukan di
laboratorium komputer termasuk pada saat kegiatan praktik ada prosedur atau
tata tertib yang jelas agar terkelolah dengan baik.
Ketersediaan
| STAR20230036 | 36/2023 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
36/2023
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2023
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
