Efektivitas Media Wayang Kartun dalam Meningkatkan Kemampuan Berbicara Siswa Kelas VI Madrasah Ibtidaiyah (MI) Al-Amin Cabalu Kabupaten Bone
St.Nur Aziza/862322019011 - Personal Name
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui Penggunaan Media
Wayang Kartun di Kelas VI MI Al-Amin Cabalu Kab.Bone; (2) mengetahui
Penggunaan Media Wayang Kartun dapat Meningkatkan Kemampuan
Berbicara Siswa Kelas VI MI Al-Amin Cabalu Kab.Bone.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, dengan jenis penelitian
yang bersifat Pre-Experimen dilakukan di MI Al-Amin Cabalu Kab.Bone pada
kelas VI dengan jumlah sampel sebanyak 23 siswa. Data penelitian ini diambil
dengan cara observasi dan unjuk kerja. Unjuk kerja dilakukan dua kali Pretest
dilaksanakan sebelum diberikan perlakuan dan Posttest dilaksanakan setelah
diberikan perlakuan. Nilai tes digunakan untuk mengetahui Efektivitas Media
Wayang Kartun dalam Meningkatkan Kemampuan Berbicara Siswa Kelas VI
Madrasah Ibtidaiyah (MI) Al-Amin Cabalu Kabupaten Bone. Teknik analisis
yang digunakan dalam menguji hipotesis adalah teknik analisis paired sampel t-
tes.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Penggunaan Media Wayang
Kartun di Kelas VI MI Al-Amin Cabalu Kab.Bone. Penggunaan Media Wayang
Kartun Di Kelas VI MI Al-Amin Cabalu Kab.Bone. Dengan penggunaan media
wayang kartun mampu meningkatkan kemampuan berbicara siswa. Karena siswa
memiliki berbicara didepan siswa lain. Hal ini dibuktikan dari hasil belajar siswa
sebelum diberikan perlakuan kemampuan berbicara siswa rata-rata nilai 33.35
dan hasil belajar siswa setelah diberikan perlakuan kemampuan berbicara siswa
rata-rata nilai 85.87.
(2) Penggunaan Media Wayang Kartun dapat Meningkatkan
Kemampuan Berbicara Siswa Kelas VI MI Al-Amin Cabalu Kab.Bone.
Berdasarkan analisis data beserta interpretasinya, maka dapat disimpulkan bahwa
Efektivitas penggunaan media Wayang Kartun dalam meningkatkan kemampuan
berbicara siswa kelas VI MI Al-Amin Cabalu Kab. Bone, dilihat dari uji
Efektivitas menggunakan rumus N-Gain diperoleh hasil rata-rata nilai 79,8
kategori efektif. Menandakan bahwa kemampuan berbicara siswa kelas VI MI
Al-Amin Cabalu Kab. Bone menggunakan media wayang kertas efektif.
A. Simpulan
1. Penggunaan Media Wayang Kartun di Kelas VI MI Al-Amin Cabalu
Kab.Bone.
Penggunaan Media Wayang Kartun Di Kelas VI MI Al-Amin
Cabalu Kab.Bone. Dengan penggunaan media wayang kartun mampu
meningkatkan kemampuan berbicara siswa. Karena siswa memiliki
berbicara didepan siswa lain. Hal ini dibuktikan dari hasil belajar siswa
sebelum diberikan perlakuan kemampuan berbicara siswa rata-rata nilai
33.35 dan hasil belajar siswa setelah diberikan perlakuan kemampuan
berbicara siswa rata-rata nilai 85.87.
2. Penggunaan Media Wayang Kartun dapat Meningkatkan Kemampuan
Berbicara Siswa Kelas VI MI Al-Amin Cabalu Kab.Bone.
Berdasarkan analisis data beserta interpretasinya, maka dapat
disimpulkan bahwa Efektivitas penggunaan media Wayang Kartun dalam
meningkatkan kemampuan berbicara siswa kelas VI MI Al-Amin Cabalu
Kab. Bone, dilihat dari uji Efektivitas menggunakan rumus N-Gain
diperoleh hasil rata-rata nilai 79,8 kategori efektif. Menandakan bahwa
kemampuan berbicara siswa kelas VI MI Al-Amin Cabalu Kab. Bone
menggunakan media wayang kertas efektif.
B. Saran
Berdasarkan hasil penelitian, maka ada beberapa pandangan peneliti
yang sekiranya dapat diangkat sebagai saran-saran, baik untuk guru, siswa,
maupun untuk penelitian selanjutnya.
1. Kepada guru hendaknya menggunakan media pembelajaran yang lebih
menarik supaya siswa tidak bosan mengikuti pembelajaran
2. Bagi siswa kelas VI MI Al-Amin Cabalu Kab. Bone khususnya dan siswa-
siswa pada umumnya, agar meningkatkan semangatnya dalam belajar,
karena dengan belajar kita mendapatkan ilmu-ilmu yang bermanfaat yang
berguna untuk masa depan kita, juga dalam menggapai cita-cita.
3. Bagi peneliti berikutnya agar bisa memberika media menarik lain agar bisa
meningkatkan kemampuan berbicara siswa.
Wayang Kartun di Kelas VI MI Al-Amin Cabalu Kab.Bone; (2) mengetahui
Penggunaan Media Wayang Kartun dapat Meningkatkan Kemampuan
Berbicara Siswa Kelas VI MI Al-Amin Cabalu Kab.Bone.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, dengan jenis penelitian
yang bersifat Pre-Experimen dilakukan di MI Al-Amin Cabalu Kab.Bone pada
kelas VI dengan jumlah sampel sebanyak 23 siswa. Data penelitian ini diambil
dengan cara observasi dan unjuk kerja. Unjuk kerja dilakukan dua kali Pretest
dilaksanakan sebelum diberikan perlakuan dan Posttest dilaksanakan setelah
diberikan perlakuan. Nilai tes digunakan untuk mengetahui Efektivitas Media
Wayang Kartun dalam Meningkatkan Kemampuan Berbicara Siswa Kelas VI
Madrasah Ibtidaiyah (MI) Al-Amin Cabalu Kabupaten Bone. Teknik analisis
yang digunakan dalam menguji hipotesis adalah teknik analisis paired sampel t-
tes.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Penggunaan Media Wayang
Kartun di Kelas VI MI Al-Amin Cabalu Kab.Bone. Penggunaan Media Wayang
Kartun Di Kelas VI MI Al-Amin Cabalu Kab.Bone. Dengan penggunaan media
wayang kartun mampu meningkatkan kemampuan berbicara siswa. Karena siswa
memiliki berbicara didepan siswa lain. Hal ini dibuktikan dari hasil belajar siswa
sebelum diberikan perlakuan kemampuan berbicara siswa rata-rata nilai 33.35
dan hasil belajar siswa setelah diberikan perlakuan kemampuan berbicara siswa
rata-rata nilai 85.87.
(2) Penggunaan Media Wayang Kartun dapat Meningkatkan
Kemampuan Berbicara Siswa Kelas VI MI Al-Amin Cabalu Kab.Bone.
Berdasarkan analisis data beserta interpretasinya, maka dapat disimpulkan bahwa
Efektivitas penggunaan media Wayang Kartun dalam meningkatkan kemampuan
berbicara siswa kelas VI MI Al-Amin Cabalu Kab. Bone, dilihat dari uji
Efektivitas menggunakan rumus N-Gain diperoleh hasil rata-rata nilai 79,8
kategori efektif. Menandakan bahwa kemampuan berbicara siswa kelas VI MI
Al-Amin Cabalu Kab. Bone menggunakan media wayang kertas efektif.
A. Simpulan
1. Penggunaan Media Wayang Kartun di Kelas VI MI Al-Amin Cabalu
Kab.Bone.
Penggunaan Media Wayang Kartun Di Kelas VI MI Al-Amin
Cabalu Kab.Bone. Dengan penggunaan media wayang kartun mampu
meningkatkan kemampuan berbicara siswa. Karena siswa memiliki
berbicara didepan siswa lain. Hal ini dibuktikan dari hasil belajar siswa
sebelum diberikan perlakuan kemampuan berbicara siswa rata-rata nilai
33.35 dan hasil belajar siswa setelah diberikan perlakuan kemampuan
berbicara siswa rata-rata nilai 85.87.
2. Penggunaan Media Wayang Kartun dapat Meningkatkan Kemampuan
Berbicara Siswa Kelas VI MI Al-Amin Cabalu Kab.Bone.
Berdasarkan analisis data beserta interpretasinya, maka dapat
disimpulkan bahwa Efektivitas penggunaan media Wayang Kartun dalam
meningkatkan kemampuan berbicara siswa kelas VI MI Al-Amin Cabalu
Kab. Bone, dilihat dari uji Efektivitas menggunakan rumus N-Gain
diperoleh hasil rata-rata nilai 79,8 kategori efektif. Menandakan bahwa
kemampuan berbicara siswa kelas VI MI Al-Amin Cabalu Kab. Bone
menggunakan media wayang kertas efektif.
B. Saran
Berdasarkan hasil penelitian, maka ada beberapa pandangan peneliti
yang sekiranya dapat diangkat sebagai saran-saran, baik untuk guru, siswa,
maupun untuk penelitian selanjutnya.
1. Kepada guru hendaknya menggunakan media pembelajaran yang lebih
menarik supaya siswa tidak bosan mengikuti pembelajaran
2. Bagi siswa kelas VI MI Al-Amin Cabalu Kab. Bone khususnya dan siswa-
siswa pada umumnya, agar meningkatkan semangatnya dalam belajar,
karena dengan belajar kita mendapatkan ilmu-ilmu yang bermanfaat yang
berguna untuk masa depan kita, juga dalam menggapai cita-cita.
3. Bagi peneliti berikutnya agar bisa memberika media menarik lain agar bisa
meningkatkan kemampuan berbicara siswa.
Ketersediaan
| STAR20230133 | 133/2023 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
133/2023
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2023
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
