Efektivitas Media Powtoon untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep IPA Siswa Kelas Va MI Al-Mukrimin Tonronge

No image available for this title
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui efektivitas media Powtoon
dalam meningkatkan kemampuan pemahaman konsep IPA siswa kelas VA MI Al-
Mukrimin Tonronge; (2) mengetahui kemampuan pemahaman konsep IPA
menggunakan media Powtoon siswa kelas VA MI Al-Mukrimin Tonronge.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, dengan jenis penelitian yang
bersifat Pre-Experimen dilakukan di MI Al-Mukrimin Tonronge pada kelas VA
dengan jumlah sampel sebanyak 19 siswa. Data penelitian ini diambil dengan cara
observasi dan tes essay. Tes essay dilakukan dua kali Pretest dilaksanakan sebelum
diberikan perlakuan dan Posttest dilaksanakan setelah diberikan perlakuan. Nilai tes
digunakan untuk mengetahui efektivitas media Powtoon untuk meningkatkan
kemampuan pemahaman konsep IPA siswa kelas VA MI Al-Mukrimin Tonronge.
Teknik analisis yang digunakan dalam menguji hipotesis adalah teknik analisis
paired sampel t-tes.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Kemampuan Pemahaman Konsep
IPA Menggunakan Media Powtoon Siswa Kelas VA MI Al-Mukrimin Tonronge
meningkat dilihat dari nilai rata-rata siswa sebelum dan sesudah diberi perlakuan.
Sebelum diberi perlakuan nilai rata-rata siswa 41,2, setelah diberi perlakuan nilai
rata-rata siswa 73,8. Berdasarkan hasil pengolahan data Pretest data dari 19
responden kelas VA MI Al Mukrimin Tonronge jumlah persentase kategori sangat
tinggi 0%, tinggi 5,3%, cukup 10,5%, rendah 57,9%, sangat rendah 26,3%. Setelah
dilakukan perlakuan hasil pengolahan data Posttest data dari 19 responden kelas VA
MI Al Mukrimin Tonronge jumlah persentase kategori sangat tinggi 42,1%, tinggi
31,6%, cukup 0%, rendah 21%, sangat rendah 5,3%. Terdapat perubahan yang
signifikan yang menandakan penggunaan media powtoon untuk meningkatkan
kemampuan pemahaman konsep IPA siswa kelas VA MI Al Mukrimin Tonronge
cukup efektif.
(2) Efektivitas Media Powtoon untuk Meningkatkan Kemampuan
Pemahaman Konsep IPA Siswa Kelas VA MI Al-Mukrimin Tonronge berdasarkan
hasil uji hipotesis uji t paired sampel menggunakan jamuvi terdapat signifikansi
0,001 dibawah < 0,05. Sedangkan uji efektivitas menggunakan N-Gain terdapat
signifikasi yaitu, 56,7 kategori (Cukup Efektif) menandakan bahwa Media Powtoon
untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep IPA Siswa Kelas VA MI Al-
Mukrimin Tonronge Cukup Efektif.
A. Simpulan
Berdasarkan analisis data beserta interpretasinya, maka dapat disimpulkan
sebagai berikut:
1. Kemampuan Pemahaman Konsep IPA Menggunakan Media Powtoon Siswa
Kelas VA MI Al-Mukrimin Tonronge meningkat dilihat dari nilai rata-rata
siswa sebelum dan sesudah diberi perlakuan. Sebelum diberi perlakuan nilai
rata-rata siswa 41,2, setelah diberi perlakuan nilai rata-rata siswa 73,8.
Berdasarkan hasil pengolahan data Pretest data dari 19 responden kelas VA MI
Al Mukrimin Tonronge jumlah persentase kategori sangat tinggi 0%, tinggi
5,3%, cukup 10,5%, rendah 57,9%, sangat rendah 26,3%. Setelah dilakukan
perlakuan hasil pengolahan data Posttest data dari 19 responden kelas VA MI
Al Mukrimin Tonronge jumlah persentase kategori sangat tinggi 42,1%, tinggi
31,6%, cukup 0%, rendah 21%, sangat rendah 5,3%. Terdapat perubahan yang
signifikan yang menandakan penggunaan media powtoon untuk meningkatkan
kemampuan pemahaman konsep IPA siswa kelas VA MI Al Mukrimin
Tonronge cukup efektif.
2. Efektivitas Media Powtoon untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman
Konsep IPA Siswa Kelas VA MI Al-Mukrimin Tonronge berdasarkan hasil uji
hipotesis uji t paired sampel menggunakan Jamuvi terdapat signifikansi 0,001
dibawah < 0,05. Sedangkan uji efektivitas menggunakan N-Gain terdapat
signifikasi yaitu, 56,7 kategori (Cukup Efektif) menandakan bahwa Media
Powtoon untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep IPA Siswa
Kelas VA MI Al-Mukrimin Tonronge Cukup Efektif.
B. Saran
Berdasarkan hasil penelitian, maka ada beberapa pandangan peneliti yang
sekiranya dapat diangkat sebagai saran-saran, baik untuk guru, siswa, maupun
untuk penelitian selanjutnya.
1. Kepada guru hendaknya menggunakan media pembelajaran yang lebih menarik
supaya siswa tidak bosan mengikuti pembelajaran
2. Bagi siswa kelas VA MI Al Mukrimin Tonronge khususnya dan siswa-siswa
pada umumnya, agar meningkatkan semangatnya dalam belajar, karena dengan
belajar kita mendapatkan ilmu-ilmu yang bermanfaat yang berguna untuk masa
depan kita, juga dalam mengapai cita-cita.
3. Bagi peneliti berikutnya agar bisa memberika media interaktif lain agar bisa
meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami konsep IPA.
Ketersediaan
STAR2023005959/2023Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

59/2023

Penerbit

IAIN BONE : Watampone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

Skripsi Tarbiyah

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top