Efektivitas Penggunaan Media Math Uno Card Dalam Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VI MI Al-Amin Cabalu
Novi Febriani/862322019004 - Personal Name
Penelitian ini bertujuan 1). Untuk mengetahui kemampuan komunikasi matematis
siswa kelas VI MI Al-Amin Cabalu sebelum penggunaan media math uno card,
2). Untuk mengetahui kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VI MI Al-
Amin Cabalu setelah penggunaan media math uno card, 3). Untuk mengetahui
efektivitas penggunaan media math uno card dalam meningkatkan kemampuan
komunikasi matematis siswa kelas VI MI Al-Amin Cabalu. Penelitian ini
dilakukan melalui pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian Pre-
Eksperimental One-Group Pre test-Post test Design. Data diperoleh dengan tes
dan dokumentasi. Data penelitian menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi
matematis siswa kelas VI MI Al-Amin Cabalu sebelum penggunaan media math
uno card pada kategori sangat rendah terdapat 3 siswa (13%), pada kategori
rendah sebanyak 13 siswa (57%), kategori tinggi terdapat 7 siswa (30%), dan
tidak terdapat siswa yang mendapatkan nilai kategori sangat tinggi sedangkan
setelah penggunaan media math uno card menunjukkan bahwa tidak ada siswa
yang berada pada kategori sangat rendah dan rendah, ada 3 siswa (13%) berada
pada kategori tinggi dan 20 siswa (87%) berada pada kategori sangat tinggi.
Dilihat dari hasil uji paired sample t-Test, diperoleh data nilai signifikansi (2-
tailed) 0,000 (0,000 < 0,05). Selain itu, nilai t hitung dibandingkan dengan nilai t tabel
pada taraf signifikansi 5%, sehingga diperoleh t tabel sebesar 2,0738. Hal ini
menunjukkan bahwa nilai t hitung lebih besar dari pada t tabel (19,790 > 2,0738). Oleh
karena itu, penggunaan media math uno card efektif dalam meningkatkan
kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VI MI Al-Amin Cabalu.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data, maka diperoleh
simpulan sebagai berikut.
1. Kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VI MI Al-Amin Cabalu
sebelum penggunaan media math uno card pada kategori sangat rendah
terdapat 3 siswa (13%), pada kategori rendah sebanyak 13 siswa (57%),
kategori tinggi terdapat 7 siswa (30%), dan tidak terdapat siswa yang
mendapatkan nilai kategori tinggi.
2. Kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VI MI Al-Amin Cabalu
setelah penggunaan media math uno card menunjukkan bahwa tidak ada
siswa yang berada pada kategori sangat rendah dan rendah, ada 3 siswa
(13%) berada pada kategori tinggi dan 20 siswa (87%) berada pada
kategori sangat tinggi. Ini menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi
matematis di kelas VI MI Al-Amin Cabalu setelah penggunaan media
math uno card lebih tinggi daripada kemampuan kemampuan
komunikasi matematis siswa sebelum penggunaan media math uno card.
3. Media math uno card efektif dalam meningkatkan kemampuan
komunikasi matematis di kelas VI MI Al-Amin Cabalu. Hal ini dapat
dilihat dari perhitungan dengan menggunakan uji paired sample T-test
yang mendapatkan signifikansi 0,000 artinya 0,000 < 0,05. Selain itu,
nilai t hitung dibandingkan dengan nilai t tabel pada taraf signifikansi 5%,
sehingga diperoleh t tabel sebesar 2,0738. Hal ini menunjukkan bahwa nilai
t hitung lebih besar dari pada t tabel (19,790 > 2,0738). Maka H 0 ditolak dan
H 1 diterima.
B. Saran
Berdasarkan hasil penelitian yang telah diperoleh, peneliti
memberikan saran-saran dengan tujuan agar pelaksanaan penelitian
selanjutnya yang serupa dengan penelitian ini bisa berjalan lebih baik.
Adapun saran- saran tersebut adalah sebagai berikut:
1. Bagi pihak sekolah, peneliti berharap agar sekolah hendaknya selalu
memberikan dukungan kepada guru dalam pengenalan media dimulai
sejak dini kepada siswa seperti penggunaan media math uno card guna
meningkatkan kualitas pengajaran matematika di sekolah.
2. Bagi guru, pembelajaran matematika menggunakan media math uno card
dapat dijadikan alternatif dalam proses pembelajaran terkhusus materi
lingkaran sehingga dapat menjadi salah satu solusi agar pembelajaran
matematika yang berlangsung tidak membosankan siswa.
3. Bagi siswa, hendaknya selalu turut aktif secara mandiri dan berpartisipasi
dalam mengikuti setiap pembelajaran matematika.
siswa kelas VI MI Al-Amin Cabalu sebelum penggunaan media math uno card,
2). Untuk mengetahui kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VI MI Al-
Amin Cabalu setelah penggunaan media math uno card, 3). Untuk mengetahui
efektivitas penggunaan media math uno card dalam meningkatkan kemampuan
komunikasi matematis siswa kelas VI MI Al-Amin Cabalu. Penelitian ini
dilakukan melalui pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian Pre-
Eksperimental One-Group Pre test-Post test Design. Data diperoleh dengan tes
dan dokumentasi. Data penelitian menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi
matematis siswa kelas VI MI Al-Amin Cabalu sebelum penggunaan media math
uno card pada kategori sangat rendah terdapat 3 siswa (13%), pada kategori
rendah sebanyak 13 siswa (57%), kategori tinggi terdapat 7 siswa (30%), dan
tidak terdapat siswa yang mendapatkan nilai kategori sangat tinggi sedangkan
setelah penggunaan media math uno card menunjukkan bahwa tidak ada siswa
yang berada pada kategori sangat rendah dan rendah, ada 3 siswa (13%) berada
pada kategori tinggi dan 20 siswa (87%) berada pada kategori sangat tinggi.
Dilihat dari hasil uji paired sample t-Test, diperoleh data nilai signifikansi (2-
tailed) 0,000 (0,000 < 0,05). Selain itu, nilai t hitung dibandingkan dengan nilai t tabel
pada taraf signifikansi 5%, sehingga diperoleh t tabel sebesar 2,0738. Hal ini
menunjukkan bahwa nilai t hitung lebih besar dari pada t tabel (19,790 > 2,0738). Oleh
karena itu, penggunaan media math uno card efektif dalam meningkatkan
kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VI MI Al-Amin Cabalu.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data, maka diperoleh
simpulan sebagai berikut.
1. Kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VI MI Al-Amin Cabalu
sebelum penggunaan media math uno card pada kategori sangat rendah
terdapat 3 siswa (13%), pada kategori rendah sebanyak 13 siswa (57%),
kategori tinggi terdapat 7 siswa (30%), dan tidak terdapat siswa yang
mendapatkan nilai kategori tinggi.
2. Kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VI MI Al-Amin Cabalu
setelah penggunaan media math uno card menunjukkan bahwa tidak ada
siswa yang berada pada kategori sangat rendah dan rendah, ada 3 siswa
(13%) berada pada kategori tinggi dan 20 siswa (87%) berada pada
kategori sangat tinggi. Ini menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi
matematis di kelas VI MI Al-Amin Cabalu setelah penggunaan media
math uno card lebih tinggi daripada kemampuan kemampuan
komunikasi matematis siswa sebelum penggunaan media math uno card.
3. Media math uno card efektif dalam meningkatkan kemampuan
komunikasi matematis di kelas VI MI Al-Amin Cabalu. Hal ini dapat
dilihat dari perhitungan dengan menggunakan uji paired sample T-test
yang mendapatkan signifikansi 0,000 artinya 0,000 < 0,05. Selain itu,
nilai t hitung dibandingkan dengan nilai t tabel pada taraf signifikansi 5%,
sehingga diperoleh t tabel sebesar 2,0738. Hal ini menunjukkan bahwa nilai
t hitung lebih besar dari pada t tabel (19,790 > 2,0738). Maka H 0 ditolak dan
H 1 diterima.
B. Saran
Berdasarkan hasil penelitian yang telah diperoleh, peneliti
memberikan saran-saran dengan tujuan agar pelaksanaan penelitian
selanjutnya yang serupa dengan penelitian ini bisa berjalan lebih baik.
Adapun saran- saran tersebut adalah sebagai berikut:
1. Bagi pihak sekolah, peneliti berharap agar sekolah hendaknya selalu
memberikan dukungan kepada guru dalam pengenalan media dimulai
sejak dini kepada siswa seperti penggunaan media math uno card guna
meningkatkan kualitas pengajaran matematika di sekolah.
2. Bagi guru, pembelajaran matematika menggunakan media math uno card
dapat dijadikan alternatif dalam proses pembelajaran terkhusus materi
lingkaran sehingga dapat menjadi salah satu solusi agar pembelajaran
matematika yang berlangsung tidak membosankan siswa.
3. Bagi siswa, hendaknya selalu turut aktif secara mandiri dan berpartisipasi
dalam mengikuti setiap pembelajaran matematika.
Ketersediaan
| STAR20230126 | 126/2023 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
126/2023
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2023
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
