Efektivitas Metode Inkuiri Terhadap Kualitas Pembelajaran Akidah Akhak Berbasis Moderasi Beragama Pada Siswa Kelas XI MAN 2 Bone

No image available for this title
Tujuan penelitian ini adalah 1). Untuk mengetahui aktivitas belajar siswa
kelas XI MAN 2 Bone dalam menerima pembelajaran akidah akhlak
menggunakan metode inkuiri 2). hasil belajar akidah akhlak siswa kelas XI MAN
2 Bone menggunakan metode inkuiri berbasis moderasi beragama 3). Untuk
mengetahui pembelajaran inkuiri efektif terhadap kualitas pembelajaran akidah
akhlak berbasis moderasi beragama pada siswa kelas XI MAN 2 Bone.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan
menggunakan pre-experimental dan menggunakan one group pre-test post-test
design.kemudian pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah
kependidikan agama islam dan paedagogis. Teknik pengumpulan data
menggunakan tes, angket, dan dokumen yang berkaitan dengan penelitian. Data
dianalisis menggunakan analisis infresial melalui aplikasi SPSS versi 25.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode inkuiri evektif terhadap
kualitas pembelajaran akidah akhlak pada siswa kelas XI MAN 2 Bone. Penelitian
ini dilakukan dengan beberapa langkah dimulai dari pre-test, post-test dan
dilanjutkan dengan pembagian angket, mengumpulkan data, mengola data, dan
tahap penarikan kesimpulan. Semua teknik-teknik tersebut terlaksana dengan
baik. Dengan hal ini dapat dilihat dari hasil uji-t menggunakan SPSS versi 25
pada nilai pre-test dan post-test hasil belajar siswa, dapat diketahui probabilitas
(signifikansi) 2-tailed adalah 0,004 < 0,05 maka terdapat perbedaan signifikan
pada kualitas pembelajaran setelah menggunakan metode inkuiri. oleh karena itu,
metode inkuiri evektif terhadap kualitas pembelajaran.
A. Simpulan
Berdasarkan rumusan masalah yang telah diurutkan pada bab
sebelumya, maka peneliti dapat menarik kesimpulan sebagai berikut:
1. Aktivitas belajar metode inkuiri berbasis moderasi beragama khususnya
dalam hal sikap adil dan toleransi dilakukan dengan cara mengelompokkan
siswa secara heterogen (campuran berdasarkan prestasi, jenis kelamin,
golongan dan lain-lain) agar siswa dapat menjalankan hak dan kewajiban,
saling menghargai, saling menerima perbedaan, saling menghormati serta
mendahulukan kepentingan bersama dan tidak memaksakan kehendak
sendiri. Berdasarkan hasil deskripsi data angket aktivitas belajar metode
inkuiri pada tabel 4.2 menunjukkan bahwa jumlah responden bahwa
jumlah responden (N) ada 30 responden. Nilai aktivitas belajar metode
inkuiri siswa terkecil (minimum) adalah 30, dan nilai aktivitas belajar
metode inkuiri siswa terbesar (maximum) adalah 40. Nilai rage merupakan
selisih nilai minimum dan maximum yakni sebesar 10 dan nilai sum
merupakan penjumlahan dari aktivitas belajar metode inkuiri ke-30 siswa
(responden) yaitu sebesar 1.066. Rata-rata nilai dari 30 responden atau
(mean) sebesar 35.53 dengan standar deviasi sebesar 2.886. dengan
demikian hipotesis pertama yang diajukan dapat diterima.
2. Deskripsi data hasil belajar pre-test siswa pada tabel 4.4 menunjukkan
bahwa jumlah responden (N) ada 30. Dari 30 responden tersebut
merupakan nilai hasil belajar pre-test siswa. Nilai terkecil (minimum)
adalah 27, dan nilai terbesar (maximum) adalah 100. Nilai range
merupakan selisih dari nilai minimum dan maximum adalah 73 sedangkan
nilai sum merupakan penjumlahan dari nilai pre-test ke-30 siswa
(responden) sebesar 2.228. Rata-rata nilai atau mean dari 30 responden
adalah 74.27 dengan standar deviasi sebesar 16.82. Sehingga dapat
disimpulkan bahwa hasil belajar akidah akhlak siswa kelas XI MAN 2
Bone sebelum diberi perlakuan menggunakan metode inkuiri berbasis
moderasi beragama masih perlu ditingkatkan lagi. Selanjutnya deskripsi
deskripsi data hasil belajar post-test siswa pada tabel 4.6 menunjukkan
jumlah responden (N) ada 30. Dari 30 responden tersebut merupakan nilai
post-test siswa terkecil (minimum) adalah 27, dan nilai post-test terbesar
(maximum) adalah 100. Nilai rage yang merupakan selisih nilai minimum
dan maximum sebesar 73 dan nilai sum yang merupakan penjumlahan dari
nilai post-test ke-30 siswa (responden) sebesar 2.548. Rata-rata nilai atau
mean dari 30 responden sebesar 84.93 dengan standar deviasi sebesar
16.848. Dapat disimpulkan bahwa hasil post-test akidah akhlak siswa
kelas XI MAN 2 Bone sesudah diberi perlakuan pembelajaran
menggunakan metode inkuiri berbasis mederasi beragama ada peningkatan
jika dibandingkan dengan hasil pree-test sebelum pemberian perlakuan
menggunakan metode inkuiri.
3. Berdasarkan kriteria analisis pengujian hipotesis dapat disimpulkan bahwa
t hitung > t tabel , 9.483 > 2.042. Maka artinya H 1 diterima dan H 0 ditolak. Hal
ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa lebih baik setelah diterapkan
metode inkuiri berbasis moderasi beragama. Oleh karena itu, metode
inkuiri evektif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran akidah akhlak.
Sedangkan signifikasi yang diperoleh nilai signifikasi sebesar 0,004. Jika
nilai sig < 0,05 maka terdapat perbedaan signifikan antara kualitas
pembelajaran sebelum menggunakan metode inkuiri dan setelah
menggunakan metode inkuiri. Dan jika nilai sig > 0,05 maka tidak terdapat
perbedaan signifikan antara kualitas pembelajaran sebelum pernggunaan
metode inkuiri dan setelah menggunakan metode inkuiri. Dari hasil
pengelohan dari IMB SPSS Statistik 25 diperoleh nilai signifikasi sebesar
0,004, artinya jadi 0,004 < 0,05 maka terdapat perbedaan signifikan antara
kualitas pembelajaran sebelum menggunakan metode inkuiri dan setelah
menggunakan metode inkuiri.
B. Saran
Sehubung dengan penelitian ini yang bejudul tentang Efektivitas Metode
Inkuiri Terhadap Kualitas Pembelajaran Akidah Akhak Berbasi Moderasi
Beragama Pada Siswa Kelas XI MAN 2 Bone, maka penelitian ini
menyarankan hal-hal yaitu sebagai berikut:
1. Diharapkan kepada para guru khusunya guru akidah akhlak agar mampu
meningkatkan perannya dalam melaksanakan pembelajaran menggunakan
metode inkuiri berbasis moderasi beragama agar pembelajaran akidah
akhlak lebih berkualitas.
2. Diharapkan kepada guru akidah akhlak kelas XI Mipa 1 MAN 2 Bone agar
selalu menggunakan metode pembelajaran inkuiri yang sesuai dengan
materi yang diberikannya sehingga mampu meningkatkan kualitas
pembelajaran.
3. Bagi guru yang ingin menggunakan metode inkuiri diharapkan untuk lebih
mempersiapkan perangkat pembelajaran dan media yang baik sehingga
pembelajaran dapat lebih berkualitas.
Ketersediaan
STAR20230239239/2023Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

239/2023

Penerbit

IAIN BONE : Watampone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

Skripsi Tarbiyah

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top