Efektivitas Media Fun Thinkers Book dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas V di MI Amir Al- Jannah Tippulue
Rahima Usman/862322019075 - Personal Name
Penelitian ini bertujuan untuk: 1). Mengetahui keterampilan berpikir kritis siswa
kelas V sebelum menggunakan media Fun Thinkers Book di MI Amir Al-Jannah
Tippulue, 2). Mengetahui keterampilan berpikir kritis siswa kelas V setelah
menggunakan media Fun Thinkers Book di MI Amir Al-Jannah Tippulue,
3).Mengetahui efektivitas media Fun Thinkers Book dalam meningkatkan
keterampilan berpikir kritis siswa kelas V di MI Amir Al-Jannah Tippulue. Jenis
penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan
pendekatan Pre-Eksperimen menggunakan One-Group Pretest-Posttest Design
dilakukan di MI Amir Al-Jannah Tippule pada kelas V dengan jumlah sampel
sebanyak 19 siswa dan. Kemudian pendekatan yang digunakan dalam penelitian
ini adalah pendekatan pedadogis. Teknik pengumpulan data menggunakan tes,
observasi dan dokumen yang berkaitan dengan penelitian. Data dianalisis
menggunakan analisis statistik deskriptif. Kemudian melakukan analisis untuk
menguji hipotesis menggunakan aplikasi SPSS versi 22. Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa berdasarkan uji Paired Sample T-Test menunjukkan bahwa
nilai thitung sebesar 12.466 dengan nilai signifkasi sebesar 0,000. Kemudian nilai
thitung dibandingkan dengan nilai ttabel pada taraf signifikasi 5%, harga diperoleh
ttabel dari daftar distribusi t dengan peluang (1- ) sehingga diperoleh ttabel
sebesar 2.10092. Hal ini menunjukkan bahwa nilai thitung lebih besar dari pada ttabel
(12.466>2.10092). Apabila dibandingkan dengan nilai signifikansi sebesar 0,000
lebih kecil dari signifikansi 0,05 (0,0002.10092). Apabila dibandingkan dengan nilai
signifikansi sebesar 0,000 lebih kecil dari signifikansi 0,05 (0,000
kelas V sebelum menggunakan media Fun Thinkers Book di MI Amir Al-Jannah
Tippulue, 2). Mengetahui keterampilan berpikir kritis siswa kelas V setelah
menggunakan media Fun Thinkers Book di MI Amir Al-Jannah Tippulue,
3).Mengetahui efektivitas media Fun Thinkers Book dalam meningkatkan
keterampilan berpikir kritis siswa kelas V di MI Amir Al-Jannah Tippulue. Jenis
penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan
pendekatan Pre-Eksperimen menggunakan One-Group Pretest-Posttest Design
dilakukan di MI Amir Al-Jannah Tippule pada kelas V dengan jumlah sampel
sebanyak 19 siswa dan. Kemudian pendekatan yang digunakan dalam penelitian
ini adalah pendekatan pedadogis. Teknik pengumpulan data menggunakan tes,
observasi dan dokumen yang berkaitan dengan penelitian. Data dianalisis
menggunakan analisis statistik deskriptif. Kemudian melakukan analisis untuk
menguji hipotesis menggunakan aplikasi SPSS versi 22. Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa berdasarkan uji Paired Sample T-Test menunjukkan bahwa
nilai thitung sebesar 12.466 dengan nilai signifkasi sebesar 0,000. Kemudian nilai
thitung dibandingkan dengan nilai ttabel pada taraf signifikasi 5%, harga diperoleh
ttabel dari daftar distribusi t dengan peluang (1- ) sehingga diperoleh ttabel
sebesar 2.10092. Hal ini menunjukkan bahwa nilai thitung lebih besar dari pada ttabel
(12.466>2.10092). Apabila dibandingkan dengan nilai signifikansi sebesar 0,000
lebih kecil dari signifikansi 0,05 (0,0002.10092). Apabila dibandingkan dengan nilai
signifikansi sebesar 0,000 lebih kecil dari signifikansi 0,05 (0,000
Ketersediaan
| STAR20230079 | 79/2023 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
79/2023
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2023
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
