Efektivitas Penggunaan Media Couple Cards Untuk Meningkatkan Kemampuan Kolaborasi Dalam Pembelajaran IPA Pada Siswa Kelas II MIS Amir Al-Jannah Tippulue
Andi Dilla Adliana/862322019071 - Personal Name
Penelitian ini bertujuan 1) Untuk mengetahui kemampuan kolaborasi sebelum
menggunakan media Couple Cards dalam pembelajaran IPA pada siswa kelas II
MIS Amir Al-Jannah Tippulue. 2) Untuk mengetahui kemampuan
kolaborasisetelah menggunakan media Couple Cards dalam pembelajaran IPA
pada siswa kelas II MIS Amir Al-Jannah Tippulue. 3) Untuk mengetahui
efektivitas media Couple Cardsuntuk meningkatkan kemampuan kolaborasidalam
pembelajaran IPApada siswa kelas II MIS Amir Al-Jannah Tippulue.Penelitian ini
menggunakan metode kuantitatif, dengan jenis penelitian yang bersifat Pre-
Experimen dilakukan di MIS Amir Al-Jannah Tippulue pada kelas II dengan
jumlah sampel sebanyak 21 siswa. Data penelitian ini diambil dengan cara
observasi dan angket kemampuan kolaborasi siswa. Observasi dan angket
kemampuan kolaborasi siswa dilakukan dua kali yaitu Pretest dilaksanakan
sebelum perlakuan dan Posttest dilaksanakan setelah diberikan perlakuan. Nilai
observasi dan angket kemampuan kolaborasi siswa digunakan untuk mengetahui
efektivitas media Couple Cardsuntuk meningkatkan kemampuan kolaborasi pada
pembelajaran IPA pada siswa kelas II MIS Amir Al-Jannah Tippulue.Teknik
analisis yang digunakan dalam menguji hipotesis adalah teknik analisis Paired
Sample T-Test.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa berdasarkan uji Paired
Sample T-Testmenunjukkanbahwa nilai t hitung sebesar 12,997 dengan nilai
signifikasi sebesar 0,000. Kemudian nilai t hitung dibandingkan dengan nilai t tabel
pada taraf signifikasi 5% diperoleh t tabel dari daftar distribusi t dengan peluang (1-
) sehingga diperoleh t tabel sebesar 2,08596. Hal ini menunjukkan bahwa nilai
t hitung lebih besar dari pada t tabel (12,997>2,08596). Apabila dibandingkan dengan
nilai signifikansi sebesar 0,000 lebih kecil dari signifikansi 0,05 (0,000
menggunakan media Couple Cards dalam pembelajaran IPA pada siswa kelas II
MIS Amir Al-Jannah Tippulue. 2) Untuk mengetahui kemampuan
kolaborasisetelah menggunakan media Couple Cards dalam pembelajaran IPA
pada siswa kelas II MIS Amir Al-Jannah Tippulue. 3) Untuk mengetahui
efektivitas media Couple Cardsuntuk meningkatkan kemampuan kolaborasidalam
pembelajaran IPApada siswa kelas II MIS Amir Al-Jannah Tippulue.Penelitian ini
menggunakan metode kuantitatif, dengan jenis penelitian yang bersifat Pre-
Experimen dilakukan di MIS Amir Al-Jannah Tippulue pada kelas II dengan
jumlah sampel sebanyak 21 siswa. Data penelitian ini diambil dengan cara
observasi dan angket kemampuan kolaborasi siswa. Observasi dan angket
kemampuan kolaborasi siswa dilakukan dua kali yaitu Pretest dilaksanakan
sebelum perlakuan dan Posttest dilaksanakan setelah diberikan perlakuan. Nilai
observasi dan angket kemampuan kolaborasi siswa digunakan untuk mengetahui
efektivitas media Couple Cardsuntuk meningkatkan kemampuan kolaborasi pada
pembelajaran IPA pada siswa kelas II MIS Amir Al-Jannah Tippulue.Teknik
analisis yang digunakan dalam menguji hipotesis adalah teknik analisis Paired
Sample T-Test.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa berdasarkan uji Paired
Sample T-Testmenunjukkanbahwa nilai t hitung sebesar 12,997 dengan nilai
signifikasi sebesar 0,000. Kemudian nilai t hitung dibandingkan dengan nilai t tabel
pada taraf signifikasi 5% diperoleh t tabel dari daftar distribusi t dengan peluang (1-
) sehingga diperoleh t tabel sebesar 2,08596. Hal ini menunjukkan bahwa nilai
t hitung lebih besar dari pada t tabel (12,997>2,08596). Apabila dibandingkan dengan
nilai signifikansi sebesar 0,000 lebih kecil dari signifikansi 0,05 (0,000
Ketersediaan
| STAR20230200 | 200/2023 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
200/2023
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2023
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
