Peran Guru Pembimbing Dalam Pengelolaan Praktek Kerja Lapangan (PKL) Di SMKN 5 Bone
Nurhidayah.862312019006 - Personal Name
Skripsi ini membahas tentang guru peran guru pembimbing dalam pengelolaan
praktek lapangan di SMK Negeri 5 Bone. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui
bagaimana peran guru pembimbing melakukan perencanaan, pelaksanaan, dan
evaluasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualiitatif, dan pengumpulan data
menggunakan metode observas, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data
menggunakan metode reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Dalam menguji
keabsahan data peneliti menguji menggunakan triangulasi Teknik. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa Peran guru pembimbing dalam melakukan pengelolaan praktek
kerja lapangan sudah berjalan dengan baik, dilihat dari proses perencanaanya mulai
dari menentukan kebutuhan siswa, fasilitas dan anggaran. Dan proses pelaksanaannya
berjalan dengan baik dilihat mulai dari keterlibatan guru pembimbing mulai dari
pencarian tempat PKL, penyerahan, monitoring, penarikan, pembuatan laporan. Dan
dalam melakukan evaluasi juga berjalan dengan baik dilihat dari adanya penilaian hasil
dari peserta didikyang telah mengikuti praktek kerja lapangan.
A. Simpulan
Setalah dilakukannya penelitian dan melakukan pengelolaan data mengenai
peran guru pembimbing dalam pengelolaan praktek kerja lapangan di SMK
Negeri 5 Bone dapat dijelaskan sebagai berikut:
1. Peran guru pembimbing dalam melakukan perencanaan praktek kerja lapangan
di SMK Negeri 5 Bone di mulai dari menentukan kebutuhan siswa dilakukan
dengan melakukan diskusi dan pemeparan dikelas, selanjutnya penentuan
tujuan yang ingin dicapai yaitu menyiapkan peserta didik memasuki dunia
kerja dan memberikan pengalaman bagi peserta didik, penatapan aggaran dan
fasilitas yang memadai
2. Peran guru pembimbing dalam melakukan pelaksanaan praktek kerja lapangan.
Pelaksanaan praktek kerja lapangan di SMK Negeri 5 Bone melibatkan semua
pihak. Proses pelaksanaannya mulai dari penjajakan tempat, pembekalan,
penyerahan, diskusi dengan orang tua, penyerahan dan penarikan, melakukan
monitoring, membimbing penulisan laporan, sehingga pelasanaan dapat
mencapai harapan yang di inginkan.
Dalam pelaksanaanya guru pembimbing berperan: a). mengidentifikasi peserta
didik agar siap mengikuti PKL dengan memberikan penguasaan materi,
melakukan seminar dan mempersiapkan peserta didik untuk memasuki dunia
kerja. b). Melakukan diskusi dengan orang tua tentang keberangktan peserta
didik dilakukan dengan diadakannya pertemua /rapat dengan orang tua peserta
didik dan siswa guna menyakinkan orang tua terkait dengan sistem PKL dan
keberangkatannya.c). Melakukan penyerahan peserta didik dilakukan dengan
membawa surat perjanjian yang telah ditanda tangani kepala sekolah dengan
industri yang telah diajak kerja sama, dan sesuai dengan waktu yang telah
ditentukan. d). melakukan monitoring atau peninjauan dilakukan dengan
mengunjung langsung peserta didik di tempat PKL, dan juga mengunakan
kontroling secara daring menggunakan grub WhatsApp. e). Melakukan
penjemputan diakhir masa PKL, dilakukan dari penjemputan langsung dengan
membawa surat telah berakhirnya PKL yang telah di tanda tangani kepala
sekolah, dan untuk memastikan keselamatan dan keamanan peserta didik. f).
Menyelesaikan masalah jika terdapat masalah, guru pembimbing sebagai
jembatan dalam menyelesaikan konflik dengan mencari akar permasalahan
tanpa menghakimi satu sama lain. g). Bimbingan penulisan laporan
pembimbing memberikan arahan dalam bentuk penulisan laporan, bimbingan
langsung secara bertahap, dan melalui teori yang disampaikan.
3. Peran guru pembimbing dalam melakukan evaluasi praktek kerja lapangan di
SMK Negeri 5 Bone dengan terjun langsung ke tempat PKL dengan tujuan
untuk melakukan penilaian hasil kerja PKL.
B. Saran
1. Bagi sekolah, diharapkan guru pembimbing atau pihak sekolah menambah
instansi atau industri untuk melakukan kerja sama agar banyak opsi tempat PKL
yang bisa menjadi tujuan peserta didik yang sesuai dengan keahlian mereka.
2. Agar pihak sekolah membantu orang tua siswa dalam hal anggaran agar tidak
sepenunya dibebani kepada orang tua siswa.
praktek lapangan di SMK Negeri 5 Bone. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui
bagaimana peran guru pembimbing melakukan perencanaan, pelaksanaan, dan
evaluasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualiitatif, dan pengumpulan data
menggunakan metode observas, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data
menggunakan metode reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Dalam menguji
keabsahan data peneliti menguji menggunakan triangulasi Teknik. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa Peran guru pembimbing dalam melakukan pengelolaan praktek
kerja lapangan sudah berjalan dengan baik, dilihat dari proses perencanaanya mulai
dari menentukan kebutuhan siswa, fasilitas dan anggaran. Dan proses pelaksanaannya
berjalan dengan baik dilihat mulai dari keterlibatan guru pembimbing mulai dari
pencarian tempat PKL, penyerahan, monitoring, penarikan, pembuatan laporan. Dan
dalam melakukan evaluasi juga berjalan dengan baik dilihat dari adanya penilaian hasil
dari peserta didikyang telah mengikuti praktek kerja lapangan.
A. Simpulan
Setalah dilakukannya penelitian dan melakukan pengelolaan data mengenai
peran guru pembimbing dalam pengelolaan praktek kerja lapangan di SMK
Negeri 5 Bone dapat dijelaskan sebagai berikut:
1. Peran guru pembimbing dalam melakukan perencanaan praktek kerja lapangan
di SMK Negeri 5 Bone di mulai dari menentukan kebutuhan siswa dilakukan
dengan melakukan diskusi dan pemeparan dikelas, selanjutnya penentuan
tujuan yang ingin dicapai yaitu menyiapkan peserta didik memasuki dunia
kerja dan memberikan pengalaman bagi peserta didik, penatapan aggaran dan
fasilitas yang memadai
2. Peran guru pembimbing dalam melakukan pelaksanaan praktek kerja lapangan.
Pelaksanaan praktek kerja lapangan di SMK Negeri 5 Bone melibatkan semua
pihak. Proses pelaksanaannya mulai dari penjajakan tempat, pembekalan,
penyerahan, diskusi dengan orang tua, penyerahan dan penarikan, melakukan
monitoring, membimbing penulisan laporan, sehingga pelasanaan dapat
mencapai harapan yang di inginkan.
Dalam pelaksanaanya guru pembimbing berperan: a). mengidentifikasi peserta
didik agar siap mengikuti PKL dengan memberikan penguasaan materi,
melakukan seminar dan mempersiapkan peserta didik untuk memasuki dunia
kerja. b). Melakukan diskusi dengan orang tua tentang keberangktan peserta
didik dilakukan dengan diadakannya pertemua /rapat dengan orang tua peserta
didik dan siswa guna menyakinkan orang tua terkait dengan sistem PKL dan
keberangkatannya.c). Melakukan penyerahan peserta didik dilakukan dengan
membawa surat perjanjian yang telah ditanda tangani kepala sekolah dengan
industri yang telah diajak kerja sama, dan sesuai dengan waktu yang telah
ditentukan. d). melakukan monitoring atau peninjauan dilakukan dengan
mengunjung langsung peserta didik di tempat PKL, dan juga mengunakan
kontroling secara daring menggunakan grub WhatsApp. e). Melakukan
penjemputan diakhir masa PKL, dilakukan dari penjemputan langsung dengan
membawa surat telah berakhirnya PKL yang telah di tanda tangani kepala
sekolah, dan untuk memastikan keselamatan dan keamanan peserta didik. f).
Menyelesaikan masalah jika terdapat masalah, guru pembimbing sebagai
jembatan dalam menyelesaikan konflik dengan mencari akar permasalahan
tanpa menghakimi satu sama lain. g). Bimbingan penulisan laporan
pembimbing memberikan arahan dalam bentuk penulisan laporan, bimbingan
langsung secara bertahap, dan melalui teori yang disampaikan.
3. Peran guru pembimbing dalam melakukan evaluasi praktek kerja lapangan di
SMK Negeri 5 Bone dengan terjun langsung ke tempat PKL dengan tujuan
untuk melakukan penilaian hasil kerja PKL.
B. Saran
1. Bagi sekolah, diharapkan guru pembimbing atau pihak sekolah menambah
instansi atau industri untuk melakukan kerja sama agar banyak opsi tempat PKL
yang bisa menjadi tujuan peserta didik yang sesuai dengan keahlian mereka.
2. Agar pihak sekolah membantu orang tua siswa dalam hal anggaran agar tidak
sepenunya dibebani kepada orang tua siswa.
Ketersediaan
| STAR20250126 | 126/2025 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
126/2025
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2025
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
