Implementasi Komponen Kompetensi Guru Dalam Menciptakan Model Pembelajaran Yang Kreatif di SMPN SATAP 3 Barebbo
Parlina Nofianti/862312019057 - Personal Name
Penelitian ini membahas tentang Komponen Kompetensi Guru dalam
Menciptakan Model Pembelajaran Yang Kreatif di SMPN SATAP 3 Barebbo.
tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui implementasi komponen
kompetensi guru di SMPN SATAP 3 Barebbo. 2) Untuk mengetahui cara
menciptakan model pembelajaran yang kreatif di SMPN SATAP 3 Barebbo. 3)
Untuk mengetahui implementasi komponen kompetensi guru dalam menciptakan
model pembelajaran yang kreatif.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan
manajemen dan pendekatan sosiologis. Untuk memperoleh data yang diinginkan
menggunakan data primer dan data sekunder. Kemudian pengumpulan data
dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Selanjutnya dianalisis dengan
cara 1. Mereduksi data, 2. Penyajian data, dan 3. Penarikan kesimpulan dan
verifikasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Implementasi komponen
kompetensi guru di SMPN SATAP 3 Barebbo dapat dilihat dari keterampilan
guru menerapkan metode dan cara guru menyampaikan atau memaparkan hasil
pengetahuannya tentang materi pembelajaran dengan baik sehingga dapat dengan
mudah dipahami oleh siswa, serta dapat mengembangkan potensi diri dan siswa,
dan melakukan pengevaluasian terhadap hasil belajar siswa untuk melihat tingkat
keberhasilan guru dan tingkat pemahaman siswa. (2) Menciptakan model
pembelajaran yang kreatif di SMPN SATAP 3 Barebbo yaitu terdiri dari 2 aspek,
yang pertama kegiatan pembelajaran dibagi menjadi lima langkah yang terdiri dari
orientasi, eksplorasi, interpretasi, kreasi, dan evaluasi. Kemudian aspek kedua
yaitu bentuk atau model pembelajaran yang bisa digunakan guru untuk
meningkatkan semangat belajar siswa terdiri dari alat peraga, talking stick, dan
dragon ball. (3) Implementasi komponen kompetensi guru dalam menciptakan
model pembelajaran yang kreatif di SMPN SATAP 3 Barebbo adalah kemampuan
seorang guru untuk menyampaikan pemahamannya tentang materi pembelajaran,
serta kemampuan seorang guru untuk menciptakan suasana pembelajaran baru
yang dapat meningkatkan motivasi serta semangat belajar siswa.
A. Simpulan
1. Implementasi komponen kompetensi guru di SMPN SATAP 3 Barebbo
dapat dilihat dari keterampilan guru menerapkan metode dan cara guru
menyampaikan atau memaparkan hasil pengetahuannya tentang materi
pembelajaran dengan baik sehingga dapat dengan mudah dipahami oleh
siswa, serta dapat mengembangkan potensi diri dan siswa, dan melakukan
pengevaluasian terhadap hasil belajar siswa untuk melihat tingkat
keberhasilan guru dan tingkat pemahaman siswa.
2. Menciptakan model pembelajaran yang kreatif di SMPN SATAP 3
Barebbo yaitu terdiri dari 2 aspek, yang pertama kegiatan pembelajaran
dibagi menjadi lima langkah yang terdiri dari orientasi, eksplorasi,
interpretasi, kreasi, dan evaluasi. Kemudian aspek kedua yaitu bentuk atau
model pembelajaran yang bisa digunakan guru untuk meningkatkan
semangat belajar siswa terdiri dari alat peraga, talking stick, dan dragon
ball.
3. Implementasi komponen kompetensi guru dalam menciptakan model
pembelajaran yang kreatif di SMPN SATAP 3 Barebbo adalah
kemampuan seorang guru untuk menyampaikan pemahamannya tentang
materi pembelajaran, serta kemampuan seorang guru untuk menciptakan
suasana pembelajaran baru yang dapat meningkatkan motivasi serta
semangat belajar siswa.
B. Implikasi
Berdasarkan hasil penelitian dan penulisan skripsi ini, peneliti
mempunyai implikasi berupa saran kepada pihak-pihak yang terkait,
khususnya dalam implementasi kompetensi guru dalam menciptakan model
pembelajaran yang kreatif.
1. Bagi kepala sekolah, wakasek serta wakasek kesiswaan terkhusus untuk
seluruh guru mata pelajaran sebagai subjek penelitian, disarankan untuk
terus mengembangkan potensi serta pengetahuannya dan selalu berusaha
untuk menciptakan model-model pembelajaran yang sekreatif mungkin
agar menghasilkan lulusan yang bermutu dan berkualitas lagi.
2. Peneliti mengharapkan kepada segenap pembaca terutama bagi peneliti
sendiri agar dapat mengambil pelajaran berharga dari hasil karya ilmiah
ini sehingga dapat menerapkan dan bermanfaat dalam aktivitas kehidupan
sehari-hari.
Menciptakan Model Pembelajaran Yang Kreatif di SMPN SATAP 3 Barebbo.
tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui implementasi komponen
kompetensi guru di SMPN SATAP 3 Barebbo. 2) Untuk mengetahui cara
menciptakan model pembelajaran yang kreatif di SMPN SATAP 3 Barebbo. 3)
Untuk mengetahui implementasi komponen kompetensi guru dalam menciptakan
model pembelajaran yang kreatif.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan
manajemen dan pendekatan sosiologis. Untuk memperoleh data yang diinginkan
menggunakan data primer dan data sekunder. Kemudian pengumpulan data
dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Selanjutnya dianalisis dengan
cara 1. Mereduksi data, 2. Penyajian data, dan 3. Penarikan kesimpulan dan
verifikasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Implementasi komponen
kompetensi guru di SMPN SATAP 3 Barebbo dapat dilihat dari keterampilan
guru menerapkan metode dan cara guru menyampaikan atau memaparkan hasil
pengetahuannya tentang materi pembelajaran dengan baik sehingga dapat dengan
mudah dipahami oleh siswa, serta dapat mengembangkan potensi diri dan siswa,
dan melakukan pengevaluasian terhadap hasil belajar siswa untuk melihat tingkat
keberhasilan guru dan tingkat pemahaman siswa. (2) Menciptakan model
pembelajaran yang kreatif di SMPN SATAP 3 Barebbo yaitu terdiri dari 2 aspek,
yang pertama kegiatan pembelajaran dibagi menjadi lima langkah yang terdiri dari
orientasi, eksplorasi, interpretasi, kreasi, dan evaluasi. Kemudian aspek kedua
yaitu bentuk atau model pembelajaran yang bisa digunakan guru untuk
meningkatkan semangat belajar siswa terdiri dari alat peraga, talking stick, dan
dragon ball. (3) Implementasi komponen kompetensi guru dalam menciptakan
model pembelajaran yang kreatif di SMPN SATAP 3 Barebbo adalah kemampuan
seorang guru untuk menyampaikan pemahamannya tentang materi pembelajaran,
serta kemampuan seorang guru untuk menciptakan suasana pembelajaran baru
yang dapat meningkatkan motivasi serta semangat belajar siswa.
A. Simpulan
1. Implementasi komponen kompetensi guru di SMPN SATAP 3 Barebbo
dapat dilihat dari keterampilan guru menerapkan metode dan cara guru
menyampaikan atau memaparkan hasil pengetahuannya tentang materi
pembelajaran dengan baik sehingga dapat dengan mudah dipahami oleh
siswa, serta dapat mengembangkan potensi diri dan siswa, dan melakukan
pengevaluasian terhadap hasil belajar siswa untuk melihat tingkat
keberhasilan guru dan tingkat pemahaman siswa.
2. Menciptakan model pembelajaran yang kreatif di SMPN SATAP 3
Barebbo yaitu terdiri dari 2 aspek, yang pertama kegiatan pembelajaran
dibagi menjadi lima langkah yang terdiri dari orientasi, eksplorasi,
interpretasi, kreasi, dan evaluasi. Kemudian aspek kedua yaitu bentuk atau
model pembelajaran yang bisa digunakan guru untuk meningkatkan
semangat belajar siswa terdiri dari alat peraga, talking stick, dan dragon
ball.
3. Implementasi komponen kompetensi guru dalam menciptakan model
pembelajaran yang kreatif di SMPN SATAP 3 Barebbo adalah
kemampuan seorang guru untuk menyampaikan pemahamannya tentang
materi pembelajaran, serta kemampuan seorang guru untuk menciptakan
suasana pembelajaran baru yang dapat meningkatkan motivasi serta
semangat belajar siswa.
B. Implikasi
Berdasarkan hasil penelitian dan penulisan skripsi ini, peneliti
mempunyai implikasi berupa saran kepada pihak-pihak yang terkait,
khususnya dalam implementasi kompetensi guru dalam menciptakan model
pembelajaran yang kreatif.
1. Bagi kepala sekolah, wakasek serta wakasek kesiswaan terkhusus untuk
seluruh guru mata pelajaran sebagai subjek penelitian, disarankan untuk
terus mengembangkan potensi serta pengetahuannya dan selalu berusaha
untuk menciptakan model-model pembelajaran yang sekreatif mungkin
agar menghasilkan lulusan yang bermutu dan berkualitas lagi.
2. Peneliti mengharapkan kepada segenap pembaca terutama bagi peneliti
sendiri agar dapat mengambil pelajaran berharga dari hasil karya ilmiah
ini sehingga dapat menerapkan dan bermanfaat dalam aktivitas kehidupan
sehari-hari.
Ketersediaan
| STAR20230181 | 181/023 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
181/2023
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2023
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
