Urgensi Metode Diskusi dalam Pembinaan Kecerdasan Intelektual Siswa pada Mata Pelajaran SKI di MA-Ar-Raihan Lattekko
Rahmat/ 02.15.1123 - Personal Name
Skripsi ini membahas tentang, Urgensi Metode Diskusi dalam Pembinaan
Kecerdasan Intelektual Siswa Pada Mata Pelajaran SKI di MA Ar-Raihan Lattekko
adapun tujuan penelitian yaitu: 1). Untuk mengetahui penerpan metode diskusi siswa
pada mata pelajaran SKI di MA Ar-Raihan Lattekko. 2). Untuk mengetahui upaya
guru dalam pembinaan kecerdasan intelaktual siswa pada mata pelajaran SKI di MA
Ar-Raihan Lattekko. 3). Untuk mengetahui dampak penerapan metode diskusi dalam
pembinaan kecerdasan intelektual siswa pada mata pelajaran SKI di MA Ar-Raihan
Lattekko.
Penelitian ini dilakukan dengan teknik pengumpulan data yaitu field research
melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan
metode deskriptif kualitatif yang dibagi menjadi beberapa tahap yaitu reduksi data,
penyajian data, serta penarikan kesimpulan dan verifikasi.
Hasil penelitian
tentang
Urgensi Metode Diskusi dalam Pembinaan
Kecerdasan Intelektual Siswa Pada Mata Pelajaran SKI di MA Ar-Raihan Lattekko
menunjukkan bahwa: 1). Penerapan metode diskusi siswa pada mata pelajaran SKI di
MA Ar-Raihan Lattekko yaitu, dapat meningkatkan interaksi siswa dengan siswa
yang lain saling bertukar pikiran dalam berpendapat dan saling melengkapi dalam
kekurangan. 2). Upaya guru dalam pembinaan kecerdasan intelektual siswa pada
mata pelajaran SKI dI MA Ar-Raihan Lattekko yaitu memberikan suatu pertanyaan
kepada siswa yang jarang berbicara di dalam kelas pada saat diskusi berlangsung. 3).
Dampak positif penerapan metode diskusi dalam pembinaan kecerdasan intelektual
siswa pada mata pelajran SKI di MA Ar-Raihan Lattekko yaitu dapat melatih
kelancaran siswa dalam berpendapat dan berinteraksi dengan teman maupun guru dan
dampak negatif penerpan metode diskusi dalam pembinaan kecerdasan intelektual
siswa di MA Ar-Raihan Lattekko yaitu ada beberapa siswa yang hanya saja berdiam
pada saat diskusi berlangsung tanpa memperhatikan materi yang diajarkan atau
pendapat temannya sehingga mempersulit guru dalam menjelaskan ulang materi di
sampaikan atau yang didiskusikan oleh temannya.
A. Simpulan
Berdasarkan uraian pada bab hasil penelitian dan pembahasan maka penulis
dapat mengemukakan simpulan dari hasil penelitian yang telah dilakukan, yaitu :
1. Penerapan metode diskusi siswa pada mata pelajaran SKI di MA Ar-Raihan
Lattekko yaitu, dapat meningkatkan interaksi siswa dengan siswa yang lain
saling bertukar pikiran dalam berpendapat
dan saling melengkapi dalam
kekurangan.
2. Upaya guru dalam pembinaan kecerdasan intelektual siswa pada mata
pelajaran SKI di MA Ar-Raihan Lattekko yaitu memberikan suatu pertanyaan
kepada siswa yang jarang berbicara didalam kelas pada saat diskusi
berlangsung. Ketika sudah menjawab guru meminta pendapat siswa yang lain
agar pertanyaan yang diberikan bisa di terima semua siswa agar tidak ada lagi
suatu perdebatan.
3. Dampak positif penerapan metode diskusi dalam pembinaan kecedasan
intelektual siswa pada mata pelajaran SKI di MA Ar-Raihan Lattekko yaitu
dapat melatih kelancaran siswa dalam berpendapat dan berinteraksi dengan
teman maupun guru dan dampak negatif penerapan metode diskusi dalam
pembinaan kecedasan intelektual siswa pada mata pelajaran SKI di MA Ar-
Raihan Lattekko yaitu ada beberapa siswa yang hanya saja berdiam pada saat
diskusi berlangsung tanpa memperhatikan materi yang diajarkan atau
pendapat temannya sehingga mempersulit guru dalam menjelaskan ulang
materi di sampaikan atau yang didiskusikan oleh temannya.
B. Implikasi
Setelah penulis menguraikan simpulan tersebut, maka dibawah ini akan
diuraikan saran.
Adapun saran yang penulis maksudkan dalam pembahasan skripsi ini adalah
sebagai berikut:
1. Pemerintah, terutama pemerintah daerah hendaknya memfokuskan perhatian
kepada siswa dalam memberikan sarana dan prasarana pada siswa.
2. Kepada guru MA Ar-Raihan Lattekko hendaknya tetap melaksanakan tugas
dan tanggung jawab seoptimal mungkin dan memperhatikan kaeadaan siswa
dalam memahami pelajaran.
3. Setelah penulisan skripsi ini diharapkan mampu memberikan kontribusi di
dalam dunia pendidikan formal, non formal, maupun pendidikan informal.
Kecerdasan Intelektual Siswa Pada Mata Pelajaran SKI di MA Ar-Raihan Lattekko
adapun tujuan penelitian yaitu: 1). Untuk mengetahui penerpan metode diskusi siswa
pada mata pelajaran SKI di MA Ar-Raihan Lattekko. 2). Untuk mengetahui upaya
guru dalam pembinaan kecerdasan intelaktual siswa pada mata pelajaran SKI di MA
Ar-Raihan Lattekko. 3). Untuk mengetahui dampak penerapan metode diskusi dalam
pembinaan kecerdasan intelektual siswa pada mata pelajaran SKI di MA Ar-Raihan
Lattekko.
Penelitian ini dilakukan dengan teknik pengumpulan data yaitu field research
melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan
metode deskriptif kualitatif yang dibagi menjadi beberapa tahap yaitu reduksi data,
penyajian data, serta penarikan kesimpulan dan verifikasi.
Hasil penelitian
tentang
Urgensi Metode Diskusi dalam Pembinaan
Kecerdasan Intelektual Siswa Pada Mata Pelajaran SKI di MA Ar-Raihan Lattekko
menunjukkan bahwa: 1). Penerapan metode diskusi siswa pada mata pelajaran SKI di
MA Ar-Raihan Lattekko yaitu, dapat meningkatkan interaksi siswa dengan siswa
yang lain saling bertukar pikiran dalam berpendapat dan saling melengkapi dalam
kekurangan. 2). Upaya guru dalam pembinaan kecerdasan intelektual siswa pada
mata pelajaran SKI dI MA Ar-Raihan Lattekko yaitu memberikan suatu pertanyaan
kepada siswa yang jarang berbicara di dalam kelas pada saat diskusi berlangsung. 3).
Dampak positif penerapan metode diskusi dalam pembinaan kecerdasan intelektual
siswa pada mata pelajran SKI di MA Ar-Raihan Lattekko yaitu dapat melatih
kelancaran siswa dalam berpendapat dan berinteraksi dengan teman maupun guru dan
dampak negatif penerpan metode diskusi dalam pembinaan kecerdasan intelektual
siswa di MA Ar-Raihan Lattekko yaitu ada beberapa siswa yang hanya saja berdiam
pada saat diskusi berlangsung tanpa memperhatikan materi yang diajarkan atau
pendapat temannya sehingga mempersulit guru dalam menjelaskan ulang materi di
sampaikan atau yang didiskusikan oleh temannya.
A. Simpulan
Berdasarkan uraian pada bab hasil penelitian dan pembahasan maka penulis
dapat mengemukakan simpulan dari hasil penelitian yang telah dilakukan, yaitu :
1. Penerapan metode diskusi siswa pada mata pelajaran SKI di MA Ar-Raihan
Lattekko yaitu, dapat meningkatkan interaksi siswa dengan siswa yang lain
saling bertukar pikiran dalam berpendapat
dan saling melengkapi dalam
kekurangan.
2. Upaya guru dalam pembinaan kecerdasan intelektual siswa pada mata
pelajaran SKI di MA Ar-Raihan Lattekko yaitu memberikan suatu pertanyaan
kepada siswa yang jarang berbicara didalam kelas pada saat diskusi
berlangsung. Ketika sudah menjawab guru meminta pendapat siswa yang lain
agar pertanyaan yang diberikan bisa di terima semua siswa agar tidak ada lagi
suatu perdebatan.
3. Dampak positif penerapan metode diskusi dalam pembinaan kecedasan
intelektual siswa pada mata pelajaran SKI di MA Ar-Raihan Lattekko yaitu
dapat melatih kelancaran siswa dalam berpendapat dan berinteraksi dengan
teman maupun guru dan dampak negatif penerapan metode diskusi dalam
pembinaan kecedasan intelektual siswa pada mata pelajaran SKI di MA Ar-
Raihan Lattekko yaitu ada beberapa siswa yang hanya saja berdiam pada saat
diskusi berlangsung tanpa memperhatikan materi yang diajarkan atau
pendapat temannya sehingga mempersulit guru dalam menjelaskan ulang
materi di sampaikan atau yang didiskusikan oleh temannya.
B. Implikasi
Setelah penulis menguraikan simpulan tersebut, maka dibawah ini akan
diuraikan saran.
Adapun saran yang penulis maksudkan dalam pembahasan skripsi ini adalah
sebagai berikut:
1. Pemerintah, terutama pemerintah daerah hendaknya memfokuskan perhatian
kepada siswa dalam memberikan sarana dan prasarana pada siswa.
2. Kepada guru MA Ar-Raihan Lattekko hendaknya tetap melaksanakan tugas
dan tanggung jawab seoptimal mungkin dan memperhatikan kaeadaan siswa
dalam memahami pelajaran.
3. Setelah penulisan skripsi ini diharapkan mampu memberikan kontribusi di
dalam dunia pendidikan formal, non formal, maupun pendidikan informal.
Ketersediaan
| STAR20210293 | 293/2021 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
293/2021
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2021
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
