Dampak Gadget Terhadap Perilaku Soasial Anak dengan Teman Sebaya di TK Nirmayanti Kecamatan Kajuara Kabupaten Bone
Sri Rahayu/02.18.6020 - Personal Name
Skripsi ini membahas tentang dampak penggunaan gadget
terhadap perilaku sosial anak dengan teman sebaya di TK Nirmayanti,
Kecamatan Kajuara. Dalam era digital, gadget telah menjadi bagian
tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari, termasuk bagi anak-anak.
Penggunaan gadget oleh anak-anak memberikan dampak positif dan
negatif.
Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif
dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan
dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Secara
keseluruhan, penggunaan gadget oleh anak-anak TK Nirmayanti, Kec.
Kajuara, dapat memberikan dampak positif dan negatif: a) Dampak
positif: 1) Pengembangan keterampilan dasar, 2) Dukungan
perkembangan motorik halus, 3) Pengenalan teknologi sejak dini, 4)
Kemampuan interaksi kreatif, 5) Pembentukan jaringan sosial, 6) Alat
bantu pendidikan yang efektif, b) Dampak negatif: 1) Ketergantungan
pada gadget, 2) Gangguan konsentrasi, 3) Kurangnya inisiatif dan
motivasi, 4) Hambatan interaksi sosial (perilaku antisosial), 5)
Terjadinya deindividuasi. Selain itu, perilaku sosial anak yang sering
menggunakan gadget saat berinteraksi dengan teman sebaya di TK
Nirmayanti, Kec. Kajuara, yaitu anak menjadi a) kurang peka dan
peduli, dan b) kurang sopan santun. penggunaan gadget secara
berlebihan oleh anak-anak dapat menghambat perkembangan
sosialnya, terutama dalam interaksi dengan teman sebaya. Oleh karena
itu, perlu adanya peran aktif dari orang tua dan guru dalam mengawasi
dan membatasi penggunaan gadget pada anak-anak serta memberikan
alternatif kegiatan yang dapat mendukung perkembangan sosialnya.
A. Kesimpulan
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan penulis dengan judul
dampak negatif dan positif penggunaan gadget terhadap perlilaku sosial anak
dengan teman sebaya di TK Nirmayanti Kec.Kajuara Kab. Bone. Maka yang
menjadi simpulan dalam pembahasan skripsi ini adalah sebagai berikut:
1. Secara keseluruhan, penggunaan gadget oleh anak-anak di TK
Nirmayanti Kec.Kajuara Kab. Bone. dapat memberikan dampak positif
dan negatif yaitu
a) Penggunaan gadget oleh anak-anak dapat memberikan
dampak positif yaitu 1) Pengembangan Keterampilan Dasar,
2) Dukungan untuk Perkembangan Motorik Halus, 3)
Pengenalan Teknologi Sejak Dini, 4) Kemampuan
Berinteraksi Secara Kreatif, 5) Pembentukan Jaringan Sosial
dan 6) Alat Bantu Pendidikan yang Efektif:
b) Penggunaan gadget yang tidak terkontrol pada anak-anak
dapat memberikan dampak negatif yaitu: anak atau lebih.
1) Ketergantungan pada Gadget, 2) Gangguan
Konsentrasi, 3) Kurangnya Inisiatif dan Motivasi,
4) Interaksi sosial anak juga bisa terhambat, dengan anak
lebih asik dengan gadget daripada berinteraksi langsung
dengan orang di sekitarnya (Antisocial Behaviour), 5)
Terjadinya deindividuasi
2. Perilaku sosial anak yang sering menggunakan gadget saat berinteraksi
dengan teman sebaya di TK Nirmayanti Kec.Kajuara Kab. Bone yaitu
anak menjadi a) kurang peka dan peduli, dan b) kurangnya sopan dan
santun.
B. Implikasi
Beranjak dari unpgkapan yang telah dikemukakan di atas, maka penulis
dapat memberikan saran sebagai berikut:
1. Kepada Guru, sebagai seorang guru diharapkan mampu menyajikan
pembelajaran yang bersifat kreatif dan inovatif serta disetiap
pembelajaran bisa menyiapkan APE (Alat Pembelajaran Edukatif)
sehingga memudahkan dalam menyerap materi pelajaran serta dalam
penyampaian pembelajaran yang tepat.
2. Kepada lembaga pendidikan dalam hal ini di TK Nirmayanti agar dapat
memberdayakan seluruh potensi guru, memberikan fasilitas terkait
pengadaan pelatihan guna meningkatkan potensi guru dalam mengajar
sehingga dapat meningkatkan kualitas anak saat belajar di sekolah.
3. Kepada Orang tua, diharapkan dalam mendampingi anak di rumah bisa
membiasakan menggunakan bahasa Indonesia saat melakukan
komunikasi.
4. Kepada anak, diharapkan saat belajar anak bisa lebih aktif dan percaya
diri untuk mengungkapkan pendapatnya di depan kelas dan
bersosialisasi bersama teman.
5. Bagi para peneliti selanjutnya, sebaiknya bisa memberikan
pengembangan hasil temuan yang bersifat pembaharuan dalam
penelitian berkaitan dengan upaya guru dalam mengembangkan
kecerdasan Interpersonal pada anak.
terhadap perilaku sosial anak dengan teman sebaya di TK Nirmayanti,
Kecamatan Kajuara. Dalam era digital, gadget telah menjadi bagian
tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari, termasuk bagi anak-anak.
Penggunaan gadget oleh anak-anak memberikan dampak positif dan
negatif.
Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif
dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan
dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Secara
keseluruhan, penggunaan gadget oleh anak-anak TK Nirmayanti, Kec.
Kajuara, dapat memberikan dampak positif dan negatif: a) Dampak
positif: 1) Pengembangan keterampilan dasar, 2) Dukungan
perkembangan motorik halus, 3) Pengenalan teknologi sejak dini, 4)
Kemampuan interaksi kreatif, 5) Pembentukan jaringan sosial, 6) Alat
bantu pendidikan yang efektif, b) Dampak negatif: 1) Ketergantungan
pada gadget, 2) Gangguan konsentrasi, 3) Kurangnya inisiatif dan
motivasi, 4) Hambatan interaksi sosial (perilaku antisosial), 5)
Terjadinya deindividuasi. Selain itu, perilaku sosial anak yang sering
menggunakan gadget saat berinteraksi dengan teman sebaya di TK
Nirmayanti, Kec. Kajuara, yaitu anak menjadi a) kurang peka dan
peduli, dan b) kurang sopan santun. penggunaan gadget secara
berlebihan oleh anak-anak dapat menghambat perkembangan
sosialnya, terutama dalam interaksi dengan teman sebaya. Oleh karena
itu, perlu adanya peran aktif dari orang tua dan guru dalam mengawasi
dan membatasi penggunaan gadget pada anak-anak serta memberikan
alternatif kegiatan yang dapat mendukung perkembangan sosialnya.
A. Kesimpulan
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan penulis dengan judul
dampak negatif dan positif penggunaan gadget terhadap perlilaku sosial anak
dengan teman sebaya di TK Nirmayanti Kec.Kajuara Kab. Bone. Maka yang
menjadi simpulan dalam pembahasan skripsi ini adalah sebagai berikut:
1. Secara keseluruhan, penggunaan gadget oleh anak-anak di TK
Nirmayanti Kec.Kajuara Kab. Bone. dapat memberikan dampak positif
dan negatif yaitu
a) Penggunaan gadget oleh anak-anak dapat memberikan
dampak positif yaitu 1) Pengembangan Keterampilan Dasar,
2) Dukungan untuk Perkembangan Motorik Halus, 3)
Pengenalan Teknologi Sejak Dini, 4) Kemampuan
Berinteraksi Secara Kreatif, 5) Pembentukan Jaringan Sosial
dan 6) Alat Bantu Pendidikan yang Efektif:
b) Penggunaan gadget yang tidak terkontrol pada anak-anak
dapat memberikan dampak negatif yaitu: anak atau lebih.
1) Ketergantungan pada Gadget, 2) Gangguan
Konsentrasi, 3) Kurangnya Inisiatif dan Motivasi,
4) Interaksi sosial anak juga bisa terhambat, dengan anak
lebih asik dengan gadget daripada berinteraksi langsung
dengan orang di sekitarnya (Antisocial Behaviour), 5)
Terjadinya deindividuasi
2. Perilaku sosial anak yang sering menggunakan gadget saat berinteraksi
dengan teman sebaya di TK Nirmayanti Kec.Kajuara Kab. Bone yaitu
anak menjadi a) kurang peka dan peduli, dan b) kurangnya sopan dan
santun.
B. Implikasi
Beranjak dari unpgkapan yang telah dikemukakan di atas, maka penulis
dapat memberikan saran sebagai berikut:
1. Kepada Guru, sebagai seorang guru diharapkan mampu menyajikan
pembelajaran yang bersifat kreatif dan inovatif serta disetiap
pembelajaran bisa menyiapkan APE (Alat Pembelajaran Edukatif)
sehingga memudahkan dalam menyerap materi pelajaran serta dalam
penyampaian pembelajaran yang tepat.
2. Kepada lembaga pendidikan dalam hal ini di TK Nirmayanti agar dapat
memberdayakan seluruh potensi guru, memberikan fasilitas terkait
pengadaan pelatihan guna meningkatkan potensi guru dalam mengajar
sehingga dapat meningkatkan kualitas anak saat belajar di sekolah.
3. Kepada Orang tua, diharapkan dalam mendampingi anak di rumah bisa
membiasakan menggunakan bahasa Indonesia saat melakukan
komunikasi.
4. Kepada anak, diharapkan saat belajar anak bisa lebih aktif dan percaya
diri untuk mengungkapkan pendapatnya di depan kelas dan
bersosialisasi bersama teman.
5. Bagi para peneliti selanjutnya, sebaiknya bisa memberikan
pengembangan hasil temuan yang bersifat pembaharuan dalam
penelitian berkaitan dengan upaya guru dalam mengembangkan
kecerdasan Interpersonal pada anak.
Ketersediaan
| STAR20250033 | 33/2025 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
33/2025
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2025
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
