Implementasi Pendidikan Kewirausahaan dalam Meningkatkan Minat Wirausaha Mahasiswa di KOPMA IAIN Bone
Mauliyana HM/862312019014 - Personal Name
Skripsi ini membahas tentang “Implementasi Pendidikan Kewirausahaan dalam
Minat Wirausaha Mahasiswa di KOPMA IAIN Bone”. Penelitian ini bertujuan untuk
mendeskripsikan pengimplementasian pendidikan dalam meningkatkan minat
wirausaha mahasiswa. Di dalam skripsi ini terdapat 2 tujuan yakni untuk mengetahui
pengimplementasian pendidikan kewirausahaan dan peningkatan minat wirausaha
mahasiswa di KOPMA IAIN Bone.
Untuk memperjelas masalah di atas, penulis menggunakan metode penelitian
kualitatif melalui field research (riset lapangan) yang pengumpulan datanya
menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisis
data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi data.
Hasil Penelitian menunjukkan bahwa 1) Implementasi pendidikan kewirausahaan di
KOPMA IAIN Bone yang terdiri dari tiga aspek pengintegrasian yaitu, diintegrasikan
dalam seluruh mata pelajaran, pendidikan kewirausahaan melalui pengembangan diri
dan pengintegrasian dalam bahan atau buku ajar di mana pengimplementasiannya
sudah dilakukan dengan baik. Itu dapat dilihat dari setiap indikator yang ada, seperti
pelatihan-pelatihan yang dilaksanakan di KOPMA IAIN Bone yang setiap tahunnya
diadakan untuk anggota kader. 2) Meningkatkan minat wirausaha mahasiswa di
KOPMA IAIN Bone dalam hal ini untuk mengukur minat dalam melakukan suatu
wirausaha sudah dilakukan dengan baik dilihat dari di mana sebagian anggota kader
KOPMA IAIN Bone sudah melakukan usahanya dengan percaya diri, memiliki
inisiatif, memiliki motif berprestasi, memiliki jiwa kepemimpinan dan berani
mengambil resiko. Namun tidak semua indikator yang dapat mengukur minat
wirausaha anggota KOPMA IAIN Bone bisa dicapai tahap maksimal.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian yang telah diuraikan pada BAB sebelumnya
yang dilakukan oleh peneliti di KOPMA IAIN Bone Kecamatan Tanete Riattang
Kabupaten Bone, maka peneliti menyimpulkan sebagai berikut:
1. Implementasi pendidikan kewirausahaan di KOPMA IAIN Bone yang terdiri
dari tiga aspek pengintegrasian yaitu, diintegrasikan dalam seluruh mata
pelajaran, pendidikan kewirausahaan melalui pengembangan diri dan
pengintegrasian dalam bahan atau buku ajar di mana pengimplementasiannya
sudah dilakukan dengan baik. Itu dapat dilihat dari setiap indikator yang ada,
seperti pelatihan-pelatihan yang dilaksanakan di KOPMA IAIN Bone yang
setiap tahunnya diadakan untuk anggota kader.
2. Meningkatkan minat wirausaha mahasiswa di KOPMA IAIN Bone dalam hal
ini untuk mengukur minat dalam melakukan suatu wirausaha sudah dilakukan
dengan baik dilihat dari di mana sebagian anggota sudah melakukan usahanya
dengan percaya diri, memiliki inisiatif, memiliki motif berprestasi, memiliki
jiwa kepemimpinan dan berani mengambil resiko. Namun, tidak semua
indikator yang dapat mengukur minat wirausaha anggota KOPMA IAIN Bone
bisa dicapai tahap maksimal.
B. Implikasi
Sebagai akhir dari penulisan skripsi ini, dengan mendasarkan pada
penelitian yang peneliti lakukan, maka peneliti ingin memberikan saran yang
mungkin dapat menjadi bahan masukan, antara lain sebagai berikut:
1. Koperasi Mahasiswa (KOPMA) harus lebih bijak dalam memilih dan melatih
anggota kader untuk mengambil keputusan terutama dalam kaitannya dengan
melakukan suatu wirausahanya untuk mencapai tujuan dalam meningkatkan
minat dan mensejahterakan anggotanya dalam berwirausaha.
2. Bagi pengurus untuk anggota KOPMA perlu membuatkan ruang atau forum
pendidikan yang mampu mengembangan skill dan pengetahuan anggota
dalam mengukur minat wirausahanya agar bisa dilakukan secara efektif dan
efisien serta lebih meningkatkan kemampuan dalam mengelola suatu usaha.
3. Setelah penulisan skripsi ini diharapkan mampu memberikan kontribusi
kepada semua anggota kader agar implementasi pendidikan kewirausahaan
dalam meningkatan minat wirausaha mahasiswa dapat ditingkatkan dan
dikembangkan.
Minat Wirausaha Mahasiswa di KOPMA IAIN Bone”. Penelitian ini bertujuan untuk
mendeskripsikan pengimplementasian pendidikan dalam meningkatkan minat
wirausaha mahasiswa. Di dalam skripsi ini terdapat 2 tujuan yakni untuk mengetahui
pengimplementasian pendidikan kewirausahaan dan peningkatan minat wirausaha
mahasiswa di KOPMA IAIN Bone.
Untuk memperjelas masalah di atas, penulis menggunakan metode penelitian
kualitatif melalui field research (riset lapangan) yang pengumpulan datanya
menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisis
data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi data.
Hasil Penelitian menunjukkan bahwa 1) Implementasi pendidikan kewirausahaan di
KOPMA IAIN Bone yang terdiri dari tiga aspek pengintegrasian yaitu, diintegrasikan
dalam seluruh mata pelajaran, pendidikan kewirausahaan melalui pengembangan diri
dan pengintegrasian dalam bahan atau buku ajar di mana pengimplementasiannya
sudah dilakukan dengan baik. Itu dapat dilihat dari setiap indikator yang ada, seperti
pelatihan-pelatihan yang dilaksanakan di KOPMA IAIN Bone yang setiap tahunnya
diadakan untuk anggota kader. 2) Meningkatkan minat wirausaha mahasiswa di
KOPMA IAIN Bone dalam hal ini untuk mengukur minat dalam melakukan suatu
wirausaha sudah dilakukan dengan baik dilihat dari di mana sebagian anggota kader
KOPMA IAIN Bone sudah melakukan usahanya dengan percaya diri, memiliki
inisiatif, memiliki motif berprestasi, memiliki jiwa kepemimpinan dan berani
mengambil resiko. Namun tidak semua indikator yang dapat mengukur minat
wirausaha anggota KOPMA IAIN Bone bisa dicapai tahap maksimal.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian yang telah diuraikan pada BAB sebelumnya
yang dilakukan oleh peneliti di KOPMA IAIN Bone Kecamatan Tanete Riattang
Kabupaten Bone, maka peneliti menyimpulkan sebagai berikut:
1. Implementasi pendidikan kewirausahaan di KOPMA IAIN Bone yang terdiri
dari tiga aspek pengintegrasian yaitu, diintegrasikan dalam seluruh mata
pelajaran, pendidikan kewirausahaan melalui pengembangan diri dan
pengintegrasian dalam bahan atau buku ajar di mana pengimplementasiannya
sudah dilakukan dengan baik. Itu dapat dilihat dari setiap indikator yang ada,
seperti pelatihan-pelatihan yang dilaksanakan di KOPMA IAIN Bone yang
setiap tahunnya diadakan untuk anggota kader.
2. Meningkatkan minat wirausaha mahasiswa di KOPMA IAIN Bone dalam hal
ini untuk mengukur minat dalam melakukan suatu wirausaha sudah dilakukan
dengan baik dilihat dari di mana sebagian anggota sudah melakukan usahanya
dengan percaya diri, memiliki inisiatif, memiliki motif berprestasi, memiliki
jiwa kepemimpinan dan berani mengambil resiko. Namun, tidak semua
indikator yang dapat mengukur minat wirausaha anggota KOPMA IAIN Bone
bisa dicapai tahap maksimal.
B. Implikasi
Sebagai akhir dari penulisan skripsi ini, dengan mendasarkan pada
penelitian yang peneliti lakukan, maka peneliti ingin memberikan saran yang
mungkin dapat menjadi bahan masukan, antara lain sebagai berikut:
1. Koperasi Mahasiswa (KOPMA) harus lebih bijak dalam memilih dan melatih
anggota kader untuk mengambil keputusan terutama dalam kaitannya dengan
melakukan suatu wirausahanya untuk mencapai tujuan dalam meningkatkan
minat dan mensejahterakan anggotanya dalam berwirausaha.
2. Bagi pengurus untuk anggota KOPMA perlu membuatkan ruang atau forum
pendidikan yang mampu mengembangan skill dan pengetahuan anggota
dalam mengukur minat wirausahanya agar bisa dilakukan secara efektif dan
efisien serta lebih meningkatkan kemampuan dalam mengelola suatu usaha.
3. Setelah penulisan skripsi ini diharapkan mampu memberikan kontribusi
kepada semua anggota kader agar implementasi pendidikan kewirausahaan
dalam meningkatan minat wirausaha mahasiswa dapat ditingkatkan dan
dikembangkan.
Ketersediaan
| STAR20230132 | 132/2023 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
132/2023
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2023
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
