Pengelolaan Kegiatan Kokurikuler Dalam Menumbuhkan Karakter Religius Peserta Didik Di MTS Amir Al Jannah Bajoe
M.Hasbi/862312019152 - Personal Name
Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan pengelolaan kegiatan
kokurikuler dalam menumbuhkan karakter religius peserta didik di MTs Amir alJannah Bajoe yang bertujuan sebagai berikut: untuk mengetahui perencanaan
kegiatan kokurikuler dalam menumbuhkan karakter religius peserta didik di MTs
Amir al-Jannah Bajoe, untuk mengetahui pelaksanaan kegiatan kokurikuler dalam
menumbuhkan karakter religius peserta didik di MTs Amir al-Jannah Bajoe dan
untuk mengetahui evaluasi kegiatan kokurikuler dalam menumbuhkan karakter
religius peserta didik di MTs Amir al-Jannah Bajoe. Jenis penelitian yang
digunakan adalah penelitian kualitatif (Qualitatif research) melalui pendekatan
manajemen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara,
observasi, dan dokumentasi yang diambil dari sumber data primer (kepala
sekolah, guru dan peserta didik) dan data sekunder. Adapun teknik analisis data
yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Perencanaan kegiatan kokurikuler di
MTs Amir al-Jannah Bajoe dilaksanakan dengan baik yaitu perencanaan tersebut
dimulai dari melakukan analisis kebutuhan peserta didik terlebih dahulu,
menentukan program yang akan dilaksanakan, menentukan waktu kegiatan
kokurikuler dan menjalin kerjasama baik kepada peserta didik serta orangtuanya.
2) Pelaksanaan kegiatan kokurikuler di MTs Amir al-Jannah Bajoe ada yang
dilaksanakan setiap hari, mingguan dan bulanan serta dilaksanakan diluar jam
pelajaran sekolah. Pihak sekolah mewajibkan kegiatan kokurikuler diikuti oleh
seluruh peserta didik. 3) Evaluasi kegiatan kokurikuler di MTs Amir al-Jannah
Bajoe yang dilakukan yaitu guru mengevaluasi hasil kegiatan dengan menilai
perubahan yang dialami oleh peserta didik dengan penilaian rapor akhir semester
dan memberikan pembinaan sesuai dengan perkembangan karakter religius
peserta didik.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil penelitian mengenai pengelolaan kegiatan kokurikuler
dalam menumbuhkan karakter religius peserta didik di MTs Amir al-Jannah Bajoe
yang peneliti lakukan dapat ditarik beberapa kesimpulan sebagai berikut:
1. Perencanaan kegiatan kokurikuler di MTs Amir al-Jannah Bajoe
dilaksanakan dengan baik yaitu perencanaan tersebut dimulai dari
melakukan analisis kebutuhan peserta didik terlebih dahulu, menentukan
program yang akan dilaksanakan, menentukan waktu kegiatan kokurikuler
dan menjalin kerjasama baik kepada peserta didik serta orangtuanya.
2. Pelaksanaan kegiatan kokurikuler di MTs Amir al-Jannah Bajoe ada yang
dilaksanakan setiap hari, mingguan dan bulanan serta dilaksanakan diluar
jam pelajaran sekolah. Pihak sekolah mewajibkan kegiatan kokurikuler
diikuti oleh seluruh peserta didik. Bentuk kegiatan kokurikuler yang
dilaksanakan yaitu pemberantasan buta aksara Quran, penanaman akidah
pagi (PAP), salat dhuha, pengajian bulanan, kahfi day dan infaq day, salat
dhuhur berjamaah, serta pemberian tugas di rumah.
3. Evaluasi kegiatan kokurikuler di MTs Amir al-Jannah Bajoe yang
dilakukan yaitu guru mengevaluasi hasil kegiatan dengan menilai
perubahan yang dialami oleh peserta didik dengan penilaian rapor akhir
semester dan memberikan pembinaan sesuai dengan perkembangan
karakter religius peserta didik.
B. Saran
Berdasarkan kesimpulan yang telah dikemukan dalam penelitian ini
selanjutnya diajukan saran-saran sebagai berikut:
1. Diharapkan kepada pengelola kegiatan kokurikuler agar terus
mempertahankan dan meningkatkan kerja sama seluruh pihak yang terlibat
dalam pelaksanaan kegiatan kokurikuler di MTs Amir al-Jannah Bajoe
dalam menunjang karakter religius peserta didik.
2. Diharapkan kepada pihak sekolah yang terlibat dalam pelaksanaan
kegiatan kokurikuler, agar memberikan pemahaman, pembiasaan dan
keteladanan bagi peserta didik sehingga dapat menerapkannya dalam
kehidupan sehari-hari.
3. Diharapkan kepada peserta didik agar dapat lebih memperbaiki perilaku
dan sikap lebih baik serta lebih semangat mengikuti kegiatan kokurikuler
yang dilaksanakan oleh MTs Amir al-Jannah Bajoe
kokurikuler dalam menumbuhkan karakter religius peserta didik di MTs Amir alJannah Bajoe yang bertujuan sebagai berikut: untuk mengetahui perencanaan
kegiatan kokurikuler dalam menumbuhkan karakter religius peserta didik di MTs
Amir al-Jannah Bajoe, untuk mengetahui pelaksanaan kegiatan kokurikuler dalam
menumbuhkan karakter religius peserta didik di MTs Amir al-Jannah Bajoe dan
untuk mengetahui evaluasi kegiatan kokurikuler dalam menumbuhkan karakter
religius peserta didik di MTs Amir al-Jannah Bajoe. Jenis penelitian yang
digunakan adalah penelitian kualitatif (Qualitatif research) melalui pendekatan
manajemen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara,
observasi, dan dokumentasi yang diambil dari sumber data primer (kepala
sekolah, guru dan peserta didik) dan data sekunder. Adapun teknik analisis data
yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Perencanaan kegiatan kokurikuler di
MTs Amir al-Jannah Bajoe dilaksanakan dengan baik yaitu perencanaan tersebut
dimulai dari melakukan analisis kebutuhan peserta didik terlebih dahulu,
menentukan program yang akan dilaksanakan, menentukan waktu kegiatan
kokurikuler dan menjalin kerjasama baik kepada peserta didik serta orangtuanya.
2) Pelaksanaan kegiatan kokurikuler di MTs Amir al-Jannah Bajoe ada yang
dilaksanakan setiap hari, mingguan dan bulanan serta dilaksanakan diluar jam
pelajaran sekolah. Pihak sekolah mewajibkan kegiatan kokurikuler diikuti oleh
seluruh peserta didik. 3) Evaluasi kegiatan kokurikuler di MTs Amir al-Jannah
Bajoe yang dilakukan yaitu guru mengevaluasi hasil kegiatan dengan menilai
perubahan yang dialami oleh peserta didik dengan penilaian rapor akhir semester
dan memberikan pembinaan sesuai dengan perkembangan karakter religius
peserta didik.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil penelitian mengenai pengelolaan kegiatan kokurikuler
dalam menumbuhkan karakter religius peserta didik di MTs Amir al-Jannah Bajoe
yang peneliti lakukan dapat ditarik beberapa kesimpulan sebagai berikut:
1. Perencanaan kegiatan kokurikuler di MTs Amir al-Jannah Bajoe
dilaksanakan dengan baik yaitu perencanaan tersebut dimulai dari
melakukan analisis kebutuhan peserta didik terlebih dahulu, menentukan
program yang akan dilaksanakan, menentukan waktu kegiatan kokurikuler
dan menjalin kerjasama baik kepada peserta didik serta orangtuanya.
2. Pelaksanaan kegiatan kokurikuler di MTs Amir al-Jannah Bajoe ada yang
dilaksanakan setiap hari, mingguan dan bulanan serta dilaksanakan diluar
jam pelajaran sekolah. Pihak sekolah mewajibkan kegiatan kokurikuler
diikuti oleh seluruh peserta didik. Bentuk kegiatan kokurikuler yang
dilaksanakan yaitu pemberantasan buta aksara Quran, penanaman akidah
pagi (PAP), salat dhuha, pengajian bulanan, kahfi day dan infaq day, salat
dhuhur berjamaah, serta pemberian tugas di rumah.
3. Evaluasi kegiatan kokurikuler di MTs Amir al-Jannah Bajoe yang
dilakukan yaitu guru mengevaluasi hasil kegiatan dengan menilai
perubahan yang dialami oleh peserta didik dengan penilaian rapor akhir
semester dan memberikan pembinaan sesuai dengan perkembangan
karakter religius peserta didik.
B. Saran
Berdasarkan kesimpulan yang telah dikemukan dalam penelitian ini
selanjutnya diajukan saran-saran sebagai berikut:
1. Diharapkan kepada pengelola kegiatan kokurikuler agar terus
mempertahankan dan meningkatkan kerja sama seluruh pihak yang terlibat
dalam pelaksanaan kegiatan kokurikuler di MTs Amir al-Jannah Bajoe
dalam menunjang karakter religius peserta didik.
2. Diharapkan kepada pihak sekolah yang terlibat dalam pelaksanaan
kegiatan kokurikuler, agar memberikan pemahaman, pembiasaan dan
keteladanan bagi peserta didik sehingga dapat menerapkannya dalam
kehidupan sehari-hari.
3. Diharapkan kepada peserta didik agar dapat lebih memperbaiki perilaku
dan sikap lebih baik serta lebih semangat mengikuti kegiatan kokurikuler
yang dilaksanakan oleh MTs Amir al-Jannah Bajoe
Ketersediaan
| STAR20240308 | 308/2024 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
308/2024
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2024
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
