Efektivitas Desain Pembelajaran Dalam Meningkatkan Motivasi Dan Minat Belajar Peserta Didik Di SMAN 28 Bone Desa Pattimpa Kecamatan Ponre

No image available for this title
Penelitian ini dilakukan di SMAN 28 Bone. Tujuan penelitian ini adalah
mengetahui bagaimana efektivitas desain pembelajaran dalam meningkatkan
motivasi dan minat belajar peserta didik di SMAN 28 Bone. Metode yang
digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan cara wawancara.
Penelitian ini berusaha mengungkapkan Dan menjelaskan bagaimana efektivitas
desain pembelajaran dalam meningkatkan motivasi dan minat belajar peserta didik
di SMAN 28 Bone. Peneliti mendapatkan data langsung dari responden melalui
wawancara.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa efektivitas desain pembelajaran dalam
meningkatkan motivasi dan minat belajar peserta didik di SMAN 28 Bone
memiliki dampak baik, beberapa jawaban dari responden mengatakan bahwa
efektivitas desain pembelajaran sangat mempengaruhi motivasi dan minat belajar
peserta didik tetapi masalah kurangnya motivasi dan minat belajar peserta didik
terjadi dikarenakan internal dan lingkungan eksternal peserta didik.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan mengenai efektivitas
desain pembelajaran di SMAN 28 Bone, maka dapat disimpulkan sebagai
berikut:
1. Efektivitas desain pembelajaran di SMAN 28 Bone
a. Modul desain pembelajaran sudah baik melakukan desain
tujuan,kompetensi dan indikator, desain karakteristik peserta didik,
desain pembelajaran, desain pesan pembelajaran, desain kelas & peserta
didik, desain muatan pembelajaran, desain tugas & tagihan belajar,
desain evaluasi.
b. Tahapan desain pembelajaran sudah baik, melakukan tahapan analisis
dan perumusan kerangka konseptual rancangan, tahapan perancangan
dan pengembangan kerangka konseptual, dan tahapan evaluasi sumatif.
2. Meningkatkan motivasi belajar peserta didik
a. Faktor yang mempengaruhi motivasi belajar peserta didik belum
menjadi pegangan untuk mmeningkatkan motivasi belajar peserta didik
karena terdapat peserta didik yang belum pintar memilih lingkungan
yang sehat untuk pendidikannya, kemudian guru harus mampu menjadi
motivator untuk semua peserta didik, dan orang tua harus sadar bahwa
mereka adalah faktor terpenting dalam proses pendidikan anaknya. Oleh
sebab itu dapat dikatakan bahwa ini belum baik.
3. Meningkatkan minat belajar peserta didik
a. Strategi pembelajaran sudah baik, dilakukan dengan cara para guru
harus pintar memilih strategi pembelajaran sesuai dengan kebutuhan
siswa dan materi yang diajarkan
b. Media pembelajaran sudah baik, dilakukan dengan cara para guru harus
pintar juga memilih media pembelajaran yang menunjang proses belajar
mengajar, dan membuat para peserta didik tertarik untuk belajar melalui
pemilihan media pembelajaran sesuai dengan materi yang diajarkan dan
yang disukai oleh peserta didik
4. Efektivitas desain pembelajaran dalam meningkatkan motivasi dan minat
belajar peserta didik
a. Modul desain pembelajaran dalam meningkatkan motivasi dan minat
belajar peserta didik sudah baik dengan melakukan modul desain
pembelajaran yang efektif dan efisien melalui mendesain
tujuan,kompetensi dan indikator, desain karakteristik,desain
pembelajaran, desain pesan pembelajaran, desain kelas & peserta didik,
desain muatan pembelajaran, desain tugas & tagihan belajar, desain
evaluasi.
b. Tahapan desain pembelajaran dalam meningkatkan motivasi dan minat
belajar peserta didik sudah baik karena dilakukan dengan tahapan
analisis dan perumusan kerangka konseptual rancangan, tahapan
perancangan dan pengembangan kerangka konseptual, dan tahapan
evaluasi sumatif
c. Faktor yang mempengaruhi motivasi belajar peserta didik belum
menjadi pegangan untuk meningkatkan motivasi belajar karena di
SMAN 28 Bone motivasi belajar para peserta didik belum dikatakan
baik karena masih ada siswa yang tidak tahu mengembangkan potensi
yang mereka miliki dan belum tahu memilih lingkungan sehat untuk
proses pendidikannya. Dan orang tua juga menjadi pokok permasalahan
karena masih ada orang tua yang belum sadar bahwa mereka adalah
faktor terpenting untuk proses pendidikan anak mereka.
d. Strategi pembelajaran sudah dilakukan dengan baik, karena para guru
memilih strategi pembelajaran yang dapat menarik siswa untuk belajar
dan memilih strategi sesuai kebutuhan siswa
e. Media pembelajaran sudah dilakukan dengan baik, karena para guru
menggunakan media pembelajaran yang bervariasi sehingga dapat
menarik siswa untuk belajar dan menyesuaikan dengan materi yang
diajarkan
B. Saran
Setelah peneliti menguraikan kesimpulan diatas, maka di bawah ini
peneliti akan uraikan saran-saran. Adapun saran-saran yang peneliti maksud
yaitu sebagai berikut:
1. Untuk kepada kepala sekolah diharapkan mampu memberikan
pelatihan kepada guru mengenai desain pembelajaran
2. Kepada tenaga pendidik dapat bekerja sama dengan orang tua siswa
agar siswa dapat mengalami peningkatan motivasi dan minat belajar.
Ketersediaan
862312019031Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

37/2023

Penerbit

IAIN BONE : Watampone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

Skripsi Tarbiyah

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top