Strategi Pemasaran Sekolah dalam Menarik Minat Siswa Baru di SMP Negeri Satap 3 Barebbo
Asni Asriani/862312019040 - Personal Name
Skripsi ini membahas tentang Strategi Pemasaran Sekolah dalam Menarik Minat
Siswa Baru di SMP Negeri Satap 3 Barebbo. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui Strategi pemasaran di SMP Negeri Satap 3 Barebbo dan cara
menarik minat siswa baru di SMP Negeri Satap 3 Barebbo.
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut, digunakan jenis penelitian
kualitatif. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi
dengan menggunakan pendekatan manajemen dan pendekatan sosiologis. Data
yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif yaitu
melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan dan verifikasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Strategi pemasaran sekolah di SMP
Negeri Satap 3 Barebbo menggunakan strategi bauran pemasaran, yang terdiri
dari tujuh unsur yaitu produk, harga, lokasi/ tempat, promosi, orang, bukti fisik
dan proses. a) Produk yang disediakan berupa fasilitas yang berbasis teknologi,
menggunakan kurikulum merdeka dan kurikulum K13 serta kegiatan
ekstrakulikuler. b) Harga, tidak adanya harga setiap bulan yang harus
dikeluarkan orang tua siswa karena adanya dana BOS (Bantuan Operasional
Sekolah). c) Lokasi/tempat, di SMP Negeri Satap 3 Barebbo memiliki lokasi
yang mudah diakses, strategis, aman dan nyaman bagi siswa maupun bagi tenaga
pendidik dan tenaga kependidikan. d) Promosi yaitu, melakukan promosi dari
mulut ke mulut, tidak membentuk tim promosi. e) Orang, sumber daya manusia
di SMP Negeri Satap 3 Barebbo sudah cukup baik dan berkualitas serta bekerja
sesuai dengan latar belakang pendidikannya. f) Bukti fisik, tersediannya fasilitas
yang cukup memadai. g) Proses, dilakukan dimulai dari penerimaan siswa baru,
proses pembelajaran serta menghasilkan lulusan yang berkualitas. 2) Menarik
minat siswa baru di SMP Negeri Satap 3 Barebbo dapat dipengaruhi dari dua
faktor yaitu faktor intrinsik dan juga faktor ekstrinsik. Faktor instrinsik dapat
dilihat dari kemauaan, rasa tertarik serta perhatian siswa terhadap SMP Negeri
Satap 3 Barebbo, faktor ekstrinsik dapat dipengaruhi oleh lingkungan keluarga
dan juga lingkungan sekolah
A. Simpulan
Berdasarkan hasil penelitian mengenai strategi pemasaran sekolah dalam
menarik minat siswa baru di SMP Negeri Satap 3 Barebbo, maka dapat
disimpulkan sebagai berikut:
1. Strategi pemasaran sekolah yang dilakukan dengan menggunakan strategi
bauran pemasaran oleh SMP Negeri Satap 3 Barebbo berjalan dengan
cukup baik walaupun belum mampu meningkatkan jumlah siswa karena
pihak sekolah yang membatasi jumlah siswa yang diterima pertahunnya.
Bauran pemasaran yang dimaksud yaitu dengan menerapkan tujuh unsur
yaitu, product, price, place, promotion, people, physical evidence, and
process. Dalam melakukan strategi pemasaran SMP Negeri Satap 3
Barebbo memiliki strategi pemasaran yang khusus yang menjadi ciri khas
sendiri dalam melakukan pemasaran yaitu dengan menjadikan prestasi
yang dimiliki sekolah yang menjadi produk utama yang digencarkan dan
ditingkatkan melalui promosi sekolah.
2. Menarik minat siswa baru di SMP Negeri Satap 3 Barebbo dapat
dipengaruhi oleh dua faktor yaitu, faktor intrisik dan faktor ekstrinsik.
Faktor instrinsik siswa dalam memilih sekolah SMP Negeri Satap 3
Barebbo yaitu dengan adanya rasa tertarik, perhatian, serta kemuaan
siswa itu sendiri tanpa adanya paksaan dari orang lain, hal tersebut dapat
dilihat dari banyaknya siswa yang memilih sekolah SMP Negeri Satap 3
Barebbo dengan melihat prestasi yang dimiliki. Kemudian faktor
ekstrinsik yang mempengaruhi siswa dalam memilih sekolah yaitu dapat
dipengaruhi dari lingkungan keluarga dan lingkungan sekolah itu sendiri.
B. Saran
Sebagai akhir dari penelitian skripsi ini, dengan mendasar pada penelitian
yang peneliti lakukan, maka peneliti ingin memberikan saran yang mungkin
dapat menjadi bahan masukan, antara lain sebagai berikut:
1. Baik kepala sekolah maupun wakil kepala sekolah diharapkan mampu
melaksanakan dan mengkoordinir dalam melakukan pemasaran sekolah
dengan menggunakan strategi bauran pemasaran dengan maksimal
dengan memperhatikn kendala-kendala yang akan muncul untuk segera
dilakukan perbaikan serta mendapatkan solusi terhadap kendala-kendala
yang akan muncul sehingga tujuan dari startegi pemasaran dapat
mencapai sasaran.
2. Kepada tenaga pendidik diharapkan mampu meningkatkan mutu siswa
dengan mengembangkan metode pembelajaran karena dalam menarik
minat siswa peran tenaga pendidik juga berpengaruh.
3. Kepada tenaga pendidik, tenaga kependidikan maupun kepala sekolah
dan wakilnya memberikan contoh kepada siswa dan lebih tegas
memberikan aturan sehingga karakter maupun akhlak siswa dapat
mengalami perubahan kearah yang lebih baik.
4. Diharapkan pihak sekolah untuk tidak membatasi jumlah siswa yang
masuk karena dengan membatasi jumlah siswa maka sekolah akan
terlihat seperti kekurangan siswa.
5. Bagi orang tua siswa dan siswa diharapkan dalam meilih sekolah bukan
hanya melihat dari lokasi sekolah tetapi juga perlu memperhatikan
prestasi yang didapat oleh sekolah dan juga keamanan serta kenyamanan
sekolah juga berpengaruh.
Siswa Baru di SMP Negeri Satap 3 Barebbo. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui Strategi pemasaran di SMP Negeri Satap 3 Barebbo dan cara
menarik minat siswa baru di SMP Negeri Satap 3 Barebbo.
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut, digunakan jenis penelitian
kualitatif. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi
dengan menggunakan pendekatan manajemen dan pendekatan sosiologis. Data
yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif yaitu
melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan dan verifikasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Strategi pemasaran sekolah di SMP
Negeri Satap 3 Barebbo menggunakan strategi bauran pemasaran, yang terdiri
dari tujuh unsur yaitu produk, harga, lokasi/ tempat, promosi, orang, bukti fisik
dan proses. a) Produk yang disediakan berupa fasilitas yang berbasis teknologi,
menggunakan kurikulum merdeka dan kurikulum K13 serta kegiatan
ekstrakulikuler. b) Harga, tidak adanya harga setiap bulan yang harus
dikeluarkan orang tua siswa karena adanya dana BOS (Bantuan Operasional
Sekolah). c) Lokasi/tempat, di SMP Negeri Satap 3 Barebbo memiliki lokasi
yang mudah diakses, strategis, aman dan nyaman bagi siswa maupun bagi tenaga
pendidik dan tenaga kependidikan. d) Promosi yaitu, melakukan promosi dari
mulut ke mulut, tidak membentuk tim promosi. e) Orang, sumber daya manusia
di SMP Negeri Satap 3 Barebbo sudah cukup baik dan berkualitas serta bekerja
sesuai dengan latar belakang pendidikannya. f) Bukti fisik, tersediannya fasilitas
yang cukup memadai. g) Proses, dilakukan dimulai dari penerimaan siswa baru,
proses pembelajaran serta menghasilkan lulusan yang berkualitas. 2) Menarik
minat siswa baru di SMP Negeri Satap 3 Barebbo dapat dipengaruhi dari dua
faktor yaitu faktor intrinsik dan juga faktor ekstrinsik. Faktor instrinsik dapat
dilihat dari kemauaan, rasa tertarik serta perhatian siswa terhadap SMP Negeri
Satap 3 Barebbo, faktor ekstrinsik dapat dipengaruhi oleh lingkungan keluarga
dan juga lingkungan sekolah
A. Simpulan
Berdasarkan hasil penelitian mengenai strategi pemasaran sekolah dalam
menarik minat siswa baru di SMP Negeri Satap 3 Barebbo, maka dapat
disimpulkan sebagai berikut:
1. Strategi pemasaran sekolah yang dilakukan dengan menggunakan strategi
bauran pemasaran oleh SMP Negeri Satap 3 Barebbo berjalan dengan
cukup baik walaupun belum mampu meningkatkan jumlah siswa karena
pihak sekolah yang membatasi jumlah siswa yang diterima pertahunnya.
Bauran pemasaran yang dimaksud yaitu dengan menerapkan tujuh unsur
yaitu, product, price, place, promotion, people, physical evidence, and
process. Dalam melakukan strategi pemasaran SMP Negeri Satap 3
Barebbo memiliki strategi pemasaran yang khusus yang menjadi ciri khas
sendiri dalam melakukan pemasaran yaitu dengan menjadikan prestasi
yang dimiliki sekolah yang menjadi produk utama yang digencarkan dan
ditingkatkan melalui promosi sekolah.
2. Menarik minat siswa baru di SMP Negeri Satap 3 Barebbo dapat
dipengaruhi oleh dua faktor yaitu, faktor intrisik dan faktor ekstrinsik.
Faktor instrinsik siswa dalam memilih sekolah SMP Negeri Satap 3
Barebbo yaitu dengan adanya rasa tertarik, perhatian, serta kemuaan
siswa itu sendiri tanpa adanya paksaan dari orang lain, hal tersebut dapat
dilihat dari banyaknya siswa yang memilih sekolah SMP Negeri Satap 3
Barebbo dengan melihat prestasi yang dimiliki. Kemudian faktor
ekstrinsik yang mempengaruhi siswa dalam memilih sekolah yaitu dapat
dipengaruhi dari lingkungan keluarga dan lingkungan sekolah itu sendiri.
B. Saran
Sebagai akhir dari penelitian skripsi ini, dengan mendasar pada penelitian
yang peneliti lakukan, maka peneliti ingin memberikan saran yang mungkin
dapat menjadi bahan masukan, antara lain sebagai berikut:
1. Baik kepala sekolah maupun wakil kepala sekolah diharapkan mampu
melaksanakan dan mengkoordinir dalam melakukan pemasaran sekolah
dengan menggunakan strategi bauran pemasaran dengan maksimal
dengan memperhatikn kendala-kendala yang akan muncul untuk segera
dilakukan perbaikan serta mendapatkan solusi terhadap kendala-kendala
yang akan muncul sehingga tujuan dari startegi pemasaran dapat
mencapai sasaran.
2. Kepada tenaga pendidik diharapkan mampu meningkatkan mutu siswa
dengan mengembangkan metode pembelajaran karena dalam menarik
minat siswa peran tenaga pendidik juga berpengaruh.
3. Kepada tenaga pendidik, tenaga kependidikan maupun kepala sekolah
dan wakilnya memberikan contoh kepada siswa dan lebih tegas
memberikan aturan sehingga karakter maupun akhlak siswa dapat
mengalami perubahan kearah yang lebih baik.
4. Diharapkan pihak sekolah untuk tidak membatasi jumlah siswa yang
masuk karena dengan membatasi jumlah siswa maka sekolah akan
terlihat seperti kekurangan siswa.
5. Bagi orang tua siswa dan siswa diharapkan dalam meilih sekolah bukan
hanya melihat dari lokasi sekolah tetapi juga perlu memperhatikan
prestasi yang didapat oleh sekolah dan juga keamanan serta kenyamanan
sekolah juga berpengaruh.
Ketersediaan
| STAR20230093 | 93/2023 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
93/2023
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2023
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
