Penerapan Pembelajaran Index Card Match dalam Meningkatkan Aktivitas Belajar Tematik Siswa Kelas V di SD Inpres Tallo Tua 2 Makassar
Resky Aprilia/862312019046 - Personal Name
Skripsi ini membahas tentang Penerapan Pembelajaran Index card Match
dalam Meningkatkan Aktivitas Belajar Tematik Siswa Kelas V di SD Inpres Tallo
Tua 2 Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan
pembelajaran index card match dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas
V di SD Inpres Tallo Tua 2 Makassar dalam mata pelajaran tematik.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan
pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan
observasi/pengamatan dan dokumentasi. Pengamatan dilakukan dengan
menyediakan lembar observasi yang ditujukan kepada guru dan siswa selama
pelaksanaan tindakan kelas setiap siklus pertemuan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran Index Card
Match dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dengan cara yang
menyenangkan, meningkatkan partisipasi siswa dalam proses pembelajaran.
Keberhasilan penelitian ini terlihat pada Siklus I, Pertemuan I memperoleh
presentase nilai sebesar 44,44% dan pada pertemuan II memperoleh presentase
nilai sebesar 60% dengan kualifikasi keduanya berada pada kriteria “cukup”.
Kemudian, pada siklus II mengalami peningkatan dimana pertemuan I diperoleh
presentase nilai sebesar 68,89% dan pertemuan II diperoleh presentase nilai
sebesar 77,78% dengan kualifikasi keduanya berada pada kriteria “baik”. Jika
dirata-ratakan aktivitas belajar siswa pada siklus I terhitung sebesar 52,22%
dengan kualifikasi “cukup” dan rata-rata pada siklus II terhitung sebesar 73,35%
dengan kualifikasi “baik” sehingga standar keberhasilan penelitian ini tercap
A. Simpulan
Berdasarkan rumusan masalah, hasil analisis data dan pembahasan
maka hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan model
pembelajaran Index Card Match dapat meningkatkan proses/aktivitas belajar
siswa kelas V SD Inpres Tallo Tua II Makassar. Hal ini terbukti dengan
adanya peningkatan proses belajar siswa yang dapat dilihat dari keterlibatan
siswa secara aktif dalam proses pembelajaran pada setiap siklusnya.
Pada siklus I pertemuan I diperoleh persentase nilai sebesar 44,44%
dan pertemuan II diperoleh persentase nilai sebesar 60% dengan kualifikasi
keduanya berada pada kriteria “cukup”. Kemudian, untuk siklus II meningkat
dimana pada pertemuan I diperoleh persentase nilai sebesar 68,89% dan
pertemuan II diperoleh persentase nilai sebesar 77,78% dengan kualifikasi
keduanya berada pada kriteria “baik”. Jika dirata-ratakan nilai persentase
pembelajaran pada aktivitas belajar siswa pada siklus I sesuai analisis data
sebelumya terhitung sebesar 52,22% dengan kualifikasi “cukup” dan pada
siklus II terhitung sebesar 73,35% dengan kualifikasi “baik” sehingga standar
keberhasilan penelitian ini dapat tercapai. Sesuai dengan indikator
keberhasilan yang telah peneliti tentukan bahwasannya penelitian ini dapat
dinyatakan berhasil apabila adanya peningkatan aktivitas belajar siswa yang
minimal berada pada kualifikasi baik 61% atau berkualifikasi sangat baik
dengan point tertinggi 100%.
B. Saran
Sebagai akhir dari penelitian skripsi ini dengan mendasar pada
penelitian yang peneliti lakukan, maka peneliti ingin memberikan saran yang
mungkin dapat menjadi bahan masukan, antara lain sebagai berikut:
1. Bagi instansi pendidikan agar mensosialisasikan kepada satuan pendidikan
mengenai penerapan pembelajaran Index Card Match dalam sekolah
masing-masing karena terbukti bahwa dengan penerapan pembelajaran ini
dapat meningkatkan aktivitas peserta didik pada mata pelajaran tematik.
2. Bagi guru SD/MI khususnya guru kelas V disarankan agar menerapkan
pembelajaran Index Card Match sebagai salah satu alternatif untuk
meningkatkan aktivitas belajar peserta didik dan menciptakan suasana
pembelajaran yang menyenangkan bukan hanya pada mata pelajaran
tematik akan tetapi pada mata pelajaran lainpun dapat diterapkan
sepanjang langkah-langkah kegiatan pada pembelajaran Index Card Match
sesuai materi yang diajarkan.
3. Bagi siswa, hendaknya dapat menunjukkan keaktifan, kesungguhan dan
motivasinya dengan mampu berfikir kritis, kreatif dan percaya diri
sehingga pengetahuan yang diperoleh bertambah luas dan hasil
pembelajaran lebih optimal.
4. Bagi peneliti berikutnya disarankan agar melakukan penelitian dengan
mengembangkan pembelajaran Index Card Match atau menerapkan
macam-macam model pembelajaran yang lebih inovatif lainnya. Karena
salah satu tujuan dalam pembelajaran ialah menciptakan kreativitas,
keaktifan dan partisipasi siswa dalam pembelajaran.
dalam Meningkatkan Aktivitas Belajar Tematik Siswa Kelas V di SD Inpres Tallo
Tua 2 Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan
pembelajaran index card match dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas
V di SD Inpres Tallo Tua 2 Makassar dalam mata pelajaran tematik.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan
pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan
observasi/pengamatan dan dokumentasi. Pengamatan dilakukan dengan
menyediakan lembar observasi yang ditujukan kepada guru dan siswa selama
pelaksanaan tindakan kelas setiap siklus pertemuan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran Index Card
Match dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dengan cara yang
menyenangkan, meningkatkan partisipasi siswa dalam proses pembelajaran.
Keberhasilan penelitian ini terlihat pada Siklus I, Pertemuan I memperoleh
presentase nilai sebesar 44,44% dan pada pertemuan II memperoleh presentase
nilai sebesar 60% dengan kualifikasi keduanya berada pada kriteria “cukup”.
Kemudian, pada siklus II mengalami peningkatan dimana pertemuan I diperoleh
presentase nilai sebesar 68,89% dan pertemuan II diperoleh presentase nilai
sebesar 77,78% dengan kualifikasi keduanya berada pada kriteria “baik”. Jika
dirata-ratakan aktivitas belajar siswa pada siklus I terhitung sebesar 52,22%
dengan kualifikasi “cukup” dan rata-rata pada siklus II terhitung sebesar 73,35%
dengan kualifikasi “baik” sehingga standar keberhasilan penelitian ini tercap
A. Simpulan
Berdasarkan rumusan masalah, hasil analisis data dan pembahasan
maka hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan model
pembelajaran Index Card Match dapat meningkatkan proses/aktivitas belajar
siswa kelas V SD Inpres Tallo Tua II Makassar. Hal ini terbukti dengan
adanya peningkatan proses belajar siswa yang dapat dilihat dari keterlibatan
siswa secara aktif dalam proses pembelajaran pada setiap siklusnya.
Pada siklus I pertemuan I diperoleh persentase nilai sebesar 44,44%
dan pertemuan II diperoleh persentase nilai sebesar 60% dengan kualifikasi
keduanya berada pada kriteria “cukup”. Kemudian, untuk siklus II meningkat
dimana pada pertemuan I diperoleh persentase nilai sebesar 68,89% dan
pertemuan II diperoleh persentase nilai sebesar 77,78% dengan kualifikasi
keduanya berada pada kriteria “baik”. Jika dirata-ratakan nilai persentase
pembelajaran pada aktivitas belajar siswa pada siklus I sesuai analisis data
sebelumya terhitung sebesar 52,22% dengan kualifikasi “cukup” dan pada
siklus II terhitung sebesar 73,35% dengan kualifikasi “baik” sehingga standar
keberhasilan penelitian ini dapat tercapai. Sesuai dengan indikator
keberhasilan yang telah peneliti tentukan bahwasannya penelitian ini dapat
dinyatakan berhasil apabila adanya peningkatan aktivitas belajar siswa yang
minimal berada pada kualifikasi baik 61% atau berkualifikasi sangat baik
dengan point tertinggi 100%.
B. Saran
Sebagai akhir dari penelitian skripsi ini dengan mendasar pada
penelitian yang peneliti lakukan, maka peneliti ingin memberikan saran yang
mungkin dapat menjadi bahan masukan, antara lain sebagai berikut:
1. Bagi instansi pendidikan agar mensosialisasikan kepada satuan pendidikan
mengenai penerapan pembelajaran Index Card Match dalam sekolah
masing-masing karena terbukti bahwa dengan penerapan pembelajaran ini
dapat meningkatkan aktivitas peserta didik pada mata pelajaran tematik.
2. Bagi guru SD/MI khususnya guru kelas V disarankan agar menerapkan
pembelajaran Index Card Match sebagai salah satu alternatif untuk
meningkatkan aktivitas belajar peserta didik dan menciptakan suasana
pembelajaran yang menyenangkan bukan hanya pada mata pelajaran
tematik akan tetapi pada mata pelajaran lainpun dapat diterapkan
sepanjang langkah-langkah kegiatan pada pembelajaran Index Card Match
sesuai materi yang diajarkan.
3. Bagi siswa, hendaknya dapat menunjukkan keaktifan, kesungguhan dan
motivasinya dengan mampu berfikir kritis, kreatif dan percaya diri
sehingga pengetahuan yang diperoleh bertambah luas dan hasil
pembelajaran lebih optimal.
4. Bagi peneliti berikutnya disarankan agar melakukan penelitian dengan
mengembangkan pembelajaran Index Card Match atau menerapkan
macam-macam model pembelajaran yang lebih inovatif lainnya. Karena
salah satu tujuan dalam pembelajaran ialah menciptakan kreativitas,
keaktifan dan partisipasi siswa dalam pembelajaran.
Ketersediaan
| STAR2023348 | 348/2023 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
-
Penerbit
: .,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
