Optimalisasi Sarana dan Prasarana dalam `Manajemen Pemasaran Pendidikan di SD IT `Asshiddiq Kabupaten Bone
Armayanti Alinur/862312019028 - Personal Name
Skripsi ini membahas tentang “Optimalisasi Sarana dan Prasarana dalam
Manajemen Pemasaran Pendidikan di SD IT Asshiddiq Kabupaten Bone”. Tujuan
dari penelitian ini adalah untuk mengetahui optimalisasi sarana dan prasarana di
SD IT Asshiddiq Kabupaten Bone, untuk mengetahui manajemen pemasaran
pendidikan di SD IT Asshiddiq Kabupaten Bone dan untuk mengetahui
optimalisasi sarana dan prasarana dalam manajemen pemasaran pendidikan di SD
IT Asshiddiq Kabupaten Bone.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian kualitatif.
Penelitian ini menggunakan pendekatan manajemen pendidikan Islam dan
pendekatan pedagogik. Dalam pengumpulan data menggunakan metode observasi,
wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan tiga tahap
yaitu tahap reduksi, penyajian data (display data) dan tahap kesimpulan atau
verifikasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Optimalisasi sarana dan prasarana di SD
IT Asshiddiq Kabupaten Bone yang terdiri dari empat kategori yaitu Lahan,
Ruang dan perabot serta alat dan media telah diusahakan untuk dilakukan sebaik
mungkin. Itu dapat dilihat dari setiap indikator yang ada mulai dari lahan sekolah
dan ruang kelas sampai perabot sarana dan prasarana dan alat dan media dalam
proses belajar mengajar tidak lepas dari sarana dan prasarana yang belum
memadai, tetapi sebisa mungkin sekolah mampu untuk memberikan yang terbaik
kepada siswa. 2) Manajemen pemasaran pendidikan di SD IT Asshiddiq
Kabupaten Bone, berdasarkan penelitian peneliti maka dalam hal pemasaran di
SD IT Asshiddiq Kabupaten Bone sudah cukup baik, bila mana hal tersebut
terjadi karena adanya dukungan oleh pihak sekolah maupun dari pihak luar. 3)
Optimalisasi sarana dan prasarana dalam manajemen pemasaran pendidikan di SD
IT Asshiddiq Kabupaten Bone, berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dalam
lembaga pendidikan perlunya peningkatan sarana dan prasarana yang lengkap dan
memadai semua siswa, sehingga hal tersebut dapat menarik calon peserta didik
untuk sekolah di SD IT Asshiddiq Kabupaten Bone.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil penelitian yang telah diuraikan pada bab sebelumnya
yang dilakukan oleh peneliti di SD IT Asshiddiq Kabupaten Bone, maka peneliti
menyimpulkan sebagai berikut:
1. Optimalisasi sarana dan prasarana di SD IT Asshiddiq Kabupaten Bone,
yang terdiri dari beberapa macam, yaitu Lahan, Perabot, ruang serta alat dan
media sudah cukup memadai. Tentu saja hal tersebut dari pihak sekolah
selalu memberikan peningkatan dalam hal sarana dan prasarana, sehingga
hal tersebut dapat memudahkan peserta didik dalam memahami
pembelajaran serta memberikan motivasi dan semangat kepada siswa
terhadap sarana dan prasarana yang disediakan oleh sekolah.
2. Manajemen pemasaran pendidikan di SD IT Asshiddiq Kabupaten Bone,
dapat memberikan apa yang dibutuhkan oleh siswa dan memberikan
pelayanan yang lebih kepada siswa maupun orang tua siswa sehingga
memberikan kepuasan dalam hal yang diberikan pihak sekolah untuk orang
tua siswa maupun siswa. Dalam manajemen pemasaran yang dilakukan di
SD IT Asshiddiq yaitu menyebarluaskan dan memperkenalkan sekolah
tersebut melalui sosial media yang digunakan, seperti yang kita ketahui pada
era zaman sekarang sosial media sangat digemari oleh banyak orang baik
kalangan muda maupun tua maka dari itu sosial media yang baik untuk
memperkenalkan dan mempromosikan sekolah.
3. Optimalisasi sarana dan prasarana dalam manajemen pemasaran pendidikan
di SD IT Asshiddiq Kabupaten Bone, sudah memadai dalam memudahkan
siswa untuk memahami pembelajaran, perlu dilakukan peningkatan secara
terus-menerus sehingga sekolah akan lebih baik lagi dalam memudahkan
siswa memahami pembelajaran dan dalam manajemen pemasaran
pendidikan.
B. Implikasi
Sebagai akhir dari penulisan skripsi ini, dengan mendasarkan pada
penelitian yang peneliti lakukan, maka peneliti ingin memberikan saran yang
mungkin dapat menjadi bahan masukan, antara lain sebagai berikut:
1. Baik Kepala Sekolah maupun Wakil Kepala Sekolah diharapkan mampu
memperhatikan dan memastikan bahwa sarana dan prasarana di sekolah
selalu terjaga dan diperbaiki secara berkala agar dapat mendukung kegiatan
pembelajaram yang optimal.
2. Kepada tenaga pendidik diharapkan dapat memanfaatkan sarana dan
prasarana yang ada di sekolah secara maksimal untuk membantu
meningkatkan kualitas pembelajaran dan pempertahankan pelanggan atau
siswa di sekolah.
3. Kontribusi sarana dan prasarana dan manajemen pemasaran pendidikan
untuk selalu memperhatikan kebutuhan sarana dan prasarana yang
dibutuhkan sekolah dan memastikan tersedianya sarana dan prasarana yang
memadai agar sekolah dapat memberikan pelayanan pendidikan yang
terbaik bagi siswa dan hal tersebut juga untuk mempertahankan pelanggan
atau siswa dan menarik minat calon siswa untuk bergabung di SD IT
Asshiddiq Kabupaten Bone.
Manajemen Pemasaran Pendidikan di SD IT Asshiddiq Kabupaten Bone”. Tujuan
dari penelitian ini adalah untuk mengetahui optimalisasi sarana dan prasarana di
SD IT Asshiddiq Kabupaten Bone, untuk mengetahui manajemen pemasaran
pendidikan di SD IT Asshiddiq Kabupaten Bone dan untuk mengetahui
optimalisasi sarana dan prasarana dalam manajemen pemasaran pendidikan di SD
IT Asshiddiq Kabupaten Bone.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian kualitatif.
Penelitian ini menggunakan pendekatan manajemen pendidikan Islam dan
pendekatan pedagogik. Dalam pengumpulan data menggunakan metode observasi,
wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan tiga tahap
yaitu tahap reduksi, penyajian data (display data) dan tahap kesimpulan atau
verifikasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Optimalisasi sarana dan prasarana di SD
IT Asshiddiq Kabupaten Bone yang terdiri dari empat kategori yaitu Lahan,
Ruang dan perabot serta alat dan media telah diusahakan untuk dilakukan sebaik
mungkin. Itu dapat dilihat dari setiap indikator yang ada mulai dari lahan sekolah
dan ruang kelas sampai perabot sarana dan prasarana dan alat dan media dalam
proses belajar mengajar tidak lepas dari sarana dan prasarana yang belum
memadai, tetapi sebisa mungkin sekolah mampu untuk memberikan yang terbaik
kepada siswa. 2) Manajemen pemasaran pendidikan di SD IT Asshiddiq
Kabupaten Bone, berdasarkan penelitian peneliti maka dalam hal pemasaran di
SD IT Asshiddiq Kabupaten Bone sudah cukup baik, bila mana hal tersebut
terjadi karena adanya dukungan oleh pihak sekolah maupun dari pihak luar. 3)
Optimalisasi sarana dan prasarana dalam manajemen pemasaran pendidikan di SD
IT Asshiddiq Kabupaten Bone, berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dalam
lembaga pendidikan perlunya peningkatan sarana dan prasarana yang lengkap dan
memadai semua siswa, sehingga hal tersebut dapat menarik calon peserta didik
untuk sekolah di SD IT Asshiddiq Kabupaten Bone.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil penelitian yang telah diuraikan pada bab sebelumnya
yang dilakukan oleh peneliti di SD IT Asshiddiq Kabupaten Bone, maka peneliti
menyimpulkan sebagai berikut:
1. Optimalisasi sarana dan prasarana di SD IT Asshiddiq Kabupaten Bone,
yang terdiri dari beberapa macam, yaitu Lahan, Perabot, ruang serta alat dan
media sudah cukup memadai. Tentu saja hal tersebut dari pihak sekolah
selalu memberikan peningkatan dalam hal sarana dan prasarana, sehingga
hal tersebut dapat memudahkan peserta didik dalam memahami
pembelajaran serta memberikan motivasi dan semangat kepada siswa
terhadap sarana dan prasarana yang disediakan oleh sekolah.
2. Manajemen pemasaran pendidikan di SD IT Asshiddiq Kabupaten Bone,
dapat memberikan apa yang dibutuhkan oleh siswa dan memberikan
pelayanan yang lebih kepada siswa maupun orang tua siswa sehingga
memberikan kepuasan dalam hal yang diberikan pihak sekolah untuk orang
tua siswa maupun siswa. Dalam manajemen pemasaran yang dilakukan di
SD IT Asshiddiq yaitu menyebarluaskan dan memperkenalkan sekolah
tersebut melalui sosial media yang digunakan, seperti yang kita ketahui pada
era zaman sekarang sosial media sangat digemari oleh banyak orang baik
kalangan muda maupun tua maka dari itu sosial media yang baik untuk
memperkenalkan dan mempromosikan sekolah.
3. Optimalisasi sarana dan prasarana dalam manajemen pemasaran pendidikan
di SD IT Asshiddiq Kabupaten Bone, sudah memadai dalam memudahkan
siswa untuk memahami pembelajaran, perlu dilakukan peningkatan secara
terus-menerus sehingga sekolah akan lebih baik lagi dalam memudahkan
siswa memahami pembelajaran dan dalam manajemen pemasaran
pendidikan.
B. Implikasi
Sebagai akhir dari penulisan skripsi ini, dengan mendasarkan pada
penelitian yang peneliti lakukan, maka peneliti ingin memberikan saran yang
mungkin dapat menjadi bahan masukan, antara lain sebagai berikut:
1. Baik Kepala Sekolah maupun Wakil Kepala Sekolah diharapkan mampu
memperhatikan dan memastikan bahwa sarana dan prasarana di sekolah
selalu terjaga dan diperbaiki secara berkala agar dapat mendukung kegiatan
pembelajaram yang optimal.
2. Kepada tenaga pendidik diharapkan dapat memanfaatkan sarana dan
prasarana yang ada di sekolah secara maksimal untuk membantu
meningkatkan kualitas pembelajaran dan pempertahankan pelanggan atau
siswa di sekolah.
3. Kontribusi sarana dan prasarana dan manajemen pemasaran pendidikan
untuk selalu memperhatikan kebutuhan sarana dan prasarana yang
dibutuhkan sekolah dan memastikan tersedianya sarana dan prasarana yang
memadai agar sekolah dapat memberikan pelayanan pendidikan yang
terbaik bagi siswa dan hal tersebut juga untuk mempertahankan pelanggan
atau siswa dan menarik minat calon siswa untuk bergabung di SD IT
Asshiddiq Kabupaten Bone.
Ketersediaan
| STAR20230020 | 20/2023 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
20/2023
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2023
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
