Prospek Jasa Paket Pos Guna Meningkatkan Pendistribusian dan Pelayanan (Studi pada PT. Pos Indonesia Cabang Watampone

No image available for this title
Penelitian ini membahas tentang prospek jasa paket pos guna meningkatkan
pendistribusian dan pelayanan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana
sistem pelayanan dan bagaimana prospek jasa paket pos guna meningkatkan
pendistribusian paket pada kantor pos cabang watampone Bone.
Berdasarkan tujuan penelitian diatas, maka jenis penelitian yang digunakan
adalah penelitian lapangan (filend research) dengan pendekatan kualitatif dengan tata
cara menggunakan pendekatan sosiologi, normatif dan ekonomis. Adapun teknik
pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, wawancara dan
dokumentasi. Data yang telah terkumpul kemudian diolah menggunakan teknik
analisis deskriptif yaitu diawali dengan peneliti melakukan penjelajahan, kemudian
dilakukan pengumpulan data sampai mendalam mulai dari observasi hingga
penyusunan laporan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terkait dengan sistem pelayanan
pada kantor pos cabang Watampone dalam upaya meningkatkan pelayanan
diterapkan melalui berbagai strategi, adapun strategi yang diterapkan yaitu strategi
pelayanan dan pengukuran kualitas pelayanan.
Strategi pelayanan
dengan
menggunakan O-Ranger Sementara pengukuran kualitas pelayanan adalah dengan
melihat laporan CCH atau customer complen hendling yang masuk.
Kantor pos memiliki 5 jenis layanan paket jasa yaitu paket pos biasa, paket
pos kilat, paket pos express, paket pos kilat khusus, dan paket pos jumbo barang.
dari 5 jenis paket layanan tersebut kantor pos menggunakan 2 teknik prospek yaitu
kontak langsung dengan mitra kerja dan melakukan sosialisasi langsung dengan
pelanggan dengan tujuan untuk meningkatkan pendistribusian paket pada kantor pos
cabang watampone.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan diatas, maka dapat ditarik
kesimpulan sebagai berikut:
1. Terkait dengan sistem pelayanan pada kantor pos cabang Watampone
dalam upaya meningkatkan pelayanan diterapkan melalui berbagai
strategi, adapun strategi yang diterapkan yaitu strategi pelayanan dan
pengukuran kualitas pelayanan. Strategi pelayanan dengan menggunakan
O-Ranger yang diberlakukan oleh PT. Pos cabang Watampone merupakan
strategi yang sangat tepat untuk membantu konsumen dalam penjemputan
paket ke kantor. Juga mampu mempengaruhi tingkat pendistribusian
barang dengan tepat waktu. Sementara pengukuran kualitas pelayanan
adalah dengan melihat laporan CCH atau customer complen hendling yang
masuk.
2. Kantor pos memiliki 5 jenis layanan paket jasa yaitu paket pos biasa, paket
pos kilat, paket pos express, paket pos kilat khusus, dan paket pos jumbo
barang. dari 5 jenis paket layanan tersebut kantor pos menggunakan
prospek kontak langsung dengan mitra kerja dan melakukan sosialisasi
langsung dengan pelanggan dengan tujuan untuk meningkatkan
pendistribusian paket pada kantor pos cabang watampone.
B. Saran
Dengan adanya sistem pelayanan yang digunakan oleh pihak kantor pos
seperti menggunakan O-Ranger diharapkan pihak kantor pos mengaplikasikan
sistem pelayanan tersebut sebagaimana mestinya demi terwujudnya pelayanan
yang baik kepada konsumen selain itu diharapkan pula pihak kantor pos juga
mempertahankan pelayananan yang baik terhadap complen hendling yang masuk
agar keluhan konsumen dapat teratasi dengan cepat serta pendistribusian barang
kepada konsumen diharapkan dapat sampai tepat waktu dengan barang yang
dalam kondisi baik.
Ketersediaan
SSYA20190582582/2019Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

582/2019

Penerbit

IAIN BONE : Watampone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

Skripsi Syariah

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Subyek

Jasa Paket

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top