Prospek Jasa Paket Pos Guna Meningkatkan Pendistribusian dan Pelayanan (Studi pada PT. Pos Indonesia Cabang Watampone
Muh. Ilham/01.14.3282 - Personal Name
Penelitian ini membahas tentang prospek jasa paket pos guna meningkatkan
pendistribusian dan pelayanan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana
sistem pelayanan dan bagaimana prospek jasa paket pos guna meningkatkan
pendistribusian paket pada kantor pos cabang watampone Bone.
Berdasarkan tujuan penelitian diatas, maka jenis penelitian yang digunakan
adalah penelitian lapangan (filend research) dengan pendekatan kualitatif dengan tata
cara menggunakan pendekatan sosiologi, normatif dan ekonomis. Adapun teknik
pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, wawancara dan
dokumentasi. Data yang telah terkumpul kemudian diolah menggunakan teknik
analisis deskriptif yaitu diawali dengan peneliti melakukan penjelajahan, kemudian
dilakukan pengumpulan data sampai mendalam mulai dari observasi hingga
penyusunan laporan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terkait dengan sistem pelayanan
pada kantor pos cabang Watampone dalam upaya meningkatkan pelayanan
diterapkan melalui berbagai strategi, adapun strategi yang diterapkan yaitu strategi
pelayanan dan pengukuran kualitas pelayanan.
Strategi pelayanan
dengan
menggunakan O-Ranger Sementara pengukuran kualitas pelayanan adalah dengan
melihat laporan CCH atau customer complen hendling yang masuk.
Kantor pos memiliki 5 jenis layanan paket jasa yaitu paket pos biasa, paket
pos kilat, paket pos express, paket pos kilat khusus, dan paket pos jumbo barang.
dari 5 jenis paket layanan tersebut kantor pos menggunakan 2 teknik prospek yaitu
kontak langsung dengan mitra kerja dan melakukan sosialisasi langsung dengan
pelanggan dengan tujuan untuk meningkatkan pendistribusian paket pada kantor pos
cabang watampone.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan diatas, maka dapat ditarik
kesimpulan sebagai berikut:
1. Terkait dengan sistem pelayanan pada kantor pos cabang Watampone
dalam upaya meningkatkan pelayanan diterapkan melalui berbagai
strategi, adapun strategi yang diterapkan yaitu strategi pelayanan dan
pengukuran kualitas pelayanan. Strategi pelayanan dengan menggunakan
O-Ranger yang diberlakukan oleh PT. Pos cabang Watampone merupakan
strategi yang sangat tepat untuk membantu konsumen dalam penjemputan
paket ke kantor. Juga mampu mempengaruhi tingkat pendistribusian
barang dengan tepat waktu. Sementara pengukuran kualitas pelayanan
adalah dengan melihat laporan CCH atau customer complen hendling yang
masuk.
2. Kantor pos memiliki 5 jenis layanan paket jasa yaitu paket pos biasa, paket
pos kilat, paket pos express, paket pos kilat khusus, dan paket pos jumbo
barang. dari 5 jenis paket layanan tersebut kantor pos menggunakan
prospek kontak langsung dengan mitra kerja dan melakukan sosialisasi
langsung dengan pelanggan dengan tujuan untuk meningkatkan
pendistribusian paket pada kantor pos cabang watampone.
B. Saran
Dengan adanya sistem pelayanan yang digunakan oleh pihak kantor pos
seperti menggunakan O-Ranger diharapkan pihak kantor pos mengaplikasikan
sistem pelayanan tersebut sebagaimana mestinya demi terwujudnya pelayanan
yang baik kepada konsumen selain itu diharapkan pula pihak kantor pos juga
mempertahankan pelayananan yang baik terhadap complen hendling yang masuk
agar keluhan konsumen dapat teratasi dengan cepat serta pendistribusian barang
kepada konsumen diharapkan dapat sampai tepat waktu dengan barang yang
dalam kondisi baik.
pendistribusian dan pelayanan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana
sistem pelayanan dan bagaimana prospek jasa paket pos guna meningkatkan
pendistribusian paket pada kantor pos cabang watampone Bone.
Berdasarkan tujuan penelitian diatas, maka jenis penelitian yang digunakan
adalah penelitian lapangan (filend research) dengan pendekatan kualitatif dengan tata
cara menggunakan pendekatan sosiologi, normatif dan ekonomis. Adapun teknik
pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, wawancara dan
dokumentasi. Data yang telah terkumpul kemudian diolah menggunakan teknik
analisis deskriptif yaitu diawali dengan peneliti melakukan penjelajahan, kemudian
dilakukan pengumpulan data sampai mendalam mulai dari observasi hingga
penyusunan laporan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terkait dengan sistem pelayanan
pada kantor pos cabang Watampone dalam upaya meningkatkan pelayanan
diterapkan melalui berbagai strategi, adapun strategi yang diterapkan yaitu strategi
pelayanan dan pengukuran kualitas pelayanan.
Strategi pelayanan
dengan
menggunakan O-Ranger Sementara pengukuran kualitas pelayanan adalah dengan
melihat laporan CCH atau customer complen hendling yang masuk.
Kantor pos memiliki 5 jenis layanan paket jasa yaitu paket pos biasa, paket
pos kilat, paket pos express, paket pos kilat khusus, dan paket pos jumbo barang.
dari 5 jenis paket layanan tersebut kantor pos menggunakan 2 teknik prospek yaitu
kontak langsung dengan mitra kerja dan melakukan sosialisasi langsung dengan
pelanggan dengan tujuan untuk meningkatkan pendistribusian paket pada kantor pos
cabang watampone.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan diatas, maka dapat ditarik
kesimpulan sebagai berikut:
1. Terkait dengan sistem pelayanan pada kantor pos cabang Watampone
dalam upaya meningkatkan pelayanan diterapkan melalui berbagai
strategi, adapun strategi yang diterapkan yaitu strategi pelayanan dan
pengukuran kualitas pelayanan. Strategi pelayanan dengan menggunakan
O-Ranger yang diberlakukan oleh PT. Pos cabang Watampone merupakan
strategi yang sangat tepat untuk membantu konsumen dalam penjemputan
paket ke kantor. Juga mampu mempengaruhi tingkat pendistribusian
barang dengan tepat waktu. Sementara pengukuran kualitas pelayanan
adalah dengan melihat laporan CCH atau customer complen hendling yang
masuk.
2. Kantor pos memiliki 5 jenis layanan paket jasa yaitu paket pos biasa, paket
pos kilat, paket pos express, paket pos kilat khusus, dan paket pos jumbo
barang. dari 5 jenis paket layanan tersebut kantor pos menggunakan
prospek kontak langsung dengan mitra kerja dan melakukan sosialisasi
langsung dengan pelanggan dengan tujuan untuk meningkatkan
pendistribusian paket pada kantor pos cabang watampone.
B. Saran
Dengan adanya sistem pelayanan yang digunakan oleh pihak kantor pos
seperti menggunakan O-Ranger diharapkan pihak kantor pos mengaplikasikan
sistem pelayanan tersebut sebagaimana mestinya demi terwujudnya pelayanan
yang baik kepada konsumen selain itu diharapkan pula pihak kantor pos juga
mempertahankan pelayananan yang baik terhadap complen hendling yang masuk
agar keluhan konsumen dapat teratasi dengan cepat serta pendistribusian barang
kepada konsumen diharapkan dapat sampai tepat waktu dengan barang yang
dalam kondisi baik.
Ketersediaan
| SSYA20190582 | 582/2019 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
582/2019
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2019
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Syariah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
