Strategi Outdoor Study dalam Menigkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa di SMP Negeri 4 Barebbo
Sartiyana/862312019124 - Personal Name
Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui “Strategi Outdoor Study dalam
Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Di SMP Negeri 4 Barebbo.”
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut, penelitian ini menggunakan
jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan sosiologi dan pendekatan
manajemen. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Kemudian data yang diperoleh dianalisis melalui reduksi data, penyajian data dan
penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi outdoor study di SMP
Negeri 4 Barebbo cukup baik, karena dilaksanakan dalam tiga aspek strategi yaitu
persiapan, pelaksanaan dan evaluasi. Ketiga aspek tersebut dilakukan dengan baik
karena adanya kerjasama yang baik antara guru Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
khususnya dan siswa, sehingga proses pembelajaran dengan media yang ada di
lingkungan dapat terlaksana dengan baik dengan melalui strategi outdor study
yang tepat. Kemudian keterampilan berpikir kreatif siswa di SMP Negeri 4
Barebbo sudah terbilang cukup baik, dapat dilihat dari kemampuan berpikir yakni
mulai dari kelancaran, keluwesan, keaslian, dan merinci. Keempat aspek berpikir
kreatif tersebut sebagian besar sudah dimiliki oleh siswa, yaitu siswa mampu
mengeluarkan ide-idenya sesuai dengan pengetahuan yang telah mereka amati di
lingkungan selama mengikuti proses pembelajaran berlangsung di luar kelas.
Maka dengan menerapkan outdoor study, keterampilan berpikir kreatif siswa
lebih meningkat dibandingkan belajar didalam kelas yang mempunyai
keterbatasan dalam berpikir.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan mengenai Strategi
Outdoor Study dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa di
SMP Negeri 4 Barebbo, maka dapat disimpulkan:
1. Strategi Outdoor Study di SMP Negeri 4 Barebbo sejauh ini telah
terlaksana dengan baik terdiri dari beberapa aspek strategi yakni mulai dari
persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Ketiga aspek tersebut dilaksanakan
agar proses kegiatan outdoor study bisa terlaksana dengan baik, hal ini
tentu adanya kerjasama yang baik antara guru Ilmu Pengetahuan Alam
(IPA) khususnya dan siswa agar proses pembelajaran dengan media yang
ada di lingkungan dapat terlaksana dengan baik dengan melalui strategi
outdor study yang tepat.
2. Keterampilan berpikir kreatif siswa di SMP Negeri 4 Barebbo sejauh ini
telah cukup baik dalam berpikir kreatif siswa yang terdiri dari bebagai
aspek berpikir yakni mulai dari kelancaran, keluwesan, keaslian, dan
merinci. Keempat aspek berpikir kreatif tersebut sebagian besar sudah
dimiliki oleh siswa, yaitu siswa mampu mengeluarkan ide-idenya sesuai
dengan pengetahuan yang telah mereka amati di lingkungan selama proses
pembelajaran berlangsung di luar kelas.
3. Strategi outdoor study dalam meningkatkan keterampilan berpikir kreatif
siswa di SMP Negeri 4 Barebbo saat ini telah terlaksana dengan cukup
baik. Karena dengan melaksanakan proses belajar mengajar di luar kelas
yang mempunyai media pembelajaran yang ada di lingkungan, maka dapat
membantu siswa untuk beradaptasi di lingkungan dimana terjadi kegiatan
pengamatan langsung untuk mengungkapkan fakta-fakta sesuai dengan
apa yang ada di lingkungan. Sehingga keterampilan berpikir kreatif siswa
lebih luas dan siswa tersebut mampu mengeluarkan ide-idenya sesuai
dengan pengetahuan yang telah mereka amati di lingkungan selama proses
pembelajaran berlangsung. Maka dengan menerapkan outdoor study,
keterampilan berpikir kreatif siswa lebih meningkat dibandingkan belajar
didalam kelas yang mempunyai keterbatasan dalam berpikir.
B. Saran
1. Menerapkan persiapan, pelaksanaan dan evaluasi agar lebih efektif,
sehingga aktivitas belajar siswa akan lebih aktif selama proses
pembelajaran berlangsung.
2. Sebelum melakukan pembelajaran di luar kelas, hendaknya membuat
perjanjian yang sederhana mengenai tata tertib proses pembelajaran
berlangsung dan mudah dimengerti oleh siswa sehingga guru tidak susah
untuk mengatur siswa ketika di luar kelas.
3. Sebaiknya memperhatikan segala bentuk aktivitas yang dilakukan di luar
kelas termasuk pada saat kegiatan praktik agar siswa tetap menjaga
lingkungan yang bersih.
Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Di SMP Negeri 4 Barebbo.”
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut, penelitian ini menggunakan
jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan sosiologi dan pendekatan
manajemen. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Kemudian data yang diperoleh dianalisis melalui reduksi data, penyajian data dan
penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi outdoor study di SMP
Negeri 4 Barebbo cukup baik, karena dilaksanakan dalam tiga aspek strategi yaitu
persiapan, pelaksanaan dan evaluasi. Ketiga aspek tersebut dilakukan dengan baik
karena adanya kerjasama yang baik antara guru Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
khususnya dan siswa, sehingga proses pembelajaran dengan media yang ada di
lingkungan dapat terlaksana dengan baik dengan melalui strategi outdor study
yang tepat. Kemudian keterampilan berpikir kreatif siswa di SMP Negeri 4
Barebbo sudah terbilang cukup baik, dapat dilihat dari kemampuan berpikir yakni
mulai dari kelancaran, keluwesan, keaslian, dan merinci. Keempat aspek berpikir
kreatif tersebut sebagian besar sudah dimiliki oleh siswa, yaitu siswa mampu
mengeluarkan ide-idenya sesuai dengan pengetahuan yang telah mereka amati di
lingkungan selama mengikuti proses pembelajaran berlangsung di luar kelas.
Maka dengan menerapkan outdoor study, keterampilan berpikir kreatif siswa
lebih meningkat dibandingkan belajar didalam kelas yang mempunyai
keterbatasan dalam berpikir.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan mengenai Strategi
Outdoor Study dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa di
SMP Negeri 4 Barebbo, maka dapat disimpulkan:
1. Strategi Outdoor Study di SMP Negeri 4 Barebbo sejauh ini telah
terlaksana dengan baik terdiri dari beberapa aspek strategi yakni mulai dari
persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Ketiga aspek tersebut dilaksanakan
agar proses kegiatan outdoor study bisa terlaksana dengan baik, hal ini
tentu adanya kerjasama yang baik antara guru Ilmu Pengetahuan Alam
(IPA) khususnya dan siswa agar proses pembelajaran dengan media yang
ada di lingkungan dapat terlaksana dengan baik dengan melalui strategi
outdor study yang tepat.
2. Keterampilan berpikir kreatif siswa di SMP Negeri 4 Barebbo sejauh ini
telah cukup baik dalam berpikir kreatif siswa yang terdiri dari bebagai
aspek berpikir yakni mulai dari kelancaran, keluwesan, keaslian, dan
merinci. Keempat aspek berpikir kreatif tersebut sebagian besar sudah
dimiliki oleh siswa, yaitu siswa mampu mengeluarkan ide-idenya sesuai
dengan pengetahuan yang telah mereka amati di lingkungan selama proses
pembelajaran berlangsung di luar kelas.
3. Strategi outdoor study dalam meningkatkan keterampilan berpikir kreatif
siswa di SMP Negeri 4 Barebbo saat ini telah terlaksana dengan cukup
baik. Karena dengan melaksanakan proses belajar mengajar di luar kelas
yang mempunyai media pembelajaran yang ada di lingkungan, maka dapat
membantu siswa untuk beradaptasi di lingkungan dimana terjadi kegiatan
pengamatan langsung untuk mengungkapkan fakta-fakta sesuai dengan
apa yang ada di lingkungan. Sehingga keterampilan berpikir kreatif siswa
lebih luas dan siswa tersebut mampu mengeluarkan ide-idenya sesuai
dengan pengetahuan yang telah mereka amati di lingkungan selama proses
pembelajaran berlangsung. Maka dengan menerapkan outdoor study,
keterampilan berpikir kreatif siswa lebih meningkat dibandingkan belajar
didalam kelas yang mempunyai keterbatasan dalam berpikir.
B. Saran
1. Menerapkan persiapan, pelaksanaan dan evaluasi agar lebih efektif,
sehingga aktivitas belajar siswa akan lebih aktif selama proses
pembelajaran berlangsung.
2. Sebelum melakukan pembelajaran di luar kelas, hendaknya membuat
perjanjian yang sederhana mengenai tata tertib proses pembelajaran
berlangsung dan mudah dimengerti oleh siswa sehingga guru tidak susah
untuk mengatur siswa ketika di luar kelas.
3. Sebaiknya memperhatikan segala bentuk aktivitas yang dilakukan di luar
kelas termasuk pada saat kegiatan praktik agar siswa tetap menjaga
lingkungan yang bersih.
Ketersediaan
| STAR20230197 | 197/2023 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
197/2023
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2023
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
