Peran Guru Qur’an Hadits dalam Menumbuhkan Kemampuan Menghafal Surah-Surah Pendek pada Siswa Kelas VI MI Al-Hidayah Mico Kec. Salomekko Kab. Bone
Rosdiana/862082019169 - Personal Name
Penelitian ini berjudul “Peran Guru Qur’an Hadits dalam Menumbuhkan
Kemampuan Menghafal Surah-Surah Pendek pada Siswa Kelas VI MI AlHidayah Mico Kec. Salomekko Kab. Bone penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui peran guru Qur’an Hadits dalam menumbuhkan kemampuan
menghafal surah-surah pendek pada siswa kelas VI MI Al-Hidayah Mico Kec.
Salomekko Kab. Bone, dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat
guru Qur’an Hadits dalam menumbuhkan kemampuan menghafal surah-surah
pendek pada siswa kelas VI MI Al-Hidayah Mico Kec. Salomekko Kab. Bone.
Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian kualitatif
(qualitatif research)) dengan jenis pendekatan yang digunakan dalam penelitian
ini adalah pendekatan pedagogis, pendekatan psikologis dan pendekatan teologi
normatif. Adapun teknik pengumpulan data diperoleh melalui dua cara yaitu data
primer dan data sekunder, data primer berasal dari obsevasi dan wawancara
tenaga pendidik dan kependidikan di MI Al-Hidayah Mico, sedangkan data
sekunder adalah data pendukung yang diperoleh dari sumber lain seperti buku,
berita atau jurnal.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pertama, Peran guru Qur’an Hadits
dalam menumbuhkan kemampuan menghafal surah-surah pendek pada siswa
kelas VI MI Al-Hidayah Mico Kec. Salomekko Kab. Bone terdiri dari 4 aspek : 1)
guru sebagai pembimbing tugas dan tanggung jawab ini lebih menekankan kepada
merencanakan dan melaksanakan pengajaran, 2) guru sebagai fasilitator yaitu
memberikan fasilitas yang layak kepada peserta didik, 3) guru membentuk akhlak
siswa bagaimana nantinya siswa yang di bina tersebut dapat berakhlak mulia atau
berperilaku yang baik, 4) guru sebagai motivator pendidik Agama dapat
memberikan dorongan kepada peserta didik dan niat ikhlas karena Allah Swt
dalam belajar. Kedua, Faktor pendukung guru Qur’an Hadits dalam
menumbuhkan kemampuan menghafal surah-surah pendek pada siswa kelas VI
MI AL-Hidayah Mico Kec. Salomekko Kab. Bone terdiri dari beberapa faktor
yaitu tersedianya buku paket yang lengkap, pemberian reward, kreativitas guru,
motivasi, alokasi waktu, lingkungan yang kondusif, dan sebagian siswa belajar
mengaji di TPA. Ketiga, Hambatan guru Qur’an Hadits dalam menumbuhkan
kemampuan menghafal surah-surah pendek pada siswa kelas VI MI Al-Hidayah
Mico Kec. Salomekko Kab. Bone terdiri dari faktor internal dan eksternal, faktor
internal seperti : siswa malas menghafal, siswa belum mahir membaca al-Qur’an,
kurang dorongan dari orang tua, dan sebagian siswa sudah difasilitasi hp atau
gadget oleh orang tuanya. Sedangkan faktor eksternal yaitu guru al-Qur’an Hadits
sedikit akibatnya guru merasa kewalahan dalam mengajar siswanya.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti dengan
wawancara, observasi dan dokumentasi yang dilakukan di MI Al-Hidayah Mico,
maka peneliti menarik kesimpulan sebagai berikut :
1. Peran guru Qur’an Hadits dalam menumbuhkan kemampuan menghafal
surah-surah pendek pada siswa kelas VI MI Al-Hidayah Mico Kec.
Salomekko Kab. Bone terdiri dari 4 aspek yaitu : a) guru sebagai
pembimbing tugas dan tanggung jawab ini lebih menekankan kepada
merencanakan dan melaksanakan pengajaran, b) guru sebagai fasilitator
yaitu memberikan fasilitas yang layak kepada peserta didik, c) guru
membentuk akhlak siswa bagaimana nantinya siswa yang di bina tersebut
dapat berakhlak mulia atau berperilaku yang baik, d) guru sebagai
motivator pendidik Agama dapat memberikan dorongan kepada peserta
didik dan niat ikhlas karena Allah Swt dalam belajar.
2. Faktor pendukung guru Qur’an Hadits dalam menumbuhkan kemampuan
menghafal surah-surah pendek pada siswa kelas VI Mi AL-Hidayah
Mico Kec. Salomekko Kab. Bone terdiri dari beberapa faktor yaitu
tersedianya buku paket yang lengkap, pemberian reward, kreativitas
guru, motivasi, alokasi waktu, lingkungan yang kondusif dan sebagian
siswa belajar mengaji di TPA.
3. Hambatan guru Qur’an Hadits dalam menumbuhkan kemampuan
menghafal surah-surah pendek pada siswa kelas VI MI Al-Hidayah Mico
Kec. Salomekko Kab. Bone terdiri dari faktor internal dan eksternal,
faktor internal seperti : siswa malas menghafal, siswa belum mahir
membaca al-Qur’an, kurang dorongan dari orang tua, dan sebagian siswa
sudah difasilitasi hp atau gadget oleh orang tuanya. Sedangkan faktor
eksternal yaitu guru al-Qur’an Hadits sedikit akibatnya guru merasa
kewalahan dalam mengajar siswanya.
B. Implikasi
Berdasarkan kesimpulan hasil penelitian yang telah diuraikan di atas,
maka dapat diajukan beberapa saran yang dapat digunakan sebagai pertimbangan
bagi guru terutama guru al-Qur’an hadits dalam Menumbuhkan kemampuan
menghafal surah-surah pendek pada siswa kelas VI MI Al-Hidayah Mico Kec.
Salomekko Kab. Bone. Berikut ini beberapa saran yang dapat diajukan dalam
penelitian ini yaitu :
1. Hasil penelitian ini hendaknya dijadikan bahan informasi serta masukan
guna memperluas pengetahuan dan pemahaman guru tentang peran guru alQur’an Hadits.
2. Pihak sekolah dapat membuat kegiatan lomba dan semacamnya seperti
lomba membaca dan menghafal di sekolah sehingga dengan adanya
kegiatan tersebut dapat lebih menarik minat peserta didik untuk menghafal
surah-surah pendek.
3. Hasil penelitian ini diharapkan dapat digunakan sebagai informasi dan
inspirasi bagi guru pendidikan agama Islam untuk menumbuhkan kapasitas
peserta didik dalam menghafal surah-surah pendek.
4. Peneliti mengharapkan kepada para guru al-Qur’an hadits agar senantiasa
mengambil peran lebih aktif dalam pembelajaran serta menggali secara
lebih menyeluruh metode alternatif yang dapat digunakan untuk
menumbuhkan kemampuan menghafal surah-surah pendek pada peserta
didik.
5. Pelaksanaan penelitian tentang peran guru qur’an hadits dalam
menumbuhkan kemampuan menghafal pada siswa dapat menjadi dasar bagi
teman-teman mahasiswa untuk melakukan penelitian-penelitian
selanjutnya.
Kemampuan Menghafal Surah-Surah Pendek pada Siswa Kelas VI MI AlHidayah Mico Kec. Salomekko Kab. Bone penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui peran guru Qur’an Hadits dalam menumbuhkan kemampuan
menghafal surah-surah pendek pada siswa kelas VI MI Al-Hidayah Mico Kec.
Salomekko Kab. Bone, dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat
guru Qur’an Hadits dalam menumbuhkan kemampuan menghafal surah-surah
pendek pada siswa kelas VI MI Al-Hidayah Mico Kec. Salomekko Kab. Bone.
Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian kualitatif
(qualitatif research)) dengan jenis pendekatan yang digunakan dalam penelitian
ini adalah pendekatan pedagogis, pendekatan psikologis dan pendekatan teologi
normatif. Adapun teknik pengumpulan data diperoleh melalui dua cara yaitu data
primer dan data sekunder, data primer berasal dari obsevasi dan wawancara
tenaga pendidik dan kependidikan di MI Al-Hidayah Mico, sedangkan data
sekunder adalah data pendukung yang diperoleh dari sumber lain seperti buku,
berita atau jurnal.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pertama, Peran guru Qur’an Hadits
dalam menumbuhkan kemampuan menghafal surah-surah pendek pada siswa
kelas VI MI Al-Hidayah Mico Kec. Salomekko Kab. Bone terdiri dari 4 aspek : 1)
guru sebagai pembimbing tugas dan tanggung jawab ini lebih menekankan kepada
merencanakan dan melaksanakan pengajaran, 2) guru sebagai fasilitator yaitu
memberikan fasilitas yang layak kepada peserta didik, 3) guru membentuk akhlak
siswa bagaimana nantinya siswa yang di bina tersebut dapat berakhlak mulia atau
berperilaku yang baik, 4) guru sebagai motivator pendidik Agama dapat
memberikan dorongan kepada peserta didik dan niat ikhlas karena Allah Swt
dalam belajar. Kedua, Faktor pendukung guru Qur’an Hadits dalam
menumbuhkan kemampuan menghafal surah-surah pendek pada siswa kelas VI
MI AL-Hidayah Mico Kec. Salomekko Kab. Bone terdiri dari beberapa faktor
yaitu tersedianya buku paket yang lengkap, pemberian reward, kreativitas guru,
motivasi, alokasi waktu, lingkungan yang kondusif, dan sebagian siswa belajar
mengaji di TPA. Ketiga, Hambatan guru Qur’an Hadits dalam menumbuhkan
kemampuan menghafal surah-surah pendek pada siswa kelas VI MI Al-Hidayah
Mico Kec. Salomekko Kab. Bone terdiri dari faktor internal dan eksternal, faktor
internal seperti : siswa malas menghafal, siswa belum mahir membaca al-Qur’an,
kurang dorongan dari orang tua, dan sebagian siswa sudah difasilitasi hp atau
gadget oleh orang tuanya. Sedangkan faktor eksternal yaitu guru al-Qur’an Hadits
sedikit akibatnya guru merasa kewalahan dalam mengajar siswanya.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti dengan
wawancara, observasi dan dokumentasi yang dilakukan di MI Al-Hidayah Mico,
maka peneliti menarik kesimpulan sebagai berikut :
1. Peran guru Qur’an Hadits dalam menumbuhkan kemampuan menghafal
surah-surah pendek pada siswa kelas VI MI Al-Hidayah Mico Kec.
Salomekko Kab. Bone terdiri dari 4 aspek yaitu : a) guru sebagai
pembimbing tugas dan tanggung jawab ini lebih menekankan kepada
merencanakan dan melaksanakan pengajaran, b) guru sebagai fasilitator
yaitu memberikan fasilitas yang layak kepada peserta didik, c) guru
membentuk akhlak siswa bagaimana nantinya siswa yang di bina tersebut
dapat berakhlak mulia atau berperilaku yang baik, d) guru sebagai
motivator pendidik Agama dapat memberikan dorongan kepada peserta
didik dan niat ikhlas karena Allah Swt dalam belajar.
2. Faktor pendukung guru Qur’an Hadits dalam menumbuhkan kemampuan
menghafal surah-surah pendek pada siswa kelas VI Mi AL-Hidayah
Mico Kec. Salomekko Kab. Bone terdiri dari beberapa faktor yaitu
tersedianya buku paket yang lengkap, pemberian reward, kreativitas
guru, motivasi, alokasi waktu, lingkungan yang kondusif dan sebagian
siswa belajar mengaji di TPA.
3. Hambatan guru Qur’an Hadits dalam menumbuhkan kemampuan
menghafal surah-surah pendek pada siswa kelas VI MI Al-Hidayah Mico
Kec. Salomekko Kab. Bone terdiri dari faktor internal dan eksternal,
faktor internal seperti : siswa malas menghafal, siswa belum mahir
membaca al-Qur’an, kurang dorongan dari orang tua, dan sebagian siswa
sudah difasilitasi hp atau gadget oleh orang tuanya. Sedangkan faktor
eksternal yaitu guru al-Qur’an Hadits sedikit akibatnya guru merasa
kewalahan dalam mengajar siswanya.
B. Implikasi
Berdasarkan kesimpulan hasil penelitian yang telah diuraikan di atas,
maka dapat diajukan beberapa saran yang dapat digunakan sebagai pertimbangan
bagi guru terutama guru al-Qur’an hadits dalam Menumbuhkan kemampuan
menghafal surah-surah pendek pada siswa kelas VI MI Al-Hidayah Mico Kec.
Salomekko Kab. Bone. Berikut ini beberapa saran yang dapat diajukan dalam
penelitian ini yaitu :
1. Hasil penelitian ini hendaknya dijadikan bahan informasi serta masukan
guna memperluas pengetahuan dan pemahaman guru tentang peran guru alQur’an Hadits.
2. Pihak sekolah dapat membuat kegiatan lomba dan semacamnya seperti
lomba membaca dan menghafal di sekolah sehingga dengan adanya
kegiatan tersebut dapat lebih menarik minat peserta didik untuk menghafal
surah-surah pendek.
3. Hasil penelitian ini diharapkan dapat digunakan sebagai informasi dan
inspirasi bagi guru pendidikan agama Islam untuk menumbuhkan kapasitas
peserta didik dalam menghafal surah-surah pendek.
4. Peneliti mengharapkan kepada para guru al-Qur’an hadits agar senantiasa
mengambil peran lebih aktif dalam pembelajaran serta menggali secara
lebih menyeluruh metode alternatif yang dapat digunakan untuk
menumbuhkan kemampuan menghafal surah-surah pendek pada peserta
didik.
5. Pelaksanaan penelitian tentang peran guru qur’an hadits dalam
menumbuhkan kemampuan menghafal pada siswa dapat menjadi dasar bagi
teman-teman mahasiswa untuk melakukan penelitian-penelitian
selanjutnya.
Ketersediaan
| STAR20240390 | 390/2024 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
390/2024
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2024
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
