Evaluasi Penerapan Building Learning Power (BLP) Dalam Kegiatan Belajar Mengajar Di SMA Negeri 7 Soppeng

No image available for this title
Tujuan Pendidikan Nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan
membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka
mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi siswa
agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa,
berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga
negara yang demokratis dan bertanggung jawab. Berdasarkan pada tujuan
pendidikan nasional tersebut, pemerintah mencanangkan adanya penyeimbang
antara hard skill maupun soft skill yang dimiliki oleh siswa. Dalam
pelaksanaannya, sekolah menggunakan berbagai macam program, salah satunya
adalah dengan Building Learning Power yang diterapkan oleh SMAN 7 Soppeng.
Akan tetapi dalam pelaksanaannya, Building Learning Power memiliki beberapa
hambatan, salah satu hambatan tersebut adalah guru hanya memahami nilai-nilai
komponen Building Learning Power sesuai dengan arahan kepala sekolah saja.
Berdasarkan pada hasil observasi awal, sekitar 80% guru belum memiliki
referensi dari penerapan Building Learning Power. Oleh karena itu, perlu
diadakan kegiatan evaluasi untuk dapat mengetahui kesesuaian pelaksanaan
Building Learning Power dalam kegiatan belajar mengajar.
Model evaluasi yang digunakan adalah CIPP oleh Stufflebeam. Model
evaluasi tersebut dijabarkan dalam empat komponen Context, Input, Process, dan
Product yang sesuai untuk dapat mengevaluasi kegiatan belajar mengajar.
Keempat komponen tersebut disesuaikan dengan empat nilai-nilai komponen
Building Learning Power sehingga didapatkan indikator penelitian. Dalam
pengumpulan data menggunakan metode observasi, dokumentasi, dan wawancara
sehingga memudahkan peneliti untuk mendapatkan data kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa menunjukkan penerapan Building
Learning Power dalam komponen Context desain pembelajaran memenuhi 2 dari
4 nilai indikator program tersebut. Hasil penelitian dalam Input kegiatan belajar
mengajar menunjukkan telah memenuhi 4 dari 4 indikator nilai komponen
penerapan Building Learning Power. Komponen Process dalam kegiatan belajar
mengajar juga telah sesuai dengan memenuhi keseluruhan indikator nilai
penerapan Building Learning Power. Hasil penelitian menunjukkan komponen
produk dalam pelaksanaan Building Learning Power telah sesuai dengan
komponen penerapan Building Learning Power.
A. Kesimpulan
Setelah melakukan pengumpulan data, pengelolaan data dan
menganalisis data sebagai hasil penelitian dari pembahasan mengenai
evaluasi penerapan building learning power dalam kegiatan belajar mengajar di
SMAN 7 Soppeng maka dapat diambil kesimpulan sebagaiberikut:
a) Pengelolaan Program Building Learning Power (BLP) di SMAN 7
Soppeng sudah berjalan cukup baik. Manajemen Strategi Pendidikan
Berbasis Building Learning Power (BLP) adalah membangun kapasitas
belajar siswa. Kapasitas belajar sendiri adalah kemampuan individu untuk
dapat menghadapi berbagai masalah kehidupan di dunia nyata. Konsep ini
diperkenalkan oleh Prof. GuyClaxton, seorang ahli pendidikan dari
Universitas Winchester Inggris.Di SMAN 7 Soppeng sendiri BLP dibawa
olehDr. Margono. Learning power sebagai kemampuan dasar
seorangsiswa terbangun dari tujuh pilar utama yang meliputi: 1) visi
pribadiyang kuat, 2) pola pikir positif, 3) kekuatan akhlak, 4)
ketangguhan, 5)kecerdasan, 6) kecerdikan dan 7) kemandirian.
b) Pengelolaan Program Building Learning Power (BLP) di SMAN 7
Soppeng berdampak positif terhadap perkembangan motivasi belajar
siswa. Motivasi belajar siswa di SMAN 7 Soppeng cukup baik. Hal itu
bisa terlihat dari siswa-siswanya yang memiliki cita-cita besar. Belajar di
SMAN 7 Soppeng bukan berarti menguasai materi pelajaran saja, akan
tetapi belajar adalah siswa fokus dengan apa yang menjadi minat
dan bakatnya. SMAN 7 Soppeng juga melakukan kegiatan-kegiatan yang
mendukung siswa memunculkan cita-cita besarnya. Kegiatan-kegiatan itu
contohnya adalah mengadakan kelas inspirasi, mendatangkan anak yatim
yang sukses dan memberikan wawasan mengenai berbagai macam
pekerjaan di dunia luar sekolah.Motivasi belajar siswa dipengaruhi oleh 4
faktor yaitu diri siswa sendiri, guru, lingkungan belajar dan orang tua.
Pengelolaan ProgramBuilding Learning Power (BLP) di SMAN 7
Soppeng terbukti mampu meningkatkan motivasi belajar siswa. Hal
itudisebabkan dalam BLP ada 7 aspek yang selalu dilatih.
B. Saran
Penelitian yang dilakukan untuk studi kasus mengenai keunggulan dan
keberhasilannya, oleh karena itu, peneliti memberikan saran dalam pengembangan
teori. Saran yang dapat peneliti sampaikan berkaitan dengan hasil penelitian ini
yakni (1) Dalam melaksanakan program Building Learning Power, sekolah
hendaknya lebih memperkaya referensi mengenai pelaksanakan program tersebut
disekolah yang lain untuk lebih meningkatkan kapasitas belajar siswa (2)
Sebaiknya membuat buku pedoman pelaksanaan program Building Learning
Power serta pembinaan secara rutin untuk lebih mengembangkan kemampuan
guru dalam membantu para siswa meningkatkan kapasitas belajarnya (3)
Mempertahankan pelaksanaan Building Learning Power sebagai program
unggulan di sekolah meskipun akan datang banyak perubahan-perubahan dalam
rangka inovasi pendidikan menuju pendidikan yang lebih baik (4) Hendaknya
guru lebih meningkatkan komitmennya dalam melaksanakan program BLP ini
dengan lebih memperhatikan peningkatan potensi siswa serta mengajak
stakeholder agar turut serta dalam mendukung program yang dilaksanakan
sekolah.
Ketersediaan
STAR20230356356/2023Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

356/2023

Penerbit

IAIN BONE : Watamapone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

Skripsi Tarbiyah

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top