Penerapan Prosedur Kelas Untuk Membangun Suasana Kelas Yang Kondusif di MAS Ar-Rahman Kaju Kab. Bone

No image available for this title
Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui “Penerapan Prosedur Kelas Untuk
Membangun Suasana Kelas Yang Kondusif di MAS Ar-Rahman Kaju Kab.
Bone.” Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut, digunakan jenis
penelitian kualitatif (qualitatif research). Dengan pendekatan penelitian
menggunakan pendekatan manajemen dan pendekatan sosiologis. Data
dikumpulkan melalui, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian data
yang diperoleh dianalisis melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data
dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penerapan
prosedur kelas di MAS Ar-Rahman Kaju mengacu pada tindakan pencegahan
(preventif) dan tindakan penyembuhan (kuratif). Kegiatan tindakan pencegahan
yaitu peningkatan kesadaran pendidik sebagai guru dengan banyak membaca buku
tentang pelajaran, peningkatan kesadaran siswa dengan memperbaiki interaksi
guru dan siswa, sikap polos dan tulus dari guru karena sangan mempengaruhi
situasi belajar, penemuan alternatif dengan mengetahui penyebab masalah
tersebut, menciptakan kontrak sosial. Adapun tindakan penyembuhan yaitu
mengidentifikasi masalah dengan memperhatikaan gerak gerik siswa,
menganalisis masalah dengan mencari tahu latar belakang siswa, penetapan
alternatif dengan membuat peraturan kelas, memberikan umpan balik dengan
memberikan pujian dan apresiasi. Faktot pendukung dan faktor penghambat
dalam menciptakan suasana kelas yang kondusif. Faktor pendukung yaitu
kurikulum yang memenuhi kebutuhan, mengatur pendayagunaan ruang, sikap
yang profesional, sikap tanggung jawab siswa, kelas aktif secara terarah. Adapun
faktor penghambat yaitu guru yang otoriter, kekurangsadaran peserta didik yang
disebabkan oleh lingkungan keluarga dan pertemanannya, kebiasaan kurang baik
di lingkungan keluarganya, apabila kelas tidak sebanding dengan jumlah siswa
bisa dilakukan pemerataan jumlah siswa di dalam kelas, keterbatasan alat
penunjang mata pelajaran yang disebabkan kurangnya dana operasional sekolah
A. Simpulan
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan mengenai Penerapan
Prosedur Kelas Untuk Membangun Suasana Kelas yang Kondusif di MAS
Ar-Rahman Kaju, maka dapat disimpulkan bahwa:
1. Penerapan prosedur kelas di MAS Ar-Rahman Kaju mengacu pada
tindakan pencegahan (preventif) dan tindakan penyembuhan (kuratif).
Kegiatan tindakan pencegahan yaitu peningkatan kesadaran pendidik
sebagai guru dengan banyak membaca buku tentang pelajaran,
peningkatan kesadaran siswa dengan memperbaiki interaksi guru dan
siswa, sikap polos dan tulus dari guru karena sangan mempengaruhi
situasi belajar, penemuan alternatif dengan mengetahui penyebab
masalah tersebut, menciptakan kontrak sosial. Adapun tindakan
penyembuhan yaitu mengidentifikasi masalah dengan memperhatikaan
gerak gerik siswa, menganalisis masalah dengan mencari tahu latar
belakang siswa, penetapan alternatif dengan membuat peraturan kelas,
memberikan umpan balik dengan memberikan pujian dan apresiasi.
2. Faktot pendukung dan faktor penghambat dalam menciptakan suasana
kelas yang kondusif. Faktor pendukung yaitu kurikulum yang memenuhi
kebutuhan dengan mengatur kurikulum sesuai zamannya dan terus
dikembangkan, mengatur pendayagunaan ruang dengan mengatur
dinding kelas dan tempat duduk siswa, sikap yang profesional dengan
mengikuti pelatihan agar meningkatkan kualitas guru, sikap tanggung
jawab siswa dengan memberikan kepercayaan, kelas aktif secara terarah
dengan melaksanakan pembelajaran menggunakan bahasa yang mudah
dipahami. Adapun faktor penghambat yaitu guru yang otoriter,
kekurangsadaran peserta didik yang disebabkan oleh lingkungan keluarga
dan pertemanannya, kebiasaan kurang baik di lingkungan keluarganya,
apabila kelas tidak sebanding dengan jumlah siswa bisa dilakukan
pemerataan jumlah siswa di dalam kelas, keterbatasan alat penunjang
mata pelajaran yang disebabkan kurangnya dana operasional sekolah.
B. Saran
1. Bagi wali kelas diharpkan lebih mengerti dalam pembuatan kontrak
sosial, karena akan lebih baik lagi jika guru membuat peraturan kelas
bersama dengan siswa.
2. Bagi guru sebaiknya menggunakan metode pembelajaran yang
menyenangkan sehingga menarik minat siswa untuk terlibat secara aktif.
3. Hendaknya mengubah posisi tempat duduk siswa, seperti siswa yang
sering mengganggu temannya dipindahkan ke baris paling depan.
Ketersediaan
STAR20230193193/2023Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

193/2023

Penerbit

IAIN BONE : Watampone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

Skrpsi Tarbiyah

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top