Pengelolaan Kurikulum 2013 Dalam Menentukan Aspek Kelulusan Siswa Di SMKN 4 Bone

No image available for this title
Skripsi ini membahas tentang pengelolaan kurikulum 2013 dalam menentukan aspek
kelulusan siswa SMKN 4 Bone. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
pengelolaan kurikulum 2013 dan penentuan kelulusan siswa di SMKN 4 Bone.
Dalam penelitian peneliti melakukan penelitian lapangan, jenis penelitian adalah
kualitatif dengan pendekatan manajemen, pengumpulan data melakukan observasi,
wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kurikulum 2013 telah resmi menggantikan
Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan KTSP sebagai penyempurna dalam aspek
penerapan ysang lebih efektif sebagai peningkatan mutu belajar siswa dari berbagai
mata pelajaran yang diberikan. Kurikulum ini bertujuan untuk meningkatkan
semangat siswa dalam kegiatan belajar serta setiap guru mampu memahami
karakteristik setiap siswa dalam batas kemampuan mereka memperoleh ilmu
pengetahuan berdasarkan ketentuan kurikulum 2013.
Penentuan kelulusan siswa berdasarkan Kurikulum 2013 mengacu pada kegiatan siwa
dan guru dalam proses belajar mengajar di kelas dengan berdasarkan keaktifan siswa
maupun pengerjaan tugas dan juga di tinjau dari kehadiran siswa mengikuti setiap
mata pelajaran yang di berikan maupun dikembangkan melalui kegiatan
ekstrakulikuler seperti Pramuka, Osis, dan kegiatan lainnya. Kriteria Ketentuan
Minimal (KKM) ditinjau berdasarkan aspek sikap dalam konteks agama wawasan
kebangsaan maupun kewarga negaraan sebagai sebagai jiwa nasionalisme dalam
penentuan akhir kelulusan siswa
Hendaknya pihak utama sekolah SMKN 4 Bone meningkatkan pemahaman melalaui
kegiatan pelatihan pengelolaan kurikulum 2013 agar mampu mewujudkan tujuan
yang ingin dicapai dalam sistem pendidikan.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan pada bab sebelumnya
yang dilakukan oleh peneliti di SMKN 4 Bone, maka peneliti dapat
menyimpulkan sebagai berikut:
1. Kurikulum 2013 dilaksanakan mengikuti ketentuan yang ditetapkan, yang
dimana para siswa lebih didominasikan dalam penguasaan materi serta
diperjelas oleh guru pengajar apabila terdapat materi yang tidak dimengerti
ataupun dipahami oleh siswa.
2. Penentuan kelulusan siswa berdasarkan Kurikulum 2013 mengacu pada
kegiatan siwa dan guru dalam proses belajar mengajar di kelas dengan
berdasarkan keaktifan siswa maupun pengerjaan tugas dan juga di tinjau
dari kehadiran siswa mengikuti setiap mata pelajaran yang di berikan
maupun dikembangkan melalui kegiatan ekstrakulikuler seperti Pramuka,
Osis, dan kegiatan lainnya. Kriteria Ketentuan Minimal (KKM) ditinjau
berdasarkan aspek sikap dalam konteks agama wawasan kebangsaan
maupun kewarganegaraan sebagai sebagai jiwa nasionalisme dalam
penentuan akhir kelulusan siswa.
B. Saran
Berdasarkan hasil penelitian di atas, maka diuraikan beberapa saran
dari kajian peneliti, sebagai berikut:
1. Hendaknya pihak utama sekolah SMKN 4 Bone meningkatkan pemahaman
melalaui kegiatan pelatihan pengelolaan kurikulum 2013 agar mampu
mewujudkan tujuan yang ingin dicapai dalam sistem pendidikan.
2. Sekiranya peningkatkan saran dan prasana lebih dimaksimalkan sebagai
penunjang kelancaran proses belajar mengajar (PMB) berdasarkan
kurikulum 2013 di SMKN 4 Bone.
Ketersediaan
STAR2023001212/2023Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

12/2023

Penerbit

IAIN BONE : Watampone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

Skripsi Tarbiyah

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top