Pengaruh Layanan Digital Banking Terhadap Minat Penggunaan Produk Bank Syariah (Studi pada Nasabah Bank Muamalat KCP Bone)
Nurfadilla Ayska/612062019165 - Personal Name
Digital banking menjadi salah satu bentuk inovasi yang diciptakan oleh bank
agar dianggap mengikuti perkembangan dan bisa lebih memberikan kemudahan
kepada nasabah. Berbagai fitur pun diberikan oleh pihak perbankan agar memberikan
kemudahan dan kesenangan kepada para nasabah sekaligus agar dapat menarik
perhatian dari masyarakat untuk menggunakan fitur tersebut. Pada penelitian ini
bermaksud untuk menganalisis tentang layanan digital banking khususnya pada
nasabah penggunanya, apakah layanan digital banking memberikan pengaruh positif
dan signifikan terhadap minat penggunaan produk bank syariah.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan dengan metode
pendekatan kuantitatif yang dilakukan dengan cara pengamatan secara awal
kemudian menyebarkan kuesioner atau angket pernyataan kepada 100 responden
yang sesuai dengan data yang diperlukan. Kemudian hasil data yang didapatkan pada
penelitian akan dianalisis dan dijelaskan agar bisa menggambarkan lebih jauh tentang
pengaruh layanan digital banking terhadap minat penggunaan produk bank syariah.
Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa layanan digital banking
berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat penggunaan produk bank syariah
dengan nilai sebesar 37,8% sementara sisanya 62,2% dipengaruhi oleh faktor atau
variabel diluar model penelitian.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan maka kesimpulan pada
penelitian ini adalah:
1. Terdapat pengaruh layanan digital banking terhadap minat penggunaan
produk bank syariah.
2. Layanan digital banking mempengaruhi minat penggunaan produk bank
syariah sebesar 37,8% sementara sisanya sebesar 62,2% dipengaruhi oleh
faktor lain diluar model penelitian.
B. Saran
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan terdapat beberapa saran yang
diberikan oleh penelitian ini:
1. Bagi pihak perbankan agar tetap melakukan inovasi khususnya dalam
peningkatan layanan digital banking sehingga kedepannya dapat menjadi
alasan utama penggunaan produk bank syariah
2. Bagi peneliti selanjutnya disarankan untuk mengambil variabel
pendukung lainnya sehingga hasil yang didapatkan bisa digeneralisasi dan
juga pengambilan sampel bisa diperluas sehingga mewakili terhadap
populasi lainnya.
agar dianggap mengikuti perkembangan dan bisa lebih memberikan kemudahan
kepada nasabah. Berbagai fitur pun diberikan oleh pihak perbankan agar memberikan
kemudahan dan kesenangan kepada para nasabah sekaligus agar dapat menarik
perhatian dari masyarakat untuk menggunakan fitur tersebut. Pada penelitian ini
bermaksud untuk menganalisis tentang layanan digital banking khususnya pada
nasabah penggunanya, apakah layanan digital banking memberikan pengaruh positif
dan signifikan terhadap minat penggunaan produk bank syariah.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan dengan metode
pendekatan kuantitatif yang dilakukan dengan cara pengamatan secara awal
kemudian menyebarkan kuesioner atau angket pernyataan kepada 100 responden
yang sesuai dengan data yang diperlukan. Kemudian hasil data yang didapatkan pada
penelitian akan dianalisis dan dijelaskan agar bisa menggambarkan lebih jauh tentang
pengaruh layanan digital banking terhadap minat penggunaan produk bank syariah.
Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa layanan digital banking
berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat penggunaan produk bank syariah
dengan nilai sebesar 37,8% sementara sisanya 62,2% dipengaruhi oleh faktor atau
variabel diluar model penelitian.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan maka kesimpulan pada
penelitian ini adalah:
1. Terdapat pengaruh layanan digital banking terhadap minat penggunaan
produk bank syariah.
2. Layanan digital banking mempengaruhi minat penggunaan produk bank
syariah sebesar 37,8% sementara sisanya sebesar 62,2% dipengaruhi oleh
faktor lain diluar model penelitian.
B. Saran
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan terdapat beberapa saran yang
diberikan oleh penelitian ini:
1. Bagi pihak perbankan agar tetap melakukan inovasi khususnya dalam
peningkatan layanan digital banking sehingga kedepannya dapat menjadi
alasan utama penggunaan produk bank syariah
2. Bagi peneliti selanjutnya disarankan untuk mengambil variabel
pendukung lainnya sehingga hasil yang didapatkan bisa digeneralisasi dan
juga pengambilan sampel bisa diperluas sehingga mewakili terhadap
populasi lainnya.
Ketersediaan
| SFEBI20230039 | 39/2023 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
39/2023
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2023
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi FEBI
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
