Peran Kegiatan Literasi Terhadap Pemahaman Siswa Kelas XI Pada Mata Pelajaran Fikih di MAN 2 Bone Kec. Tanete Riattang Kab. Bone
Ulfatussaada/862082019109 - Personal Name
Skripsi ini membahas tentang Peranan Kegiatan Literasi Tehadap Pemahaman
Siswa Kelas XI Pada Mata Pelajaran Fikih di MAN 2 Bone Kec. Tanete Riattang
Kab. Bone. Ada tiga sub masalah yang dikaji dalam skripsi ini yang pertama yaitu
kegiatan literasi dalam meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran fikih di
MAN 2 Bone, kedua peningkatan pemahaman siswa setelah pelaksanaan kegiatan
literasi di kelas XI MAN 2 Bone, ketiga kontribusi kegiatan literasi dalam
meningkatkan pemahaman siswa kelas XI di MAN 2 Bone.
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut, jenis penelitian yang
dilakukan oleh peneliti yaitu penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan
manajemen, pedagogis dan sosiologis, adapun data yang dikumpulkan dengan
menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi, yaitu suatu metode
dengan jalan mendatangi lokasi penelitian, dan mengadakan pengamatan langsung
terhadap objek yang diteliti dan data dianalisis menggunakan cara reduksi data,
penyajian data penarikan kesimpulan.
Adapun hasil penelitian dalam skripsi ini, yaitu: pertama, kegiatan literasi
pada mata pelajaran fikih di MAN 2 Bone, yaitu kegiatan membaca yang terdiri dari
kegiatan membaca senyap dan membaca bersama, kemudian kegiatan menulis yang
terdiri dari kegiatan meresumekan hasil bacaan dan kegiatan membacakan hasil
resume, kemudian kegiatan menyimak yang terdiri dari kegiatan menyimak
penjelasan guru atas hasil resume siswa dan menyimak video yang ditayangkan oleh
guru. Kedua, peningkatan pemahaman siswa pada mata pelajaran fikih di MAN 2
Bone, dapat dilihat dari kemampuan memahami serta mampu memaknai materi
pelajaran fikih yang telah diberikan, siswa dapat menjelaskan kembali menggunakan
bahasanya sendiri tentang materi pelajaran fikih baik itu secara tertulis maupun secara
lisan, Ketiga, kontribusi kegiatan literasi dalam meningkatkan pemahaman siswa
kelas XI di MAN 2 Bone, yaitu sangat berkontribusi dalam meningkatkan
pemahaman siswa, dikarenakan melalui kegiatan literasi siswa lebih cepat memahami
materi yang diberikan oleh guru.
A. Kesimpulan
Berdasarkan uraian pada bab hasil penelitian dan pembahasan maka
penulis dapat mengemukakan simpulan dari hasil penelitian yang telah dilakukan,
yaitu:
1. Kegiatan literasi di kelas XI pada mata pelajaran fikih di MAN 2 Bone
kecamatan Tanete Riattang Kabupaten Bone diberikan secara variatif di
dalam kelas, sebelum memasuki materi pelajaran, adapun kegiatan literasi
yang biasa diberikan yaitu kegiatan membaca yang terdiri dari kegiatan
membaca senyap dan membaca bersama, kemudian kegiatan menulis yang
terdiri dari kegiatan resume hasil bacaan dan kegiatan membacakan hasil
resume, kemudian kegiatan menyimak yang terdiri dari kegiatan menyimak
penjelasan guru atas hasil resume siswa dan menyimak video yang
ditayangkan oleh guru.
2. Kegiatan literasi yang diterapkan pada kelas XI di MAN 2 Bone kecamatan
Tanete Riattang Kabupaten Bone dapat meningkatkan pemahaman siswa
terhadap materi pelajaran fikih, yaitu siswa mampu memahami serta mampu
memaknai materi pelajaran fikih yang telah diberikan, siswa dapat
menjelaskan Kembali menggunakan bahasanya sendiri tentang materi
pelajaran fikih yang telah diberikan baik itu secara tertulis maupun secara
lisan, siswa juga dapat memberikan contoh dan membedakan contoh selain
yang dipelajari di buku paket sekolah yang tentunya terkait dengan materi
pelajaran fikih yang telah diberikan.
3. Kegiatan literasi sangat berkontribusi dalam meningkatkan pemahaman siswa,
dikarenakan melalui kegiatan literasi siswa lebih cepat memahami materi
yang diberikan oleh guru. Adapun bukti kongkrit dari kontribusi literasi yaitu
adanya peningkatan pemahaman siswa terhadap materi pelajaran fikih, dalam
hal kemampuan siswa dalam menjelaskan kembali materi pelajaran
menggunakan bahasa sendiri, kemampuan memaknai materi pelajaran yang
telah diberikan serta kemampuan siswa dalam memberikan contoh tentang
materi pembelajaran fikih selain contoh yang ada di buku paket.
B. Implikasi
Berdasarkan penelitian yang dilakukan dan setelah memperhatikan
hasilnya, menyarankan bahwa :
1. Pelaksanaan kegiatan literasi yang diberikan di kelas XI di MAN 2 Bone
pada mata pelajaran fikih hendaknya tetap dilanjutkan dan ditingkatkan
kualitas dilaksanakannya.
2. Pemberian motivasi belajar kepada siswa perlu ditingkatkan lagi karena
masih ada beberapa siswa yang belum mampu memahami materi pelajaran
fikih disebabkan karena malas belajar. Jadi perlunya ada bimbingan dan
arahan yang membangun minat siswa agar mereka termotivasi serta
memiliki semangat untuk belajar.
Siswa Kelas XI Pada Mata Pelajaran Fikih di MAN 2 Bone Kec. Tanete Riattang
Kab. Bone. Ada tiga sub masalah yang dikaji dalam skripsi ini yang pertama yaitu
kegiatan literasi dalam meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran fikih di
MAN 2 Bone, kedua peningkatan pemahaman siswa setelah pelaksanaan kegiatan
literasi di kelas XI MAN 2 Bone, ketiga kontribusi kegiatan literasi dalam
meningkatkan pemahaman siswa kelas XI di MAN 2 Bone.
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut, jenis penelitian yang
dilakukan oleh peneliti yaitu penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan
manajemen, pedagogis dan sosiologis, adapun data yang dikumpulkan dengan
menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi, yaitu suatu metode
dengan jalan mendatangi lokasi penelitian, dan mengadakan pengamatan langsung
terhadap objek yang diteliti dan data dianalisis menggunakan cara reduksi data,
penyajian data penarikan kesimpulan.
Adapun hasil penelitian dalam skripsi ini, yaitu: pertama, kegiatan literasi
pada mata pelajaran fikih di MAN 2 Bone, yaitu kegiatan membaca yang terdiri dari
kegiatan membaca senyap dan membaca bersama, kemudian kegiatan menulis yang
terdiri dari kegiatan meresumekan hasil bacaan dan kegiatan membacakan hasil
resume, kemudian kegiatan menyimak yang terdiri dari kegiatan menyimak
penjelasan guru atas hasil resume siswa dan menyimak video yang ditayangkan oleh
guru. Kedua, peningkatan pemahaman siswa pada mata pelajaran fikih di MAN 2
Bone, dapat dilihat dari kemampuan memahami serta mampu memaknai materi
pelajaran fikih yang telah diberikan, siswa dapat menjelaskan kembali menggunakan
bahasanya sendiri tentang materi pelajaran fikih baik itu secara tertulis maupun secara
lisan, Ketiga, kontribusi kegiatan literasi dalam meningkatkan pemahaman siswa
kelas XI di MAN 2 Bone, yaitu sangat berkontribusi dalam meningkatkan
pemahaman siswa, dikarenakan melalui kegiatan literasi siswa lebih cepat memahami
materi yang diberikan oleh guru.
A. Kesimpulan
Berdasarkan uraian pada bab hasil penelitian dan pembahasan maka
penulis dapat mengemukakan simpulan dari hasil penelitian yang telah dilakukan,
yaitu:
1. Kegiatan literasi di kelas XI pada mata pelajaran fikih di MAN 2 Bone
kecamatan Tanete Riattang Kabupaten Bone diberikan secara variatif di
dalam kelas, sebelum memasuki materi pelajaran, adapun kegiatan literasi
yang biasa diberikan yaitu kegiatan membaca yang terdiri dari kegiatan
membaca senyap dan membaca bersama, kemudian kegiatan menulis yang
terdiri dari kegiatan resume hasil bacaan dan kegiatan membacakan hasil
resume, kemudian kegiatan menyimak yang terdiri dari kegiatan menyimak
penjelasan guru atas hasil resume siswa dan menyimak video yang
ditayangkan oleh guru.
2. Kegiatan literasi yang diterapkan pada kelas XI di MAN 2 Bone kecamatan
Tanete Riattang Kabupaten Bone dapat meningkatkan pemahaman siswa
terhadap materi pelajaran fikih, yaitu siswa mampu memahami serta mampu
memaknai materi pelajaran fikih yang telah diberikan, siswa dapat
menjelaskan Kembali menggunakan bahasanya sendiri tentang materi
pelajaran fikih yang telah diberikan baik itu secara tertulis maupun secara
lisan, siswa juga dapat memberikan contoh dan membedakan contoh selain
yang dipelajari di buku paket sekolah yang tentunya terkait dengan materi
pelajaran fikih yang telah diberikan.
3. Kegiatan literasi sangat berkontribusi dalam meningkatkan pemahaman siswa,
dikarenakan melalui kegiatan literasi siswa lebih cepat memahami materi
yang diberikan oleh guru. Adapun bukti kongkrit dari kontribusi literasi yaitu
adanya peningkatan pemahaman siswa terhadap materi pelajaran fikih, dalam
hal kemampuan siswa dalam menjelaskan kembali materi pelajaran
menggunakan bahasa sendiri, kemampuan memaknai materi pelajaran yang
telah diberikan serta kemampuan siswa dalam memberikan contoh tentang
materi pembelajaran fikih selain contoh yang ada di buku paket.
B. Implikasi
Berdasarkan penelitian yang dilakukan dan setelah memperhatikan
hasilnya, menyarankan bahwa :
1. Pelaksanaan kegiatan literasi yang diberikan di kelas XI di MAN 2 Bone
pada mata pelajaran fikih hendaknya tetap dilanjutkan dan ditingkatkan
kualitas dilaksanakannya.
2. Pemberian motivasi belajar kepada siswa perlu ditingkatkan lagi karena
masih ada beberapa siswa yang belum mampu memahami materi pelajaran
fikih disebabkan karena malas belajar. Jadi perlunya ada bimbingan dan
arahan yang membangun minat siswa agar mereka termotivasi serta
memiliki semangat untuk belajar.
Ketersediaan
| STAR20230201 | 201/2023 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
201/2023
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2023
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
