Peran Organisasi HMPS PAI dalam Mengembangkan Kemampuan Intelektual Mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah IAIN Bone

No image available for this title
Skripsi ini membahas tentang Peran Organisasi HMPS PAI dalam Mengembangkan
Kemampuan Intelektual Mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas
Tarbiyah IAIN Bone. HMPS PAI merupakan tempat atau wadah bagi mahasiswa
Pendidikan Agama Islam untuk mengembangkan mahasiswa PAI kearah perluasan
yang lebih baik.
Tujuan penulisan ini adalah: 1). Mengetahui bentuk-bentuk peran organisasi HMPS
PAI dalam mengembangkan kemampuan intelektual mahasiswa Pendidikan agama
Islam fakultas Tarbiyah IAIN Bone, 2). Seberapa besar peran organisasi HMPS PAI
dalam mengembangkan kemampuan intelektual mahasiswa PAI.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti, maka ditarik
kesimpulan sebagai berikut:
1. Bentuk-bentuk peran HMPS PAI yaitu sebagai wadah pengembangan, sebagai
wadah pelatihan, sebagai wadah penalaran, sebagai wadah peningkatan ilmu dan
wawasan dan sebagai pelaksana kegiatan mahasiswa yaitu Menyusun program
kerja serta melaksanakan program kerja. Berdasarkan hasil analisis data, peran
organisasi HMPS PAI dalam mengembangkan kemampuan intelektual
mahasiswa PAI sebagai wadah pengembangan memperoleh nilai atau persentase
sebanyak 15%, sebagai wadah pelatihan memperoleh nilai atau persentase
sebanyak 15%, sebagai wadah penalaran memperoleh nilai atau persentase
sebanyak 20%, sebagai wadah peningkatan ilmu dan wawasan memperoleh nilai
atau persentase sebanyak 30%, sedangkan dalam menyusun program kerja
memperoleh hasil atau persentase sebanyak 5% dan melaksanakan program kerja
sebanyak 15%.
2. Analisis data uji hipotesis/ uji t test dengan menggunakan uji one sample t test
memperoleh hasil bahwa thitung > ttabel (3805.356 > 1,989686) artinya H o
ditolak dan H a diterima. Hal ini menujukkan bahwa peran organisasi HMPS PAI
dalam mengembangkan kemampuan intelektual mahasiswa PAI paling rendah
80%.
B. Implikasi
1. Diharapkan kepada badan pengurus harian HMPS PAI untuk lebih memberikan
gagasan atau idenya dalam membuat program kerja yang berbasis pengembangan
kemampuan mahasiswa khususnya dalam ranah pengembangan kamampuan
intelektual agar mahasiswa memliki tempat untuk mengembangkan lagi
kemampuan intelektualnya
2. Diharapkan kepada seluruh mahasiswa untuk lebih aktif diorganisasi khusunya
mahasiswa Pendidikan agama Islam dengan mengikuti berbagai kegiatan yang
dilakukan oleh HMPS PAI
3. Diharapka kepada prodi Pendidikan agama Islam fakuktas Tarbiyah untuk turut
andil dalam mewadahi mahasiswa maupun pembuatan program kerja dan
implementasinya yang bertujuan untuk pengembangan kemampuan mahasiswa
4. Diharapkan kepada peneliti selanjutnya bahwa hasil penelitian ini dapat
dijadikan referensi untuk melakukan penelitian khususnya peran organisasi
dalam mengembangkan kemampuan intelektual mahasiswa.
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif, dengan
pendekatan penelitian kependidikan Islam. teknik pengambilan sampel dalam
penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dengan sampel sebanyak 82
mahasiswa PAI, sedangkan teknik pengumpulan data yaitu observasi, angket, dan
dokumentasi. Data yang diperoleh diolah menggunakan aplikasi SPSS versi 26.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1). Bentuk-bentuk peran HMPS PAI yaitu
sebagai wadah pengembangan, pelatihan, penalaran, peningkatan ilmu dan wawasan
dan sebagai pelaksana kegiatan mahasiswa program studi pendidikan Agama Islam.
Berdasarkan hasil analisis data, peran organisasi HMPS PAI dalam mengembangkan
kemampuan intelektual mahasiswa PAI sebagai wadah pengembangan memperoleh
nilai atau persentase sebanyak 15%, sebagai wadah pelatihan memperoleh nilai atau
persentase sebanyak 15%, sebagai wadah penalaran memperoleh nilai atau persentase
sebanyak 20%, sebagai wadah peningkatan ilmu dan wawasan memperoleh nilai atau
persentase sebanyak 30%, sedangkan dalam menyusun program kerja memperoleh
hasil atau persentase sebanyak 5% dan melaksanakan program kerja sebanyak 15%. 2).
hasil analisi data uji hipotesis dengan menggunakan uji one sample t test memperoleh
hasil bahwa thitung > ttabel (3805.356 > 1,989686) artinya H o ditolak dan H a diterima.
Hal ini menujukkan bahwa peran organisasi HMPS PAI dalam mengembangkan
kemampuan intelektual mahasiswa PAI paling rendah 80%.
Ketersediaan
STAR20230328328/2023Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

328/2023

Penerbit

IAIN BONE : Watampone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

Skripsi Tarbiyah

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top