Peran Organisasi HMPS PAI dalam Mengembangkan Kemampuan Intelektual Mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah IAIN Bone
Yulyana/862082019115 - Personal Name
Skripsi ini membahas tentang Peran Organisasi HMPS PAI dalam Mengembangkan
Kemampuan Intelektual Mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas
Tarbiyah IAIN Bone. HMPS PAI merupakan tempat atau wadah bagi mahasiswa
Pendidikan Agama Islam untuk mengembangkan mahasiswa PAI kearah perluasan
yang lebih baik.
Tujuan penulisan ini adalah: 1). Mengetahui bentuk-bentuk peran organisasi HMPS
PAI dalam mengembangkan kemampuan intelektual mahasiswa Pendidikan agama
Islam fakultas Tarbiyah IAIN Bone, 2). Seberapa besar peran organisasi HMPS PAI
dalam mengembangkan kemampuan intelektual mahasiswa PAI.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti, maka ditarik
kesimpulan sebagai berikut:
1. Bentuk-bentuk peran HMPS PAI yaitu sebagai wadah pengembangan, sebagai
wadah pelatihan, sebagai wadah penalaran, sebagai wadah peningkatan ilmu dan
wawasan dan sebagai pelaksana kegiatan mahasiswa yaitu Menyusun program
kerja serta melaksanakan program kerja. Berdasarkan hasil analisis data, peran
organisasi HMPS PAI dalam mengembangkan kemampuan intelektual
mahasiswa PAI sebagai wadah pengembangan memperoleh nilai atau persentase
sebanyak 15%, sebagai wadah pelatihan memperoleh nilai atau persentase
sebanyak 15%, sebagai wadah penalaran memperoleh nilai atau persentase
sebanyak 20%, sebagai wadah peningkatan ilmu dan wawasan memperoleh nilai
atau persentase sebanyak 30%, sedangkan dalam menyusun program kerja
memperoleh hasil atau persentase sebanyak 5% dan melaksanakan program kerja
sebanyak 15%.
2. Analisis data uji hipotesis/ uji t test dengan menggunakan uji one sample t test
memperoleh hasil bahwa thitung > ttabel (3805.356 > 1,989686) artinya H o
ditolak dan H a diterima. Hal ini menujukkan bahwa peran organisasi HMPS PAI
dalam mengembangkan kemampuan intelektual mahasiswa PAI paling rendah
80%.
B. Implikasi
1. Diharapkan kepada badan pengurus harian HMPS PAI untuk lebih memberikan
gagasan atau idenya dalam membuat program kerja yang berbasis pengembangan
kemampuan mahasiswa khususnya dalam ranah pengembangan kamampuan
intelektual agar mahasiswa memliki tempat untuk mengembangkan lagi
kemampuan intelektualnya
2. Diharapkan kepada seluruh mahasiswa untuk lebih aktif diorganisasi khusunya
mahasiswa Pendidikan agama Islam dengan mengikuti berbagai kegiatan yang
dilakukan oleh HMPS PAI
3. Diharapka kepada prodi Pendidikan agama Islam fakuktas Tarbiyah untuk turut
andil dalam mewadahi mahasiswa maupun pembuatan program kerja dan
implementasinya yang bertujuan untuk pengembangan kemampuan mahasiswa
4. Diharapkan kepada peneliti selanjutnya bahwa hasil penelitian ini dapat
dijadikan referensi untuk melakukan penelitian khususnya peran organisasi
dalam mengembangkan kemampuan intelektual mahasiswa.
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif, dengan
pendekatan penelitian kependidikan Islam. teknik pengambilan sampel dalam
penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dengan sampel sebanyak 82
mahasiswa PAI, sedangkan teknik pengumpulan data yaitu observasi, angket, dan
dokumentasi. Data yang diperoleh diolah menggunakan aplikasi SPSS versi 26.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1). Bentuk-bentuk peran HMPS PAI yaitu
sebagai wadah pengembangan, pelatihan, penalaran, peningkatan ilmu dan wawasan
dan sebagai pelaksana kegiatan mahasiswa program studi pendidikan Agama Islam.
Berdasarkan hasil analisis data, peran organisasi HMPS PAI dalam mengembangkan
kemampuan intelektual mahasiswa PAI sebagai wadah pengembangan memperoleh
nilai atau persentase sebanyak 15%, sebagai wadah pelatihan memperoleh nilai atau
persentase sebanyak 15%, sebagai wadah penalaran memperoleh nilai atau persentase
sebanyak 20%, sebagai wadah peningkatan ilmu dan wawasan memperoleh nilai atau
persentase sebanyak 30%, sedangkan dalam menyusun program kerja memperoleh
hasil atau persentase sebanyak 5% dan melaksanakan program kerja sebanyak 15%. 2).
hasil analisi data uji hipotesis dengan menggunakan uji one sample t test memperoleh
hasil bahwa thitung > ttabel (3805.356 > 1,989686) artinya H o ditolak dan H a diterima.
Hal ini menujukkan bahwa peran organisasi HMPS PAI dalam mengembangkan
kemampuan intelektual mahasiswa PAI paling rendah 80%.
Kemampuan Intelektual Mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas
Tarbiyah IAIN Bone. HMPS PAI merupakan tempat atau wadah bagi mahasiswa
Pendidikan Agama Islam untuk mengembangkan mahasiswa PAI kearah perluasan
yang lebih baik.
Tujuan penulisan ini adalah: 1). Mengetahui bentuk-bentuk peran organisasi HMPS
PAI dalam mengembangkan kemampuan intelektual mahasiswa Pendidikan agama
Islam fakultas Tarbiyah IAIN Bone, 2). Seberapa besar peran organisasi HMPS PAI
dalam mengembangkan kemampuan intelektual mahasiswa PAI.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti, maka ditarik
kesimpulan sebagai berikut:
1. Bentuk-bentuk peran HMPS PAI yaitu sebagai wadah pengembangan, sebagai
wadah pelatihan, sebagai wadah penalaran, sebagai wadah peningkatan ilmu dan
wawasan dan sebagai pelaksana kegiatan mahasiswa yaitu Menyusun program
kerja serta melaksanakan program kerja. Berdasarkan hasil analisis data, peran
organisasi HMPS PAI dalam mengembangkan kemampuan intelektual
mahasiswa PAI sebagai wadah pengembangan memperoleh nilai atau persentase
sebanyak 15%, sebagai wadah pelatihan memperoleh nilai atau persentase
sebanyak 15%, sebagai wadah penalaran memperoleh nilai atau persentase
sebanyak 20%, sebagai wadah peningkatan ilmu dan wawasan memperoleh nilai
atau persentase sebanyak 30%, sedangkan dalam menyusun program kerja
memperoleh hasil atau persentase sebanyak 5% dan melaksanakan program kerja
sebanyak 15%.
2. Analisis data uji hipotesis/ uji t test dengan menggunakan uji one sample t test
memperoleh hasil bahwa thitung > ttabel (3805.356 > 1,989686) artinya H o
ditolak dan H a diterima. Hal ini menujukkan bahwa peran organisasi HMPS PAI
dalam mengembangkan kemampuan intelektual mahasiswa PAI paling rendah
80%.
B. Implikasi
1. Diharapkan kepada badan pengurus harian HMPS PAI untuk lebih memberikan
gagasan atau idenya dalam membuat program kerja yang berbasis pengembangan
kemampuan mahasiswa khususnya dalam ranah pengembangan kamampuan
intelektual agar mahasiswa memliki tempat untuk mengembangkan lagi
kemampuan intelektualnya
2. Diharapkan kepada seluruh mahasiswa untuk lebih aktif diorganisasi khusunya
mahasiswa Pendidikan agama Islam dengan mengikuti berbagai kegiatan yang
dilakukan oleh HMPS PAI
3. Diharapka kepada prodi Pendidikan agama Islam fakuktas Tarbiyah untuk turut
andil dalam mewadahi mahasiswa maupun pembuatan program kerja dan
implementasinya yang bertujuan untuk pengembangan kemampuan mahasiswa
4. Diharapkan kepada peneliti selanjutnya bahwa hasil penelitian ini dapat
dijadikan referensi untuk melakukan penelitian khususnya peran organisasi
dalam mengembangkan kemampuan intelektual mahasiswa.
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif, dengan
pendekatan penelitian kependidikan Islam. teknik pengambilan sampel dalam
penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dengan sampel sebanyak 82
mahasiswa PAI, sedangkan teknik pengumpulan data yaitu observasi, angket, dan
dokumentasi. Data yang diperoleh diolah menggunakan aplikasi SPSS versi 26.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1). Bentuk-bentuk peran HMPS PAI yaitu
sebagai wadah pengembangan, pelatihan, penalaran, peningkatan ilmu dan wawasan
dan sebagai pelaksana kegiatan mahasiswa program studi pendidikan Agama Islam.
Berdasarkan hasil analisis data, peran organisasi HMPS PAI dalam mengembangkan
kemampuan intelektual mahasiswa PAI sebagai wadah pengembangan memperoleh
nilai atau persentase sebanyak 15%, sebagai wadah pelatihan memperoleh nilai atau
persentase sebanyak 15%, sebagai wadah penalaran memperoleh nilai atau persentase
sebanyak 20%, sebagai wadah peningkatan ilmu dan wawasan memperoleh nilai atau
persentase sebanyak 30%, sedangkan dalam menyusun program kerja memperoleh
hasil atau persentase sebanyak 5% dan melaksanakan program kerja sebanyak 15%. 2).
hasil analisi data uji hipotesis dengan menggunakan uji one sample t test memperoleh
hasil bahwa thitung > ttabel (3805.356 > 1,989686) artinya H o ditolak dan H a diterima.
Hal ini menujukkan bahwa peran organisasi HMPS PAI dalam mengembangkan
kemampuan intelektual mahasiswa PAI paling rendah 80%.
Ketersediaan
| STAR20230328 | 328/2023 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
328/2023
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2023
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
