Penerapan Metode Snowball Throwing dalam Meningkatkan Keaktifan Siswa pada Pembelajaran Akidah Akhlak Kelas VII MTS Mursyidul Awwam Cenrana Kecamatan Cenrana Kabupaten Bone
Fadhila Syahri Sya'ban/862082019009 - Personal Name
Snowball Throwing adalah salah satu metode pembelajaran yang digunakan
untuk memberikan konsep pemahaman pengetahuan yang mendalam kepada siswa
dengan cara bertukar informasi. Penggunaan metode Snowball Throwing dalam
meningkatkan keaktifan belajar mampu meningkatkan potensi atau kemampuan
intelektual, sosial, serta emosional peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui implementasi Snowball Throwing pada pembelajaran akidah akhlak
siswa kelas VII MTs Mursyidul Awwam Cenrana, untuk mengetahui keaktifan siswa
pada pembelajaran akidah akhlak siswa kelas VII MTs Muryidul Awwam Cenrana
dengan metode Snowball Throwing, dan untuk menganalisis bagaimana dampak
metode Snowball Throwing dalam meningkatkan keaktifan siswa pada pembelajaran
akidah akhlak siswa. Penelitian ini menggunakan metodologi kualitatif dengan teknik
pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa implementasi metode snowball Throwing pada pembelajaran
akidah akhlak siswa kelas VII MTs Mursyidul Awwam Cenrana membuat siswa
mampu berperan aktif di dalam kelas dikarenakan metode ini mampu merangsang
keaktifan siswa. Keaktifan siswa pada pembelajaran akidah akhlak siswa kelas VII
MTs Mursyidul Awwam Cenrana dengan metode Snowball Throwing merupakan
salah satu unsur dasar penting bagi keberhasilan proses pembelajaran. Pembelajaran
akidah akhlak menggunakan metode Snowball Throwing memberikan pengaruh yang
besar dalam pembelajaran akidah akhlak dibuktikan dengan keaktifan siswa di dalam
kelas serta menciptakan suasana kelas yang lebih hidup dan lebih terarah dikarenakan
antusiasme siswa yang sangat besar selama berlangsungnya proses pembelajran.
Dampak positif dari metode ini yaitu terwudunya aspek kognitif, afektif, dan
psikomotorik siswa serta membuat kondisi kelas yang bersemangat sebab ada fase
belajar dan bermain bola kertas. Dampak negatif dari metode ini yaitu membuat
suasana kelas yang kurang kondusif serta waktu yang terbatas.
A. Simpulan
Berdasarkan uraian pada bab hasil penelitian dan pembahasan, maka penulis
dapat mengemukakan simpulan dari hasil penelitian yang dilakukan yaitu:
1. Implementasi metode snowball throwing pada pembelajaran akidah akhlak
siswa kelas VII MTs Mursyidul Awwam cenrana membuat siswa mampu
berperan aktif di dalam kelas dikarenakan metode ini mampu merangsang
keaktifan siswa, membuat antusiasme siswa lebih tinggi, siswa mampu
membuat pertanyaan dan menjawab maupun mengutarakan argumentasi
selama proses pembelajaran sehingga menciptakan suasana kelas yang lebih
hidup.
2. Keaktifan siswa pada pembelajaran akidah akhlak siswa kelas VII MTs
Mursyidul Awwam Cenrana dengan metode snowball throwing merupakan
salah satu unsur dasar penting bagi keberhasilan proses pembelajaran.
Keaktifan dipengaruhi oleh berbagai macam faktor salah satunya memberikan
motivasi kepada siswa. Dengan diberikannya motivasi kepada siswa setiap
memulai pembelajaran mampu membuat siswa terdoktrin untuk lebih serius
dan lebih bersungguh-sungguh dalam proses pembelajaran. Pembelajaran
akidah akhlak menggunakan metode snowball throwing memberikan
pengaruh yang besar dalam pembelajaran akidah akhlak dibuktikan dengan
keaktifan siswa di dalam kelas serta menciptakan suasana kelas yang lebih
hidup, lebih terarah dikarenakah antusiasme siswa yang sangat besar selama
berlangsungnya proses pembelajaran.
3. Dampak metode snowball throwing dalam meningkatkan keaktifan siswa
pada pembelajaran akidah akhlak memiliki dampak positif dan negative.
Dampak positif dari metode ini dalam meningkatkan keaktifan siswa yaitu
dapat membuat siswa berpartisipasi aktif di dalam kelas dan mampu
menciptakan suasana belajar yang lebih seru dan menyenangkan sehingga
siswa tertarik dalam pembelajaran akidah akhlak dan membuat siswa lebih
mudah memahami materi yang diberikan karena mereka saling bertukar
informasi. Adapun dampak megatif dari metode ini adalah pada saat metode
snowball throwing dilaksanakan pada bagian melempar kertas berbentuk bola
hendak dilempar masih ada yang melempar dengan asal-asalan. Hal tersebut
membuat kelas sedikit rusuh dan sedikit membuat kegaduhan di dalam kelas.
B. Implikasi
Setelah penulis menguraikan simpulan tersebut, maka dibawah ini akan
diuraikan saran. Adapun saran yang penulis maksudkan dalam skripsi ini adalah
sebagai berikut:
1. Pemerintah, agar lebih memperhatikan sekolah yang berada di pedalaman
serta sistem yang diterapkan oleh sekolah.
2. Kepada guru mata pelajaran akidah akhlak agar tetap melaksanakan tugas
dan tanggung jawab seoptimal mungkin.
3. Setelah penulis skripsi ini diharapkan mampu memberikan komtribusi di
dalam dunia pendidikan formal, informal, maupun pendidikan nonformal.
untuk memberikan konsep pemahaman pengetahuan yang mendalam kepada siswa
dengan cara bertukar informasi. Penggunaan metode Snowball Throwing dalam
meningkatkan keaktifan belajar mampu meningkatkan potensi atau kemampuan
intelektual, sosial, serta emosional peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui implementasi Snowball Throwing pada pembelajaran akidah akhlak
siswa kelas VII MTs Mursyidul Awwam Cenrana, untuk mengetahui keaktifan siswa
pada pembelajaran akidah akhlak siswa kelas VII MTs Muryidul Awwam Cenrana
dengan metode Snowball Throwing, dan untuk menganalisis bagaimana dampak
metode Snowball Throwing dalam meningkatkan keaktifan siswa pada pembelajaran
akidah akhlak siswa. Penelitian ini menggunakan metodologi kualitatif dengan teknik
pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa implementasi metode snowball Throwing pada pembelajaran
akidah akhlak siswa kelas VII MTs Mursyidul Awwam Cenrana membuat siswa
mampu berperan aktif di dalam kelas dikarenakan metode ini mampu merangsang
keaktifan siswa. Keaktifan siswa pada pembelajaran akidah akhlak siswa kelas VII
MTs Mursyidul Awwam Cenrana dengan metode Snowball Throwing merupakan
salah satu unsur dasar penting bagi keberhasilan proses pembelajaran. Pembelajaran
akidah akhlak menggunakan metode Snowball Throwing memberikan pengaruh yang
besar dalam pembelajaran akidah akhlak dibuktikan dengan keaktifan siswa di dalam
kelas serta menciptakan suasana kelas yang lebih hidup dan lebih terarah dikarenakan
antusiasme siswa yang sangat besar selama berlangsungnya proses pembelajran.
Dampak positif dari metode ini yaitu terwudunya aspek kognitif, afektif, dan
psikomotorik siswa serta membuat kondisi kelas yang bersemangat sebab ada fase
belajar dan bermain bola kertas. Dampak negatif dari metode ini yaitu membuat
suasana kelas yang kurang kondusif serta waktu yang terbatas.
A. Simpulan
Berdasarkan uraian pada bab hasil penelitian dan pembahasan, maka penulis
dapat mengemukakan simpulan dari hasil penelitian yang dilakukan yaitu:
1. Implementasi metode snowball throwing pada pembelajaran akidah akhlak
siswa kelas VII MTs Mursyidul Awwam cenrana membuat siswa mampu
berperan aktif di dalam kelas dikarenakan metode ini mampu merangsang
keaktifan siswa, membuat antusiasme siswa lebih tinggi, siswa mampu
membuat pertanyaan dan menjawab maupun mengutarakan argumentasi
selama proses pembelajaran sehingga menciptakan suasana kelas yang lebih
hidup.
2. Keaktifan siswa pada pembelajaran akidah akhlak siswa kelas VII MTs
Mursyidul Awwam Cenrana dengan metode snowball throwing merupakan
salah satu unsur dasar penting bagi keberhasilan proses pembelajaran.
Keaktifan dipengaruhi oleh berbagai macam faktor salah satunya memberikan
motivasi kepada siswa. Dengan diberikannya motivasi kepada siswa setiap
memulai pembelajaran mampu membuat siswa terdoktrin untuk lebih serius
dan lebih bersungguh-sungguh dalam proses pembelajaran. Pembelajaran
akidah akhlak menggunakan metode snowball throwing memberikan
pengaruh yang besar dalam pembelajaran akidah akhlak dibuktikan dengan
keaktifan siswa di dalam kelas serta menciptakan suasana kelas yang lebih
hidup, lebih terarah dikarenakah antusiasme siswa yang sangat besar selama
berlangsungnya proses pembelajaran.
3. Dampak metode snowball throwing dalam meningkatkan keaktifan siswa
pada pembelajaran akidah akhlak memiliki dampak positif dan negative.
Dampak positif dari metode ini dalam meningkatkan keaktifan siswa yaitu
dapat membuat siswa berpartisipasi aktif di dalam kelas dan mampu
menciptakan suasana belajar yang lebih seru dan menyenangkan sehingga
siswa tertarik dalam pembelajaran akidah akhlak dan membuat siswa lebih
mudah memahami materi yang diberikan karena mereka saling bertukar
informasi. Adapun dampak megatif dari metode ini adalah pada saat metode
snowball throwing dilaksanakan pada bagian melempar kertas berbentuk bola
hendak dilempar masih ada yang melempar dengan asal-asalan. Hal tersebut
membuat kelas sedikit rusuh dan sedikit membuat kegaduhan di dalam kelas.
B. Implikasi
Setelah penulis menguraikan simpulan tersebut, maka dibawah ini akan
diuraikan saran. Adapun saran yang penulis maksudkan dalam skripsi ini adalah
sebagai berikut:
1. Pemerintah, agar lebih memperhatikan sekolah yang berada di pedalaman
serta sistem yang diterapkan oleh sekolah.
2. Kepada guru mata pelajaran akidah akhlak agar tetap melaksanakan tugas
dan tanggung jawab seoptimal mungkin.
3. Setelah penulis skripsi ini diharapkan mampu memberikan komtribusi di
dalam dunia pendidikan formal, informal, maupun pendidikan nonformal.
Ketersediaan
| STAR20230215 | 215/2023 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
215/2023
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2023
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
