Pengelolaan Kegiatan Pekan Olahraga dan Seni terhadap Pengembangan Bakat Peserta Didik di MAS DDI Ponre Kecamatan Ponre Kabupaten Bone
Mawaddah Tajuddin/862312019013 - Personal Name
Adapun inti dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana pengelolaan
pekan olahraga dan seni terhadap pengembangan bakat peserta didik. Penelitian
ini menggunakan analisis kualitatif yang bertempat di MAS DDI Ponre
Kecamatan Ponre Kabupaten Bone. Teknik pengumpulan data yang digunakan
adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa pengelolaan kegiatan pekan olahraga dan seni dimulai dari tahap
perencanaan yaitu mengenali dan mendeteksi bakat peserta didik dengan cara
melakukan pertemuan, menanyakan langsung kepada guru/wali kelas. Selanjutnya
tahap pengorganisasian, tahap ini dimaksudkan untuk mengelompokkan bakat
peserta didik. Dalam pelaksanaan kegiatan pekan olahraga dan seni digunakan
sebagai wadah untuk mengembangkan bakat peserta didik dengan cara
dipraktikkan atau diaktualisasikan dan diakhiri dengan evaluasi yakni berupa
penilaian terhadap kegiatan yang telah dilaksanakan. Terkait dengan
pengembangan bakat peserta didik di MAS DDI Ponre dapat dikatakan baik. Baik
dari segi bakat kinetik fisik maupuan bakat musikalnya hal tersebut diketahui dari
adanya prestasi yang diperoleh baik berupa piala maupun sertifikat. Kemampuan
tersebut didukung oleh antusias peserta didik serta dukungan dari pihak madrasah.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat ditarik beberapa
kesimpulan bahwa:
1. Pengelolaan Pekan Olahraga dan Seni atau disingkat dengan Porseni yang
dilaksankan oleh MAS DDI Ponre berkenaan dengan fungsi-fungsi
manajemen. Perencanaan dijadikan sebuah langkah awal dalam mengenali
bakat dari peserta didik. Upaya yang dilakukan berupa mengadakan
pertemuan, menanyakan kepada guru/wali kelas, serta mengidentifikasi
kembali bakat peserta didik ketika telah diterima di sekolah. Pada tahap
pengorganisasian ditujukan untuk mengelompokkan peserta didik
berdasarkan karakteristik peserta didik itu sendiri. Dalam tahap penyaluran
bakat peserta didik melalui pelaksanaan kegiatan porseni merupakan salah
satu upaya sekolah dalam mewadahi pengembangan bakat peserta didik.
Kegiatan yang diperlombakan tidak hanya berkaitan dengan bidang olahraga
dan seni saja melainkan terdapat lomba yang berkaitan dengan keagamaan
serta pengawasan dalam kegiatan pekan olahraga dan seni di MAS DDI Ponre
dimaksudkan untuk memberikan penilaian terhadap suatu kegiatan yang telah
terlaksana.
2. Pengembangan bakat peserta didik di MAS DDI Ponre yang berkaitan dengan
bakat kinetik fisik (bodily kinetic) meliputi kegiatan olahraga dan seni yakni
takraw, senam, dan tari. Sedangkan bakat peserta didik dalam bakat musikal
(musical) yakni kemampuan peserta didik dalam menghapal dan
menyanyikan lagu berupa vokal grup. Hal tersebut didukung oleh adanya
bukti prestasi yang telah diraih. Kemampuan peserta didik tersebut didukung
oleh antusias peserta didik serta dukungan dari pihak madrasah.
3. Pengelolaan kegiatan pekan olahraga dan seni terhadap pengembangan bakat
peserta didik di MAS DDI Ponre serta keikutsertaan peserta didik dalam
kegiatan diluar madrasah merupakan upaya yang digunakan untuk mewadahi
dam mengembangkan bakat peserta didik. Hal tersebut dikarenakan belum
adanya wadah khusus untuk mengembangkan bakat peserta didik di sekolah
baik bakat kinetik fisik maupun bakat musikal seperti organisasi olahraga dan
organisasi seni seperti yang kebanyakan sekolah lain bentuk yang digunakan
untuk pengembangan bakat.
B. Saran
Sebagai akhir dari penelitian skripsi ini dengan mendasar pada penelitian
yang peneliti lakukan, maka peneliti ingin memberikan saran yang mungkin dapat
memberikan bahan masukan, antara lain sebagai berikut:
1. Baik kepala madrasah maupun wakil kepala madrasah, diharapkan mampu
memberikan fasilitas yang lebih baik kepada peserta didik sehingga peserta
didik dapat mengembangkan bakatnya lebih maksimal.
2. Dengan melihat beberapa prestasi yang telah diraih, diharapkan kepada pihak
madrasah untuk mengikuti kegiatan pengembangan bakat di tingkat yang
lebih tinggi lagi.
3. Diharapkan kepada pihak madrasah untuk menyediakan lemari yang khusus
digunakan untuk menyimpan prestasi yang telah diperoleh baik yang berupa
piala, piagam, maupun sertifikat.
4. Diharapkan kepada pihak madrasah agar melakukan pengarsipan mengenai
kegiatan-kegiatan yang dilakukan sehingga memudahkan pencarian data.
pekan olahraga dan seni terhadap pengembangan bakat peserta didik. Penelitian
ini menggunakan analisis kualitatif yang bertempat di MAS DDI Ponre
Kecamatan Ponre Kabupaten Bone. Teknik pengumpulan data yang digunakan
adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa pengelolaan kegiatan pekan olahraga dan seni dimulai dari tahap
perencanaan yaitu mengenali dan mendeteksi bakat peserta didik dengan cara
melakukan pertemuan, menanyakan langsung kepada guru/wali kelas. Selanjutnya
tahap pengorganisasian, tahap ini dimaksudkan untuk mengelompokkan bakat
peserta didik. Dalam pelaksanaan kegiatan pekan olahraga dan seni digunakan
sebagai wadah untuk mengembangkan bakat peserta didik dengan cara
dipraktikkan atau diaktualisasikan dan diakhiri dengan evaluasi yakni berupa
penilaian terhadap kegiatan yang telah dilaksanakan. Terkait dengan
pengembangan bakat peserta didik di MAS DDI Ponre dapat dikatakan baik. Baik
dari segi bakat kinetik fisik maupuan bakat musikalnya hal tersebut diketahui dari
adanya prestasi yang diperoleh baik berupa piala maupun sertifikat. Kemampuan
tersebut didukung oleh antusias peserta didik serta dukungan dari pihak madrasah.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat ditarik beberapa
kesimpulan bahwa:
1. Pengelolaan Pekan Olahraga dan Seni atau disingkat dengan Porseni yang
dilaksankan oleh MAS DDI Ponre berkenaan dengan fungsi-fungsi
manajemen. Perencanaan dijadikan sebuah langkah awal dalam mengenali
bakat dari peserta didik. Upaya yang dilakukan berupa mengadakan
pertemuan, menanyakan kepada guru/wali kelas, serta mengidentifikasi
kembali bakat peserta didik ketika telah diterima di sekolah. Pada tahap
pengorganisasian ditujukan untuk mengelompokkan peserta didik
berdasarkan karakteristik peserta didik itu sendiri. Dalam tahap penyaluran
bakat peserta didik melalui pelaksanaan kegiatan porseni merupakan salah
satu upaya sekolah dalam mewadahi pengembangan bakat peserta didik.
Kegiatan yang diperlombakan tidak hanya berkaitan dengan bidang olahraga
dan seni saja melainkan terdapat lomba yang berkaitan dengan keagamaan
serta pengawasan dalam kegiatan pekan olahraga dan seni di MAS DDI Ponre
dimaksudkan untuk memberikan penilaian terhadap suatu kegiatan yang telah
terlaksana.
2. Pengembangan bakat peserta didik di MAS DDI Ponre yang berkaitan dengan
bakat kinetik fisik (bodily kinetic) meliputi kegiatan olahraga dan seni yakni
takraw, senam, dan tari. Sedangkan bakat peserta didik dalam bakat musikal
(musical) yakni kemampuan peserta didik dalam menghapal dan
menyanyikan lagu berupa vokal grup. Hal tersebut didukung oleh adanya
bukti prestasi yang telah diraih. Kemampuan peserta didik tersebut didukung
oleh antusias peserta didik serta dukungan dari pihak madrasah.
3. Pengelolaan kegiatan pekan olahraga dan seni terhadap pengembangan bakat
peserta didik di MAS DDI Ponre serta keikutsertaan peserta didik dalam
kegiatan diluar madrasah merupakan upaya yang digunakan untuk mewadahi
dam mengembangkan bakat peserta didik. Hal tersebut dikarenakan belum
adanya wadah khusus untuk mengembangkan bakat peserta didik di sekolah
baik bakat kinetik fisik maupun bakat musikal seperti organisasi olahraga dan
organisasi seni seperti yang kebanyakan sekolah lain bentuk yang digunakan
untuk pengembangan bakat.
B. Saran
Sebagai akhir dari penelitian skripsi ini dengan mendasar pada penelitian
yang peneliti lakukan, maka peneliti ingin memberikan saran yang mungkin dapat
memberikan bahan masukan, antara lain sebagai berikut:
1. Baik kepala madrasah maupun wakil kepala madrasah, diharapkan mampu
memberikan fasilitas yang lebih baik kepada peserta didik sehingga peserta
didik dapat mengembangkan bakatnya lebih maksimal.
2. Dengan melihat beberapa prestasi yang telah diraih, diharapkan kepada pihak
madrasah untuk mengikuti kegiatan pengembangan bakat di tingkat yang
lebih tinggi lagi.
3. Diharapkan kepada pihak madrasah untuk menyediakan lemari yang khusus
digunakan untuk menyimpan prestasi yang telah diperoleh baik yang berupa
piala, piagam, maupun sertifikat.
4. Diharapkan kepada pihak madrasah agar melakukan pengarsipan mengenai
kegiatan-kegiatan yang dilakukan sehingga memudahkan pencarian data.
Ketersediaan
| STAR20230057 | 57/2023 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
57/2023
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2023
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
