Implementasi Program Kerja Humas dalam MeningkatkanHubungan Edukatif Antara Sekolah dengan Orang Tua di SMPN4 Awangpone
Rahmatang/862312019011 - Personal Name
Skripsi ini membahas mengenai “Implementasi Program Kerja Humas dalam
Meningkatkan Hubungan Edukatif antara Sekolah dengan Orang Tua di SMPN 4
Awangpone.” Hal ini penting dikaji untuk mengetahui pokok permasalahan
dalam penelitian ini yang meliputi: Implementasi Program Kerja Humas di SMPN
4 Awangpone dan Hubungan Edukatif antara Sekolah dengan Orang Tua di
SMPN 4 Awangpone.
Untuk memudahkan pengkajian tersebut, penulis menggunakan jenis penelitian
kualitatif. Data dikumpulkan melalui wawancara dan dokumentasi. Melakukan
pendekatan manajemen dan pendekatan sosiologi. Data yang diperoleh dianalisis
dengan menggunakan analisis deskriptif dengan tiga tahap yaitu tahap reduksi
data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi program kerja humas di
SMPN 4 Awangpone dilakukan melalui tiga tahap yaitu perencanaan yang
meliputi penetapan tujuan dan proses perencanaan program kerja humas,
penyusunan yang meliputi langkah-langkah penyusunan dan jenis-jensi program
kerja humas dan pelaksanaan program kerja humas. Hubungan edukatif antara
sekolah dengan orang tua terdapat dua hal yaitu interaksi yang meliputi kunjungan
ke rumah peserta didik dan kerja sama yang meliputi kerja sama dalam kegiatan
pembelajaran dan kerja sama dalam kegiatan forum orang tua/wali.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan tersebut, maka dapat
disimpulkan sebagai berikut:
1. Implementasi program kerja humas di SMPN 4 Awangpone
a. Perencanaan program kerja humas yang dilakukan di SMPN 4
Awangpone sudah baik yaitu dengan menetapkan tujuan yang ingin
dicapai dan melalui proses perencanaan program kerja humas yang
baik. Tujuan dari perencanaan program kerja humas ialah untuk
membangun hubungan yang baik antara sekolah dengan masyarakat
dan orang tua peserta didik. Proses perencanaan program kerja humas
yang dilakukan di SMPN 4 Awangpone yaitu menyelidiki situasi atau
kondisi yang terjadi di sekolah, menganalisis kemungkinan masalah
yang muncul sesuai dengan situasi atau kondisi sekolah,
mengumpulkan pendapat dari berbagai pihak untuk menentukan
program kerja yang akan dilakukan.
b. Penyusunan program kerja humas dilakukan dengan langkah-langkah
yaitu membentuk komite sekolah dan mengadakan rapat rencana kerja
sekolah (RKS) yang melibatkan orang tua peserta didik dan juga guru-
guru. Ada beberapa jenis-jenis program kerja humas SMPN 4
Awangpone yaitu menjalin kerja sama dengan orang tua peserta didik,
instansi terkait, masyarakat dan juga alumni, melakukan rapat seperti
rapat koordinasi kepala sekolah tentang upaya peningkatan mutu SDM,
rapat kepala sekolah dengan komite sekolah tentang upaya peningkatan
mutu pendidikan, rapat membahas dana BOS dan rapat warga sekolah
dan juga komite sekolah.
c. Pelaksanaan program kerja humas di SMPN 4 Awangpone sudah
terlaksana dengan baik. Sekolah sudah menyusun program kerja humas
dengan baik yang melibatkan setiap elemen yang berkepentingan atau
diterapkan dengan baik. Dari beberapa program kerja yang telah
disusun sudah dilaksanakan dengan baik. Salah satu pelaksanaan
program kerja yang sering dilaksanakan yaitu rapat komite sekolah.
2. Hubungan edukatif
a. Interaksi antara sekolah dengan orang tua peserta didik masih perlu
ditingkatkan. Di SMPN 4 Awangpone tidak pernah mengundang orang
tua peserta didik dalam pembagian rapor. Pihak sekolah hanya
melakukan kunjungan ke rumah peserta didik..
b. Kerja sama antara sekolah dengan orang tua di SMPN 4 Awangpone
sudah baik. Dilihat dari adanya bentu kerja sama yang dilakukan seperti
kerja sama dalam kegiatan pembelajaran dan kerja sama dalam kegiatan
forum orang tua/wali.
B. Saran
Sebagai akhir dari penelitian ini, maka peneliti memberikan saran kepada
beberapa pihak yang terkait agar dapat menjadi bahan masukan, diantaranya
adalah sebagai berikut:
1. Diharapkan kepada Wakasek Humas agar menambah program kerjanya
untuk mencapai tujuan terkhususnya program kerja yang dapat
meningkatkan hubungan antara sekolah dengan masyarakat dan orang tua
peserta didik.
2. Diharapkan kepada Wakasek Humas agar lebih memaksimalkan
pelaksanaan program kerja humas.
3. Diharapkan kepada Wakasek Humas agar memperbanyak interaksi dan
kerja sama dengan orang tua peserta didik.
4. Diharapkan kepada orang tua peserta didik agar lebih aktif atau
memperhatikan pendidikan anaknya.
Meningkatkan Hubungan Edukatif antara Sekolah dengan Orang Tua di SMPN 4
Awangpone.” Hal ini penting dikaji untuk mengetahui pokok permasalahan
dalam penelitian ini yang meliputi: Implementasi Program Kerja Humas di SMPN
4 Awangpone dan Hubungan Edukatif antara Sekolah dengan Orang Tua di
SMPN 4 Awangpone.
Untuk memudahkan pengkajian tersebut, penulis menggunakan jenis penelitian
kualitatif. Data dikumpulkan melalui wawancara dan dokumentasi. Melakukan
pendekatan manajemen dan pendekatan sosiologi. Data yang diperoleh dianalisis
dengan menggunakan analisis deskriptif dengan tiga tahap yaitu tahap reduksi
data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi program kerja humas di
SMPN 4 Awangpone dilakukan melalui tiga tahap yaitu perencanaan yang
meliputi penetapan tujuan dan proses perencanaan program kerja humas,
penyusunan yang meliputi langkah-langkah penyusunan dan jenis-jensi program
kerja humas dan pelaksanaan program kerja humas. Hubungan edukatif antara
sekolah dengan orang tua terdapat dua hal yaitu interaksi yang meliputi kunjungan
ke rumah peserta didik dan kerja sama yang meliputi kerja sama dalam kegiatan
pembelajaran dan kerja sama dalam kegiatan forum orang tua/wali.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan tersebut, maka dapat
disimpulkan sebagai berikut:
1. Implementasi program kerja humas di SMPN 4 Awangpone
a. Perencanaan program kerja humas yang dilakukan di SMPN 4
Awangpone sudah baik yaitu dengan menetapkan tujuan yang ingin
dicapai dan melalui proses perencanaan program kerja humas yang
baik. Tujuan dari perencanaan program kerja humas ialah untuk
membangun hubungan yang baik antara sekolah dengan masyarakat
dan orang tua peserta didik. Proses perencanaan program kerja humas
yang dilakukan di SMPN 4 Awangpone yaitu menyelidiki situasi atau
kondisi yang terjadi di sekolah, menganalisis kemungkinan masalah
yang muncul sesuai dengan situasi atau kondisi sekolah,
mengumpulkan pendapat dari berbagai pihak untuk menentukan
program kerja yang akan dilakukan.
b. Penyusunan program kerja humas dilakukan dengan langkah-langkah
yaitu membentuk komite sekolah dan mengadakan rapat rencana kerja
sekolah (RKS) yang melibatkan orang tua peserta didik dan juga guru-
guru. Ada beberapa jenis-jenis program kerja humas SMPN 4
Awangpone yaitu menjalin kerja sama dengan orang tua peserta didik,
instansi terkait, masyarakat dan juga alumni, melakukan rapat seperti
rapat koordinasi kepala sekolah tentang upaya peningkatan mutu SDM,
rapat kepala sekolah dengan komite sekolah tentang upaya peningkatan
mutu pendidikan, rapat membahas dana BOS dan rapat warga sekolah
dan juga komite sekolah.
c. Pelaksanaan program kerja humas di SMPN 4 Awangpone sudah
terlaksana dengan baik. Sekolah sudah menyusun program kerja humas
dengan baik yang melibatkan setiap elemen yang berkepentingan atau
diterapkan dengan baik. Dari beberapa program kerja yang telah
disusun sudah dilaksanakan dengan baik. Salah satu pelaksanaan
program kerja yang sering dilaksanakan yaitu rapat komite sekolah.
2. Hubungan edukatif
a. Interaksi antara sekolah dengan orang tua peserta didik masih perlu
ditingkatkan. Di SMPN 4 Awangpone tidak pernah mengundang orang
tua peserta didik dalam pembagian rapor. Pihak sekolah hanya
melakukan kunjungan ke rumah peserta didik..
b. Kerja sama antara sekolah dengan orang tua di SMPN 4 Awangpone
sudah baik. Dilihat dari adanya bentu kerja sama yang dilakukan seperti
kerja sama dalam kegiatan pembelajaran dan kerja sama dalam kegiatan
forum orang tua/wali.
B. Saran
Sebagai akhir dari penelitian ini, maka peneliti memberikan saran kepada
beberapa pihak yang terkait agar dapat menjadi bahan masukan, diantaranya
adalah sebagai berikut:
1. Diharapkan kepada Wakasek Humas agar menambah program kerjanya
untuk mencapai tujuan terkhususnya program kerja yang dapat
meningkatkan hubungan antara sekolah dengan masyarakat dan orang tua
peserta didik.
2. Diharapkan kepada Wakasek Humas agar lebih memaksimalkan
pelaksanaan program kerja humas.
3. Diharapkan kepada Wakasek Humas agar memperbanyak interaksi dan
kerja sama dengan orang tua peserta didik.
4. Diharapkan kepada orang tua peserta didik agar lebih aktif atau
memperhatikan pendidikan anaknya.
Ketersediaan
| STAR20230045 | 45/2023 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
45/2023
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2023
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
