Pengelolaan Digitalisasi pembelajaran dalam Membangun Suasana Belajar yang Menyenangkan di MAS Pompanua Kec. Ajangale Kab. Bone
Elsa/02.18.3054 - Personal Name
Skripsi ini membahas mengenai “Pengelolaan Digitalisasi pembelajaran dalam
Membangun Suasana Belajar yang Menyenangkan di MAS Pompanua Kec. Ajangale
Kab. Bone”. Pokok permasalahan dalam penelitian ini yaitu bagaimana pengelolaan
digitalisasi pembelajaran dalam membangun suasana Belajar yang menyenangkan.
Hal ini penting untuk dikaji untuk mengetahui bagaimana pengelolaan digitalisasi
pembelajaran dalam membangun suasana Belajar yang menyenangkan di MAS
Pompanua Kec. Ajangale Kab. Bone.
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut, penulis menggunakan metode
penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan manajemen dan psikologis.
Adapun teknik pengumpulan data antara lain wawancara, observasi dan dokumentasi.
Data yang diperoleh diolah dengan menggunakan metode kualitatif untuk
mendeskripsikan penelitian tentang Pengelolaan Digitalisasi pembelajaran dalam
Membangun Suasana Belajar yang Menyenangkan di MAS Pompanua Kec. Ajangale
Kab. Bone. Dalam mengalisis data, penulis menggunakan analisis kualitatif. Data
yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan tiga teknik, yaitu: teknik reduksi data,
penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pengelolaan digitalisasi pembelajaran dalam
membangun suasana belajar yang Menyenangkan meliputi: penerapan metode
pembelajaran berbasis digital dengan menggunakan Smart Tv dan tablet dalam proses
pembelajaran berjalan efektif dan meningatkan semangat belajar para peserta didik.
Dampak terkait pengelolaan pembelajaran berbasis digital di MAS Pompanua dapat
dilihat pada penerapan metode pembelajaran digital ini dari sikap belajar siswa
tenang yang menjadikan suasana kelas menjadi rileks dan lebih meningkatkan
motivasi belajar para peserta didik sehingga disimpulkan bahwa dengan penerapan
metode ini dapat berdampak positif dalam kelancaran proses pembelajaran.
A. Simpulan
1.) Efektivitas pengelolaan digitalisasi pembelajaran meliputi perencanaan,
pelaksanaan dan evaluasi sudah sejalan dengan yang diharapkan dan
siswapun merasa sangat diuntungkan dengan metode pembelajaran
berbasis digital ini sebab mengurangi kebiasaan mereka seperti
menggunakan alat tulis menulis yang kini digantikan oleh sebuah tablet.
Sehingga dapat dikatakan bahwa pengelolaan digitalisasi pembelajaran
di Mas Pompanua terbilang efektif dalam hal pelaksanaannya.
2.) Pengelolaan pembelajaran berbasis digital di MAS Pompanua berdampak
positif terhadap semangat belajar peserta didik dalam menjalankan
metode pembelajaran yang masih dianggap baru ini. Dampak nyata
yang tampak dalam pelaksanaan metode pembelajaran berbasis digital
adalah terlihat dari sikap belajar siswa tenang yang menjadikan suasana
kelas menjadi rileks dan nyaman sehingga lebih meningkatkan motivasi
belajar para peserta didik. Namun disamping itu terdapat dampak
negatif pula, yakni terkait penyediaan tablet yang harus ditanggung
sendiri oleh siswa. Akan tetapi hal tersebut tertutupi dengan
meningkatnya semangat belajar para siswa sehingga terkait tablet
tersebut, orang tua siswa tidak terlalu mempermasalahkannya.
B. Implikasi
Dengan terlaksananya pembelajaran dengan berbasis digital ini, tentu
memiliki kekurangan dalam pelaksanaannya. Namun hal itu pastinya dapat
ditutupi dengan kerjasama yang baik antar tenaga pendidik dan peserta didik.
Olehnya itu diharapkan penyelenggaraan pembelajaran berbasis digital di
MAS Pompanua menjadi acuan terhadap sekolah lain diluar sana dalam hal
peningkatan mutu dan metode pembelajaran di zaman yang serba digital ini.
Adapun sebagai harapan selanjutnya terkait yang menjadi dampak
negatif dalam pelaksanaan pembelajaran berbasis digital adalah para peserta
didik dituntut agar membeli sendiri tablet yang akan digunakan. Sehingga
diharapkan kedepannya, tablet atau keperluan lainnya disediakan sendiri oleh
pihak sekolah sehingga tidak memberatkan para siswa yang kurang mampu.
Membangun Suasana Belajar yang Menyenangkan di MAS Pompanua Kec. Ajangale
Kab. Bone”. Pokok permasalahan dalam penelitian ini yaitu bagaimana pengelolaan
digitalisasi pembelajaran dalam membangun suasana Belajar yang menyenangkan.
Hal ini penting untuk dikaji untuk mengetahui bagaimana pengelolaan digitalisasi
pembelajaran dalam membangun suasana Belajar yang menyenangkan di MAS
Pompanua Kec. Ajangale Kab. Bone.
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut, penulis menggunakan metode
penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan manajemen dan psikologis.
Adapun teknik pengumpulan data antara lain wawancara, observasi dan dokumentasi.
Data yang diperoleh diolah dengan menggunakan metode kualitatif untuk
mendeskripsikan penelitian tentang Pengelolaan Digitalisasi pembelajaran dalam
Membangun Suasana Belajar yang Menyenangkan di MAS Pompanua Kec. Ajangale
Kab. Bone. Dalam mengalisis data, penulis menggunakan analisis kualitatif. Data
yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan tiga teknik, yaitu: teknik reduksi data,
penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pengelolaan digitalisasi pembelajaran dalam
membangun suasana belajar yang Menyenangkan meliputi: penerapan metode
pembelajaran berbasis digital dengan menggunakan Smart Tv dan tablet dalam proses
pembelajaran berjalan efektif dan meningatkan semangat belajar para peserta didik.
Dampak terkait pengelolaan pembelajaran berbasis digital di MAS Pompanua dapat
dilihat pada penerapan metode pembelajaran digital ini dari sikap belajar siswa
tenang yang menjadikan suasana kelas menjadi rileks dan lebih meningkatkan
motivasi belajar para peserta didik sehingga disimpulkan bahwa dengan penerapan
metode ini dapat berdampak positif dalam kelancaran proses pembelajaran.
A. Simpulan
1.) Efektivitas pengelolaan digitalisasi pembelajaran meliputi perencanaan,
pelaksanaan dan evaluasi sudah sejalan dengan yang diharapkan dan
siswapun merasa sangat diuntungkan dengan metode pembelajaran
berbasis digital ini sebab mengurangi kebiasaan mereka seperti
menggunakan alat tulis menulis yang kini digantikan oleh sebuah tablet.
Sehingga dapat dikatakan bahwa pengelolaan digitalisasi pembelajaran
di Mas Pompanua terbilang efektif dalam hal pelaksanaannya.
2.) Pengelolaan pembelajaran berbasis digital di MAS Pompanua berdampak
positif terhadap semangat belajar peserta didik dalam menjalankan
metode pembelajaran yang masih dianggap baru ini. Dampak nyata
yang tampak dalam pelaksanaan metode pembelajaran berbasis digital
adalah terlihat dari sikap belajar siswa tenang yang menjadikan suasana
kelas menjadi rileks dan nyaman sehingga lebih meningkatkan motivasi
belajar para peserta didik. Namun disamping itu terdapat dampak
negatif pula, yakni terkait penyediaan tablet yang harus ditanggung
sendiri oleh siswa. Akan tetapi hal tersebut tertutupi dengan
meningkatnya semangat belajar para siswa sehingga terkait tablet
tersebut, orang tua siswa tidak terlalu mempermasalahkannya.
B. Implikasi
Dengan terlaksananya pembelajaran dengan berbasis digital ini, tentu
memiliki kekurangan dalam pelaksanaannya. Namun hal itu pastinya dapat
ditutupi dengan kerjasama yang baik antar tenaga pendidik dan peserta didik.
Olehnya itu diharapkan penyelenggaraan pembelajaran berbasis digital di
MAS Pompanua menjadi acuan terhadap sekolah lain diluar sana dalam hal
peningkatan mutu dan metode pembelajaran di zaman yang serba digital ini.
Adapun sebagai harapan selanjutnya terkait yang menjadi dampak
negatif dalam pelaksanaan pembelajaran berbasis digital adalah para peserta
didik dituntut agar membeli sendiri tablet yang akan digunakan. Sehingga
diharapkan kedepannya, tablet atau keperluan lainnya disediakan sendiri oleh
pihak sekolah sehingga tidak memberatkan para siswa yang kurang mampu.
Ketersediaan
| STAR20230091 | 91/2023 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
91/2023
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2023
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
