Efektivitas Media Android Berbasis Articulate Storyline dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V pada Pembelajaran IPAS di MIN 8 Bone.
Junaldi/02.18.5049 - Personal Name
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan media
android berbasis Articulate Storyline dalam meningkatkan kemampuan berpikir
kritis siswa kelas V pada pembelajaran IPAS di MIN 8 Bone. Jenis penelitian
yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode pres-eksperiment dan desain
One Group Pretest-Posttest. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas V
MIN 8 Bone, dengan sampel berjumlah 29 siswa yang dipilih menggunakan
teknik purposive sampling. Instrumen penelitian berupa tes kemampuan berpikir
kritis yang diberikan sebelum (pretest) dan setelah (posttest) perlakuan. Data
dianalisis menggunakan statistic deskriptif dan inferensial (uji normalitas Shapiro-
wilk dan uji-t paired sampel) dengan bantuan SPSS versi 22.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan yang signifikan
pada kemampuan berpikir kritis siswa. Nilai rata-rata pretest sebesar
72,24(kategori sedang) meningkat menjadi 95,10 ( kategori sangat tinggi) pada
posstest. Hasil uji hipotesis (uji-t) memperoleh nilai signifikan (2-tailed) sebesar
0,000(
android berbasis Articulate Storyline dalam meningkatkan kemampuan berpikir
kritis siswa kelas V pada pembelajaran IPAS di MIN 8 Bone. Jenis penelitian
yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode pres-eksperiment dan desain
One Group Pretest-Posttest. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas V
MIN 8 Bone, dengan sampel berjumlah 29 siswa yang dipilih menggunakan
teknik purposive sampling. Instrumen penelitian berupa tes kemampuan berpikir
kritis yang diberikan sebelum (pretest) dan setelah (posttest) perlakuan. Data
dianalisis menggunakan statistic deskriptif dan inferensial (uji normalitas Shapiro-
wilk dan uji-t paired sampel) dengan bantuan SPSS versi 22.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan yang signifikan
pada kemampuan berpikir kritis siswa. Nilai rata-rata pretest sebesar
72,24(kategori sedang) meningkat menjadi 95,10 ( kategori sangat tinggi) pada
posstest. Hasil uji hipotesis (uji-t) memperoleh nilai signifikan (2-tailed) sebesar
0,000(
Ketersediaan
| STAR20250244 | 244/2025 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
244/2025
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2025
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
