Pelaksanaan Pembelajaran Daring Terhadap Pembentukan Karakter Siswa Di SD Inpres 4/82 Melle Kecamatan Palakka Kabupaten Bone
Andi Chandrakirana/02.18.3031 - Personal Name
Skripsi ini membahas tentang Pelaksanaan Pembelajaran Daring Terhadap
Pembentukan Karakter Siswa Di SD Inpres 4/82 Melle Kecamatan Palakka
Kabupaten Bone. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana
pelaksanaan pembelajaran daring dan pembentukan karakter siswa di SD Inpres
4/82 Melle Kecamatan Palakka Kabupaten Bone.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah penelitian kualitatif.
Penelitian ini menggunakan pendekatan manajemen dan paedagogik. Dalam
pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi.
Sedangkan teknis analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data
dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1. Pelasanaan pembelajaran daring di SD
Inpres 4/82 Melle, terlaksana secara maksimal namun masih banyak kekurangan
yang dimiliki seperti sarana yang belum memadai seperti kepemilikan gadget dan
juga jaringan yang masih belum lancar, namun guru dapat mengerti tentang hal
tersebut jadi pelaksanaannya dapat berjalan sesuai dengan apa yang diharapkan 2.
Pelaksanaan pembelajaran daring terhadap pembentukan karakter siswa di SD
Inpres 4/82 Melle, melalui pelaksanaan pembelajaran yang dilaksanakan baik
melalui google meet atau whatsaap memberikan materi sesuai jadwal
pembelajaran, siswa melaksanakan pembelajaran daring sesuai dengan arahan
atau aturan yang sekolah atau guru buat, dan dalam mengumpulan tugas siswa
mampu mengerjakan tepat waktu, kemudian siswa memiliki perilaku yang
disiplin, sehingga karakter siswa dapat terbentuk lebih baik untuk kedepannya.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat ditarik beberapa
kesimpulan bahwa:
1. Pelaksanaan pembelajaran daring di SD Inprrs 4/82 Melle, terlakasana
dengan baik namun masih banyak kekurangan yang dimiliki seperti
sarana yang belum memadai, dan guru sangat berperan penting terhadap
pembelajaran daring. Para pendidik harus memodifikasi rencana
pembelajaran sedemikian rupa agar metode yang digunakan tepat dan
dipahami oleh peserta didik. Tantangan tersebut bukan hanya terletak
pada bagaimana metode untuk transfer ilmu pengetahuan, tetapi
bagaimana pembelajaran daring tetap fokus pada pendidikan karakter
2. Pelaksanaan pembelajaran daring terhadap pembentukan karakter siswa
di SD Inpres 4/82 Melle, Dalam pembelajaran daring guru harus mampu
meciptakan pembelajaran yang membentuk siswa menjadi bertanggung
jawab untuk mengikuti kegiatan pembelajaran yang bermakna. Melihat
kegiatan pembelajaran guru dan siswa yang dapat adanya membentuk
karakter, disiplin, mandiri dan tanggung jawab yang diajarkan oleh guru
kepada siswa merupakan sikap yang dapat membentuk karakter siswa
menjadi lebih baik.
B. Saran
Dengan selesainya karya tulis berupa skripsi ini maka penulis
mengemukakan beberapa saran sebagai berikut:
1. Pengajar/guru serta selalu mendorong, memotivasi, dan memeberikan
tuntunan kepada peserta didik agar dapat meningkatkan prestasi belajarnya
dalam pembelajaran daring dan dapat membantu segala kekurangan yang
ada dalam pelaksanaan pembelajaran daring.
2. Bagi siswa selalu menerapkan karakter yang baik seperti tanggung jaawab,
disiplin, serta mandiri agar kedepannya dapat lebih baik lagi. Serta selalu
mendengarkan nasihat guru-guru untuk mencapai kesuksesan kedepannya.
Pembentukan Karakter Siswa Di SD Inpres 4/82 Melle Kecamatan Palakka
Kabupaten Bone. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana
pelaksanaan pembelajaran daring dan pembentukan karakter siswa di SD Inpres
4/82 Melle Kecamatan Palakka Kabupaten Bone.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah penelitian kualitatif.
Penelitian ini menggunakan pendekatan manajemen dan paedagogik. Dalam
pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi.
Sedangkan teknis analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data
dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1. Pelasanaan pembelajaran daring di SD
Inpres 4/82 Melle, terlaksana secara maksimal namun masih banyak kekurangan
yang dimiliki seperti sarana yang belum memadai seperti kepemilikan gadget dan
juga jaringan yang masih belum lancar, namun guru dapat mengerti tentang hal
tersebut jadi pelaksanaannya dapat berjalan sesuai dengan apa yang diharapkan 2.
Pelaksanaan pembelajaran daring terhadap pembentukan karakter siswa di SD
Inpres 4/82 Melle, melalui pelaksanaan pembelajaran yang dilaksanakan baik
melalui google meet atau whatsaap memberikan materi sesuai jadwal
pembelajaran, siswa melaksanakan pembelajaran daring sesuai dengan arahan
atau aturan yang sekolah atau guru buat, dan dalam mengumpulan tugas siswa
mampu mengerjakan tepat waktu, kemudian siswa memiliki perilaku yang
disiplin, sehingga karakter siswa dapat terbentuk lebih baik untuk kedepannya.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat ditarik beberapa
kesimpulan bahwa:
1. Pelaksanaan pembelajaran daring di SD Inprrs 4/82 Melle, terlakasana
dengan baik namun masih banyak kekurangan yang dimiliki seperti
sarana yang belum memadai, dan guru sangat berperan penting terhadap
pembelajaran daring. Para pendidik harus memodifikasi rencana
pembelajaran sedemikian rupa agar metode yang digunakan tepat dan
dipahami oleh peserta didik. Tantangan tersebut bukan hanya terletak
pada bagaimana metode untuk transfer ilmu pengetahuan, tetapi
bagaimana pembelajaran daring tetap fokus pada pendidikan karakter
2. Pelaksanaan pembelajaran daring terhadap pembentukan karakter siswa
di SD Inpres 4/82 Melle, Dalam pembelajaran daring guru harus mampu
meciptakan pembelajaran yang membentuk siswa menjadi bertanggung
jawab untuk mengikuti kegiatan pembelajaran yang bermakna. Melihat
kegiatan pembelajaran guru dan siswa yang dapat adanya membentuk
karakter, disiplin, mandiri dan tanggung jawab yang diajarkan oleh guru
kepada siswa merupakan sikap yang dapat membentuk karakter siswa
menjadi lebih baik.
B. Saran
Dengan selesainya karya tulis berupa skripsi ini maka penulis
mengemukakan beberapa saran sebagai berikut:
1. Pengajar/guru serta selalu mendorong, memotivasi, dan memeberikan
tuntunan kepada peserta didik agar dapat meningkatkan prestasi belajarnya
dalam pembelajaran daring dan dapat membantu segala kekurangan yang
ada dalam pelaksanaan pembelajaran daring.
2. Bagi siswa selalu menerapkan karakter yang baik seperti tanggung jaawab,
disiplin, serta mandiri agar kedepannya dapat lebih baik lagi. Serta selalu
mendengarkan nasihat guru-guru untuk mencapai kesuksesan kedepannya.
Ketersediaan
| STAR20230088 | 88/2023 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
88/2023
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2023
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
