Konstribusi Pengembangan Manajemen Pembelajaran dalam Meningkatkan Kreativitas Belajar Siswa di SD Inpres 10/73 Waetuwo Kabupaten Bone
Sri Napia Sari/ 02.163.128 - Personal Name
Penelitian ini membahas mengenai “Konstribusi Pengembangan Manajemen dalam
Meningkatkan Kreativitas Belajar Siswa di SD Inpres 10/73 Waetuwo”. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui bagaimana Konstribusi Pengembangan Manajemen dalam
Meningkatkan Kreativitas Belajar Siswa di SD Inpres 10/73 Waetuwo.
Untuk mengatasi masalah diatas, jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian
deskriktif kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data wawancara, observasi,
dan dokumentasi dengan menggunakan instrumen pedoman observasi, pedoman wawancara
dan alat dokumentasi. Data yang diproleh dianalisis dengan menggunakan analisis deskriktif
kualitatif dengan tiga tahap yaitu tahap reduksi data (data reducation), penyajian data
(display data), dan penarikan kesimpulan dan verifikasi (conclution drawing/ verification).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama,bpengembangan manajemen
pembelajaran di SD Inpres 10/73 Waetuwo telah dilakukan sesuai dengan teori yang ada,
meliputi : perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi pembelajaran,
dari hasil penelitian dapat dikatakan bahwa pengembangan manajemen pembelajaran di SD
INPRES 10/73 Waetuwo dapat dilihat bagaimana penyususn program, pengelolaan program,
dan bagaimana uapaya dalam mengevaluasi dengan mengunakan beberapa tes ketiga hal
diatas menjadi aspek penilaian terhadap pengembangan manajemen pembelajaran di SD
INPRES 10/73 Waetuwo. kedua, Kreativitas belajar siswa di SD Inpres 10/73 Waetuwo yaitu
dimulai dari rasa ingin tahu yang besar siswa, tekun dan tidak mudah bosan dalam
pembelajaran, dari hasi penenelitian tersebut dapat dikatakan bahwa kreativitas belajar siswa
terlihat dari bagaimana siswa dapat mendengarkan penjelasan, mampu memperhatikan,
menunjukkan minat terhadap bermacam-macam masalah dan bertindak mandiri dalam
mengambil keputusan serta percaya pada kemampuan sendiri. Beberapa hal diatas menjadi
aspek dalam menilai kreativitas belajar siswa di SD INPRES 10/73 Waetuwo. ketiga,
Kontribusi pengembangan manajemen pembelajaran dalam meningkatkan kreativitas belajar
siswa sangat besar di karnakan hampir keseluruhan siswa terlihat seperti apa yang menjadi
keinginan
dan tujuan pendidikan itu sendiri, yang dalam pengelolaannya selalu
memperhatikan hal-hal yang menjadi bagian penting dalam peningkatan kreativitas belajar
siswa di SD INPRES 10/73 Waetuwo.
A. Simpulan
Dari hasil penelitian yang telah dipaparkan, maka peneliti dapat mengambil
kesimpulan bahwa:
1. Pengembangan manajemen pembelajaran di SD INPRES 10/73 Waetuwo dapat
terlihat dari:
Berdasarkan beberapa hasil wawancara diatas tentang pengembangan
manajemen pembelajaran, maka peneliti dapat membuat kesimpulan bahwa setiap
proses penyusunan perencanaan pembelajaran sangat berperan penting dalam
pengembangan manajemen pembelajaran, agar dalam pelaksanaan pembelajaran
tenaga pendidik memiliki acuan dan pedoman dalam bertindak demi terwujudnya
tujuan pendidikann pembelajan.
2. Konstribusi pengembangan manajemen pembelajaran dalam dalam
meningkatkan kreativitas belajar siswa di SD INPRES 10/73 Waetuwo
Kontribusi pengembangan manajemen terhadap peningkatan kreativitas
siswa sangat besar dikarnakan hampir keseluluran siswa terlihat seperti apa yang
menjadi keinginan dan tujuan pendidikan itu sendiri, meskipun belum
keseluruhan, guru selaku tenaga pendidik akan tetap mengupayakan dan
memaksimalkan, serta kreativitas belajar siswa dapat dilihat bagaimana siswa
selalu aktif dan resnponsif tentang hal-hal baru yang diterima serta mempunyai
keinginan yang kuat dalam menyelesaikan masalah maupun tugas yang diberikan.
Tentunyan hal itu tidak terlepas bagaimana tenaga pendidik dapat tetap terus
mendapingi siswa dengan memberikan motivasi dan semangat serta memberikan
contoh yang baik dalam pembentukan karakter siswa.
B. Implikasi
Implikasi merupakan sebuah akibat atau suatu hal yang memiliki dampak
secara langsung. Adapun implikasi yang penulis maksud dalam pembahasan
skripsi ini yaitu sebagai berikut:
1. Menjadi sebuah pedoman dan acuan guru selaku tenaga pendidik lembaga
pendidikan disekolah yang harusnya menyadari seberapa besar peran dan
tanggung jawab dalam mengembangkan amanah dan menyarankannya sesuai
dengan posisinya serta selalu mengikuti perkembangan pendidikan baik secara
teoritis maupun secara praktis serta selalu menaati segala aturan yang telah
ditetapkan dalam mengembangkan kreativitas siswa.
2. Menjadi bahan referensi bagi tenaga pendidik baik kepada peserta didik agar
dapat mengembang kemandirian serta meningkatkan kreativita
Meningkatkan Kreativitas Belajar Siswa di SD Inpres 10/73 Waetuwo”. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui bagaimana Konstribusi Pengembangan Manajemen dalam
Meningkatkan Kreativitas Belajar Siswa di SD Inpres 10/73 Waetuwo.
Untuk mengatasi masalah diatas, jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian
deskriktif kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data wawancara, observasi,
dan dokumentasi dengan menggunakan instrumen pedoman observasi, pedoman wawancara
dan alat dokumentasi. Data yang diproleh dianalisis dengan menggunakan analisis deskriktif
kualitatif dengan tiga tahap yaitu tahap reduksi data (data reducation), penyajian data
(display data), dan penarikan kesimpulan dan verifikasi (conclution drawing/ verification).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama,bpengembangan manajemen
pembelajaran di SD Inpres 10/73 Waetuwo telah dilakukan sesuai dengan teori yang ada,
meliputi : perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi pembelajaran,
dari hasil penelitian dapat dikatakan bahwa pengembangan manajemen pembelajaran di SD
INPRES 10/73 Waetuwo dapat dilihat bagaimana penyususn program, pengelolaan program,
dan bagaimana uapaya dalam mengevaluasi dengan mengunakan beberapa tes ketiga hal
diatas menjadi aspek penilaian terhadap pengembangan manajemen pembelajaran di SD
INPRES 10/73 Waetuwo. kedua, Kreativitas belajar siswa di SD Inpres 10/73 Waetuwo yaitu
dimulai dari rasa ingin tahu yang besar siswa, tekun dan tidak mudah bosan dalam
pembelajaran, dari hasi penenelitian tersebut dapat dikatakan bahwa kreativitas belajar siswa
terlihat dari bagaimana siswa dapat mendengarkan penjelasan, mampu memperhatikan,
menunjukkan minat terhadap bermacam-macam masalah dan bertindak mandiri dalam
mengambil keputusan serta percaya pada kemampuan sendiri. Beberapa hal diatas menjadi
aspek dalam menilai kreativitas belajar siswa di SD INPRES 10/73 Waetuwo. ketiga,
Kontribusi pengembangan manajemen pembelajaran dalam meningkatkan kreativitas belajar
siswa sangat besar di karnakan hampir keseluruhan siswa terlihat seperti apa yang menjadi
keinginan
dan tujuan pendidikan itu sendiri, yang dalam pengelolaannya selalu
memperhatikan hal-hal yang menjadi bagian penting dalam peningkatan kreativitas belajar
siswa di SD INPRES 10/73 Waetuwo.
A. Simpulan
Dari hasil penelitian yang telah dipaparkan, maka peneliti dapat mengambil
kesimpulan bahwa:
1. Pengembangan manajemen pembelajaran di SD INPRES 10/73 Waetuwo dapat
terlihat dari:
Berdasarkan beberapa hasil wawancara diatas tentang pengembangan
manajemen pembelajaran, maka peneliti dapat membuat kesimpulan bahwa setiap
proses penyusunan perencanaan pembelajaran sangat berperan penting dalam
pengembangan manajemen pembelajaran, agar dalam pelaksanaan pembelajaran
tenaga pendidik memiliki acuan dan pedoman dalam bertindak demi terwujudnya
tujuan pendidikann pembelajan.
2. Konstribusi pengembangan manajemen pembelajaran dalam dalam
meningkatkan kreativitas belajar siswa di SD INPRES 10/73 Waetuwo
Kontribusi pengembangan manajemen terhadap peningkatan kreativitas
siswa sangat besar dikarnakan hampir keseluluran siswa terlihat seperti apa yang
menjadi keinginan dan tujuan pendidikan itu sendiri, meskipun belum
keseluruhan, guru selaku tenaga pendidik akan tetap mengupayakan dan
memaksimalkan, serta kreativitas belajar siswa dapat dilihat bagaimana siswa
selalu aktif dan resnponsif tentang hal-hal baru yang diterima serta mempunyai
keinginan yang kuat dalam menyelesaikan masalah maupun tugas yang diberikan.
Tentunyan hal itu tidak terlepas bagaimana tenaga pendidik dapat tetap terus
mendapingi siswa dengan memberikan motivasi dan semangat serta memberikan
contoh yang baik dalam pembentukan karakter siswa.
B. Implikasi
Implikasi merupakan sebuah akibat atau suatu hal yang memiliki dampak
secara langsung. Adapun implikasi yang penulis maksud dalam pembahasan
skripsi ini yaitu sebagai berikut:
1. Menjadi sebuah pedoman dan acuan guru selaku tenaga pendidik lembaga
pendidikan disekolah yang harusnya menyadari seberapa besar peran dan
tanggung jawab dalam mengembangkan amanah dan menyarankannya sesuai
dengan posisinya serta selalu mengikuti perkembangan pendidikan baik secara
teoritis maupun secara praktis serta selalu menaati segala aturan yang telah
ditetapkan dalam mengembangkan kreativitas siswa.
2. Menjadi bahan referensi bagi tenaga pendidik baik kepada peserta didik agar
dapat mengembang kemandirian serta meningkatkan kreativita
Ketersediaan
| STAR20200293 | 293/2020 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
293/2020
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2020
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
