Peran Manajemen Strategik dalam Impelemntasi Pemasaran Pendidikan di MTs. Ar-Rahman Kaju Kecamatan Sibulue Kabupaten Bone
Andi Irawati/02.18.3097 - Personal Name
Skripsi ini membahas tentang Peran Manajemen Strategik dalam
Impelemntasi Pemasaran Pendidikan di MTs.Ar-Rahman Kaju Kecamatan
Sibulue Kabupaten Bone. Masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana peran
manajemen strategik di MTs.Ar-Rahman Kaju?, Bagaimana implementasi
manajemen pemasaran di MTs.Ar-Rahman Kaju? dan Bagaimana manajemen
strategik dalam implementasi manajemen pemasaran di sekolah MTs.Ar-Rahman
Kaju?Masalah ini dianalisis dengan pendekatan kualitatif.Pendekatan kualitatif ini
merupakan pendekatan yang memusatkan perhatian pada prinsip-prinsip umum
yang mendasari perwujudan sebuah makna dari gejala-gejala sosial masyarakat
untuk mendapatkan gambaran umum mengenai kategorisasi tertentu.Hasil
penelitian menunjukkan bahwa peran manajemen strategik di MTs.Ar-Rahman
Kaju meliputi perencanaan suatu strategi pemasaran dilaksanakan oleh kepala
madrasah, hal ini dikarenakan agar perencanaan strategi pemasaran yang
dilaksanakan akan dapat tersusun lebih efektif,Implementasi strategi pemasaran
adalah pokok utama dari sebuah lembaga sekolah untuk mempromosikan sekolah
tersebut dan untuk mendapatkan calon peserta didik yang diharapkan dan
Mengevaluasi seluruh rangkaian dari perencanaan sampai dengan
implementasi,madrasah ini sudah melaksanakan semua dan kegiatan dengan
baik.Implementasi manajemen pemasaran di MTs.Ar-Rahman Kaju terdiri dari 1)
Produk jasa pendidikan, 2)Harga jasa pendidikan, 3)Lokasi jasa pendidikan, 4)
Promosi jasa pendidikan, 5) Sumber daya manusia jasa pendidikan, 6) Bukti fisik
jasa pendidikan, dan 7) Proses jasa pendidikan.Manajemen strategik dalam
implementasi manajemen pemasaran di sekolah MTs.Ar-Rahman Kaju yaitu: 1)
Menentukan target pemasaran b) Menganalisa dan mempelajari posisi pemasaran,
serta c) melakukan bauran pemasaran dengan menerapkan 4P yaitu Product,
Price, Place dan Promotion.
A. Kesimpulan
Berdasarkan uraian yang telah dipaparkan sebelumnya, maka yang
menjadi simpulan dalam pembahasan skripsi ini adalah sebagai berikut:
1. Peran manajemen strategik di MTs. Ar-Rahman Kaju meliputi perencanaan
suatu strategi pemasaran dilaksanakan oleh kepala madrasah, hal ini
dikarenakan agar perencanaan strategi pemasaran yang dilaksanakan akan
dapat tersusun lebih efektif, Implementasi strategi pemasaran adalah pokok
utama dari sebuah lembaga sekolah untuk mempromosikan sekolah tersebut
dan untuk mendapatkancalon peserta didik yang diharapkan dan
Mengevaluasi seluruh rangkaian dari perencanaan sampai dengan
implementasi,madrasah ini sudah melaksanakan semua dan kegiatan dengan
baik.
2. Implementasi manajemen pemasaran di MTs.Ar-Rahman Kaju terdiri dari 1)
Produk jasa pendidikan, 2) Harga jasa pendidikan, 3)Lokasi jasa pendidikan,
4) Promosi jasa pendidikan, 5) Sumber daya manusia jasa pendidikan, 6)
Bukti fisik jasa pendidikan, dan 7) Proses jasa pendidikan.
3. Manajemen strategik dalam implementasi manajemen pemasaran di sekolah
MTs. Ar-Rahman Kaju yaitu: 1) Menentukan target pemasaran b)
Menganalisa dan mempelajari posisi pemasaran, serta c) melakukan bauran
pemasaran dengan menerapkan 4P yaitu Product, Price, Place dan
Promotion.
B. Saran
Beranjak dari ungkapan yang telah dikemukakan di atas, maka penulis
dapat memberikan saran-saran sebagai berikut:
1. Kepada madrasah, penyelenggaraan dan pengelola pendidikan untuk selalu
bekerja lebih giat dan lebih professional dalam melaksanakantugas dan
tanggung jawabnya utnuk melahirkan SDM yang berkualitas dengan selalu
merencanakan dan melaksanakan kegiatan-kegiatan dengan baik, serta
meningkatkan dan memperdayakan seluruh sumberdaya yang ada demi
memperbaiki dan meningkatkan mutu pendidikan Islam untuk mencapai
kepuasan pelanggan.
2. Kepada akademisi,diharapkan kepada akademisi yang akan melaksanakan
penelitian mengenai strategi manajemen pemasaran dalam peningkatan
penerimaan peserta didik,dapat lebih mengembangkan kajian-kajian yang
sudah ada mengenai kegiatan strategi pemasaran yang ada dan kegiatan
penerimaan peserta didik.
3. Kepada peneliti, diharapkan peneliti dapat memperhatikan proses yang telah
terlaksana berupa perencanaan, implementasi, dan evaluasi dari strategi
manajemen pemasaran,sehingga peneliti dapat mengimplikasikannya ketika
sudah berada di lingkungan sekolah kelak.
Impelemntasi Pemasaran Pendidikan di MTs.Ar-Rahman Kaju Kecamatan
Sibulue Kabupaten Bone. Masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana peran
manajemen strategik di MTs.Ar-Rahman Kaju?, Bagaimana implementasi
manajemen pemasaran di MTs.Ar-Rahman Kaju? dan Bagaimana manajemen
strategik dalam implementasi manajemen pemasaran di sekolah MTs.Ar-Rahman
Kaju?Masalah ini dianalisis dengan pendekatan kualitatif.Pendekatan kualitatif ini
merupakan pendekatan yang memusatkan perhatian pada prinsip-prinsip umum
yang mendasari perwujudan sebuah makna dari gejala-gejala sosial masyarakat
untuk mendapatkan gambaran umum mengenai kategorisasi tertentu.Hasil
penelitian menunjukkan bahwa peran manajemen strategik di MTs.Ar-Rahman
Kaju meliputi perencanaan suatu strategi pemasaran dilaksanakan oleh kepala
madrasah, hal ini dikarenakan agar perencanaan strategi pemasaran yang
dilaksanakan akan dapat tersusun lebih efektif,Implementasi strategi pemasaran
adalah pokok utama dari sebuah lembaga sekolah untuk mempromosikan sekolah
tersebut dan untuk mendapatkan calon peserta didik yang diharapkan dan
Mengevaluasi seluruh rangkaian dari perencanaan sampai dengan
implementasi,madrasah ini sudah melaksanakan semua dan kegiatan dengan
baik.Implementasi manajemen pemasaran di MTs.Ar-Rahman Kaju terdiri dari 1)
Produk jasa pendidikan, 2)Harga jasa pendidikan, 3)Lokasi jasa pendidikan, 4)
Promosi jasa pendidikan, 5) Sumber daya manusia jasa pendidikan, 6) Bukti fisik
jasa pendidikan, dan 7) Proses jasa pendidikan.Manajemen strategik dalam
implementasi manajemen pemasaran di sekolah MTs.Ar-Rahman Kaju yaitu: 1)
Menentukan target pemasaran b) Menganalisa dan mempelajari posisi pemasaran,
serta c) melakukan bauran pemasaran dengan menerapkan 4P yaitu Product,
Price, Place dan Promotion.
A. Kesimpulan
Berdasarkan uraian yang telah dipaparkan sebelumnya, maka yang
menjadi simpulan dalam pembahasan skripsi ini adalah sebagai berikut:
1. Peran manajemen strategik di MTs. Ar-Rahman Kaju meliputi perencanaan
suatu strategi pemasaran dilaksanakan oleh kepala madrasah, hal ini
dikarenakan agar perencanaan strategi pemasaran yang dilaksanakan akan
dapat tersusun lebih efektif, Implementasi strategi pemasaran adalah pokok
utama dari sebuah lembaga sekolah untuk mempromosikan sekolah tersebut
dan untuk mendapatkancalon peserta didik yang diharapkan dan
Mengevaluasi seluruh rangkaian dari perencanaan sampai dengan
implementasi,madrasah ini sudah melaksanakan semua dan kegiatan dengan
baik.
2. Implementasi manajemen pemasaran di MTs.Ar-Rahman Kaju terdiri dari 1)
Produk jasa pendidikan, 2) Harga jasa pendidikan, 3)Lokasi jasa pendidikan,
4) Promosi jasa pendidikan, 5) Sumber daya manusia jasa pendidikan, 6)
Bukti fisik jasa pendidikan, dan 7) Proses jasa pendidikan.
3. Manajemen strategik dalam implementasi manajemen pemasaran di sekolah
MTs. Ar-Rahman Kaju yaitu: 1) Menentukan target pemasaran b)
Menganalisa dan mempelajari posisi pemasaran, serta c) melakukan bauran
pemasaran dengan menerapkan 4P yaitu Product, Price, Place dan
Promotion.
B. Saran
Beranjak dari ungkapan yang telah dikemukakan di atas, maka penulis
dapat memberikan saran-saran sebagai berikut:
1. Kepada madrasah, penyelenggaraan dan pengelola pendidikan untuk selalu
bekerja lebih giat dan lebih professional dalam melaksanakantugas dan
tanggung jawabnya utnuk melahirkan SDM yang berkualitas dengan selalu
merencanakan dan melaksanakan kegiatan-kegiatan dengan baik, serta
meningkatkan dan memperdayakan seluruh sumberdaya yang ada demi
memperbaiki dan meningkatkan mutu pendidikan Islam untuk mencapai
kepuasan pelanggan.
2. Kepada akademisi,diharapkan kepada akademisi yang akan melaksanakan
penelitian mengenai strategi manajemen pemasaran dalam peningkatan
penerimaan peserta didik,dapat lebih mengembangkan kajian-kajian yang
sudah ada mengenai kegiatan strategi pemasaran yang ada dan kegiatan
penerimaan peserta didik.
3. Kepada peneliti, diharapkan peneliti dapat memperhatikan proses yang telah
terlaksana berupa perencanaan, implementasi, dan evaluasi dari strategi
manajemen pemasaran,sehingga peneliti dapat mengimplikasikannya ketika
sudah berada di lingkungan sekolah kelak.
Ketersediaan
| STAR20250017 | 17/2025 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
17/2025
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2025
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
