Implementasi UU No 35 Tahun 2014 Tentang Perlindungan Anak Dan Hubungannya Dengan Pembinaan Pendidikan Karakter Di SMPN 2 Pammana
Muhammad Rasyid/ 02.14.1139 - Personal Name
Penelitian ini membahas tentang Implementasi UU No 35 Tahun 2014
tentang perlindungan anak dan hubungannya dengan pembinaan pendidikan
karakter di SMPN 2 Pammana Kecamatan Pammana Kabupaten Wajo. Tujuan
pokok penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi UU No 35 Tahun
2014 tentang perlindungan anak dan untuk mengetahui hubungan UU No 35
Tahun 2014 tentang perlindungan anak dan pembinaan pendidikan karakter di
SMPN 2 Pammana Kecamatan Pammana Kabupaten Wajo. Penelitian ini
menggunakan pendekatan psikologi, pendekatan sosiologis, dan termasuk
penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan teknik observasi,
wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan
menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan tiga tahap yaitu tahap
reduksi, penyajian data (display data), conclusion drawing/ verification dan
tahap kesimpulan atau verifikasi.
Hasil penelitian dari peneliti terkait Implementasi UU No 35 Tahun
2014 tentang perlindungan anak dan hubungannya dengan pembinaan
pendidikan karakter di SMPN 2 Pammana Kecamatan Pammana Kabupaten
Wajo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Implementasi UU No 35 Tahun
2014 tentang perlindungan anak di SMPN 2 Pammana pemahaman guru
mengenai perlindungan anak itu sudah tercapai bahkan murid disana di jaga
dengan baik tidak ada tindak kekerasan di dalam sekolah tersebut. 2)
Hubungan UU No 35 tahun 2014 tentang perlindungan anak dan hubungannya
dengan pembinaan pendidikan karakter bahwa dalam sekolah tersebut guru
sudah menghubungkan satu sama lain antara perlindungan anak dengan
pembinaan pendidikan karakter dimana guru melakukan pembinaan karakter
memberikan contoh-contoh melalui perilaku guru kemudian jika ada sisiwa
yag melanggar guru dengan guru bk itu mendiskusikan dengan matang
masalah yang dihadapi anak tersebut.
A. Implikasi
Berdasarkan penelitian dan dilanjutkan dengan penganalisaan serta
penafsiran data yang telah penulis lakukan tentang Implementasi UU No 35
Tahun 2014 tentang perlindungan anak dan hubungannya dengan pembinaan
pendidikan karakter di SMPN 2 Pammana Kecamatan Pammana Kabupaten
Wajo, maka penulis dapat menyimpulkan.
1. Implementasi UU No 35 Tahun 2014 tentang perlindungan anak guru harus
menjaga dan menerapkan sebagai berikut:
a. Perlakuan secara manusiawi dengan memperhatikan kebutuhan sesuai
dengan umurnya. Merupakan guru sudah melakukan hal yang baik
dalam lingkungan sekolah dalam menjaga siswa dalam memperlakukan
secara manusiawi dengan memperhatikan kebutuhan siswa.
b. Pembebasan dari penyiksaan, penghukuman, atau perlakuan lain yang
kejam, tidak manusiawi serta merendahkan martabat dan derajatnya.
Dapat dipahami bahwa
pembebasan, penghukuman, atau tindak
kekerasan itu tidak dilakukan dalam sekolah SMPN 2 Pammana.
c. Pemberian keadilan di muka pengadilan anak yang objektif, tidak
memihak dan dalam sidang yang tertutup untuk umum. Dalam
pemberian keadilan guru terhadap siswa itu sudah sangat baik karena
guru tidak pernah memihak ke siapapun akan tetapi mencari siapa yang
salah dan mencari solusi yang lebih baik.
2. Hubungan UU No 35 tahun 2014 tentang perlindungan anak dan pembinaan
pendidikan karakter.
a. Menambah pengetahuan keterampilan secara maksimal dan berguna
bagi kehidupannya. Merupakan menambah pengetahuan siswa itu dapat
dilakukan dengan mempertebal iman atau akhlaknya dan ada juga
tingkat kesadaran siswa dalam melakukan hal kebaikan.
b. Upaya mendidik, melatih dan mengembangkan potensi yang ada dalam
diri seseorang serta mengarahkan segala kecendrungan mereka pada
hal-hal yang baik konstruktif dan produktif. Dalam pembinaan kepada
siswa guru memiliki keterampilan dan pengetahuan akan tetapi seorang
guru juga dapat memiliki upaya mendidik karena seorang guru di
sekolah tidak hanya mengajar dan menyampaikan materi pelajaran
sesame, kemudian guru sudah menjalankan tugasnya dengan baik di
SMPN 2 Pammana.
c. Kegiatan yang bertujuan meningkatkan kualitas ketaqwaan kepada
tuhan yang maha esa, meningkatkan kecerdasaan intelektual, sikap dan
perilaku potensial, kesehatan jasmani dan rohani. Dapat dipahami
bahwa guru menanamkan pemhaman yang baik kepada siswa dengan
cara memberikan asumsi tentang akhlak dan contoh perilaku yang baik.
B. Saran
Berdasarkan penelitian yang dilakukan dan setelah memperhatikan
hasilnya, menyarankan bahwa:
1. Kepada guru SMPN 2 Pammana harus lebih meningkatkan dan
memperdalam pemahaman tentang implementasi UU No 35 Tahun
2014 tentang perlindungan anak dan hubunganya dengan pembinaan
pendidikan karakter dikarenakan guru harus memiliki pemahaman
bahwa anak harus dijaga dan dilindungi begitu juga dengan murid
paham mengenai saran gurunya.
2. Adanya skripsi ini, diharapkan dapat memberikan sumbangan
pemikiran bagi guru-guru khususnya guru dan murid di SMPN 2
Pammana dan kepada pihak yang terkait lanjut menindaki dengan
memberikan penyuluhan kepada guru-guru tentang pentingnya
implementasi UU No 35 Tahun 2014 tentang perlindungan anak dan
hubungannya dengan pembinaan pendidikan karakter.
tentang perlindungan anak dan hubungannya dengan pembinaan pendidikan
karakter di SMPN 2 Pammana Kecamatan Pammana Kabupaten Wajo. Tujuan
pokok penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi UU No 35 Tahun
2014 tentang perlindungan anak dan untuk mengetahui hubungan UU No 35
Tahun 2014 tentang perlindungan anak dan pembinaan pendidikan karakter di
SMPN 2 Pammana Kecamatan Pammana Kabupaten Wajo. Penelitian ini
menggunakan pendekatan psikologi, pendekatan sosiologis, dan termasuk
penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan teknik observasi,
wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan
menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan tiga tahap yaitu tahap
reduksi, penyajian data (display data), conclusion drawing/ verification dan
tahap kesimpulan atau verifikasi.
Hasil penelitian dari peneliti terkait Implementasi UU No 35 Tahun
2014 tentang perlindungan anak dan hubungannya dengan pembinaan
pendidikan karakter di SMPN 2 Pammana Kecamatan Pammana Kabupaten
Wajo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Implementasi UU No 35 Tahun
2014 tentang perlindungan anak di SMPN 2 Pammana pemahaman guru
mengenai perlindungan anak itu sudah tercapai bahkan murid disana di jaga
dengan baik tidak ada tindak kekerasan di dalam sekolah tersebut. 2)
Hubungan UU No 35 tahun 2014 tentang perlindungan anak dan hubungannya
dengan pembinaan pendidikan karakter bahwa dalam sekolah tersebut guru
sudah menghubungkan satu sama lain antara perlindungan anak dengan
pembinaan pendidikan karakter dimana guru melakukan pembinaan karakter
memberikan contoh-contoh melalui perilaku guru kemudian jika ada sisiwa
yag melanggar guru dengan guru bk itu mendiskusikan dengan matang
masalah yang dihadapi anak tersebut.
A. Implikasi
Berdasarkan penelitian dan dilanjutkan dengan penganalisaan serta
penafsiran data yang telah penulis lakukan tentang Implementasi UU No 35
Tahun 2014 tentang perlindungan anak dan hubungannya dengan pembinaan
pendidikan karakter di SMPN 2 Pammana Kecamatan Pammana Kabupaten
Wajo, maka penulis dapat menyimpulkan.
1. Implementasi UU No 35 Tahun 2014 tentang perlindungan anak guru harus
menjaga dan menerapkan sebagai berikut:
a. Perlakuan secara manusiawi dengan memperhatikan kebutuhan sesuai
dengan umurnya. Merupakan guru sudah melakukan hal yang baik
dalam lingkungan sekolah dalam menjaga siswa dalam memperlakukan
secara manusiawi dengan memperhatikan kebutuhan siswa.
b. Pembebasan dari penyiksaan, penghukuman, atau perlakuan lain yang
kejam, tidak manusiawi serta merendahkan martabat dan derajatnya.
Dapat dipahami bahwa
pembebasan, penghukuman, atau tindak
kekerasan itu tidak dilakukan dalam sekolah SMPN 2 Pammana.
c. Pemberian keadilan di muka pengadilan anak yang objektif, tidak
memihak dan dalam sidang yang tertutup untuk umum. Dalam
pemberian keadilan guru terhadap siswa itu sudah sangat baik karena
guru tidak pernah memihak ke siapapun akan tetapi mencari siapa yang
salah dan mencari solusi yang lebih baik.
2. Hubungan UU No 35 tahun 2014 tentang perlindungan anak dan pembinaan
pendidikan karakter.
a. Menambah pengetahuan keterampilan secara maksimal dan berguna
bagi kehidupannya. Merupakan menambah pengetahuan siswa itu dapat
dilakukan dengan mempertebal iman atau akhlaknya dan ada juga
tingkat kesadaran siswa dalam melakukan hal kebaikan.
b. Upaya mendidik, melatih dan mengembangkan potensi yang ada dalam
diri seseorang serta mengarahkan segala kecendrungan mereka pada
hal-hal yang baik konstruktif dan produktif. Dalam pembinaan kepada
siswa guru memiliki keterampilan dan pengetahuan akan tetapi seorang
guru juga dapat memiliki upaya mendidik karena seorang guru di
sekolah tidak hanya mengajar dan menyampaikan materi pelajaran
sesame, kemudian guru sudah menjalankan tugasnya dengan baik di
SMPN 2 Pammana.
c. Kegiatan yang bertujuan meningkatkan kualitas ketaqwaan kepada
tuhan yang maha esa, meningkatkan kecerdasaan intelektual, sikap dan
perilaku potensial, kesehatan jasmani dan rohani. Dapat dipahami
bahwa guru menanamkan pemhaman yang baik kepada siswa dengan
cara memberikan asumsi tentang akhlak dan contoh perilaku yang baik.
B. Saran
Berdasarkan penelitian yang dilakukan dan setelah memperhatikan
hasilnya, menyarankan bahwa:
1. Kepada guru SMPN 2 Pammana harus lebih meningkatkan dan
memperdalam pemahaman tentang implementasi UU No 35 Tahun
2014 tentang perlindungan anak dan hubunganya dengan pembinaan
pendidikan karakter dikarenakan guru harus memiliki pemahaman
bahwa anak harus dijaga dan dilindungi begitu juga dengan murid
paham mengenai saran gurunya.
2. Adanya skripsi ini, diharapkan dapat memberikan sumbangan
pemikiran bagi guru-guru khususnya guru dan murid di SMPN 2
Pammana dan kepada pihak yang terkait lanjut menindaki dengan
memberikan penyuluhan kepada guru-guru tentang pentingnya
implementasi UU No 35 Tahun 2014 tentang perlindungan anak dan
hubungannya dengan pembinaan pendidikan karakter.
Ketersediaan
| STAR20190337 | 337/2019 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
337/2019
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2019
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
