Pengaruh Keterampilan Dasar Mengajar Guru Pai Terhadap Peningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas V di SD Inpres 3/77 Panyula
Eka Ramadani/862082019089 - Personal Name
Skripsi ini membahas mengenai pengaruh keterampilan dasar mengajar guru
PAI terhadap peningkatkan motivasi belajar siswa kelas V di SD inpres 3/77
Panyula. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh keterampilan
dasar mengajar guru PAI dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas V di SD
inpres 3/77 Panyula, untuk mengetahui signifikansi antara keterampilan dasar
mengajar terhadap motivasi belajar siswa serta untuk mengetahui seberapa besar
pengaruh dari upaya yang dilakukan guru PAI dalam meningkatkan motivasi belajar
siswa kelas V di SD inpres 3/77 Panyula.
Adapun jenis penelitian yang digunakan ini adalah penelitian kuantitatif.
Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner yang berupa daftar
pernyataan yang diberikan kepada responden. Analisi data penelitian dilakukan
yakni uji asumsi klasik, uji instrument dan regresi lineasr sederhana. Penelitian ini
menggunakan 44 responden yang terdiri dari siswa kelas V di SD inpres 3/77
Panyula.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Keterampilan mengajar guru PAI
berpengaruh positif terhadap peningkatan motivasi belajar siswa kelas V di SD
Inpres 3/77 Panyula ditunjukkan dari t hitung (2,170) > t tabel (1, 680). Hasil
pengujian menunjukkan bahwa nilai signifikansi uji F diperoleh nilai 0,030, dengan
demikian nilai signifikansi diperoleh lebih kecil daripada probabilitas α yang
ditetapkan.. 2) Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan mengajar guru
PAI berpengaruh secara signifikan terhadap peningkatan motivasi belajar siswa
kelas V di SD Inpres 3/77 Panyula dibuktikan secara statistik juga diperkuat oleh
hasil kategori pada kategori tersebut, dimana keduanya sama-sama berada pada
kategori tinggi sebesar 0,317 berarti bahwa variabel keterampilan dasar mengajar
mampu menjelaskan variabel peningkatan motivasi belajar siswa sebesar 0,317,
sedangkan 0,101 lainnya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam
penelitian ini. 3) Upaya yang dilakukan guru PAI dalam meningkatkan motivasi
belajar siswa adalah memberikan pujian kepada siswa berupa jempol, anggukan
kepala, senyuman ataupun dalam bentuk perkataan, menunjukkan semangat dalam
mengajar seperti menyampaikan materi secara lantang, dan guru melakukan variasi
metode pengajaran seperti metode ceramah saat menjelaskan materi, metode
diskusi/tanya jawab dan pembagian kelompok di kelas.
A. Simpulan
Berdasarkan analisis data dan pembahasan hasil analisis data
penelitian tentang pengaruh keterampilan dasar mengajar terhadap
peningkatan motivasi belajar siswa dapat ditarik kesimpulan sebagai
berikut :
1. Keterampilan mengajar guru PAI berpengaruh positif terhadap
peningkatan motivasi belajar siswa kelas V di SD Inpres 3/77 Panyula.
yang ditunjukkan dari t hitung (2,170) > t tabel (1,680). Hasil
pengujian menunjukkan bahwa nilai signifikansi uji F diperoleh nilai
0,030, dengan demikian nilai signifikansi yang diperoleh lebih kecil
daripada probabilitas α yang ditetapkan.
2. Hasil penelitian yang menunjukkan bahwa keterampilan mengajar
guru PAI berpengaruh secara signifikan terhadap peningkatan motivasi
belajar siswa kelas V di SD Inpres 3/77 Panyula yang dibuktikan
secara statistik juga diperkuat oleh hasil kategori pada kategori
tersebut, dimana keduanya sama-sama berada pada kategori tinggi
sebesar 0,317 yang berarti bahwa variabel keterampilan dasar
mengajar mampu menjelaskan variabel peningkatan motivasi belajar
siswa sebesar 0,317, sedangkan 0,101 yang lainnya dipengaruhi oleh
variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini.
3. Upaya yang dilakukan guru PAI dalam meningkatkan motivasi belajar
siswa adalah memberikan pujian kepada siswa berupa jempol,
anggukan kepala, senyuman ataupun dalam bentuk perkataan,
menunjukkan semangat dalam mengajar seperti menyampaikan materi
secara lantang, dan guru melakukan variasi metode pengajaran seperti
metode ceramah saat menjelaskan materi, metode diskusi/tanya jawab
dan pembagian kelompok di kelas.
B. Implikasi
Berdasarkan kesimpulan di atas, dari penelitian ini penulis
menyarankan beberapa hal berikut:
1. Bagi Mahasiswa
Perlu diadakan penelitian selanjutnya untuk penyempurnaan
penelitian ini dengan menambah jumlah sampel data yang akan diteliti
dan memperpanjang waktu periode penelitian agar hasil yang
didapatkan akurat dan bervariasi.
2. Bagi Guru
Mendorong guru untuk meningkatkan motivasi belajar siswa
dengan menerapkan keterampilan dasar mengajar yang lebih menarik
agar siswa antusias dalam mengikuti pembelajaran di kelas.
3. Bagi Siswa
Meningkatkan motivasi belajar serta siswa dapat lebih
memperhatikan pembelajaran sehingga ilmu yang disampaikan guru
dapat diterima dengan baik dan dapat diterapkan dalam kehidupan
sehari-hari.
PAI terhadap peningkatkan motivasi belajar siswa kelas V di SD inpres 3/77
Panyula. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh keterampilan
dasar mengajar guru PAI dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas V di SD
inpres 3/77 Panyula, untuk mengetahui signifikansi antara keterampilan dasar
mengajar terhadap motivasi belajar siswa serta untuk mengetahui seberapa besar
pengaruh dari upaya yang dilakukan guru PAI dalam meningkatkan motivasi belajar
siswa kelas V di SD inpres 3/77 Panyula.
Adapun jenis penelitian yang digunakan ini adalah penelitian kuantitatif.
Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner yang berupa daftar
pernyataan yang diberikan kepada responden. Analisi data penelitian dilakukan
yakni uji asumsi klasik, uji instrument dan regresi lineasr sederhana. Penelitian ini
menggunakan 44 responden yang terdiri dari siswa kelas V di SD inpres 3/77
Panyula.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Keterampilan mengajar guru PAI
berpengaruh positif terhadap peningkatan motivasi belajar siswa kelas V di SD
Inpres 3/77 Panyula ditunjukkan dari t hitung (2,170) > t tabel (1, 680). Hasil
pengujian menunjukkan bahwa nilai signifikansi uji F diperoleh nilai 0,030, dengan
demikian nilai signifikansi diperoleh lebih kecil daripada probabilitas α yang
ditetapkan.. 2) Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan mengajar guru
PAI berpengaruh secara signifikan terhadap peningkatan motivasi belajar siswa
kelas V di SD Inpres 3/77 Panyula dibuktikan secara statistik juga diperkuat oleh
hasil kategori pada kategori tersebut, dimana keduanya sama-sama berada pada
kategori tinggi sebesar 0,317 berarti bahwa variabel keterampilan dasar mengajar
mampu menjelaskan variabel peningkatan motivasi belajar siswa sebesar 0,317,
sedangkan 0,101 lainnya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam
penelitian ini. 3) Upaya yang dilakukan guru PAI dalam meningkatkan motivasi
belajar siswa adalah memberikan pujian kepada siswa berupa jempol, anggukan
kepala, senyuman ataupun dalam bentuk perkataan, menunjukkan semangat dalam
mengajar seperti menyampaikan materi secara lantang, dan guru melakukan variasi
metode pengajaran seperti metode ceramah saat menjelaskan materi, metode
diskusi/tanya jawab dan pembagian kelompok di kelas.
A. Simpulan
Berdasarkan analisis data dan pembahasan hasil analisis data
penelitian tentang pengaruh keterampilan dasar mengajar terhadap
peningkatan motivasi belajar siswa dapat ditarik kesimpulan sebagai
berikut :
1. Keterampilan mengajar guru PAI berpengaruh positif terhadap
peningkatan motivasi belajar siswa kelas V di SD Inpres 3/77 Panyula.
yang ditunjukkan dari t hitung (2,170) > t tabel (1,680). Hasil
pengujian menunjukkan bahwa nilai signifikansi uji F diperoleh nilai
0,030, dengan demikian nilai signifikansi yang diperoleh lebih kecil
daripada probabilitas α yang ditetapkan.
2. Hasil penelitian yang menunjukkan bahwa keterampilan mengajar
guru PAI berpengaruh secara signifikan terhadap peningkatan motivasi
belajar siswa kelas V di SD Inpres 3/77 Panyula yang dibuktikan
secara statistik juga diperkuat oleh hasil kategori pada kategori
tersebut, dimana keduanya sama-sama berada pada kategori tinggi
sebesar 0,317 yang berarti bahwa variabel keterampilan dasar
mengajar mampu menjelaskan variabel peningkatan motivasi belajar
siswa sebesar 0,317, sedangkan 0,101 yang lainnya dipengaruhi oleh
variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini.
3. Upaya yang dilakukan guru PAI dalam meningkatkan motivasi belajar
siswa adalah memberikan pujian kepada siswa berupa jempol,
anggukan kepala, senyuman ataupun dalam bentuk perkataan,
menunjukkan semangat dalam mengajar seperti menyampaikan materi
secara lantang, dan guru melakukan variasi metode pengajaran seperti
metode ceramah saat menjelaskan materi, metode diskusi/tanya jawab
dan pembagian kelompok di kelas.
B. Implikasi
Berdasarkan kesimpulan di atas, dari penelitian ini penulis
menyarankan beberapa hal berikut:
1. Bagi Mahasiswa
Perlu diadakan penelitian selanjutnya untuk penyempurnaan
penelitian ini dengan menambah jumlah sampel data yang akan diteliti
dan memperpanjang waktu periode penelitian agar hasil yang
didapatkan akurat dan bervariasi.
2. Bagi Guru
Mendorong guru untuk meningkatkan motivasi belajar siswa
dengan menerapkan keterampilan dasar mengajar yang lebih menarik
agar siswa antusias dalam mengikuti pembelajaran di kelas.
3. Bagi Siswa
Meningkatkan motivasi belajar serta siswa dapat lebih
memperhatikan pembelajaran sehingga ilmu yang disampaikan guru
dapat diterima dengan baik dan dapat diterapkan dalam kehidupan
sehari-hari.
Ketersediaan
| STAR2023026 | 326/2023 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
326/2013
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2023
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
