Implementasi Metode Pembelajaran Edutainment melalui Media Gambar dalam meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Kelas X Pada Mata Pelajaran Fiqih Di MA As‟Adiyah Mattirowalie
Husnul Fahimah/862082019073 - Personal Name
Skripsi ini membahas mengenai Implementasi Metode Pembelajaran
Edutainment melalui Media Gambar dalam meningktkan Keaktifan Belajar Siswa
Kelas X Pada Mata Pelajaran Fiqih Di MA As‟Adiyah Mattirowalie. Pokok
permasalahan penelitian ini Bagaimana pelaksanaan metode edutainment melalui
Media Gambar dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa, Bagaimana cara
meningkatkan minat belajar siswa melalui pelaksanaan metode edutainment
melalui Media Gambar dalam miningkatkan keaktifan belajar siswa, Bagaimana
kelebihan dan kekurangan dalam menerapkan metode pembelajaran berbasis
edutainment melalui Media Gambar dalam meningkatkan keaktifan siswa. Jenis
penelitian ini menggunakan deskriktif kualitatif dengan dua pendekatan yakni
pendekatan Pendidikan Agama Islam. Teknik pengumpulan data menggunakan
wawancara dan observasi. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi
sumber, waktu, serta menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan
kesimpulan untuk analisis datanya. Subjek penelitian ini adalah Guru fiqih dan
siswa kelas X MA As‟Adiuyah Mattirowalie. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa: (1) metode pembelajaran berbasis edutainment melalui Media Gambar
untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas X pada mata pelajaran fiqih di
MA As‟Adiyah Mattirowalie sudah terlaksana dengan baik/meningkatkan. (2)
meningkatkan minat belajar siswa melalui metode berbasis edutainment melalui
Media Gambar dapat memantik minat peserta didik dalam belajar fiqih sehingga
mampu meningkatkan keaktifan belajara siswa namun sebagian kecil siswa belum
aktif yang dikarenakan tingkat pemahaman yang rendah (3) Kendala atau
hambatan minimnya media gambar yang berkualitas dan tidak semua materi fiqih
dapat dengan mudah dipresentasikan dalam bentuk gambar, gambar yang yang
tersedia seringkali umum dan kurang spesifik untuk materi fiqih, metode
pembelajaran edutainment melalui media gambar ini yaitu Proses belajar
cenderung menekankan aspek fun (menyenangkan) sehingga dalam proses
pembelajaran harus menghibur.
A. Kesimpulan
1. Metode implementasi metode pembelajaran edutainment melalui media
gambar dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas X pada mata
pelajaran fiqih di MA As‟Adiyah Mattirowalie guru sudah menerapkan
dengan baik seperti mempersiapkan gambar, mendesain kelas, menjelaskan
gambar, membuat nama kelompok, mendemostrasikan dan merangkum
materi sehingga dapat meningkatkan kekaktifan belajar siswa kelas X MA
As‟Adiyah Mattirowalie. karena guru telah melakukan pembelajaran sesuai
dengan langkah-langkah yang harus dilakukan oleh guru dalam
pembelajaran fiqih.
2. Meningkatkan minat belajar siswa melalui pelaksanaan metode
edutainment melalui media gambar dalam meningkatkan keaktifan belajar
siswa terhadap mata pelajaran fiqih kelas X di MA As‟Adiyah Mattirowalie
yaitu guru sudah menerapkan metode pembelajaran yang menyenangkan
dan menggunakan metode belajar yang interaktif yang dapat memantik
minat peserta didik dalam belajar fiqih sehingah mampu meningkatkan
keaktifan belajara siswa namun sebagian kecil siswa belum trlalu aktif yang
dikarenakan tingkat pemahaman yang rendah.
3. Kendala atau hambatan metode pembelajaran edutainment melalui media
gambar dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa terhadap mata
pelajaran fiqih kelas X di MA As‟Adiyah Mattirowalie yaitu metode
pembelajaran edutainment melalui media gambar yaitu memakan banyak
waktu, Proses belajar cenderung menekankan aspek fun (menyenangkan)
sehingga dalam proses pembelajaran harus menghibur.
B. Saran
Berdsarkan hasil penelitian yang dilakukan peneliti terhadap
Implementasi Pembelajaran Berbasis Edutainment Melalui media gambar dalam
Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Kelas X Pada Mata Pelajaran Fiqih Di
MA As‟Adiyah Mattirowalie. Maka peneliti memberikan saran untuk terkait
antara lain sebagai berikut:
1. Kepada guru fiqih di MA As‟Adiyah Mattirowalie, hendaklah memberikan
tindakan nyata dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa pada mata
pelajaran fiqih, dan guru mampu menguasai beberapa metode
pembelajaran agara dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa.
2. Kepada siswa untuk terus meningkatkan keaktifan belajar pada mata
pelajaran fiqih dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Karena
menuntut ilmu adalah kewajiban bagai seluruh umat muslim
Edutainment melalui Media Gambar dalam meningktkan Keaktifan Belajar Siswa
Kelas X Pada Mata Pelajaran Fiqih Di MA As‟Adiyah Mattirowalie. Pokok
permasalahan penelitian ini Bagaimana pelaksanaan metode edutainment melalui
Media Gambar dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa, Bagaimana cara
meningkatkan minat belajar siswa melalui pelaksanaan metode edutainment
melalui Media Gambar dalam miningkatkan keaktifan belajar siswa, Bagaimana
kelebihan dan kekurangan dalam menerapkan metode pembelajaran berbasis
edutainment melalui Media Gambar dalam meningkatkan keaktifan siswa. Jenis
penelitian ini menggunakan deskriktif kualitatif dengan dua pendekatan yakni
pendekatan Pendidikan Agama Islam. Teknik pengumpulan data menggunakan
wawancara dan observasi. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi
sumber, waktu, serta menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan
kesimpulan untuk analisis datanya. Subjek penelitian ini adalah Guru fiqih dan
siswa kelas X MA As‟Adiuyah Mattirowalie. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa: (1) metode pembelajaran berbasis edutainment melalui Media Gambar
untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas X pada mata pelajaran fiqih di
MA As‟Adiyah Mattirowalie sudah terlaksana dengan baik/meningkatkan. (2)
meningkatkan minat belajar siswa melalui metode berbasis edutainment melalui
Media Gambar dapat memantik minat peserta didik dalam belajar fiqih sehingga
mampu meningkatkan keaktifan belajara siswa namun sebagian kecil siswa belum
aktif yang dikarenakan tingkat pemahaman yang rendah (3) Kendala atau
hambatan minimnya media gambar yang berkualitas dan tidak semua materi fiqih
dapat dengan mudah dipresentasikan dalam bentuk gambar, gambar yang yang
tersedia seringkali umum dan kurang spesifik untuk materi fiqih, metode
pembelajaran edutainment melalui media gambar ini yaitu Proses belajar
cenderung menekankan aspek fun (menyenangkan) sehingga dalam proses
pembelajaran harus menghibur.
A. Kesimpulan
1. Metode implementasi metode pembelajaran edutainment melalui media
gambar dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas X pada mata
pelajaran fiqih di MA As‟Adiyah Mattirowalie guru sudah menerapkan
dengan baik seperti mempersiapkan gambar, mendesain kelas, menjelaskan
gambar, membuat nama kelompok, mendemostrasikan dan merangkum
materi sehingga dapat meningkatkan kekaktifan belajar siswa kelas X MA
As‟Adiyah Mattirowalie. karena guru telah melakukan pembelajaran sesuai
dengan langkah-langkah yang harus dilakukan oleh guru dalam
pembelajaran fiqih.
2. Meningkatkan minat belajar siswa melalui pelaksanaan metode
edutainment melalui media gambar dalam meningkatkan keaktifan belajar
siswa terhadap mata pelajaran fiqih kelas X di MA As‟Adiyah Mattirowalie
yaitu guru sudah menerapkan metode pembelajaran yang menyenangkan
dan menggunakan metode belajar yang interaktif yang dapat memantik
minat peserta didik dalam belajar fiqih sehingah mampu meningkatkan
keaktifan belajara siswa namun sebagian kecil siswa belum trlalu aktif yang
dikarenakan tingkat pemahaman yang rendah.
3. Kendala atau hambatan metode pembelajaran edutainment melalui media
gambar dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa terhadap mata
pelajaran fiqih kelas X di MA As‟Adiyah Mattirowalie yaitu metode
pembelajaran edutainment melalui media gambar yaitu memakan banyak
waktu, Proses belajar cenderung menekankan aspek fun (menyenangkan)
sehingga dalam proses pembelajaran harus menghibur.
B. Saran
Berdsarkan hasil penelitian yang dilakukan peneliti terhadap
Implementasi Pembelajaran Berbasis Edutainment Melalui media gambar dalam
Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Kelas X Pada Mata Pelajaran Fiqih Di
MA As‟Adiyah Mattirowalie. Maka peneliti memberikan saran untuk terkait
antara lain sebagai berikut:
1. Kepada guru fiqih di MA As‟Adiyah Mattirowalie, hendaklah memberikan
tindakan nyata dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa pada mata
pelajaran fiqih, dan guru mampu menguasai beberapa metode
pembelajaran agara dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa.
2. Kepada siswa untuk terus meningkatkan keaktifan belajar pada mata
pelajaran fiqih dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Karena
menuntut ilmu adalah kewajiban bagai seluruh umat muslim
Ketersediaan
| STAR20250068 | 68/2025 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
68/2025
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2025
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
