Penerapan Strategi Pembelajaran Ekspositori Dalam Mata Pelajaran PAI Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Kelas X SMK TV Watampone
Elismayanti/ 862082019071 - Personal Name
Skripsi ini membahas mengenai Penerapan Strategi Pembelajaran
Ekspositori Dalam Mata Pelajaran PAI Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar
Siswa Kelas X SMK TV Watampone. Pokok permasalahan dalam penelitian ini
Bagaimana model penerapan strategi pembelajaran ekspositori dalam mata
pelajaran PAI untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa di kelas X SMK TV
Watampone, Bagaimana kelebihan dan kekurangan strategi pembelajaran
ekspositori di kelas X SMK TV Watampone, Bagaimana hasil penerapan strategi
pembelajaran ekspositori dalam mata pelajaran PAI untuk meningkatkan
keaktifan belajar siswa di kelas X SMK TV Watampone.
Jenis penelitian ini menggunakan deskriftif kualitatif dengan tiga
pendekatan yakni pendekatan pedagogik, pendekatan psikologis, dan pendekatan
sosiologis. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan observasi.
Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi yaitu triangulasi sumber, waktu,
serta menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan untuk
analisis datanya. Subjek penelitian ini adalah guru Pendidikan Agama Islam dan
beberapa siswa kelas X SMK TV Watampone.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Model penerapan strategi
pembelajaran ekspositori dalam mata pelajaran PAI untuk meningkatkan
keaktifan belajar siswa kelas X SMK TV Watampone sudah terlaksana dengan
baik/meningkat. (2) Kelebihan dan kekurangan strategi pembelajaran ekspositori
di kelas X SMK TV Watampone, kelebihan strategi pembelajaran ekspositori
sudah terlaksana dengan baik dan kekurangan strategi pembelajaran ekspositori
dilakukan kepada siswa yang memiliki kemampuan mendengar dan menyimak.
(3) Hasil penerapan strategi pembelajaran ekspositori dalam mata pelajaran PAI
untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas X SMK TV watampone yaitu
sudah memiliki keaktifan belajar baik/meningkat meskipun masih ada beberapa
siswa yang tingkat keaktifan belajarnya kurang/ rendah namun masih didominasi
siswa yang keaktifan belajarnya baik/meningkat.
Skripsi ini membahas mengenai Penerapan Strategi Pembelajaran
Ekspositori Dalam Mata Pelajaran PAI Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar
Siswa Kelas X SMK TV Watampone. Pokok permasalahan dalam penelitian ini
Bagaimana model penerapan strategi pembelajaran ekspositori dalam mata
pelajaran PAI untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa di kelas X SMK TV
Watampone, Bagaimana kelebihan dan kekurangan strategi pembelajaran
ekspositori di kelas X SMK TV Watampone, Bagaimana hasil penerapan strategi
pembelajaran ekspositori dalam mata pelajaran PAI untuk meningkatkan
keaktifan belajar siswa di kelas X SMK TV Watampone.
Jenis penelitian ini menggunakan deskriftif kualitatif dengan tiga
pendekatan yakni pendekatan pedagogik, pendekatan psikologis, dan pendekatan
sosiologis. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan observasi.
Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi yaitu triangulasi sumber, waktu,
serta menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan untuk
analisis datanya. Subjek penelitian ini adalah guru Pendidikan Agama Islam dan
beberapa siswa kelas X SMK TV Watampone.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Model penerapan strategi
pembelajaran ekspositori dalam mata pelajaran PAI untuk meningkatkan
keaktifan belajar siswa kelas X SMK TV Watampone sudah terlaksana dengan
baik/meningkat. (2) Kelebihan dan kekurangan strategi pembelajaran ekspositori
di kelas X SMK TV Watampone, kelebihan strategi pembelajaran ekspositori
sudah terlaksana dengan baik dan kekurangan strategi pembelajaran ekspositori
dilakukan kepada siswa yang memiliki kemampuan mendengar dan menyimak.
(3) Hasil penerapan strategi pembelajaran ekspositori dalam mata pelajaran PAI
untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas X SMK TV watampone yaitu
sudah memiliki keaktifan belajar baik/meningkat meskipun masih ada beberapa
siswa yang tingkat keaktifan belajarnya kurang/ rendah namun masih didominasi
siswa yang keaktifan belajarnya baik/meningkat.
A. Kesimpulan
1. Model penerapan strategi pembelajaran ekspositori dalam mata
pelajaran PAI untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas X
SMK TV Watampone guru sudah menerapkan dengan baik seperti
persiapan, penyajian, korelasi, menyimpulkan, dan mengaplikasikan
sehingga dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas X SMK TV
Watampone. Karena guru telah melakukan pembelajaran sesuai dengan
langkah-langkah yang harus dilakukan oleh guru dalam pembelajaran
terutama Pendidikan Agama Islam.
2. Kelebihan dan kekurangan strategi pembelajaran ekspositori yaitu
kelebihan strategi pembelajaran ekspositori di SMK TV Watampone
yaitu siswa lebih mengetahui dan memahami materi yang disampaikan
oleh guru sehingga siswa lebih aktif dalam belajar. Sedangkan
kekurangan strategi pembelajaran ekspositori yaitu hanya dilakukan
kepada siswa yang memiliki kemampuan mendengar dan menyimak
secara baik.
3. Hasil penerapan strategi pembelajaran ekspositori dalam mata pelajaran
PAI untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas X SMK TV
Watampone yaitu sudah memiliki keaktifan belajar baik/meningkat
namun meskipun masih ada beberapa siswa yang tingkat keaktifan
belajarnya kurang/ rendah namun masih didominasi siswa yang
keaktifan belajarnya baik/meningkat.
B. Saran
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan peneliti terhadap
Penerapan Strategi Pembelajaran Ekspositori Dalam Mata Pelajaran PAI
Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Kelas X SMK TV Watampone.
Maka peneliti memberikan saran untuk terkait antara lain sebagai berikut:
1. Kepada guru Pendidikan Agama Islam di SMK TV Watampone,
hendaklah memberikan tindakan nyata dalam meningkatkan keaktifan
belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, guru
mampu menguasai beberapa strategi pembelajaran agar dapat
meningkatkan keaktifan belajar siswa.
2. Kepada siswa untuk terus meningkatkan keaktifan belajar pada mata
pelajaran Pendidikan Agama Islam dan menerapakannya dalam
kehidupan sehari-hari. Karena menuntut ilmu adalah kewajiban bagi
seluruh umat muslim.
Ekspositori Dalam Mata Pelajaran PAI Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar
Siswa Kelas X SMK TV Watampone. Pokok permasalahan dalam penelitian ini
Bagaimana model penerapan strategi pembelajaran ekspositori dalam mata
pelajaran PAI untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa di kelas X SMK TV
Watampone, Bagaimana kelebihan dan kekurangan strategi pembelajaran
ekspositori di kelas X SMK TV Watampone, Bagaimana hasil penerapan strategi
pembelajaran ekspositori dalam mata pelajaran PAI untuk meningkatkan
keaktifan belajar siswa di kelas X SMK TV Watampone.
Jenis penelitian ini menggunakan deskriftif kualitatif dengan tiga
pendekatan yakni pendekatan pedagogik, pendekatan psikologis, dan pendekatan
sosiologis. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan observasi.
Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi yaitu triangulasi sumber, waktu,
serta menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan untuk
analisis datanya. Subjek penelitian ini adalah guru Pendidikan Agama Islam dan
beberapa siswa kelas X SMK TV Watampone.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Model penerapan strategi
pembelajaran ekspositori dalam mata pelajaran PAI untuk meningkatkan
keaktifan belajar siswa kelas X SMK TV Watampone sudah terlaksana dengan
baik/meningkat. (2) Kelebihan dan kekurangan strategi pembelajaran ekspositori
di kelas X SMK TV Watampone, kelebihan strategi pembelajaran ekspositori
sudah terlaksana dengan baik dan kekurangan strategi pembelajaran ekspositori
dilakukan kepada siswa yang memiliki kemampuan mendengar dan menyimak.
(3) Hasil penerapan strategi pembelajaran ekspositori dalam mata pelajaran PAI
untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas X SMK TV watampone yaitu
sudah memiliki keaktifan belajar baik/meningkat meskipun masih ada beberapa
siswa yang tingkat keaktifan belajarnya kurang/ rendah namun masih didominasi
siswa yang keaktifan belajarnya baik/meningkat.
Skripsi ini membahas mengenai Penerapan Strategi Pembelajaran
Ekspositori Dalam Mata Pelajaran PAI Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar
Siswa Kelas X SMK TV Watampone. Pokok permasalahan dalam penelitian ini
Bagaimana model penerapan strategi pembelajaran ekspositori dalam mata
pelajaran PAI untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa di kelas X SMK TV
Watampone, Bagaimana kelebihan dan kekurangan strategi pembelajaran
ekspositori di kelas X SMK TV Watampone, Bagaimana hasil penerapan strategi
pembelajaran ekspositori dalam mata pelajaran PAI untuk meningkatkan
keaktifan belajar siswa di kelas X SMK TV Watampone.
Jenis penelitian ini menggunakan deskriftif kualitatif dengan tiga
pendekatan yakni pendekatan pedagogik, pendekatan psikologis, dan pendekatan
sosiologis. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan observasi.
Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi yaitu triangulasi sumber, waktu,
serta menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan untuk
analisis datanya. Subjek penelitian ini adalah guru Pendidikan Agama Islam dan
beberapa siswa kelas X SMK TV Watampone.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Model penerapan strategi
pembelajaran ekspositori dalam mata pelajaran PAI untuk meningkatkan
keaktifan belajar siswa kelas X SMK TV Watampone sudah terlaksana dengan
baik/meningkat. (2) Kelebihan dan kekurangan strategi pembelajaran ekspositori
di kelas X SMK TV Watampone, kelebihan strategi pembelajaran ekspositori
sudah terlaksana dengan baik dan kekurangan strategi pembelajaran ekspositori
dilakukan kepada siswa yang memiliki kemampuan mendengar dan menyimak.
(3) Hasil penerapan strategi pembelajaran ekspositori dalam mata pelajaran PAI
untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas X SMK TV watampone yaitu
sudah memiliki keaktifan belajar baik/meningkat meskipun masih ada beberapa
siswa yang tingkat keaktifan belajarnya kurang/ rendah namun masih didominasi
siswa yang keaktifan belajarnya baik/meningkat.
A. Kesimpulan
1. Model penerapan strategi pembelajaran ekspositori dalam mata
pelajaran PAI untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas X
SMK TV Watampone guru sudah menerapkan dengan baik seperti
persiapan, penyajian, korelasi, menyimpulkan, dan mengaplikasikan
sehingga dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas X SMK TV
Watampone. Karena guru telah melakukan pembelajaran sesuai dengan
langkah-langkah yang harus dilakukan oleh guru dalam pembelajaran
terutama Pendidikan Agama Islam.
2. Kelebihan dan kekurangan strategi pembelajaran ekspositori yaitu
kelebihan strategi pembelajaran ekspositori di SMK TV Watampone
yaitu siswa lebih mengetahui dan memahami materi yang disampaikan
oleh guru sehingga siswa lebih aktif dalam belajar. Sedangkan
kekurangan strategi pembelajaran ekspositori yaitu hanya dilakukan
kepada siswa yang memiliki kemampuan mendengar dan menyimak
secara baik.
3. Hasil penerapan strategi pembelajaran ekspositori dalam mata pelajaran
PAI untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas X SMK TV
Watampone yaitu sudah memiliki keaktifan belajar baik/meningkat
namun meskipun masih ada beberapa siswa yang tingkat keaktifan
belajarnya kurang/ rendah namun masih didominasi siswa yang
keaktifan belajarnya baik/meningkat.
B. Saran
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan peneliti terhadap
Penerapan Strategi Pembelajaran Ekspositori Dalam Mata Pelajaran PAI
Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Kelas X SMK TV Watampone.
Maka peneliti memberikan saran untuk terkait antara lain sebagai berikut:
1. Kepada guru Pendidikan Agama Islam di SMK TV Watampone,
hendaklah memberikan tindakan nyata dalam meningkatkan keaktifan
belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, guru
mampu menguasai beberapa strategi pembelajaran agar dapat
meningkatkan keaktifan belajar siswa.
2. Kepada siswa untuk terus meningkatkan keaktifan belajar pada mata
pelajaran Pendidikan Agama Islam dan menerapakannya dalam
kehidupan sehari-hari. Karena menuntut ilmu adalah kewajiban bagi
seluruh umat muslim.
Ketersediaan
| STAR20230381 | 381/2023 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
401/2023
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2023
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
